Author Topic: Membuang Yakobus & Menyelipkan “Hanya” (Martin Luther Katolik Kafetaria?)  (Read 6031 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 02, 2018, 03:53:09 PM
Reply #20
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Berusaha Bro...dalam kasih karunia Tuhan.
Mau tak mau harus berusaha belajar sejarahnya.
Itupun masih sdikit yg saya ketahui.

Makin belajar sejarahnya makin tidak hitam-putih sbgmn yg selama ini diindoktrinasikan oleh beberapa oknum.

Misalnya soal perpetual-virginity of Mary, ternyata Martin Luther meneruskan 'sacred-tradition' tersebut.
So it's not that simple 'pokoknya asal-beda dari Katolik'.

Saya slalu bilang sama temen-temen Protestan bhw Martin Luther itu bukan protes pada 'Gereja Katolik Roma' mlainkan pd pengajaran otoritas gereja pd masa ia hidup (abad 16) yg mana beberapa ajaran yg waktu itu beredar skrg sudah tidak lagi diterapkan.

Knapa juga orang protestan (termasuk dulu saya juga) ada yg bersikap seolah seluruh Gereja Katolik Roma (dan warisannya) salah semua.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 02, 2018, 03:58:42 PM
Reply #21
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Benar, Luther, Calvin, Zwingli, John Wesley meneruskan penghormatan kepada Maria sebagai Bunda Allah. Kemungkinan Maria tidak pernah disebut-sebut lagi di Protestan sekarang ini, krn denominasi yang sudah keluar dr pendiri Protestan yang saya sebut tadi. Bahkan Luther menganggap patung adalah sarana untuk menghayati iman, penggunaan patung tidak masalah selama tidak dijadikan berhala. Makanya kemungkinan gereja Lutheran masih menggunakan patung.
« Last Edit: January 02, 2018, 04:04:24 PM by g3pr3k »
January 02, 2018, 04:09:33 PM
Reply #22
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Kl kita lihat sejarahnya, ksimpulannya doktrin perpetual-virginity of Mary tidak menjadi tradisi yg diikuti oleh gereja protestan jauh sesudah era reformasi.

Bagaimana jika ada Gereja yg masih mengikuti doktrin tersebut, apakah mreka pasti salah?
Tidak, krn doktrin itu turun-temurun oleh Gereja sejak abad ke-5 sd pasca reformasi.

Saya tidak menemukan cukup argumen utk menolak perpetual-virginity of Mary dari perspektif sejarah.
Saya mungkin bisa membantah bdsk logika saya dari interpretasi ayat, tp logika saya tidak akan selaras dg sejarahnya.

Sola-scriptura akan kebablasan kl tidak melihat sejarah.
Extra-biblical bukan brarti otomatis langsung kontra-biblical.
« Last Edit: January 02, 2018, 04:12:04 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 02, 2018, 04:14:50 PM
Reply #23
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Untuk perpetual of virginity sudah diturunkan dari Gereja awal mula secara lisan dan dapat dianalisis di Alkitab. Ini adalah link dari seorang Protestan yang mencari tau tentang itu(detil dan lengkap semoga anda bisa menangkap bahasa Inggris lisan yg diucapkan):
https://www.youtube.com/watch?v=1d74rcUf0ew&feature=share

Inti dari video:  Dogma Maria tetap perawan selamanya & Yesus adalah anak satu-satunya Maria(merupakan lisan yang diturunkan dari gereja awal dan juga bisa dianalisa)

Ketika Yesus disalib(yoh 19:26-27) ketika tergantung di salib Yesus berkata kepada Maria & Yohanes "Ibu inilah Anakmu, Anak inilah ibuMu". Secara tradisi Yahudi apabila seharusnya jika Yesus mempunyai saudara maka seharusnya Maria tinggal bersama adikNya, tapi dikatakan bahwa Dia memberi Maria kepada Yohanes untuk diterima di rumahnya dan kemungkinan Yosep(suami Maria) sudah meninggal.

Kata saudara kandung & sepupu dalam bahasa Yunani sama sebutannya, jadi jika mendengar di Alkitab saudara Yesus bukan berarti dia saudara kandung, tapi kemungkinan sepupu.

Matius 27:55-56 "Dan ada di situ banyak perempuan yang melihat dari jauh, yaitu perempuan-perempuan yang mengikuti Yesus dari Galilea untuk melayani Dia. Di antara mereka terdapat Maria Magdalena, dan Maria ibu Yakobus dan Yusuf, dan ibu anak-anak Zebedeus". Perhatikan kata Maria ibu Yakobus dan Yusuf yg berarti Yakobus & Yesus bukan saudara kandung.

Matius 1:25 "tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus". Kata 'sampai' dalam bahasa Yunani bukan hanya menunjukkan jangka waktu tertentu tapi mempunyai arti untuk seterusnya.

Ada tradisi Yahudi, menikah dan tidak melakukan hubungan seks. Apalagi Maria menyadari bahwa anak yang dikandungnya adalah Kristus.
« Last Edit: January 02, 2018, 04:17:23 PM by g3pr3k »
January 02, 2018, 04:46:19 PM
Reply #24
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
It's oke Bro,
Kita sama-sama tau perpetual virginity of Mary itu berasal dari sumber extra-biblical, bukan biblical (skali lagi extra-biblical bukan brarti pasti kontra-biblical).

Dalam hal biblical, kedua kubu bisa menginterpretasikan ayat tsb pada kedua sisi argumen,
Makanya percuma didebatkan, ngga akan ada ujungnya sampai akhir zaman.

Namun sejarah menunjukkan selama lebih dari 15 abad doktrin tsb diterima Gereja timur dan Gereja barat, bahkan diteruskan pasca era reformasi. Itu aja sudah cukup jadi fakta bagi saya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 02, 2018, 04:52:45 PM
Reply #25
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Benar Orthodox pun mengakuinya bahkan beberapa denominasi Protestan
January 04, 2018, 08:31:12 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
@Sotardugur Parreva nimbrung, nggeh?
Skrg zamannya rekonsiliasi broooo.

https://cruxnow.com/vatican/2017/10/26/reformation-500-christians-see-brothers-sisters-pope-says/
https://cruxnow.com/papal-visit/2016/10/31/catholic-lutheran-churches-pledge-work-shared-eucharist/

Marilah kita ambil semangatnya.
Rekonsiliasi
Sebelum mengkonfirmasi ke KBBI, penangkapan saya tentang rekonsiliasi ialah proses penyamaan perbedaan antara rekening bank dengan catatan nasabahnya. Proses itu ditempuh dengan mencari penyebab perbedaan, kemudian mengakui hanya satu yang benar sesuai fakta. Perbedaan yang terjadi mungkin karena pihak bank belum menerima laporan pengeluaran yang telah dilakukan nasabah (misal, nasabah melakukan pengeluaran dengan cek, sementara penerima cek belum mencairkan cek tersebut sehingga belum tercatat sebagai pengeluaran di bank), atau, pihak bank membebani rekening dengan biaya-biaya yang harus ditanggung nasabah namun belum diinformasikan kepada nasabah, dan transaksi-transaksi sepihak lainnya. Jika setiap terjadi transaksi, pihak bank dan nasabahnya saling mencatat, tidak dibutuhkan rekonsiliasi. Jadi, sebelum mengkonfirmasi ke KBBI, kutangkap, rekonsiliasi menghasilkan satu saja catatan yang benar, tidak lebih dari satu.

Kemudian, kukonfirmasi ke KBBI, dicatat:
rekonsiliasi/re·kon·si·li·a·si/ /rékonsiliasi/ n 1 perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula; perbuatan menyelesaikan perbedaan; 2 penetapan pos-pos yang diperlukan untuk mencocokkan saldo masing-masing dari dua akun atau lebih yang mempunyai hubungan satu dengan lain; 3 ikhtisar yang memuat rincian perbedaan antara dua akun atau lebih

Menurut pendapatku, dengan pengertian poin 1 menurut KBBI di atas, bisa saja rekonsiliasi terjadi dengan masing-masing pihak mengakui adanya perbedaan. Hasil akhirnya, masing-masing pihak yang melakukan rekonsiliasi mengakui eksistensi masing-masing, dengan sepakat dengan adanya perbedaan. Artinya, masing-masing pihak yang berbeda mengakui adanya perbedaan, selanjutnya masing-masing menjalani kehidupannya tanpa saling intervensi.

Jika ditarik kepada kehadiran pertama Yesus Kristus ke dunia, di mana Dia hanya sekali mendirikan jemaat-Nya, dan dari beberapa ayat di Alkitab diketahui bahwa Dia menginginkan kesatuan jemaat-Nya, kupikir, jemaat Kristus itu idealnya hanya satu. Pun jika ada pengelompokan-pengelompokan jemaat, bukan berdasarkan doktrin, mungkin berdasarkan area domisili, atau kegemaran, atau profesi, atau hal lainnya, tetapi bukan berdasarkan doktrin.

Faktanya, dewasa ini ternyata kumpulan orang yang menyatakan diri sebagai jemaat Kristus, bukan lagi hanya satu. Sudah lebih dari satu kumpulan. Apa yang dapat diduga-duga dari hal itu, yaitu Yesus Kristus menginginkan dan mendirikan jemaat-Nya hanya satu, tetapi dewasa ini kumpulan yang mengaku diri sebagai jemaat Kristus lebih dari satu? Mengingat munculnya kumpulan dengan doktrin berbeda terjadi beberapa abad setelah Yesus Kristus naik ke sorga, patut diduga bahwa kemunculan kelompok berbeda dimotori oleh manusia. Menurut pendapatku, pelopor pendirian kelompok itu merasa ingin seperti Yesus Kristus dalam hal pendirian jemaat Kristus.

Lalu, setelah zaman memasuki era informasi, di mana setiap orang bisa mendapatkan informasi dengan bebas, kukira, setiap orang bisa mempelajari sejarah, dan memutuskan informasi mana yang patut dinilai sebagai yang benar. Dengan menggunakan logika sehat, setiap orang dapat melihat dan merasakan nilai kebenaran. Walaupun akal sehat bisa melihat dan merasakan nilai kebenaran, setiap orang dimerdekakan untuk memilih hal mana yang dipandangnya sebagai yang benar.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
January 04, 2018, 09:11:38 AM
Reply #27
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Benar bro,  sebenarnya manusia tidak boleh membuat gereja
“Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” (Mat 16:18)

Perhatikan kata Aku bukan saya, anda atau yang lain tapi Aku(Tuhan). Jadi sebenarnya manusia tidak bisa membuat gereja tapi menerima gereja sebagai suatu pemberian dari Tuhan. Gereja di atas batu karang cari sendiri gereja mana
January 04, 2018, 10:15:51 AM
Reply #28
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Pemikiran spt itulah yg membuat rekonsiliasi sukar dilakukan.
Akhirnya kembali ke debat-debat masa lalu ttg siapa yg benar dan siapa yg salah.

Semua saling klaim siapa yg paling 'original', siapa yg paling 'kerabat dg Petrus', ada jg yg membantah 'keutamaan Petrus'.

'Satu gereja' dijadikan 'satu organisasi gereja'.
Pdhl jika mau melihat sejarah, Gereja Katolik Roma adalah satu diantara 5 patriakh yg setara (Uskup Roma adalah primus inter pares) lalu pd abad 11 terjadi skisma Timur dan Barat.

Gereja bahkan sudah ada di Yerusalem dan Anthiokia (2 dari 5 patriakh) sebelum Paulus menginjil ke Roma.
Petrus scr anumerta diberi gelar Uskup Roma (Petrus sudah wafat pd masa itu) krn semua gereja pd saat itu dari semua patriakh menghormati hasil kerja Petrus scr universal.

Gereja sudah ada sebelum 'Gereja Roma'.

Pd saat terjadinya skisma Timur-Barat, barulah ada 'organisasi' Gereja Katolik Roma utk membedakan diri dari Gereja Orthodox Timur.

Trus apakah ada oknum Katolik yg juga mau klaim bhw Gereja Orthodox Timur itu bukan bagian dari gereja universal krn 'bukan diatur oleh Uskup Roma'?

Tp kl mau tetap berpikir spt itu ya silakan, sampai akhir zaman ya silakan.
Mungkin selama ini mereka diajar spt itu, ya sudah.
Saya dulu jg berpikir negatif ttg Gereja Katolik Roma, tp sesudah saya baca sejarahnya, it's not that simple.

Bagi saya kita semua tetap Gereja.
Kl saya berdoa pd Tuhan Yesus, Dia menjawab saya tanpa bertanya ttg dogma Katolik yg saya tidak setujui.

Saya juga bersyukur Pope Francis tidak spt itu.
Makanya saya berusaha ikut membawa semangat rekonsiliasi setiap ada diskusi/debat Katolik vs Protestan.
« Last Edit: January 04, 2018, 10:25:28 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 04, 2018, 10:25:55 AM
Reply #29
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Tenang bro, saya tidak berusaha membenarkan ego agama saya, tapi jelas pendirian gereja atas kemauan sendiri dan bukan dari awal mula adalah sesuatu yang bertentangan dengan kitab suci. Jadi sekarang yang kita ketahui secara pasti gereja awal itu adalah Gereja Katolik & Orthodok. Sebenarnya hubungan keduanya dekat(misal ketika orang sakit dan tidak tersedia imam orthodok, imam katolik boleh memberi minyak pengurapan). Ortdodoks pun terbagi mengikuti jalur etnik nasionalis: ada badan orthodoks yg menyebut dirinya Yunani, Rusia, Rumania, Bulgaria, Hongaria, Serbia dst.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)