Author Topic: Membuang Yakobus & Menyelipkan “Hanya” (Martin Luther Katolik Kafetaria?)  (Read 5630 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 02, 2018, 11:36:54 AM
Reply #10
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6335
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 02, 2018, 11:51:06 AM
Reply #11
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Baik sekali saudaraku, Kalo satu/dua denominasi bersatu saya optimis bisa terjadi, cuma kalo semua saya pikir mustahil(penilaian pribadi saya).
January 02, 2018, 11:56:48 AM
Reply #12
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6335
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Mgkn ngga perlu sampai bersatu Bro, krn pastilah ada perbedaan.

Mgkn diawali dg punya pemikiran yg baik satu sama lain dan memaklumi kl perbedaan pasti ada.
Saya lihat itu sudah sangat baik dilakukan terlebih dulu oleh kerendahan hati Pope Francis dan diresponi dg sangat baik oleh pimpinan Lutheran.

Ya saya jg sadar masih adalah kawan Protestan dari denominasi tertentu yg belum bisa move on dan senang menggali problem masa lalu (yg juga akan diresponi dg serangan balik), tp I dont have to be like that.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 02, 2018, 12:59:38 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4502
Mgkn ngga perlu sampai bersatu Bro, krn pastilah ada perbedaan.

Mgkn diawali dg punya pemikiran yg baik satu sama lain dan memaklumi kl perbedaan pasti ada.
Saya lihat itu sudah sangat baik dilakukan terlebih dulu oleh kerendahan hati Pope Francis dan diresponi dg sangat baik oleh pimpinan Lutheran.

Ya saya jg sadar masih adalah kawan Protestan dari denominasi tertentu yg belum bisa move on dan senang menggali problem masa lalu (yg juga akan diresponi dg serangan balik), tp I dont have to be like that.

kalo kata iklan kan "gak ada loe gak rame"
kalo gak ditangepin gak rame om

kabur ah, sebelum diceramahin bapen
 ;D ;D ;D

 :monkeys54:
January 02, 2018, 01:32:18 PM
Reply #14
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6335
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Emang yg bikin forum ini rame kl terjadi debat kusir, khususnya utk topik yg udah turun-temurun ada dari sononya.

Tanda-tanda awal debat kusir berpuluh-puluh page adalah: Membicarakan topik yg udah fosil.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 02, 2018, 01:38:42 PM
Reply #15
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Benar sekali bro, saling menghormati dan tidak saling menjelekkan antara satu sama lain sangat penting. Tapi di dalam Protestan dengan banyak denominasi pun sebenarnya mereka tidak bersatu karena perbedaan ajaran. Yang agak melenceng terlalu jauh spt ini contohnya & tentu denominasi lain tdk mau bergabung dengannya:

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20150318160211-134-40081/gereja-presbyterian-as-legalkan-pernikahan-sesama-jenis
January 02, 2018, 02:33:26 PM
Reply #16
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6335
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Di satu sisi memang beda-beda aliran dan beda penafsiran adalah hal yg patut disesalkan.
Hal ini memberi kesan tidak kompak, tidak bersatu, apalagi kl gereja berubah denominasi krn faktor kedagingan spt kurang suka dg pemimpin, dsb.
Juga tidak ada generally-accepted authority ketika berhadapan dengan ajaran sesat dan sanksi yg dapat diberikan terbatas pada sanksi sosial.


Namun bgitu, kl mau liat sisi positifnya, banyaknya denominasi tidak membatasi kebebasan berpikir dan bisa menjadi saringan/pembanding terhadap ajaran/interpretasi sesat.

Bayangkan andaikan protestan itu hanya 1 organisasi, kl yg satu itu salah semua pasti ikutan salah tanpa ada yg menyadari pun tanpa ada yg berani mempertanyakan.
Selama pemimpin Gereja protestan adalah manusia biasa, maka dibutuhkan komparasi dari pemimpin yang setara.
Seorang bisa saja tidak sadar bhw dia salah, ketika ada orang lain yg setara dengannya sbg pembanding, barulah bisa jelas mana yg salah. Jika pembandingnya ada banyak, maka smakin jelas mana yg salah.

Makanya gereja protestan sudah pasti sesat ketika dia mulai eksklusif, mulai merasa lebih/paling benar.

Dari banyak aliran orang-orang protestan bisa belajar beragam sudut pandang berbeda.

Ini terutama relevan di masa millenial.
Kl dulu itu mgkn protestan berorientasi pada 'aliran': Pokoke aliran saya paling benar.

---note: Denominasi itu maknanya lebih ke nama organisasi gereja, bisa saja ada 100 nama organisasi gereja (100 denominasi) tp alirannya sama, misalnya sama-sama aliran reformed.

Skrg di zaman keterbukaan informasi dan di zaman kekritisan berpikir, bbrp orang sudah mulai terbuka utk menerima ajaran dari aliran yg berbeda.

Sudah mulai ada, bukan brarti udah banyak.

Keterbukaan itu nampak skali dari Pope Francis.
Saya sangat appreciate beliau dari sisi tsb.

Dalam salah satu pidatonya, dia pernah berkata utk scr berimbang melihat apa yg dilakukan Luther pd masa lalu, mana dari tindakannya yg salah dan mana dari tindakannya yg legitimate sbg koreksi bagi gereja pd masa itu.

http://en.radiovaticana.va/news/2017/01/19/pope_luther%E2%80%99s_intention_was_to_renew_the_church,_not_divide/1286728
« Last Edit: January 02, 2018, 02:39:58 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 02, 2018, 03:23:40 PM
Reply #17
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Menurut pendapat saya apabila di dalam suatu organisasi keagamaan spt gereja, apabila ada pemimpin yang salah sebenarnya langkah yang kita ambil bukan keluar dan membuat organisasi baru, tapi memperbaiki dari dalam. Kita lihat gereja timbul tenggelam dlm 1 generasi muncul baru lalu dlm 2 generasi tiba-tiba hilang. Di dalam Katolik kami mempercayai paus bisa salah dalam sains, seni dll dan bisa berdosa tapi dlm menetrapkan iman Katolik, tidak bisa salah(infabilitas). Karena di dlm injil Matius 16:18 "Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya". Paus adalah pengganti Petrus, alam maut tidak akan menguasainya berarti tidak ada salah/dosa yang menyebabkan maut(tidak bisa tersesat dalam hal ajaran iman). Kitab suci perjanjian baru pun di tentukan oleh konsili dari gereja Katolik. Jika faktor 'manusia bisa salah' kita tonjolkan, maka umat Kristiani tidak bisa berpegang pada Kitab perjanjian baru karena itu ditentukan oleh manusia di dalam konsili. Demikian juga penulis Injil yg manusia bisa salah. Maka tidak adalah pegangan untuk umat kristiani kalo kita menggunakan istilah 'manusia bisa salah'. Tapi kita percaya ROH KUDUS bekerja terhadap manusia yang mengambil keputusan terkait iman Katolik, maka cocoklah ayat Matius 16:18. Untuk lebih jelas boleh baca artikel tentang Gereja Katolik disini:
http://www.katolisitas.org/mengapa-kita-memilih-gereja-katolik/
« Last Edit: January 02, 2018, 03:27:18 PM by g3pr3k »
January 02, 2018, 03:31:12 PM
Reply #18
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6335
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Menurut pendapat saya apabila di dalam suatu organisasi keagamaan spt gereja, apabila ada pemimpin yang salah sebenarnya langkah yang kita ambil bukan keluar dan membuat organisasi baru, tapi memperbaiki dari dalam. Kita lihat gereja timbul tenggelam dlm 1 generasi muncul baru lalu dlm 2 generasi tiba-tiba hilang. Di dalam Katolik kami mempercayai paus bisa salah dalam sains, seni dll dan bisa berdosa tapi dlm menetrapkan iman Katolik, tidak bisa salah(infabilitas). Karena di dlm injil Matius 16:18 "Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya". Paus adalah pengganti Petrus, alam maut tidak akan menguasainya berarti tidak ada salah/dosa yang menyebabkan maut. Kitab suci perjanjian baru pun di tentukan oleh konsili dari gereja Katolik. Jika faktor 'manusia bisa salah' kita tonjolkan, maka umat Kristiani tidak bisa berpegang pada Kitab perjanjian baru karena itu ditentukan oleh manusia di dalam konsili. Demikian juga penulis Injil yg manusia bisa salah. Maka tidak adalah pegangan untuk umat kristiani kalo kita menggunakan istilah 'manusia bisa salah'. Tapi kita percaya ROH KUDUS bekerja terhadap manusia yang mengambil keputusan terkait iman Katolik, maka cocoklah ayat Matius 16:18. Untuk lebih jelas boleh baca artikel tentang Gereja Katolik disini:
http://www.katolisitas.org/mengapa-kita-memilih-gereja-katolik/


Tenang Bro,
Saya pun tau kawan-kawan Katolik mengenal papal-infallibity.

Makanya itu argumen saya hanya berlakukan bagi Protestan, saya ngga mengurus bgmn Gereja Katolik Roma mengatur organisasinya.

Mengenai kanonisasi Alkitab oleh Gereja purba,
Saya sangat terhibur bhw kanonisasi Alkitab sudah selesai sebelum skisma besar yang memecahkan Gereja Timur dari Gereja Barat.

Kanonisasi Alkitab adalah hasil karya para bapa Gereja yg merupakan 5 patriakh, yang tentu salah satunya yang paling utama adalah Uskup Roma.

Jd jangan kuatir Bro, saya tidak melupakan atau menihilkan peran Uskup Roma (alias Pope) bersama-sama dengan 4 uskup lainnya dalam membentuk sejarah Gereja dan melahirkan Kitab Suci yang kita gunakan saat ini.

Pd masa itu belum ada yg namanya protestan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 02, 2018, 03:44:19 PM
Reply #19
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Saya kagum dengan pengetahuan sejarah anda, dan objektifitas anda dalam menilai. Karena biasa orang Protestan ahli dalam Alkitab tapi tidak tau tentang sejarah gereja awal.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)