Author Topic: Bolehkah orang Kristen membunuh dalam perang?  (Read 993 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 07, 2012, 11:58:16 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 969
  • Gender: Male
Mau tanya, bolehkah tentara yang beragama Kristen membunuh lawannya dalam perang?
Dan bolehkah warga sipil yang beragama Kristen ikut berperang dan membunuh lawannya?
Soalnya hati kecilku ini masih mengatakan bahwa orang Kristen tidak boleh membunuh siapapun dalam keadaan apapun juga. Cuma aku berpikir, seandainya semua orang Kristen tidak ada yang berperang, lantas semua orang Kristen bisa habis semua dibantai2in dong?
Seandainya orang Kristen diijinkan berperang dan membunuh lawan2nya, apakah ada ayat dasarnya, dimana TUHAN mengijinkan kita berperang dan membunuh lawannya?
Terimakasih  :)
Markus 12:29   Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

Wahyu 1:8   Aku adalah Alfa dan Omega, Firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.
September 08, 2012, 12:43:01 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2386
  • Gender: Male
  • Denominasi: protestan
Mau tanya, bolehkah tentara yang beragama Kristen membunuh lawannya dalam perang?
Dan bolehkah warga sipil yang beragama Kristen ikut berperang dan membunuh lawannya?
Soalnya hati kecilku ini masih mengatakan bahwa orang Kristen tidak boleh membunuh siapapun dalam keadaan apapun juga. Cuma aku berpikir, seandainya semua orang Kristen tidak ada yang berperang, lantas semua orang Kristen bisa habis semua dibantai2in dong?
Seandainya orang Kristen diijinkan berperang dan membunuh lawan2nya, apakah ada ayat dasarnya, dimana TUHAN mengijinkan kita berperang dan membunuh lawannya?
Terimakasih  :)
Yos 6:2 Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa.
September 08, 2012, 01:53:49 AM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 277
Mau tanya, bolehkah tentara yang beragama Kristen membunuh lawannya dalam perang?
Dan bolehkah warga sipil yang beragama Kristen ikut berperang dan membunuh lawannya?
Soalnya hati kecilku ini masih mengatakan bahwa orang Kristen tidak boleh membunuh siapapun dalam keadaan apapun juga. Cuma aku berpikir, seandainya semua orang Kristen tidak ada yang berperang, lantas semua orang Kristen bisa habis semua dibantai2in dong?
Seandainya orang Kristen diijinkan berperang dan membunuh lawan2nya, apakah ada ayat dasarnya, dimana TUHAN mengijinkan kita berperang dan membunuh lawannya?
Terimakasih  :)

3:14   Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: "Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?" Jawab Yohanes kepada mereka: "Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu."
(prajurit identik dgn perang.. John tidak menyuruh mereka meninggalkan pekerjaannya sebagai prajurit)

Daud membunuh Goliath
Perang Abraham, setelah itu diberkati Melkisidek.
dll...
September 08, 2012, 05:20:10 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1030
  • Denominasi: katolik
Mau tanya, bolehkah tentara yang beragama Kristen membunuh lawannya dalam perang?
Dan bolehkah warga sipil yang beragama Kristen ikut berperang dan membunuh lawannya?
Soalnya hati kecilku ini masih mengatakan bahwa orang Kristen tidak boleh membunuh siapapun dalam keadaan apapun juga. Cuma aku berpikir, seandainya semua orang Kristen tidak ada yang berperang, lantas semua orang Kristen bisa habis semua dibantai2in dong?
Seandainya orang Kristen diijinkan berperang dan membunuh lawan2nya, apakah ada ayat dasarnya, dimana TUHAN mengijinkan kita berperang dan membunuh lawannya?
Terimakasih  :)

Pakailah KEDUA HUKUM KASIH ANUGRAH  sebagai pedoman,
engga usah buka buka llagi buku kitab undang undang HUKUM TAURAT.
Karena sudah dibatalkan oleh kematian yesus efesus (2:15)
dan karena masa berlakunya udah habis (lukas 16 :16 a)

P. Baru: Efesus: 2
2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,

Lukas 16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes;


GBU
HANYA DENGAN FIRMAN YANG KELUAR DARI MULUT ALLAH ,MANUSIA DAPAT HIDUP
September 08, 2012, 06:40:30 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3318
  • Denominasi: protestan
Mau tanya, bolehkah tentara yang beragama Kristen membunuh lawannya dalam perang?
Dan bolehkah warga sipil yang beragama Kristen ikut berperang dan membunuh lawannya?
Soalnya hati kecilku ini masih mengatakan bahwa orang Kristen tidak boleh membunuh siapapun dalam keadaan apapun juga. Cuma aku berpikir, seandainya semua orang Kristen tidak ada yang berperang, lantas semua orang Kristen bisa habis semua dibantai2in dong?
Seandainya orang Kristen diijinkan berperang dan membunuh lawan2nya, apakah ada ayat dasarnya, dimana TUHAN mengijinkan kita berperang dan membunuh lawannya?
Terimakasih  :)
Nah Bro, elo TAFSIRKAN SENDIRI ya apa MAKNA TERSIRAT dibalik ayat yg TERSURAT ini :

Lukas 19 :
27 Akan tetapi semua seteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari dan bunuhlah mereka di depan mataku."

Bisa  dong kamu menangkap MAKNA nya ?! :coolsmiley: :happy0062:
September 08, 2012, 07:48:27 AM
Reply #5
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Denominasi: Protestan
September 08, 2012, 10:28:25 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 969
  • Gender: Male
masih bingung. seandainya seorang Kristen ingin dibunuh, bolehkah orang itu membela diri dengan membunuh orang yang mengancamnya itu? kalau dia tidak membela diri dengan membunuh orang itu, maka orang Kristen itulah tentunya yang akan dibunuh. gimana nih?
hati kecilku sih masih mengatakan tidak boleh membunuh, harus taat sampai mati, tanpa membunuh 1 orangpun. ada yang mau koment silahkan. :)
Markus 12:29   Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

Wahyu 1:8   Aku adalah Alfa dan Omega, Firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.
September 08, 2012, 11:05:01 PM
Reply #7
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 277
masih bingung. seandainya seorang Kristen ingin dibunuh, bolehkah orang itu membela diri dengan membunuh orang yang mengancamnya itu? kalau dia tidak membela diri dengan membunuh orang itu, maka orang Kristen itulah tentunya yang akan dibunuh. gimana nih?
hati kecilku sih masih mengatakan tidak boleh membunuh, harus taat sampai mati, tanpa membunuh 1 orangpun. ada yang mau koment silahkan. :)

Dalam keadaan perang atau tidak ?
Jika dalam keadaan perang:
2:13 Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi,

13:1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.
13:2 Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.
13:3 Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.
13:4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.

Jika kitab UUD mewajibkan kita ikut serta membela negara dalam kondisi perang, ya mesti dipatuhi... membunuh, self-defense dalam perang ya sudah nasib.. kan Allah yg tentukan juga......
Sama saja, dalam KUHP membunuh dikenai hukuman pidana... tapi KUHP tidak berlaku dalam kondisi perang... membunuh orang tidak tersangkut pasal pidana...

Beda kalau perang itu disebabkan oleh keinginan/nafsu keserakahan kita sendiri... merampok lalu menistai korban perang seperti "mereka yg naik onta"....
===================

Sedangkan membunuh karena self-defence dalam kondisi bukan perang, IMO: TIDAK BOLEH.
Pake aja jurusnya Rasul Paul: langkah seribu dari pengejaran tentara..... atau mengasah kemampuan jurus "lidah pengacara" sebagai self-defence.
September 08, 2012, 11:18:42 PM
Reply #8
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 372
  • Denominasi: Kristen
Semuanya menjadi pilihan masing2 individu

Yesus tidak melawan saat ditangkap dan malah menyembuhkan telinga tentera yang ingin menangkapnya, beliau berkata : "Siapa hidup oleh pedang akan mati oleh pedang."

Sebelas murid Yesus juga mati ditindas kecuali Yohanes mati dipengasingan,  mereka melawan dengan kasih, walau mereka mati tetapi Kristen berkembang pesat setelah kematian mereka.

Seharusnya membunuh dalam perang tidak dibenarkan, tetapi siapa yang bisa menyamai Yesus dan kedua belas muridnya ???
September 09, 2012, 12:29:19 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1177
Wah, ini baru topik menarik.

Sebelumnya saya pernah mendengar cerita:

Seorang tentara 'Kristen', sebelum pergi berperang, pendetanya berdoa dan mengatakan, "Allah beserta kita!". Di medan pertempuran ia melihat tentara musuh -- yang juga 'Kristen' -- didoakan oleh pendetanya, "Allah beserta kita!". Maka tentara ini bertanya, "Sebentar lagi kami akan saling bunuh. Jadi Allah beserta siapa?"

Hehe. Menarik ya?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)