Author Topic: Kritisnya Umat Buddha Terhadap Ajaran Kristen  (Read 4867 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

October 17, 2012, 11:49:53 AM
Reply #80
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6738
  • Gender: Male
  • Tuhanku Memberkatimu
  • Denominasi: Baptis
Bro,
Aliran yang dulu pemimpinnya ada di pacet puncak yaitu seorang suhu yang berjenggot putih agak eksentrik namun sudah meninggal , apa namanya yah?? saya lupa hehehe...

Vihara Sakyawanaram? Waduuh, itu aliran theravada atau mahayana?
-- Savaka-Buddha --
October 17, 2012, 12:11:46 PM
Reply #81
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1088
  • Gender: Male
@ natvaniee n Rennati : Bhikkhu Ashin Jinarakkhita ya maksudmu?  Itu juga dikecam sama therevadin sebagai perusak ajaran Buddha yg murni.

Jadi kalo perusak Dharma itu mendapat Garuka Akusala Karma( mati terlahir didunia peta tak bisa keluar lagi, jadi setan kelaparan selama-lamanya) menurut ajaran Buddha.

Nah problemnya siapa yg sesat? Bikkhu Ashin atau para therevadin yg tidak percaya adanya Tuhan itu?

Bikkhu Ashin itu bisa masuk aliran Mahayana atau Therevada, jadi bisa AC -DC....:D
" In Essential We are UNITY, In non Essential We are LIBERTY, in All Things We are CHARITY"
October 17, 2012, 12:16:14 PM
Reply #82
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6738
  • Gender: Male
  • Tuhanku Memberkatimu
  • Denominasi: Baptis
Bro,
Aliran yang dulu pemimpinnya ada di pacet puncak yaitu seorang suhu yang berjenggot putih agak eksentrik namun sudah meninggal , apa namanya yah?? saya lupa hehehe...

Saya taunya Vihara Sakyawanaram, di puncak toh? Kalau memang aliran theravada tidak ber-Tuhan, kenapa juga ikut aliran Buddha? Lima agama di Indonesia semuanya berasaskan Ketuhanan Yang Maha Esa. Lalu senior buddha di DC itu ber-Tuhan atau tidak?

Pantas saja dato-tono selalu ajak bro josaphat ke forum atheis, lah wong tidak ada bedanya dengan atheis.

 :afro:
-- Savaka-Buddha --
October 17, 2012, 12:53:23 PM
Reply #83
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 288
  • Denominasi: Yesusnisme
saya pernah gabung situ tp acc WordPeace8281 saya dihapus soalnya cmn gara2 promosi blog. :char11:

sebenernye setelah gw cek, pantes aja mereka sampe segitunya. ternyata ada tukang ngerusuh dr FK disana: Isaacus Newtonus

silahkan cek sendiri, dia tuh menghujat soal Kelahiran Kembali & Creasonist VS Evolusionist disono serta ngomongin soal Alkitab. gimana gak geram mereka digituin.

& jg kasusnya 11-12 kek di FK. kl disini Katolik VS Protestan disono Budhist VS Protestan (soal Kekristenan disono)

gak usah jauh2 lah, di trit ini aje udh ade Protestan nduablek kek Dya^_^ ame ZodiakKiller yg malah nganggep remeh masalah kek ginian.

tp tenang aja kok, saya jd teringat ama kasus abad pertengahan antara Paus Leo X vs Martin Luther yg pd akhirnya Katolik terpaksa ngalah ama Protestan

sehingga saat ini Katolik lebih memaklumi hujatan dr Protestan

demikian pula dgn Budhist, mereka jg nantinya sadar sendiri kok ditambah lagi dgn tuntutan agama mereka yg welas asih

apalagi semenjak kasus Rohingya tuh, saya pernah baca bahwa mereka menyadari bahwa sebetulnya Kristen masih mendingan krn ada yg lebih parah lagi (taulah maksudku)
October 17, 2012, 01:04:26 PM
Reply #84
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 375
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik
Saya taunya Vihara Sakyawanaram, di puncak toh? Kalau memang aliran theravada tidak ber-Tuhan, kenapa juga ikut aliran Buddha? Lima agama di Indonesia semuanya berasaskan Ketuhanan Yang Maha Esa. Lalu senior buddha di DC itu ber-Tuhan atau tidak?

Pantas saja dato-tono selalu ajak bro josaphat ke forum atheis, lah wong tidak ada bedanya dengan atheis.

 :afro:
setau saya semua buddhis adalah atheis.
Jadi kan Firman Mu nyata dalam hidupku
October 17, 2012, 01:06:56 PM
Reply #85
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6738
  • Gender: Male
  • Tuhanku Memberkatimu
  • Denominasi: Baptis
saya pernah gabung situ tp acc WordPeace8281 saya dihapus soalnya cmn gara2 promosi blog. :char11:

sebenernye setelah gw cek, pantes aja mereka sampe segitunya. ternyata ada tukang ngerusuh dr FK disana: Isaacus Newtonus

silahkan cek sendiri, dia tuh menghujat soal Kelahiran Kembali & Creasonist VS Evolusionist disono serta ngomongin soal Alkitab. gimana gak geram mereka digituin.

& jg kasusnya 11-12 kek di FK. kl disini Katolik VS Protestan disono Budhist VS Protestan (soal Kekristenan disono)

gak usah jauh2 lah, di trit ini aje udh ade Protestan nduablek kek Dya^_^ ame ZodiakKiller yg malah nganggep remeh masalah kek ginian.

tp tenang aja kok, saya jd teringat ama kasus abad pertengahan antara Paus Leo X vs Martin Luther yg pd akhirnya Katolik terpaksa ngalah ama Protestan

sehingga saat ini Katolik lebih memaklumi hujatan dr Protestan

demikian pula dgn Budhist, mereka jg nantinya sadar sendiri kok ditambah lagi dgn tuntutan agama mereka yg welas asih

apalagi semenjak kasus Rohingya tuh, saya pernah baca bahwa mereka menyadari bahwa sebetulnya Kristen masih mendingan krn ada yg lebih parah lagi (taulah maksudku)


Saya luruskan sedikit bro peace, hasil pengamatan saya disana tidaklah demikian, sebelum bro isaac masuk pun mereka sudah mengalami "krizindrome" atau ketakutan akan krizten, ini tidak saya karang-karang, saya berusaha bertanya kepada mereka kenapa hal itu bisa terjadi dan alasan mereka sama sekali bukan karena bro isaac jualan agama krizten disana dan menghina paham buddha.

Alasannya sudah saya jelaskan diatas, dan pengakuan beberapa senior di sana justru kebencian mereka terhadap krizten lebih disebabkan penginjilan yang dipaksakan dalam waktu lama kepada mereka, jadi kalau anda bilang bro isaac masalahnya saya kurang setuju.

Beberapa senior di DC pun memang tidak mau mendengar penjelasan saya, dan merasa saya ini utusan/penginjil yang ingin jualan obat "brewok" disana. Lalu saya tanya alasannya, mereka merasa intimidasi jangka panjang melalui penginjilan oleh beberapa umat "Kristen" sangatlah mengganggu mereka.

Berikut beberapa perbedaan mahayana dan theravada, saya mengetahui dari bro josaphat kalau forum DC kebanyakan dihuni oleh buddha aliran theravada:

Kebahagiaan
Mahayana: Banyak ceria dan menolong orang. (makanya tua ie saya suka nolong)
Theravada: Ketaktergangguan.  (absolut/mutlak), tidak dapat menerima ajaran lain.

Dalam Perbuatan Tertinggi
Mahayana: Kasih. (tua ie saya suka menolong dan mengasihi, terkadang lebih dari pada umat Kristen sendiri)
Theravada: Vipassana. (Kualitas batin yang memiliki kemampuan untuk 'mengamati' segala sesuatu dalam hakekat yang sesungguhnya yang dicengkram oleh tiga sifat umum, yaitu tidak kekal, tidak memuaskan, dan tidak berkepemilikan pada saat itu (jadi bukan konseptual / sebutan / nama / gambaran).

http://bharadvaja.wordpress.com/2009/03/26/perbedaan-mahayana-dan-theravada/

Semoga bermanfaat... :D
-- Savaka-Buddha --
October 17, 2012, 01:09:17 PM
Reply #86
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6738
  • Gender: Male
  • Tuhanku Memberkatimu
  • Denominasi: Baptis
setau saya semua buddhis adalah atheis.

Mereka menolak gagasan adanya Dewa tertinggi yang menciptakan dan menguasai dunia ini. Mungkin saja anda benar, tetapi ada beberapa umat buddha yang merasa mereka ber-Tuhan. Jika tidak mana mungkin bisa bertahan di Indonesia dengan asas Ketuhanan Yang Maha Esa.

Semoga berkenan... :D
-- Savaka-Buddha --
October 17, 2012, 01:22:58 PM
Reply #87
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 375
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik
Mereka menolak gagasan adanya Dewa tertinggi yang menciptakan dan menguasai dunia ini. Mungkin saja anda benar, tetapi ada beberapa umat buddha yang merasa mereka ber-Tuhan. Jika tidak mana mungkin bisa bertahan di Indonesia dengan asas Ketuhanan Yang Maha Esa.

Semoga berkenan... :D
inilah keanehan buddha, mereka mengenal alam dewa, banyak dewa mereka punyai.
wong semua manusia bisa jadi dewa. kan bertolak belakang sama asas Ketuhanan Yang Maha Esa.
Jadi kan Firman Mu nyata dalam hidupku
October 17, 2012, 01:57:10 PM
Reply #88
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 288
  • Denominasi: Yesusnisme
Mereka menolak gagasan adanya Dewa tertinggi yang menciptakan dan menguasai dunia ini. Mungkin saja anda benar, tetapi ada beberapa umat buddha yang merasa mereka ber-Tuhan. Jika tidak mana mungkin bisa bertahan di Indonesia dengan asas Ketuhanan Yang Maha Esa.

Semoga berkenan... :D


nope
mereka tak atheis tp jg tak politheis
kl menurutku mereka cmn berusaha agar universal terhadap golongan manapun (baik Theis maupun Atheis)
mereka lebih mengutamakan ajaran ketimbang konsep

bukannya saya Budhist, tp kebetulan saya punya artikelnya: http://worldpeace8281.blogspot.com/2012/07/apakah-buddhisme-itu-atheis_06.html

Saya luruskan sedikit bro peace, hasil pengamatan saya disana tidaklah demikian, sebelum bro isaac masuk pun mereka sudah mengalami "krizindrome" atau ketakutan akan krizten, ini tidak saya karang-karang, saya berusaha bertanya kepada mereka kenapa hal itu bisa terjadi dan alasan mereka sama sekali bukan karena bro isaac jualan agama krizten disana dan menghina paham buddha.

Alasannya sudah saya jelaskan diatas, dan pengakuan beberapa senior di sana justru kebencian mereka terhadap krizten lebih disebabkan penginjilan yang dipaksakan dalam waktu lama kepada mereka, jadi kalau anda bilang bro isaac masalahnya saya kurang setuju.

Beberapa senior di DC pun memang tidak mau mendengar penjelasan saya, dan merasa saya ini utusan/penginjil yang ingin jualan obat "brewok" disana. Lalu saya tanya alasannya, mereka merasa intimidasi jangka panjang melalui penginjilan oleh beberapa umat "Kristen" sangatlah mengganggu mereka.

Berikut beberapa perbedaan mahayana dan theravada, saya mengetahui dari bro josaphat kalau forum DC kebanyakan dihuni oleh buddha aliran theravada:

Kebahagiaan
Mahayana: Banyak ceria dan menolong orang. (makanya tua ie saya suka nolong)
Theravada: Ketaktergangguan.  (absolut/mutlak), tidak dapat menerima ajaran lain.

Dalam Perbuatan Tertinggi
Mahayana: Kasih. (tua ie saya suka menolong dan mengasihi, terkadang lebih dari pada umat Kristen sendiri)
Theravada: Vipassana. (Kualitas batin yang memiliki kemampuan untuk 'mengamati' segala sesuatu dalam hakekat yang sesungguhnya yang dicengkram oleh tiga sifat umum, yaitu tidak kekal, tidak memuaskan, dan tidak berkepemilikan pada saat itu (jadi bukan konseptual / sebutan / nama / gambaran).

http://bharadvaja.wordpress.com/2009/03/26/perbedaan-mahayana-dan-theravada/

Semoga bermanfaat... :D


wah, berarti ini batu VS batu ini. bisa dibilang Theravada ntu wujud "Protestan & Islam"nya Buddha & Mahayana ntu "Katolik"nya Buddha ya. wah, Agama Samawi rupanya punya kembaran di dunia Timur ya :ashamed0004:

pantes aja bisa sengit gitu. batu ketemu batu ya perang lah kek Perang Salib

ditambah lagi ada sumber pengrusuhnya. salah satunya artikel ini nieh: http://dedewijaya.wordpress.com/tag/teratai-dan-salib/

bahkan katanya dulu jg pernah rusuh sampe akhirnya kata "Kristen" ama "Katolik" disensor disono

cmn anehnya di daerah asal mereka yakni di Asia Timur kok gak pernah konflik ya ? disana kan ada agama lain lagi kek Hindu, Taoisme, Shinto, Sikh, dlsb. malah rukun2 aja tuh termasuk ama aliran Mahayananya sendiri. malahan kl mereka ngomongin itu malah masih nyambung kok bahkan gak pernah dihujat sekali pun. aneh :rolleye0014:
October 17, 2012, 02:02:10 PM
Reply #89
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2301
  • Gender: Male
  • Denominasi: "Knowing God"
@ natvaniee n Rennati : Bhikkhu Ashin Jinarakkhita ya maksudmu?  Itu juga dikecam sama therevadin sebagai perusak ajaran Buddha yg murni.

Jadi kalo perusak Dharma itu mendapat Garuka Akusala Karma( mati terlahir didunia peta tak bisa keluar lagi, jadi setan kelaparan selama-lamanya) menurut ajaran Buddha.

Nah problemnya siapa yg sesat? Bikkhu Ashin atau para therevadin yg tidak percaya adanya Tuhan itu?

Bikkhu Ashin itu bisa masuk aliran Mahayana atau Therevada, jadi bisa AC -DC....:D

Benar bro, suhu Ashin demikian mereka dari mahayana memanggilnya, beliau memang mendirikan aliran budhis yang merupakan gabungan theravada dan mahayana, saya lupa nama alirannya, tantrayana bukan yah??

Murid murid bikhu Ashin memakai baju gabungan antara mahayana dan theravada itu ciri khas mereka.

Ini saya tau karena dulu cukup aktif di mahayana, apa sekarang ketua mahayana masih di pegang bhiksu dari bangka itu, suhu dharmasagaro bukan??
3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)