Author Topic: Benarkah Usia Yesus saat disalibkan 33 tahun ??  (Read 20287 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 01, 2012, 10:28:38 PM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 335
  • Gender: Male
  • Servant of Jesus Christ
    • MDC Semarang
  • Denominasi: Kharismatik Injili
Hampir semua orang Kristen percaya bahwa Yesus berumur 33 tahun ketika di salib, tetapi apa yang dikatakan oleh Alkitab yang sebenarnya ? Mari kita lihat ayat – ayat alkitab dibawah ini :
1. Kirenius menjadi wali negeri di Siria ketika Yesus Lahir ( Lukas 2 : 2 ).
2. Sensus penduduk oleh pemerintahan Roma menyebabkan Maria dan Yusuf pergi ke Betlehem ( Lukas 2 : 3 ).
3. Herodes memerintahkan untuk membunuh bayi yang berusia 2 tahun ke bawah. (Matius 2: 16 )
4. Nubuatan dalam Daniel 9 : 24-26 tentang 69 masa digenapi tahun 32-34 Masehi.

Sekarang apa yang kita ketahui dari catatan sejarah mengenai yang dicatat Alkitab tersebut diatas :
1. Herodes wafat pada tahun 4 Sebelum Masehi
2. Kirenius tercatat sebagai wali negeri di Siria pada tahun 7 Sebelum Masehi.
3. Pemerintah Romawi mengadakan sensus penduduk setiap 14 tahun.
4. Beberapa penemuan Arkeologi yang dapat diandalkan mendukung bahwa sensus oleh Pemerintah Romawi   
    diadakan pada tahun 20 Masehi.
5. Sementara beberapa arkeelog berpendapat bahwa sensus diadakan pada tahun 6 Masehi ( Tetapi para
    pihak yang ahli setuju, tahun 6 Masehi sudah terlalu lambat dengan kelahiran Yesus ).
6. Berarti dengan berpegang pada sensus yang diadakan pada tahun 20 Masehi, maka sensus sebelumnya
    diadakan pada tahun 7 – 8 Sebelum Masehi.

Dengan demikian, kalau dihitung dengan kalender Masehi yang dipakai sekarang maka Yesus sebenarnya lahir pada tahun 8 Sebelum Masehi, sehingga ketika Dia Disalib pada tahun 32-34 Masehi, maka usia Yesus saat itu yang sebenarnya adalah 40 tahun dan bukan 33 tahun seperti yang kita ketahui. Sekarang kita perhatikan dalam ayat-ayat Alkitab mengenai angka 40, mengapa begitu banyak ? seperti yang tercantum di bawah ini :

1. Hujan selama 40 hari siang dan malam selama Air Bah, Kejadian 7:4.
2. Nuh berada dalam Bahtera selama 40 hari, Kejadian 8:6.
3. Musa berada d padang gurun selama 40 tahun, Kisah Para Rasul 7:30.
4. Musa berada di Gunung Sinai selama 40 hari, keluaran 24:18 dan Ulangan 9:18.
5. Mereka yang bersalah harus did era 40 kali, Ulangan 25:.
6. Bangsa Israel diberi manna sebagai makanan selama 40 tahun di padang gurun, Keluaran 16:35.
7. Kemah suci mempunyai 40 alas perak, Keluaran 26:19.
8. Ada periode 40 tahun damai di Israel, Hakim-Hakim 3:11, 5:31, 8:28.
9. Eli (Sebagai Iman Tinggi) Menjadi Hakim di Israel selama 40 tahun , 1 Samuel 4:18.
10. Elia berada di Gunung Horeb selama 40 hari, 1 Raja-Raja 19:8.
11. Daud Memerintah Israel selama 40 tahun, 1 Raja-Raja 2:11.
12. Salomo Memerintah Israel selama 40 tahun, 1 Raja-Raja 11:42.
13. Yesus berada di padang gurun selama 40 hari, Matius 4:2.
14. Yesus berada diantara para murid selama 40 hari setelah kebangkitan-Nya, Kisah Para Rasul 1: 3.

Jadi dengan melihat Alkitab mengenai kelahiran Yesus dan fakta sejarah, serta banyaknya ayat-ayat yang mengindikasikan arti penting dari bilangan 40, dapat disimpulkan bahwa umur Yesus ketika Dia disalibkan untuk menebus dosa-dosa manusia adalah 40 tahun dan bukan 33 tahun. Dan kalau dihitung dengan tahun kelahiran Yesus yang sekitar tahun 8 Sebelum Masehi, maka kita ini sekarang hidup bukan di tahun 2012 Masehi, tetapi sebenarnya tahun 2018 Masehi !

Lalu pertanyaannya adalah, mengapa kesalahan ini bisa terjadi ? Hikmat apa yang dapat kita ambil sehubungan dengan mempelajari doktrin-doktrin dalam Alktab ?

Ellis skolfied http://www.ellisskolfield.com/pdf/2012-T.O.pdf dalam “2012 Teaching Outline on Daniel & Revelation“ menyatakan bahwa, “Kesalahan mengenai usia Yesus saat disalib merupakan contoh kecil [ minor example ], bahwa doktrin yang kita percayai belum tentu di dukung oleh apa yang dinyatakan oleh Alkitab dan fakta-fata sejarah.“

Disadur dari http://indonesiaindonesia.com/f/48548-umur-yesus-disalib/

Menurut tradisi Yahudi, seorang pria harus berumur 40 tahun untuk memerintah di Sanhedrin. Pada usia ke 40 tahun, Yesus telah dianggap oleh Imam-imam Yahudi sebagai salah satu pemberontak di Israel. Ketika Yesus memasuki Yerusalem pada waktu-waktu terakhirnya itu, Ia disambut banyak orang yang memperlakukan-Nya sebagai Raja. Jika Yesus berusia 40 tahun, siapa tahu Ia akan mengambil alih kendali politik atas Israel, dan orang Farisi paham hal ini. Inilah sebabnya mereka berkata dalam Yohanes 4:8...

"Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita."

Pada usia 40, Rabi Yesus dicurigai akan menjadi pemimpin politik di Israel, jadi orang Farisi berkeyakinan harus membunuh-Nya untuk mencegah-Nya mengambil alih kekuasaan.

GBU
God is truth, so how well a person serves the Lord isn`t dependent on how artfully he can defend his doctrines, but on his willingness to seek out and follow the truth -Ellis Skolfield.  http://ellisskolfield.com/pdf/2012-T.O.pdf http://www.fishhouseministries.com/pdf/IslamEndTimeBahasaIndonesia.pdf
May 01, 2012, 10:58:51 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Lantas apa yang JELAS TERTULIS di ALKITAB ini, anda abaikan saja?

Luk 3:23   Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli, 

Mengenai 40 tahun keramat anda, silahkan coba check lagi yang 30 tahun ini :

Bil 4:3   Hitunglah yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, semua orang yang kena wajib tugas, supaya mereka melakukan pekerjaan di Kemah Pertemuan. 
 Bil 4:23   Catatlah mereka yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, yakni setiap orang yang wajib tugas, supaya mereka melakukan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan. 
 Bil 4:30   Catatlah mereka yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, yakni setiap orang yang kena wajib tugas, supaya mereka melakukan pekerjaan jabatan pada Kemah Pertemuan. 
 Bil 4:35   yakni orang-orang yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, setiap orang yang kena wajib tugas berhubung dengan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan. 
 Bil 4:39   yaitu orang-orang yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, setiap orang yang kena wajib tugas berhubung dengan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan, 
 Bil 4:43   yaitu orang-orang yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, setiap orang yang kena wajib tugas berhubung dengan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan, 
 Bil 4:47   yakni orang-orang yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, setiap orang yang wajib melakukan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan dan pekerjaan pengangkatan barang, 

2Sam 5:4   Daud berumur tiga puluh tahun, pada waktu ia menjadi raja; empat puluh tahun lamanya ia memerintah

 1Taw 23:3   Lalu dihitunglah orang-orang Lewi, yang berumur tiga puluh tahun ke atas, dan jumlah orang-orang mereka, dihitung satu demi satu, ada tiga puluh delapan ribu orang. 


;D
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
May 02, 2012, 10:58:56 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4732
  • Gender: Male
Tidak disebutkan usianya saat wafat, jadi silahkan dicari sendiri dengan penafsiran.

YESUS melayani mulai usia 30 tahun sebab menurut tradisi seseorang baru boleh bicara dalam sinagoge setelah 30 tahun. Lukas juga mengkonfirmasi hal ini. Dimulai dari 30 tahun tersebut dihitung berdasarkan jumlah paskah yang dikisahkan maka disimpulkan pelayanannya adalah 3 tahun. Jadi hitungan matematisnya disalibkan pada usia 33 tahun. Masih muda sekali.

Jika ada yang berpendapat 40 tahun, silahkan disampaikan argumennya. Akan jadi bahan referensi yang bagus. Tetapi kalau sudah bicara tentang angka keramat, saya kurang suka... Tidak ada angka keramat dalam pengajaran KRISTUS. Tiap angka memiliki arti dan bukan keramat.
« Last Edit: May 02, 2012, 11:03:03 AM by Krispus »
May 02, 2012, 12:14:49 PM
Reply #3
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 335
  • Gender: Male
  • Servant of Jesus Christ
    • MDC Semarang
  • Denominasi: Kharismatik Injili
Sebelum saya menanggapi semua komen, terus terang sebenarnya saya cukup malas menjawabnya, bukan karena apa-apa, namun hanya karena harus diakui topik ini adalah topik yang kurang penting/signifikan. Karena banyak topik lain yang lebih bermanfaat yang dapat membangun keimanan kepada Yesus Kristus daripada topik ini. Maafkan saya untuk hal ini. Saya memposting pandangan ini hanya sebagai alternatif saja buat sahabat semua. Anggap saja ini sejenis wacana variasi atau intermezzo. Karena untuk hal yang kurang prinsip dalam Kekristenan seperti topik ini, bertukar pikiran terlampau jauh atau serius terasa terlalu berlebihan dan membuang energi. Lebih baik energi saya digunakan untuk memberitakan kabar baik. :D

But anyway, it's okay... saya akan berusaha menjawab semampu saya...


Quote
Lantas apa yang JELAS TERTULIS di ALKITAB ini, anda abaikan saja?

Wow, jelas tertulis??

Luk 3:23  Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli, (ITB)

Luk 3:23  And Jesus himself began to be about thirty years of age, being (as was supposed) the son of Joseph, which was the son of Heli, (KJV)

Alkitab ITB menyatakan "kira-kira", KJV menyatakan "to be about". Ini berarti tidak dituliskan secara tegas bahwa Yesus memulai pelayanan tepat pada usia 30 tahun. Tetapi dapat dikatakan Yesus memulai pelayanan pada usia 30 tahunan.

Terdapat beberapa pengertian mengenai Frase "30 tahunan". Saya pada tahun ini berusia 34 tahun. Orang yang tidak mengenal saya dengan baik apabila bertemu dengan saya kemungkinan akan menilai usia saya secara umum dengan kata-kata "30 tahunan". Namun apabila ia lebih dapat meyakinkan dirinya bahwa ia akan menyebut usia saya dengan lebih spesifik, maka ia akan menyebutnya "kira-kira 33 tahunan", atau bisa jadi "kira-kira 35 tahunan", atau bisa juga "kira-kira 37 tahunan".  Tergantung preferensi dan kemampuannya dalam hal mengenali usia seseorang. Mungkin para psikolog dapat memberi asumsi-asumsi yang lebih akurat. Namun demikian, tentu saja ia tetap tidak akan sanggup menebak secara tepat dan persis berapa usia saya tahun ini, kecuali Sdr. melihat KTP saya atau saya sengaja mengatakannya. Bahkan Dokter Lukas pun yang pandai dan teliti merasa harus menuliskannya sebagai "kira-kira tiga puluh tahun"

Alkitab tidak pernah menulis bahwa Yesus memberitahu murid-muridNya mengenai usiaNya (mungkin maksud Tuhan supaya jangan ada yang mempersoalkannya karena memang bukan hal yang esensi). Dokter Lukas yang sangat sangat teliti dan teratur dalam menulis kitab pun ternyata harus menulis usia Yesus sebagai "kira-kira tiga puluh tahun-an". Bagaimanapun juga tetap ada kemungkinan bahwa Lukas tidak tahu usia Yesus secara persis ketika Yesus memulai pelayanan. Kita juga tidak pernah tahu apakah Yesus memang pernah menyatakan usianya secara eksplisit, karena Alkitab memang tidak mengungkapkannya.

Menurut saya secara pribadi, berdasarkan essay subject diatas, usia Yesus ketika memulai pelayanan adalah kira-kira 36,5 tahun (sehingga tidak terlalu berlebihan jika Dokter Lukas menuliskan "kira-kira tiga puluh tahun" dan kita menerimanya sebagai sebuah interval umur diantara 30 s/d 39 tahun karena terdapat bilangan "3" puluhan). Selama 3,5 tahun kedepan Ia melayani di muka bumi sampai pada saat kematianNya di atas Salib, pada usia 40 tahun.

Para Imam dan ahli Taurat mengkhawatirkan Yesus sebagai sosok politis yang memiliki pengaruh sangat kuat pada rakyat jelata, yang pada usia 40 tahun telah siap merebut kekuasaan. Ini merupakan sebuah usia yang tepat untuk menjadi "seorang Sanhedrin" yang notabene memiliki banyak pengikut di Israel apalagi didukung tanda2 dan mujizat2, sehingga diasumsikan Yesus telah siap menjadi raja Israel secara politis.
God is truth, so how well a person serves the Lord isn`t dependent on how artfully he can defend his doctrines, but on his willingness to seek out and follow the truth -Ellis Skolfield.  http://ellisskolfield.com/pdf/2012-T.O.pdf http://www.fishhouseministries.com/pdf/IslamEndTimeBahasaIndonesia.pdf
May 02, 2012, 12:17:32 PM
Reply #4
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 335
  • Gender: Male
  • Servant of Jesus Christ
    • MDC Semarang
  • Denominasi: Kharismatik Injili
Quote
Mengenai 40 tahun keramat anda

Bro. Bruce sendiri yang mengatakan "40 tahun keramat". Tidak ada pola mistik atau keramat (dalam artian negatif)  didalam Alkitab. Tuhan mempunyai tujuan-tujuan spesifik atas penggunaan pola-pola angka pada konteks-konteks tertentu. Paling banyak adalah pola angka 3, 12, 40, 50 dan 70. Terdapat maksud dan makna implisit yang harus digali dari pola penyataan ilahi ini. Seringkali pola-pola ini bersifat nubuatan akan berkaitan dengan tipologi hidup KRISTUS.  Saya sementara ini cukup membahas yang pola 3, 12 dan 40 terlebih dahulu:


Angka "3"

1. Secara simbolik mewakili KRISTUS sebagai salah satu bagian dari kesatuan Allah Tritunggal
2. Secara simbolik mewakili tiga hari pembangunan Bait Suci (yaitu gereja Tuhan) dalam Perjanjian Baru ketika YESUS mengalami maut selama tiga hari, setelah itu baru kemudian Ia bangkit mengatasi maut, menjadi Raja diatas segala raja!
3. YESUS "melarikan diri" dari orang tuanya dan "menghilang" ke dalam bait suci untuk berdiskusi dengan para ahli agama selama tiga hari.
4. Petrus menyangkal YESUS tiga kali sebelum ayam berkokok (Lukas 22:34).
5. Hati YESUS tergerak oleh belas kasihan karena sudah tiga hari orang-orang mengikuti-Nya tanpa makanan (Matius 12:40).
6. Joh_2:20  Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"


Angka "12"

1. Mewakili secara simbolik YESUS saat memberi makan ribuan orang sisa dua belas bakul penuh.
2. Mat_19:28  Kata YESUS kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.
3. Mat_26:53  Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?
4. Mat_9:20  Pada waktu itu seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan maju mendekati YESUS dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya.
5. Mat_27:45  Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga.
6. Mar_3:14  Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil
7. Mar_5:42  Seketika itu juga anak itu bangkit berdiri dan berjalan, sebab umurnya sudah dua belas tahun.
8. Luk_2:42  Ketika YESUS telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.
9. Luk_8:42  karena anaknya perempuan yang satu-satunya, yang berumur kira-kira dua belas tahun, hampir mati.
10. Joh_4:6  Di situ terdapat sumur Yakub. YESUS sangat letih oleh perjalanan, karena itu Ia duduk di pinggir sumur itu. Hari kira-kira pukul dua belas.
11. Joh_11:9  Jawab YESUS: "Bukankah ada dua belas jam dalam satu hari? Siapa yang berjalan pada siang hari, kakinya tidak terantuk, karena ia melihat terang dunia ini.
12. Joh_19:14  Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: "Inilah rajamu!"


Angka "40"

Gen_25:20  Dan Ishak berumur empat puluh tahun, ketika Ribka, anak Betuel, orang Aram dari Padan-Aram, saudara perempuan Laban orang Aram itu, diambilnya menjadi isterinya.

Gen_26:34  Ketika Esau telah berumur empat puluh tahun, ia mengambil Yudit, anak Beeri orang Het, dan Basmat, anak Elon orang Het, menjadi isterinya.

Exo_16:35  Orang Israel makan manna empat puluh tahun lamanya, sampai mereka tiba di tanah yang didiami orang; mereka makan manna sampai tiba di perbatasan tanah Kanaan.

Num_14:33  dan anak-anakmu akan mengembara sebagai penggembala di padang gurun empat puluh tahun lamanya dan akan menanggung akibat ketidaksetiaan, sampai bangkai-bangkaimu habis di padang gurun.

Num_14:34  Sesuai dengan jumlah hari yang kamu mengintai negeri itu, yakni empat puluh hari, satu hari dihitung satu tahun, jadi empat puluh tahun lamanya kamu harus menanggung akibat kesalahanmu, supaya kamu tahu rasanya, jika Aku berbalik dari padamu:

Num_32:13  Sebab itu bangkitlah murka TUHAN kepada orang Israel, sehingga Ia membuat mereka mengembara di padang gurun empat puluh tahun lamanya, sampai habis mati segenap angkatan yang telah berbuat jahat di mata TUHAN.
« Last Edit: May 02, 2012, 01:52:17 PM by hengkycandra »
God is truth, so how well a person serves the Lord isn`t dependent on how artfully he can defend his doctrines, but on his willingness to seek out and follow the truth -Ellis Skolfield.  http://ellisskolfield.com/pdf/2012-T.O.pdf http://www.fishhouseministries.com/pdf/IslamEndTimeBahasaIndonesia.pdf
May 02, 2012, 12:20:07 PM
Reply #5
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 335
  • Gender: Male
  • Servant of Jesus Christ
    • MDC Semarang
  • Denominasi: Kharismatik Injili
Lanjuuuut tentang angka "40"

Deu_8:2  Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak.

Deu_8:4  Pakaianmu tidaklah menjadi buruk di tubuhmu dan kakimu tidaklah menjadi bengkak selama empat puluh tahun ini.

Deu_29:5  Empat puluh tahun lamanya Aku memimpin kamu berjalan melalui padang gurun; pakaianmu tidak menjadi rusak di tubuhmu, dan kasutmu tidak menjadi rusak di kakimu.

Jos_5:6  Sebab empat puluh tahun lamanya orang Israel itu berjalan melalui padang gurun, sampai habis mati seluruh bangsa itu, yakni prajurit yang keluar dari Mesir, yang tidak mendengarkan Firman Tuhan. Kepada mereka itu TUHAN telah bersumpah, bahwa Ia tidak akan mengizinkan mereka melihat negeri yang dijanjikan TUHAN dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Jos_14:7  Aku berumur empat puluh tahun, ketika aku disuruh Musa, hamba TUHAN itu, dari Kadesh-Barnea untuk mengintai negeri ini; dan aku pulang membawa kabar kepadanya yang sejujur-jujurnya.

Jdg_3:11  Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya. Kemudian matilah Otniel anak Kenas.

Jdg_5:31  Demikianlah akan binasa segala musuh-Mu, ya TUHAN! Tetapi orang yang mengasihi-Nya bagaikan matahari terbit dalam kemegahannya. Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya.

Jdg_8:28  Demikianlah orang Midian tunduk kepada orang Israel dan tidak dapat menegakkan kepalanya lagi; maka amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya pada zaman Gideon.

Jdg_13:1  Orang Israel melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin empat puluh tahun lamanya.

1Sa_4:18  Ketika disebutnya tabut Allah itu, jatuhlah Eli telentang dari kursi di sebelah pintu gerbang, batang lehernya patah dan ia mati. Sebab telah tua dan gemuk orangnya. Empat puluh tahun lamanya ia memerintah sebagai hakim atas orang Israel.

2Sa_2:10  Isyboset bin Saul berumur empat puluh tahun pada waktu ia menjadi raja atas Israel dan ia memerintah dua tahun lamanya. Hanyalah kaum Yehuda yang mengikuti Daud.

2Sa_5:4  Daud berumur tiga puluh tahun, pada waktu ia menjadi raja; empat puluh tahun lamanya ia memerintah.

1Ki_2:11  Dan Daud memerintah orang Israel selama empat puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun, dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun.

1Ki_11:42  Lamanya Salomo memerintah di Yerusalem atas seluruh Israel ialah empat puluh tahun.
 
2Ki_12:1  Dalam tahun ketujuh zaman Yehu, Yoas menjadi raja dan empat puluh tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Zibya, dari Bersyeba.

1Ch_29:27  Ia memerintah atas orang Israel selama empat puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun.

2Ch_9:30  Salomo memerintah di Yerusalem atas seluruh Israel empat puluh tahun lamanya.

2Ch_24:1  Yoas berumur tujuh tahun pada waktu ia menjadi raja, dan empat puluh tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Zibya, dari Bersyeba.

Neh_9:21 Empat puluh tahun lamanya Engkau memberikan mereka makan di padang gurun. Mereka tidak berkekurangan, pakaian mereka tidak rusak, dan kaki mereka tidak bengkak.

Psa_95:10  Empat puluh tahun Aku jemu kepada angkatan itu, maka kata-Ku: "Mereka suatu bangsa yang sesat hati, dan mereka itu tidak mengenal jalan-Ku."

Eze_29:11  Tidak seorang manusiapun akan melintasinya, bahkan seekor binatangpun tidak dan tanah itu tidak akan didiami selama empat puluh tahun.

Eze_29:12  Aku akan membuat tanah Mesir menjadi sunyi sepi di tengah negeri-negeri yang sudah dimusnahkan dan kota-kotanya akan menjadi sunyi sepi di tengah kota-kota yang diruntuhkan selama empat puluh tahun. Aku akan menyerakkan orang Mesir di antara bangsa-bangsa dan menghamburkannya ke semua negeri.

Amo_2:10  Padahal Akulah yang menuntun kamu keluar dari tanah Mesir dan memimpin kamu empat puluh tahun lamanya di padang gurun, supaya kamu menduduki negeri orang Amori;

Amo_5:25  "Apakah kamu mempersembahkan kepada-Ku korban sembelihan dan korban sajian, selama empat puluh tahun di padang gurun itu, hai kaum Israel?

Joh_2:20  Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"

« Last Edit: May 02, 2012, 12:22:33 PM by hengkycandra »
God is truth, so how well a person serves the Lord isn`t dependent on how artfully he can defend his doctrines, but on his willingness to seek out and follow the truth -Ellis Skolfield.  http://ellisskolfield.com/pdf/2012-T.O.pdf http://www.fishhouseministries.com/pdf/IslamEndTimeBahasaIndonesia.pdf
May 02, 2012, 12:22:55 PM
Reply #6
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 335
  • Gender: Male
  • Servant of Jesus Christ
    • MDC Semarang
  • Denominasi: Kharismatik Injili
Act_7:23  Pada waktu ia berumur empat puluh tahun, timbullah keinginan dalam hatinya untuk mengunjungi saudara-saudaranya, yaitu orang-orang Israel.

Act_7:30  Dan sesudah empat puluh tahun tampaklah kepadanya seorang malaikat di padang gurun gunung Sinai di dalam nyala api yang keluar dari semak duri.

Act_7:36  Dialah yang membawa mereka keluar dengan mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di tanah Mesir, di Laut Merah dan di padang gurun, empat puluh tahun lamanya.

Act_7:42  Maka berpalinglah Allah dari mereka dan membiarkan mereka beribadah kepada bala tentara langit, seperti yang tertulis dalam kitab nabi-nabi: Apakah kamu mempersembahkan kepada-Ku korban sembelihan dan persembahan selama empat puluh tahun di padang gurun itu, hai kaum Israel?

Act_13:18  Empat puluh tahun lamanya Ia sabar terhadap tingkah laku mereka di padang gurun.

Act_13:21  Kemudian mereka meminta seorang raja dan Allah memberikan kepada mereka Saul bin Kish dari suku Benyamin, empat puluh tahun lamanya.

Heb_3:9  di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan jalan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya.

Heb_3:17  Dan siapakah yang Ia murkai empat puluh tahun lamanya? Bukankah mereka yang berbuat dosa dan yang mayatnya bergelimpangan di padang gurun?

Quote
Bil 4:3   Hitunglah yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, semua orang yang kena wajib tugas, supaya mereka melakukan pekerjaan di Kemah Pertemuan. 
 Bil 4:23   Catatlah mereka yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, yakni setiap orang yang wajib tugas, supaya mereka melakukan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan. 
 Bil 4:30   Catatlah mereka yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, yakni setiap orang yang kena wajib tugas, supaya mereka melakukan pekerjaan jabatan pada Kemah Pertemuan. 
 Bil 4:35   yakni orang-orang yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, setiap orang yang kena wajib tugas berhubung dengan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan. 
 Bil 4:39   yaitu orang-orang yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, setiap orang yang kena wajib tugas berhubung dengan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan, 
 Bil 4:43   yaitu orang-orang yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, setiap orang yang kena wajib tugas berhubung dengan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan, 
 Bil 4:47   yakni orang-orang yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, setiap orang yang wajib melakukan pekerjaan jabatan di Kemah Pertemuan dan pekerjaan pengangkatan barang,


Apa yang Bro Bruce nyatakan dalam Bilangan 4 terpaksa saya katakan kurang berdasar. Itu hanya menunjukkan usia produktif di Israel yang dalam konteks waktu itu diberi kewajiban pekerjaan di kemah pertemuan. Tidak menyinggung tokoh-tokoh Alkitab yang spesifik yang seringkali dipakai dalam pola-pola nubuatan mesianik (nubuatan mengenai kedatangan Mesias), seperti Yusuf, Musa, Daud, dlsb. Tidak terdapat pola signifikan yang merujuk pada kisah tipologi mengenai KRISTUS didalamnya. Tidak menyiratkan tipologi nubuat kehidupan KRISTUS. Bilangan 4 hanya menunjukkan syarat fisik agar seseorang memenuhi kriteria tugas dalam kemah pertemuan. Sedangkan data yang saya sajikan meliputi banyak tokoh Alkitab dan banyak kisah yang menyiratkan nubuatan kehidupan KRISTUS.

Jangan lupakan prinsip kesatuan Alkitab dan seluruh isinya. Menurut prinsip ini, data-data yang saya sajikan merujuk secara signifikan akan adanya suatu pola unik dalam frase "empat puluh". Sehingga tidak terlalu berlebihan jika pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa ini menunjuk atau menubuatkan interval waktu kehidupan Mesias di muka bumi. Bukankah jikalau diringkas, seluruh isi Alkitab menyebutkan hanya ada satu tema besar, yaitu KRISTUS!

Apakah Sdr. melihat ini semua sebagai "kebetulan keramat"? Saya pikir tidak. Tidak ada yang kebetulan jika itu dituliskan di dalam Alkitab, apalagi hal itu terpola secara sistematis dan signifikan berkaitan dengan banyak bagian dan tokoh Alkitab.Jika kita gagal mengenali pola-pola nubuatan yang dimanifestasikan dalam bentuk angka-angka, maka kita juga telah gagal mengerti isi Alkitab dengan baik dan telah pula gagal menerima bahwa Alkitab ditulis oleh satu Oknum yaitu ROH KUDUS yang oleh karenanya wajib diterima sebagai satu kesatuan yang utuh.

Jadi menurut tesis ini, YESUS lahir di tahun 8 SM dan mati disalib pada tahun 32-34 M. Memulai pelayanan pada usia 36 s/d 37, dan mati pada usia 40 tahun ketika Ia disalib menebus dosa seluruh umat manusia.

Berikut link grafisnya http://www.4shared.com/photo/VIwytqpW/Pola_40_tahun_hidup_Yesus.html

GBU
« Last Edit: May 02, 2012, 12:57:25 PM by hengkycandra »
God is truth, so how well a person serves the Lord isn`t dependent on how artfully he can defend his doctrines, but on his willingness to seek out and follow the truth -Ellis Skolfield.  http://ellisskolfield.com/pdf/2012-T.O.pdf http://www.fishhouseministries.com/pdf/IslamEndTimeBahasaIndonesia.pdf
May 02, 2012, 12:52:30 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Ya sudah, tesis anda mengatakan dengan berbagai teori, bahwa Jesus berkarya mulai usia 36.5 tahun, sementara Alkitab mengatakan usia 30. Dan kalau menurut perhitungan para murid, Jesus berkarya selama 3 tahun, sehingga wafat sekitar 33 tahun, sedangkan anda menganggap 40 tahun (supaya masuk di perhitungan 40 tahun 'keramat' ?) terserah saja.

Toh sebelumnya anda sendiri yang mengatakan bahwa

Quote
Menurut tradisi Yahudi, seorang pria harus berumur 40 tahun untuk memerintah di Sanhedrin. Pada usia ke 40 tahun

Sedangkan Alkitab menunjukan, bahkan Raja Daud memerintah ketika usia 30 tahun.
Jadi, sesuai traisi Yahudi, usia 30 tahun sudah cukup matang bagi seorang pemimpin.

Dan karena usia tidak dianggap penting bagi karya seseorang, terlebih lagi dalam karya keselamatan, maka terserah saja jika anda berdasarkan pemahaman anda Jesus berusia 40 tahun. Sementara saya, dan kemungkinan rekan rekan Kristen lain, tetap menganggap tidak masalah jika Jesus wafat pada uia 33 tahun, karena itulah yang ditulis di ALkitab.

Syalom
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
May 02, 2012, 01:38:48 PM
Reply #8
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 335
  • Gender: Male
  • Servant of Jesus Christ
    • MDC Semarang
  • Denominasi: Kharismatik Injili
Ya, benar pada intinya itu tidak perlu terlalu dipersoalkan. Silakan saja Bro. Bruce berpegang pada keyakinan Sdr. Tidak ada masalah dengan hal itu. Kita tunggu tanggapan teman-teman lain barangkali ada yang bisa memberikan wawasan yang lebih luas dan dapat dipertanggungjawabkan. Anggap saja saya hanya sedang berbagi wacana dan referensi tafsiran saja. Meski demikian Rasul Paulus-pun ada pihak yang menafsirkan berusia 40 tahun saat ia menjadi anggota Sanhedrin. Sedangkan saat ia bertobat menerima Kristus paling tidak ia berusia 40 s/d 50 tahun, tetapi tetap saja 40 tahun haruslah menjadi usia minimum Paulus untuk menjadi tokoh Sanhedrin. Melaluinya, kita bisa menerima konsep usia kepemimpinan agama Yahudi adalah bukan 30 namun 40 tahun.

Quote
Sedangkan Alkitab menunjukkan, bahkan Raja Daud memerintah ketika usia 30 tahun.
Jadi, sesuai traisi Yahudi, usia 30 tahun sudah cukup matang bagi seorang pemimpin.

Well, konteks masa Yesus hidup adalah waktu dimana para Imam, Orang Farisi dan Ahli taurat menjadi pemimpin-pemimpin keagamaan yang diikuti dan ditaati oleh seluruh negeri. Konteksnya waktu itu Israel tidak dipimpin seorang raja lagi. Justru mereka sedang menantikan Mesias yang akan dijadikan raja dalam arti pemimpin agama dan politik untuk mengembalikan kejayaan Israel seperti zaman keemasan raja Daud. Dan ini berarti kita harus dapat menerima kenyataan berdasarkan konteks zaman Yesus, bahwa 40 tahun adalah persyaratan usia minimal untuk seseorang menjadi tokoh Sanhedrin. Lihatlah juga Rasul Paulus. 

Hmm...Bro. Bruce rupanya menyenangi sebutan "40 tahun keramat" ya?? Namun saya sepakat dengan Bro. Krispus bahwa saya tidak setuju dengan ajaran peng-keramat-an "40 tahun". Alkitab mencatat dengan jelas bahwa semua data ayat yang menyebut "40 tahun" ini tidak ditulis untuk maksud "peng-keramat-an"! Namun kita hanya berkewajiban untuk mengenali dan mengikuti alur nubuatan Alkitab.

Yah!! Sdr pasti juga tahu, bahwa tema besar semua nubuat Perjanjian Lama adalah janji kedatangan Mesias! Sdr pasti juga tahu bahwa jika Alkitab menyebutkan sesuatu lebih dari satu kali, hal itu berarti Tuhan ingin memberikan penekanan khusus, yang memiliki maksud khusus pula (yang Sdr. Bruce sebut sendiri sebagai pengkeramatan). Dalam hal ini ayat mesianik merujuk kepada tipologi kehidupan Kristus di muka bumi.

Atau perlukah saya beberkan dan bahas semua nubuatan mesianik dalam Perjanjian Lama yang bejibun banyaknya, agar kita bisa lebih dapat mengenali pola-pola lain yang terdapat dalam Perjanjian Lama yang berkaitan dengan nubuat kedatangan Mesias.  Atau apakah kita akan memvonis "ayat-ayat nubuatan mesianik" tersebut sebagai keramat hanya karena mereka tertulis dengan jumlah begitu banyak, begitu konsisten dan begitu menyangkut tokoh-tokoh/nabi-nabi utama Perjanjian Lama?? Jika kita melakukannya, kita telah berpotensi melawan ilham suci ROH KUDUS yang tertulis dalam Alkitab.

Dan bukankah Perjanjian Lama hanyalah gambaran atau nubuatan dari apa yang akan terjadi pada Perjanjian Baru?? Sedangkan Perjanjian Baru adalah perluasan tema dan pola dari Perjanjian Lama. Jadi sangatlah jelas disini: apa yang Sdr katakan sebagai "pengkeramatan" merupakan pandangan yang tidak sejalan dengan Alkitab itu sendiri. Bukan pengkeramatan mas Bro...tetapi itu adalah perluasan tema...itu adalah penggenapan dari perlambangan/gambaran di dalam Perjanjian Lama... dan itu jelas juga merupakan penggenapan nubuatan Perjanjian Lama....semuanya digenapi di dalam Kristus.

Tuhan memberkati.
God is truth, so how well a person serves the Lord isn`t dependent on how artfully he can defend his doctrines, but on his willingness to seek out and follow the truth -Ellis Skolfield.  http://ellisskolfield.com/pdf/2012-T.O.pdf http://www.fishhouseministries.com/pdf/IslamEndTimeBahasaIndonesia.pdf
April 07, 2013, 11:54:54 PM
Reply #9
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
  • Denominasi: Kristen Katholik
kalo saya sih berdasarkan Lukas 3:23 ingin mengatakan umur Yesus memang waktu memulai pelayananNya di umur "kira-kira" 30 tahun. Di ayat tersebut tertulis "kira-kira" bukan "kurang-lebih"! LAI dan LBI menerjemahkan kata "kira-kira" ini untuk menegaskan bahwa umur Yesus menurut Lukas memang 30 tahun, tapi keakuratan "persis" kalo Yesus berulang tahun pada waktu permulaan pelayananNya: itu yang tidak diketahui oleh dr. Lukas.

Seandainya, LAI dan LBI menerjemahkand dengan kata "kurang lebih" maka bolehlah diartikan: "boleh lebih, boleh kurang dari 30 tahun (jumlah umurNya dalam tahun).  :wink:

---

Melihat perjalanan pelayanan Yesus sampai disalibkan, memang mayoritas menyimpulkan terjadi selama kira-kira 3(1/2) tahun.

---

jika diyakini demikian (lahir dan lama pelayananNya), maka dapat disimpulkan secara sederhana, umur Yesus ketika disalibkan = kira-kira 33(1/2) tahun (yg dikira-kira itu mendekati "persis" umurNya, bukan "kurang lebih" umur tahunnya).

---

Berdasarkan hitungan di hebcal.com, Paskah Yahudi jatuh pada hari Kamis 4 April 30 AD, sehingga berdasarkan Yohanes 19:14, Yesus Kristus disalibkan 1 hari sebelumnya, yaitu pd hari Rabu 03 April 30 AD.

---

Jadi, jika di postingan terawal oleh bro hengkycandra, ada tertulis sebagian:

"quoted"
1. Herodes wafat pada tahun 4 Sebelum Masehi
2. Kirenius tercatat sebagai wali negeri di Siria pada tahun 7 Sebelum Masehi.
"end of quoted"

maka, dapat dibuat suatu perhitungan sederhana, yakni Yesus lahir di antara 7 s/d 4 sebelum masehi! Lalu jika kita buat sebagai patokan Yesus Kristus disalibkan di 03 April 30 AD, maka tahun kelahiran Yesus "paling mendekati" adalah di: 25 Desember 0005 sebelum masehi.

jadi, sekali lagi, berdasarkan Lukas 3:23 dan dipadukan dengan pemerintahan Raja Herodes dan Wali negeri Siria: Kirenius, maka umur Yesus tetap kira-kira 33 tahun, tepatnya: 33 tahun 3 bulan 9 hari. Tgl 25 Desember 0029 masehi, Yesus berumur 33 tahun. Lalu s/d 03 April 30 masehi, ada tambahan umur Yesus sebanyak 3 bulan 9 hari.

Tambahan umur Yesus yang 3 bulan 9 hari inilah yg dapat saya yakini sebagai "kira-kira" 33 tahun umurNya ketika Yesus disalibkan. Kalo berbagai pendapat mengutarakan bahwa lama pelayanan Yesus adalah: 3(1/2) tahun, saya pikir itu juga "kira-kira" (mendekati "presisi" dan "persis") 3(1/2) tahun = 3 tahun 3 bulan 9 hari itu.

semoga bisa menjadi tambahan wacana bagi saudaraku yg terkasih dlm forum ini. Haleluya.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)