Author Topic: Dialog Protestant - katolik : GAGAL..  (Read 11233 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 28, 2012, 03:58:59 PM
Reply #60
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3629
  • Denominasi: Unam, Sanctam, Catholicam et Apostolicam Ecclesiam
Yang berlalu biarlah berlalu

Sudah tidak mungkin disatukan lagi

Ini pasti kehendak TUHAN

Hmm kok ga enak ya bunyi nya... kesannya kayak agama seberang:
"Aku cerai sama dia karena dia bukan jodohku" Seolah-olah Tuhan yang bikin mereka cerai. What a joke
Mea culpa mea culpa mea maxima culpa
May 28, 2012, 04:19:39 PM
Reply #61
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 107
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Pengertian ada sudah sangat baik, bro.
Betul, seharusnya disadari bahwa Katolik memiliki tiga pilar kebenaran, Alkitab - Magisterium - Tradisi Suci. Ketiga hal itu memiliki kedudukan yang saling melengkapi.

Dan akan menjadi aneh jika ada pihak yang ingin memaksakan pendapat bahwa seluruh ajaran Katolik harus terangkum di dalam Alkitab, dimana bagi Katolik, Alkitab saja jelas tidak lengkap.

Betul kata anda, bahwa diskusi tidak akan pernah mencapai titik temu.

Jika pemahaman tentang dasar pijakan masing maisng pihak sudah saling mengetahui, maka seharusnya dialog bisa terjadi dengan nyaman.

Syalom

Makanya Bruce, kenapa Katolik sangat suka memaksakan ajaran Paus i.e magisterium itu dari Alkitab?

Penipuan kayak gitu kan yang bikin diskusi nggak kelar-kelar?

Makanya para pengajar katolik jgn suka mengelabui umat dan tradisi nipu, apa gak punya malu disaksikan banyak pembaca tradisi kayak gitu dibawa ke forum non katolik?
May 28, 2012, 04:23:10 PM
Reply #62
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1012
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kristen Protestan
Hmm kok ga enak ya bunyi nya... kesannya kayak agama seberang:
"Aku cerai sama dia karena dia bukan jodohku" Seolah-olah Tuhan yang bikin mereka cerai. What a joke
Jadi mirip kasus kerajaan yehuda dan kerajaan israel berpisah

Dan itu semua terjadi atas kehendak TUHAN

Memangnya sodara pikir kalau TUHAN tidak berkehendak maka perpecahan ini tidak akan terjadi ya ?

Ternyata juga TUHAN tidak berniat untuk menyatukan katolik dan protestan , terbukti sampai sekarang tidak bisa bersatu

Saya cukup bersyukur akan adanya hal ini , dan saya yakin ini kehendak TUHAN (roma8:28)

Galatia 6:7   Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.
May 28, 2012, 06:37:30 PM
Reply #63
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1131
  • Gender: Male
  • Denominasi: Katolik
Yang Anda sebutkan itu namanya debat, bukan dialog.

Betul,
Kalau menyampaikan sesuatu yg tidak masuk akal, itu namanya debat.. debat asal ngomong dan asal terlihat benar.

Oke. Berarti anda setuju kalau dialog membutuhkan kesamaan yang masuk akal.

Dialog bukan sekedar saling menyampaikan pendapat, bukan juga saling menentang pendapat.
Cirinya seperti ini:
1. Sadari bahwa pemikiran semua pihak memang berbeda
2. Sampaikan sudut pandang masing-masing.
3. Tidak perlu ada yang saling memaksakan kebenarannya.
4. Juga tidak perlu untuk berkompromi mencari titik temu.
5. Yang terpenting, tetap bisa saling menerima walau berbeda.



Nomor 1,2,3 dan 5.. saya sudah paham dan saya kira saya sudah lakukan itu.

sedangkan no 4 saya kurang setuju:

Dialog:

an exchange of ideas or opinions on a particular issue, especially a political or religious issue, with a view to reaching an amicable agreement or settlement.

http://dictionary.reference.com/browse/dialogue

Memang tujuan dialog adalah untuk mencapai suatu point dimana kedua belah pihak yang berlawanan bisa saling mengerti.

Contoh dialog islam Kristen diadakan untuk tujuan agar kedua belah pihak (islam Kristen) bisa mengerti dan berkompromi mencari titik temu.

In Fact,.. adanya forum ini memiliki tujuan untuk mencari titik temu antara berbagai denominasi.

Jadi memang perlu kompromi dan mencari titik temu dalam dialog itu.

Nah permasalahannya,.. belum sampai ke arah situ sudah OOT.
"Deus Lux Mea Est"
May 28, 2012, 06:59:31 PM
Reply #64
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1131
  • Gender: Male
  • Denominasi: Katolik
kalo menurut saya dialog bisa berhasil jika kita masing-masing sudah mengenal lawan dialog kita, contoh saya protestan dan saudara saya katolik, kami sering diskusi dan baik-baik aja, karena kami sudah saling kenal dan saya tidak ingin menjadikan dia protestan dan dia tidak ingin menjadikan saya katolik.

juga sebagai seorang protestan harus sadar bahwa katolik itu saudara tua, dari gereja katolik jugalah kita punya yang namanya Alkitab kanon, jadi hormatilah yang tua heheh

dan yang katolik juga jangan memandang rendah protestan karena ia mudah, janganlah suruh protestan buat kitab sendiri karena alkitab yang  kami pakai adalah kanon katolik. dan janganlah bilang protestan menambah-nambah kata2 YESUS dalam doa Bapa kami sehingga doa Bapa kami versi kita berbeda. 

Betul.
Tapi katolik tidak memandang rendah protestan.
Ajaran katolik memandang protestant sebagai saudara, itu yg kita pegang (meskipun kadang ada katollik yg agak  kelewat batas).
Dalam dunia nyata saja, sangat JARANG sekali, umat katolik yg membalas perkataan hinaan dari protestant.
Biasanya umat katollik itu cuma nyengir-nyengir kuda. Tanpa mendebat balik perkataan2 yg keluar dari protestant.
Paling mereka berkata :"Ah.. protestant dia itu,.. paling hebat kalau mengupas ayat alkitab,.. biarkan saja lah"
Dikatakan menyembah patung,.. yah paling umat katolik itu nyengir-nyengir..
Dikatakan menyembah maria .. sama juga nyengir..
Itu kenapa ? Karena umat katolik sangat sadar, bahwa yg berkata-kata itu adalah dumbass... eh salah....(he he he.). adalah mereka yg tidak paham.
Nah, justru itulah indahnya ada ForumKristen.  forum yg dibuat oleh orang Kristen, yg memuat pertanyaan tentang katolik, dan dijawab oleh orang katolik sehingga Kristen yg tidak paham menjadi paham sedikit sedikit.

Tapi sayang sekali belum sampai pada taraf paham, sudah OOT duluan.


"Deus Lux Mea Est"
May 28, 2012, 07:33:50 PM
Reply #65
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 179
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Yo'i Brurs.. ya udah yg OOT biarin aja, either yg dianggap OOT atau yang merasa di-OOT-kan ngalah dulu, siapa tau kali-kali besok kagak OOT lagi dan salaman lagi...
Tapi kita semua agree bahwa tetap ada batasnya lah, IMHO masing-masing kubu boleh-boleh aja "nyemprot" asal masih dalam tatakrama om Momod & tidak menimbulkan akar pahit saja... :'(

Karena rasanya kita semua disini juga semua aware bahwa either protestan or katolik itu juga dinamis dan saya tetap yakin at the end-nya Tuhan sendiri yang akan mempersatukan seluruh gerejanya.
Contoh nyata saja, dulu yang dianggap "tabu" & "sesat" (seperti persekutuan di rumah-rumah, tepuk tangan, alat musik kontemporer) sekarang tidak. Kita tidak tahu ke depannya nanti ada perkembangan yang seperti bagaimana, tapi saya pribadi percaya bahwa Tuhan tetap bekerja dalam segala sesuatu. Amiiiin...  :happy0025:
"Allah yang Setia, yang tak pernah meninggalkan perbuatan tangan-Nya"
May 28, 2012, 08:04:00 PM
Reply #66
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 356
  • Denominasi: Kristen Perdana tanpa gereja.
« Last Edit: May 28, 2012, 08:18:03 PM by Kahlil_Gibson »
Melaksanakan kehendak Bapa di Surga , yang menyelamatkan kita untuk bersama di dalam Surga.
May 30, 2012, 07:13:03 AM
Reply #67
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1131
  • Gender: Male
  • Denominasi: Katolik
Posting dihapus. Penganut Mormon silakan diskusi di board:
http://forumkristen.com/index.php?board=76.0
http://forumkristen.com/index.php?board=90.0



Bagus bro Kahlil.. memang gitu aja deh menghadapi member OOT :afro:
"Deus Lux Mea Est"
May 30, 2012, 10:14:21 AM
Reply #68
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8790
  • ForumKristen.com
sedangkan no 4 saya kurang setuju:

Dialog:

an exchange of ideas or opinions on a particular issue, especially a political or religious issue, with a view to reaching an amicable agreement or settlement.

http://dictionary.reference.com/browse/dialogue

Memang tujuan dialog adalah untuk mencapai suatu point dimana kedua belah pihak yang berlawanan bisa saling mengerti.

Contoh dialog islam Kristen diadakan untuk tujuan agar kedua belah pihak (islam Kristen) bisa mengerti dan berkompromi mencari titik temu.

In Fact,.. adanya forum ini memiliki tujuan untuk mencari titik temu antara berbagai denominasi.

Jadi memang perlu kompromi dan mencari titik temu dalam dialog itu.

Nah permasalahannya,.. belum sampai ke arah situ sudah OOT.

Ya, idealnya memang sampai mencari titik temu.
Tapi di lapangan, itu hampir mustahil terjadi jika pihak-pihak yang berdialog menggunakan referensi yang berbeda.
Misalnya pemahaman tentang YESUS, tidak mungkin ada titik temu jika umat Kristen menggunakan Alkitab, sedangkan umat Islam menggunakan Al-Qur'an. Persamaan memang ada, perbedaan juga banyak, sehingga "YESUS"-nya pasti beda.

Demikian pula Protestan dengan Katolik. Yang satu mengakui otoritas Paus dan Magisterium, sedangkan yang lain tidak. Anda bisa lihat buktinya di forum ini, di mana member Protestan out of topic membahas keabsahan Paus, Petrus sebagai Paus pertama, otentisitas Deuterokanonika, dll.

Anda bisa lihat sendiri betapa ngototnya mereka menolak Paus, Magisterium, dan referensi Katolik yang lain. Saya yakin Anda sendiri juga tidak mau berkompromi dengan mengesampingkan sumber-sumber tersebut :)

Salam

Mustahil Kristen bisa menjawab
"We don't smoke it, we just sell it. We reserve that right for the young, the poor, the black and the stupid." - R.J. Reynolds
May 30, 2012, 10:26:31 AM
Reply #69
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6524
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Ya, idealnya memang sampai mencari titik temu.
Tapi di lapangan, itu hampir mustahil terjadi jika pihak-pihak yang berdialog menggunakan referensi yang berbeda.
Misalnya pemahaman tentang YESUS, tidak mungkin ada titik temu jika umat Kristen menggunakan Alkitab, sedangkan umat Islam menggunakan Al-Qur'an. Persamaan memang ada, perbedaan juga banyak, sehingga "YESUS"-nya pasti beda.

Demikian pula Protestan dengan Katolik. Yang satu mengakui otoritas Paus dan Magisterium, sedangkan yang lain tidak. Anda bisa lihat buktinya di forum ini, di mana member Protestan out of topic membahas keabsahan Paus, Petrus sebagai Paus pertama, otentisitas Deuterokanonika, dll.

Anda bisa lihat sendiri betapa ngototnya mereka menolak Paus, Magisterium, dan referensi Katolik yang lain. Saya yakin Anda sendiri juga tidak mau berkompromi dengan mengesampingkan sumber-sumber tersebut :)

Salam
Kalau saya sih mengerti bahwa sumber katolik bukan hanya alkitab. Jadi bila pihak rekan katolik sudah menyatakan dalam diskusi bahwa pendapatnya bukan berdasarkan alkitab tapi dari Tradisi Suci atau magisterium, diskusi bisa diakhiri, karena sudah berbeda dasarnya. Kristen tidak perlu terus melenceng mempertanyakan keabsahan sumber katolik, karena akan OOT.

Sebaliknya, bila katolik percaya akan sesuatu hal berdasarkan Magisterium atau Tradisi Suci, lebih baik katakan dengan tegas. Tidak perlu muter-muter mencoba memaksakan bahwa hal itu ada di alkitab.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)