Author Topic: Membuang Yakobus & Menyelipkan “Hanya” (Martin Luther Katolik Kafetaria?)  (Read 6028 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 04, 2018, 10:53:56 AM
Reply #30
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Hahaha, iya Bro, itu respon utk kawan lama saya Cinta Bhinneka.

Saya suka melihat Katolik dan Orthodox berhubungan dengan baik dan saling respek.
Kedua pihak sudah lama move-on dari kejadian skisma tsb. Mereka tidak menihilkan adanya skisma namun kedua penganut saling hidup dg menghormati perbedaan.
Tentu doktrinnya jg berbeda, soal ancestral vs original sin, soal ke-tritunggal-an yg sedikit berbeda, soal roti perjamuan dsb.

Itulah yg saya pengen lihat utk Katolik dan Protestan.
Banyak kok kesamaannya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 04, 2018, 10:58:55 AM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Kupikir, dengan keterbukaan informasi seperti sekarang, sudah cukup memadai untuk menghantar orang-orang menarik simpulan sendiri. Mungkin atau tidak mungkin menyatukan semua kumpulan yang menamakan diri pengikut Kristus sesuai dengan keinginan Yesus Kristus, tergantung pada kekerasan hati orang. Bagi hati yang merasa lebih diuntungkan dengan kondisi seperti sekarang, tentu saja tidak akan rela hati mengadaptasi keinginan Yesus Kristus bahwa jemaat Kristus hanya satu (doktrin). Selama siapa saja yang mengaku Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat,  tidak peduli dengan kumpulannya apakah didirikan Yesus atau tidak, apalagi jika dapat bernubuat, mengusir setan dan melakukan mujizat demi nama Yesus, memang tidak akan tercapai kesatuan doktrinal.
Jadi, tidak perlu 'adu otot' mencari kelompok benar atau salah, cukup saja seseorang berkomunikasi dengan dirinya, merenung, menimbang-nimbang, dibantu dengan informasi yang dapat dicari di dunia maya, idealnya, akan terbimbing ke kebenaran sejati. Dalam kondisi seperti itu pula maka menurut pendapatku, mungkin atau tidak mungkin menyatukan doktrinal Gereja, tergantung pada kekerasan hati orang.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
January 04, 2018, 11:03:36 AM
Reply #32
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Benar bro, kadang kita ini banyak persamaannya tapi yg ditonjolkan malah sedikit perbedaannya. Hehehe
Benar Orthodok mempunyai perbedaan dng Katolik spt tdk ada otoritas tertinggi spt paus di Orthodok dll.
Mgkn untuk menambah ilmunya ini saya kasih link perbedaannya dari website Katolik http://www.katolisitas.org/perbedaan-gereja-orthodox-dengan-gereja-katolik/
January 04, 2018, 11:06:49 AM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9110
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
sy jg ngga setuju kalo pemimpin slah itu maen asal langsung keluar gereja bikin gereja baru seperti yg dilakukan oleh Luther pada zaman ituh

tp kalo kita mau lihat secara akal sehat pada zaman itu
hal itu mau nggak mau harus terjadi

why? kalo dia tetap dalam gereja ya saat itu dibunuh

Luther bukan orang yang pertama "menentang" otoritas gereja yang sudah melenceng saat itu, ada pendahulunya dibunuh jg

why Luther bisa jadi bikin Protestan? simply karena dia yang pertama menentang otoritas dan TETAP HIDUP, pendahulunya modyar smua

kalau mau lihat apa adanya ya memang sperti ituh

nah masalahnya ini udah terjadi, sekarang udah jadi seperti ini

udah ngga perlu lagi Protestan yang nyalah2in Katolik trus, karena Katolik pun sebenarnya udah mulai sadar kesalahannya kok, udah minta maaf segala lagi, Protestan kapan minta maafnya? ;D

udah ngga perlu juga Katolik yang masih merasa dirinya paling benar lah, tindakan Luther masa lalu itu salah lah, saya yakin kok Katolik itu asli penerus rasul, masalahnya asli pun ngga menjamin pasti bener koq, waktu Yohanes pembaptis dateng dia bukan dari garis keturunan imam Lewi yang sah, malah yang memegang posisi Imam saat itu ngga bisa menyadari kedatangan Yesus

I mean just accept the difference
tapi benernya kalau mau didiskusikan baik2
smua yang ada di Katolik itu Protestan pake juga
smua sama kok, hampir ngga ada bedanya
smua doktrin Katolik yang diejek2 Protestan, sadar ngga sadar Protestan juga pake prinsipnya
sola scriptura milik Protestan yang diejek2 Katolik ya itu dasarnya juga dari doktrin inerrant Alkitab dari Katolik juga :)

mungkin emang butuh 1 generasi hilang lagi baru smua bisa nerima perbedaan ini
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
January 04, 2018, 11:13:25 AM
Reply #34
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Anda menyebut Luther mau dibunuh karena mendapat sumber dari satu pihak, bgmn kalo kita seimbangkan informasi, surat dari paus untuk memohon kaisar memenjarakan Luther adalah palsu http://www.katolisitas.org/luther-dan-ekskomunikasinya/
January 04, 2018, 11:17:54 AM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4556
ya sebaliknya juga bro
katolik jangan cuma melihat dari satu sisi
sejarah jangan dilupakan
ambil hikmahnya aja
January 04, 2018, 11:21:35 AM
Reply #36
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Kl saya berusaha melokalisasi masalah, Luther itu sbetulnya bukan protes pd 'Gereja Katolik Roma' krn Luther sendiri dari Gereja Katolik Roma,
Luther pasti mengakui kl Petrus adalah pemimpin para rasul, Luther juga pasti mengakui kl Paus adalah penerus Petrus, dll.
Luther itu sedang protes atas beberapa ajaran yg beredar di Gereja pd abad 15.

Sayangnya pd masa itu tidak tercapai rekonsiliasi antara Luther dg pimpinan Gereja Katolik Roma abad 15 shg terjadi skisma gereja barat.
Dari masalah thd ajaran tertentu, lalu turun-temurun mulai membesar dan meluas.

Kita di masa kini melihat seolah Protestan vs Gereja Katolik Roma.
Scr turun-temurun kita diajar menggeneralisir masalah.
Oknum protestan berusaha mbuktikan seluruh Gereja Katolik Roma itu salah; bgitu juga oknum katolik berusaha mbuktikan seluruh gereja protestan itu salah.

Emangnya protestan jadi lebih indah di mata dunia kl katolik kelihatan jelek, dan sbaliknya?
« Last Edit: January 04, 2018, 11:25:06 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 04, 2018, 11:27:47 AM
Reply #37
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
Penggunaan surat pengampunan dosa sebenarnya tidaklah salah, sampai ada pribadi-pribadi yang berusaha mengambil keuntungan itu dengan menjualnya. Seperti anda diberi tugas untuk membuat ktp tapi anda memelintirnya dng menarik uang. KTP baik untuk negara cuma ketika dipelintir yah jadi salah. Dan Gereja meminta maaf untuk itu http://www.katolisitas.org/apakah-benar-gereja-katolik-pernah-menjual-surat-indulgensi-surat-pengampunan-dosa/
January 04, 2018, 11:35:53 AM
Reply #38
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Nah itulah,
Sbnrnya masalah sudah beres.

Tp krn masalah tidak selesai pd saat itu juga, scr turun-temurun masalah meluas ke hal-hal lain, prasangka makin besar dan jadi permusuhan.
Skrg orang berorientasi pada 'organisasi'.

Namun saya melihat skrg masanya rekonsiliasi.
Sesama gereja protestan juga sudah mulai rally-doa bersama, KKR bersama dan lain spt itu.

Dari Gereja Katolik dari otoritas tertinggi sudah membuka dialog, ini saya sangat terkesan.
Memang susahnya ya itu, protestan itu tidak punya satu otoritas yg sama. Smoga kita semua mengarah kembali pada kesatuan Gereja mhadapi tantangan akhir zaman yg makin besar.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 04, 2018, 11:37:16 AM
Reply #39
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 28
  • Denominasi: Katolik
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)