Author Topic: TUHAN YANG MENTANG-MENTANG (Sikap YESUS kepada Maria)  (Read 3041 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 28, 2012, 08:27:47 AM
Reply #10
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 334
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan Injili
Tanggapan ini membuat saya berpikir bahwa TUHAN YESUS yang diimani oleh umat PROTESTAN tidak sama dengan TUHAN YESUS yang diimani oleh umat KATOLIK.


Nah...nah....

Lagi-lagi pernyataan satu orang digeneralisir sebagai mewakili pernyataan/keyakinan PROTESTAN....  :mad0261:
for the love of God
May 28, 2012, 10:49:18 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Menurut pendapat saya, pandangan elgaga tidaklah mewakili semua golongan protestan secara umum. Mungkin lebih tepatnya kalo mewakili pandangan protestan yang ABM dan ABK saja.

Mungkn perlu juga ditelusuri, apakah para ABK dan ABM itu sejatinya Protestan atau hanya sekedar merasa diri sebagai Protestan. Karena melihat prosentasinya, mereka sangat sedikit, dan tidak pula didukung oleh Protestan yang sejati.

 :coolsmiley:
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
May 28, 2012, 11:15:08 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 908
  • Gender: Male
Damai bagi FKers.

Syukur bagi Tuhan, terima kasih untuk CLAY.

Mohon ijin nambah pikiran sendiri.

1.
“Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.” (Yoh 2:4).
Dalam suatu diskusi, pernah kepada saya disodorkan bahwa kata /ibu/ pada kalimat itu adalah terjemahan dari /women/ dalam bahasa Inggris. Sementara /ibu/ dan /women/ adalah kata Indonesia dan Inggris, yang adalah sama-sama bukan bahasa sehari-hari yang digunakan Yesus Kristus.

Kalimat itu terdapat pada Injil di bawah perikop [/i]Perkawinan di Kana[/i]. Lepas dari apakah itu menggunakan /ibu/ atau /women/, kalimat itu kemudian diikuti oleh "Saat-Ku belum tiba," untuk memberikan keterangan kepada /ibu/ atau /women/ itu, bahwa SAAT bagi Yesus Kristus untuk melayani manusia di dunia, BELUM TIBA.

Meski Yesus Kristus bilang kepada /ibu/ atau /women/ itu bahwa saatNya untuk melayani manusia belum tiba, kenyataannya, perikop itu mengisahkan bahwa Yesus Kristus MENGUBAH AIR MENJADI ANGGUR. Nah, lo. Ada pertentangan bukan? Di satu sisi Yesus Kristus bilang bahwa saatNya untuk melayani manusia belum tiba, tetapi di sisi lain Dia melayani manusia dengan MENGUBAH AIR MENJADI ANGGUR.

Menurut pemahaman saya, setiap pembaca kisah itu bebas mau mengartikan bagaimana, tetapi saya ingin mengemukakan pendapat saya, bahwa kisah itu mensinyalkan bahwa Yesus Kristus mengabulkan keinginan /ibu/ atau /women/ itu. Artinya, Yesus Kristus memperlakukan /ibu/ atau /women/ itu lebih dari /ibu/ atau /women/ lainnya. Jadi, jika kalimat “Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.” diartikan sebagai Yesus Kristus tidak menghargai atau tidak menghormati Bunda Maria, adalah krang tepat. Sebab, jika benar Yesus Kristus tidak menghargai atau tidak menghormati Bunda Maria, maka Yesus Kristus tidak akan MENGUBAH AIR MENJADI ANGGUR, wong Dia sudah bilang bahwa saat-Nya untuk melayani manusia belum tiba.
2.
“Ibu-Ku dan saudara- saudaraKu ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.” (Luk 8:19, lih. Mat 12:49-50, Mrk 3: 31-35).
Berhubung kalimat Yesus Kristus ini dikatakan seolah-olah merespon kalimat orang banyak, "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau," maka sebagian pembaca Alkitab mengartikan kalimat tersebut sebagai "penyangkalan" Yesus terhadap Bunda Maria. Padahal, kalimat itu tidak berkata bahwa "orang-orang yang dimaksudkan oleh orang banyak itu sebagai ibu dan saudara-saudara Yesus" adalah bukan ibu dan saudara-saudara Yesus. Yesus Kristus menjelaskan bahwa ibu dan saudara-saudaraNya adalah mereka yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya. Pertanyaan lanjutannya ialah, apakah orang-orang di luar (yang dimaksudkan orang banyak itu) adalah termasuk yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya?

Khusus pada Bunda Maria, menurut saya, karena tidak ada ayat dalam Alkitab yang mengindikasikan Bunda Maria tidak mendengarkan dan melakukan firman Allah, maka perkataan Yesus “Ibu-Ku dan saudara- saudaraKu ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya,” bukan bertujuan untuk menyangkal bahwa yang di luar itu bukan ibu dan saudara-saudara Yesus. Justru, menurut hemat saya, bila dikatakan dengan cara lain, perkataan Yesus itu adalah, "Benar, mereka adalah ibu dan saudara-saudaraKu, karena mereka mendengarkan dan melakukan firman Allah".

Begitu dariku.

Damai bagi FKers.
Membajak? Tidak.
Mencari Forum? Ya.
Forum Kristen? Ya.
Dengan Iman? Harus.
Jadi? Mencari Forum Kristen yang beriman.
May 28, 2012, 11:39:26 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 908
  • Gender: Male
Damai bagi FKers.

CLAY, mohon ijin nambah lagi mengenai pikiran sendiri, ya?
3.
“Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?” Luk 2:49
Seperti saya kemukakan terdahulu, siapa saja pembaca Alkitab, bebas mau mengartikan kalimat itu. Maka, sebagaian pembaca Alkitab mengartikannya bahwa itu merupakan teguran kepada Bunda Maria dan Santo Yusuf suaminya.

Saya sendiri, mengartikan itu, seperti pengertian CLAY. Bahwa dengan kalimat itu, YESUS memproklamirkan bahwa Dia adalah Tuhan. Hanya saja, cara penyampaiannya bukan seperti yang diinginkan banyak kalangan, yaitu YESUS tidak menyatakan secara verbal, "Akulah Tuhan, sembahlah Aku," YESUS bilang bahwa Dia harus berada di dalam rumah Bapa-Nya.

Jika YESUS KRISTUS benar-benar memaksudkan bahwa Dia tidak menghargai dan tidak menghormati Bunda Maria dan Santo Yusuf sebagai orang tuaNya, maka Dia tidak akan kembali ke Nazaret bersama Bunda Maria dan Santo Yusuf. Kenyataannya, di Luk 2:51 dapat kita baca, "Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya." Nah lo. Ada pertentangan lagikah? Di satu sisi YESUS bilang bahwa Dia harus tinggal di rumah BapaNya, di sisi lain YESUS pulang ke Nazaret bersama Bunda Maria dan Sato Yusuf untuk diasuh.

Jadi, saya tidak sependapat jika “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?” diartikan sebagai teguran YESUS kepada Bunda Maria dan Santo Yusuf. Kalimat YESUS tu merupakan proklamasi bahwa Dia adalah Tuhan. Dan lagi, karena waktu pelayananNya kepada manusia belum tiba, maka Bunda Maria dan Santo Yosef dipilih sebagai orang tua asuh yang dihormati dan dihargai sebagai orang tua jasmaniah. Dan penghormatan serta penghargaan itu mempunyai konsekuensi, bahwa Bunda Maria dan Santo Yusuf berbeda dengan manusia lain. Dengan kata lain, Bunda Maria dan Santo Yusuf adalah manusia luar biasa, bukan manusia biasa.

Damai, damai, damai.
Membajak? Tidak.
Mencari Forum? Ya.
Forum Kristen? Ya.
Dengan Iman? Harus.
Jadi? Mencari Forum Kristen yang beriman.
May 28, 2012, 12:58:37 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 908
  • Gender: Male
Menurut hemat saya, "woman", bro Husada. Bukan "women". Takutnya wo men de ai terkatung-katung...
Hihhihhiii... entah apalah. Intinya, yang ingin saya sampaikan sebenaranya ialah, meski Yesus sudah bilang bahwa saatNya belum tiba, tetapi tetap saja Yesus mengubah air menjadi anggur. Jika Yesus tidak menghargai atau menghormati ibu, atau women, atau woman yang memberitahukan bahwa tuan pesta sudah kehabisan anggur itu, karena saatNya belum tiba, maka pikiran manusiawi saya bilang bahwa Yesus tidak akan mengubah air menjadi anggur. Begitu, Rick, hehhehheee...

Damai, damai, damai.
Membajak? Tidak.
Mencari Forum? Ya.
Forum Kristen? Ya.
Dengan Iman? Harus.
Jadi? Mencari Forum Kristen yang beriman.
May 29, 2012, 08:10:44 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3571
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika

Salam Damai Bro Clay.

Semoga postingan Bro Clay diatas dapat dipahami Pihak Protestan (Garis Keras) sehingga mereka tidak melakukan penghakiman secara membabi buta.


GBU
 :)

Salam Damai jg Bro, yah memang sudah seharusnya demikian. Semoga mereka mau dengan rendah hati mengakui keutamaan bunda Maria yang adalah Bunda Yesus Kristus dan jg mau menerimanya sebagai bunda rohani.

Salam
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
May 29, 2012, 08:12:35 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3571
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
Nice post bro Clay,

Perlu diketahui juga tidak semua Protestan bersikap begitu even para bapa reformasi masih mengamini YESUS yang tetap menghormati orang tuanya.


Dan yah YESUS perlu diingat punya Dwi natur sebagai Allah dan sebagai Manusia ..dan sebagai Manusia Ia tanpa dosa...ini berarti Ia memenuhi sepuluh perintah termasuk menghormati orang tua-Nya.

salam damai :)

Salam Damai bro, thx atas tanggapannya. Dari sisi Yesus, kita dapat melihat bahwa Yesus sungguh mengasihi murid-Nya atau seluruh umat beriman, sehingga tidak cukup Dia memberikan nyawa-Nya, namun Dia memberikan segalanya, termasuk adalah ibu-Nya. Kalau pemberian ini dilakukan menjelang ajal-Nya, sesungguhnya ini adalah pemberian yang begitu berharga. Oleh karena itu murid yang dikasihi-Nya menerima Maria di dalam rumahnya dan juga di dalam “rumah hatinya”. Dan itulah yang harus kita imani. Kita tidak dapat menolak pemberian kasih dari Yesus, sehingga dengan penuh syukur kita menerima Maria sebagai Bunda kita semua.

GBU
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
May 29, 2012, 08:16:22 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3571
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
@clay

Nice post bro, sangat jelas dan lengkap, semoga pembaca bisa mencernanya dengan baik, dan mulai bisa mengoreksi pikiran keliru dari benak mereka.

Saya bangga sebagai Katolik, karena dasar iman Katolik bukanlah iman karbitan, tetapi berdasarkan ajaran yang benar.

Berkat JESUS bagi kita semua.

Syalom

Thx  atas tanggapannya bro, betul sekali iman Katolik bukan iman karbitan dan sudah teruji selama 2000 tahun.

GBU
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
May 29, 2012, 08:18:17 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 912
  • Denominasi: Religion says : Do, but Christianity says : Done!
Alkitab Hari Ini - 29 Mei 2012
Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya! - Roma 5:10
Everybody thinks i`m crazy. They say, "you take the Jesus thing too seriously." Well i don`t know, but Jesus Christ took me pretty seriously when He died for me on the Cross.
May 29, 2012, 08:19:57 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3571
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
Nah...nah....

Lagi-lagi pernyataan satu orang digeneralisir sebagai mewakili pernyataan/keyakinan PROTESTAN....  :mad0261:

Maafkan kalau salah, tetapi jika ada kawan Protestan yg menyerang doktrin GK saya jg berharap anda jg mengingatkan mereka sebagaimana anda mengingatkan saya kali ini.

GBU
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)