Author Topic: Mengapa Usia Hidup Manusia Semakin Singkat?  (Read 3987 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 04, 2012, 10:18:25 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 708
  • Gender: Male
  • Denominasi: Injili

Apa maksud ayat ini:

Job 14:1 “Manusia yang dilahirkan dari wanita pendek umurnya dan penuh dengan penderitaan.

Mengapa mula-mula umur manusia panjang, sekarang pendek; dibatasi maksimal 120 tahun?

Gen 6:3 Dan YAHWEH berfirman, “Roh-Ku tidak untuk selamanya akan beperkara dengan manusia yang juga di dalamnya dia itu daging, tetapi hari-harinya akan menjadi seratus dua puluh tahun.”
 
Bahkan dalam murka-Nya hanya 70-80 tahun?

Psa 90:9 Sebab seluruh hari kami berlalu dalam murka-Mu; kami mengakhiri tahun-tahun kami sebagai keluh kesah.
Psa 90:10 Umur kami tujuh puluh tahun; dan jika masih ada kekuatan delapan puluh tahun, tetapi kebanggaannya adalah susah payah dan kesia-siaan; karena itu segera berlalu dan kami melayang lenyap.

Terimakasih,

Shalom,
November 05, 2012, 02:27:28 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10522
kayaknya enggak ah mas...

beberapa ribu tahun sblm masehi, & jaman yesus lahir sampai abad ke 18-19, umur manusia malah cuma 50-60an tahun lho..

Nebukadnezar, QinShiHuang, Cleopatra, Julius Caesar, Budha Gautama, Muhammad, Raja Sanjaya Syailendra, Airlangga, Copernicus, ChengHo, Martin Luther, HayamWuruk, Galileo, Isaac Newton, Thomas alva edison, Karl marx, dll..

kalo gak salah umurnya 50-60an tahun gitu deh..

kalo sekarang di jepang rata-rata umur 80 an, di Europe 70 an kalo gak salah lho..

Jadi Enggak makin singkat sih mnrt saya...

Kalo Abraham 800 th, Adam berapa ratus, Nuh berapa ratus..
itu yang perlu dilihat: 1 tahun nya apakah 365 hari bukan mas?
apakah tahun segitu di Gurun Timur tengah sudah mengenal Solar Calendar?

Padahal Solar Kalendar baru di-resmikan penggunaan scr internasional baru 500an tahun yang lalu (oleh Pontifex Gregorius --> Gregorian Calendar)
November 05, 2012, 04:27:09 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 708
  • Gender: Male
  • Denominasi: Injili
kayaknya enggak ah mas...

beberapa ribu tahun sblm masehi, & jaman yesus lahir sampai abad ke 18-19, umur manusia malah cuma 50-60an tahun lho..

Nebukadnezar, QinShiHuang, Cleopatra, Julius Caesar, Budha Gautama, Muhammad, Raja Sanjaya Syailendra, Airlangga, Copernicus, ChengHo, Martin Luther, HayamWuruk, Galileo, Isaac Newton, Thomas alva edison, Karl marx, dll..

kalo gak salah umurnya 50-60an tahun gitu deh..

kalo sekarang di jepang rata-rata umur 80 an, di Europe 70 an kalo gak salah lho..

Jadi Enggak makin singkat sih mnrt saya...

Kalo Abraham 800 th, Adam berapa ratus, Nuh berapa ratus..
itu yang perlu dilihat: 1 tahun nya apakah 365 hari bukan mas?
apakah tahun segitu di Gurun Timur tengah sudah mengenal Solar Calendar?

Padahal Solar Kalendar baru di-resmikan penggunaan scr internasional baru 500an tahun yang lalu (oleh Pontifex Gregorius --> Gregorian Calendar)

Tetap saja waktu perputaran bumi, 24 jam sehari, 365 hari/tahun (paling selisih sedikit harinya).

Dari keterangan ayat-ayat FT dari kitab Kejadian dan Mazmur memang usia manusia telah berkurang.

Shalom,
November 05, 2012, 04:39:04 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10522
Tetap saja waktu perputaran bumi, 24 jam sehari, 365 hari/tahun (paling selisih sedikit harinya).

Dari keterangan ayat-ayat FT dari kitab Kejadian dan Mazmur memang usia manusia telah berkurang.

Shalom,

Mas Enjoy,

Kalau waktu rotasi dan revolusi bumi memang betul dari dulu juga 24 jam dan kira-kira 365 x 24 jam..

masalahnya waktu dulu apakah:
1. Pengetahuan itu sudah diketahui?
2. Konsensus itu apakah sudah dipakai atau bahkan apa sudah digagas?

Coba, misal-nya.... omong kosong aja nih.....
misal...
Orang jaman Abraham di timur tengah (jelas iptek & budayanya masih primitif kan ya dibanding mesir / cina / mesopotamia kan ya?)...
mereka liat langit waktu malam...lho itu ada lampu bunder nyala tiap malam kok berubah-ubah bentuknya ya...
ooo bentuknya jadi bundar lagi lho tiap 29 hari.....
Kalo gitu..... satu kalender (disebut tahun deh ya..) itu 29 hari...

Nah... misal pakai logika omong kosong ini ya...

Maka Umur Nuh / Abraham yang 800 "tahun" itu jadi lebih masuk akal lho...
coba:
800 "tahun" = 800 siklus revolusi lunar = 800 "bulan jaman skrg" = kira kira 66 tahun solar calendar...
kalau lebih teliti pakai koreksi lunar-solar --> maju 11 hari setahun masehi...
maka kira-kira umurnya bisa dihitung: 60 an x 365 hari lho....

lebih masuk akal kan?....

Coba mas.....
Gimana mungkin kitab perjanjian lama yang ditulis oleh orang Yahudi jaman dulu... bisa menggunakan asumsi perhitungan kalender yang baru dikenal 500 tahun belakangan ini?
jelas gak mungkin babar blas.... kan ya...
November 05, 2012, 05:13:31 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 708
  • Gender: Male
  • Denominasi: Injili
Saya akhir2 ini lebih waspada dengan ilmu pengetahuan dan sejarah. Dan lebih fokus ke FT saja.
Karena ilmu pengetahuan ada cela yang bertentangan dengan FT, dan FT dapat menyatakan dengan tegas cela itu.

1Ti 6:20 Hai Timotius, jagalah apa yang telah dipercayakan kepadamu dengan menghindari percakapan kosong yang duniawi dan pertentangan mengenai pengetahuan yang dianggap palsu,
1Ti 6:21 yang setelah meyakininya, beberapa orang telah menyimpang dari iman. Anugerah menyertai engkau! Amin.

Eph 3:17 Agar Kristus berdiam melalui iman di dalam hatimu ketika dibuat berakar dan dikukuhkan di dalam kasih,
Eph 3:18 supaya bersama semua orang kudus kamu sanggup memahami betapa lebar dan panjang dan dalam dan tinggi
Eph 3:19 untuk mengetahui kasih Kristus yang melampaui pengetahuan, sehingga kamu dipenuhkan ke dalam seluruh kepenuhan ELOHIM.

Saya tidak begitu fokus dengan penjelasan anda, karena (maaf ya, bukan menyinggung/berlebihan), karena anda bilang omong kosong sebagai dasarnya. :-))

Karena telah tertulis umur manusia mula-mula, tertulis jelas berapa tahunnya, jadi saya tidak berpikir bahwa ada cela yang meragukan. Saya tidak ketemu cela itu.

Misal: ilmu pengetahuan menyatakan umur bumi sudah beberapa milyar tahun, umur dinosaurus 65 juta tahun lalu.
Sedangkan Alkitab menyatakan 6000 tahun yang lalu. Umat manusia hasil evolusi, di Alkitab: manusia Adam diciptakan.
Bro Cadang.., menurut anda mana yang lebih masuk akal/logika?

Shalom,
November 14, 2012, 11:45:59 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1263
Mas Enjoy,

Kalau waktu rotasi dan revolusi bumi memang betul dari dulu juga 24 jam dan kira-kira 365 x 24 jam..

masalahnya waktu dulu apakah:
1. Pengetahuan itu sudah diketahui?
2. Konsensus itu apakah sudah dipakai atau bahkan apa sudah digagas?

Coba, misal-nya.... omong kosong aja nih.....
misal...
Orang jaman Abraham di timur tengah (jelas iptek & budayanya masih primitif kan ya dibanding mesir / cina / mesopotamia kan ya?)...
mereka liat langit waktu malam...lho itu ada lampu bunder nyala tiap malam kok berubah-ubah bentuknya ya...
ooo bentuknya jadi bundar lagi lho tiap 29 hari.....
Kalo gitu..... satu kalender (disebut tahun deh ya..) itu 29 hari...

Nah... misal pakai logika omong kosong ini ya...

Maka Umur Nuh / Abraham yang 800 "tahun" itu jadi lebih masuk akal lho...
coba:
800 "tahun" = 800 siklus revolusi lunar = 800 "bulan jaman skrg" = kira kira 66 tahun solar calendar...
kalau lebih teliti pakai koreksi lunar-solar --> maju 11 hari setahun masehi...
maka kira-kira umurnya bisa dihitung: 60 an x 365 hari lho....

lebih masuk akal kan?....

Coba mas.....
Gimana mungkin kitab perjanjian lama yang ditulis oleh orang Yahudi jaman dulu... bisa menggunakan asumsi perhitungan kalender yang baru dikenal 500 tahun belakangan ini?
jelas gak mungkin babar blas.... kan ya...

Menarik bro.

Tetapi jika "tahun" jaman itu = bulan jaman sekarang, bagaimana dengan ayat ini:

Gen 5:15  Setelah Mahalaleel hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Yared.

65 "tahun" = 65 bulan = 5 tahun 5 bulan.

Mungkinkah Mahalaleel melahirkan Yared saat ia berumur 5 tahun 5 bulan?

November 14, 2012, 11:53:39 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1263
Apa maksud ayat ini:

Job 14:1 “Manusia yang dilahirkan dari wanita pendek umurnya dan penuh dengan penderitaan.

Mengapa mula-mula umur manusia panjang, sekarang pendek; dibatasi maksimal 120 tahun?

Gen 6:3 Dan YAHWEH berfirman, “Roh-Ku tidak untuk selamanya akan beperkara dengan manusia yang juga di dalamnya dia itu daging, tetapi hari-harinya akan menjadi seratus dua puluh tahun.”
 
Bahkan dalam murka-Nya hanya 70-80 tahun?

Psa 90:9 Sebab seluruh hari kami berlalu dalam murka-Mu; kami mengakhiri tahun-tahun kami sebagai keluh kesah.
Psa 90:10 Umur kami tujuh puluh tahun; dan jika masih ada kekuatan delapan puluh tahun, tetapi kebanggaannya adalah susah payah dan kesia-siaan; karena itu segera berlalu dan kami melayang lenyap.

Terimakasih,

Shalom,

Mungkinkah ini disebabkan karena tubuh manusia yang semakin jauh dari kesempurnaan (bandingkan dengan mereka yang hidup lebih dekat dengan jaman Adam), ditambah lagi dengan pencemaran alam dan makanan yang semakin tidak sehat (banyak mengandung bahan kimia)?

November 14, 2012, 12:45:44 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12202
    • fossil coral cantik
65 "tahun" = 65 bulan = 5 tahun 5 bulan.

Mungkinkah Mahalaleel melahirkan Yared saat ia berumur 5 tahun 5 bulan?
Iyah...kayaknya "sulit" kalo perhitungan tahun = bulan.... waktu Yesus umur 12 tahun itu ... jadi "sebenernya" Dia berumur 1 tahun sudah pandai berbicara ? :D  :char11:

Quote
Mungkinkah ini disebabkan karena tubuh manusia yang semakin jauh dari kesempurnaan (bandingkan dengan mereka yang hidup lebih dekat dengan jaman Adam), ditambah lagi dengan pencemaran alam dan makanan yang semakin tidak sehat (banyak mengandung bahan kimia)?
kayaknya ini yang memungkinkan.
Iptek itu "turun-naek" dikarenakan faktor2 "makin ada yg diketahui, makin banyak muncul yang baru dan belon diketahui --- siapa tau nantiiiiii umur manusia bisa kembali lagi jadi poanjaaaanng kayak jaman baheula itu lagi :).

anyway,
imo - Sejak Kejadian, Alkitab udah ngomong tentang hari dan tahun (bulan nggak disebut). Dan dari search di Alkitab online, ayat pertama yg menyebut tahun, bulan dan hari :

Pada waktu umur Nuh enam ratus tahun, pada bulan yang kedua, pada hari yang ketujuh belas bulan itu

Nggak kalah "advanced"-nya pada kedetailan Alkitab ama perhitungan kalender Maya ribuan taon yl :D. ---> orang2 jaman tsb pada pinter "ngukur" benda2 langit secara saat itu mungkin langit "bersih" karena belon ada listrik, polusi, dlsb.  :char11:

salam.
November 14, 2012, 01:47:25 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1263
Misal: ilmu pengetahuan menyatakan umur bumi sudah beberapa milyar tahun, umur dinosaurus 65 juta tahun lalu.
Sedangkan Alkitab menyatakan 6000 tahun yang lalu.

Bro Enjoy.

Alkitab tidak menyebutkan umur bumi. Bumi diciptakan di ayat 1 (Kej 1:1), dan penciptaan bumi bahkan diluar Enam Hari Penciptaan (yang dimulai dari ayat 2). Enam Hari Penciptaan berkaitan dengan apa yang terjadi di bumi (sedangkan bumi-nya sendiri sudah ada). Jadi jika sains mengatakan umur bumi sudah milyaran tahun, itu benar dan tidak bertentangan dengan Alkitab.

Mengenai "1 hari Allah = 1000 tahun" (2 Ptr 3:8), itu hanya bahasa perlambangan saja (bahwa waktu bagi Allah tidak sama dengan manusia), sebab Allah tidak mengorbit apapun, maka sesungguhnya tidak ada "satu hari" bagi-Nya.




November 14, 2012, 03:26:06 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2451
  • Gender: Male
Mas Enjoy,

Kalau waktu rotasi dan revolusi bumi memang betul dari dulu juga 24 jam dan kira-kira 365 x 24 jam..

masalahnya waktu dulu apakah:
1. Pengetahuan itu sudah diketahui?
2. Konsensus itu apakah sudah dipakai atau bahkan apa sudah digagas?

Coba, misal-nya.... omong kosong aja nih.....
misal...
Orang jaman Abraham di timur tengah (jelas iptek & budayanya masih primitif kan ya dibanding mesir / cina / mesopotamia kan ya?)...
mereka liat langit waktu malam...lho itu ada lampu bunder nyala tiap malam kok berubah-ubah bentuknya ya...
ooo bentuknya jadi bundar lagi lho tiap 29 hari.....
Kalo gitu..... satu kalender (disebut tahun deh ya..) itu 29 hari...

Nah... misal pakai logika omong kosong ini ya...

Maka Umur Nuh / Abraham yang 800 "tahun" itu jadi lebih masuk akal lho...
coba:
800 "tahun" = 800 siklus revolusi lunar = 800 "bulan jaman skrg" = kira kira 66 tahun solar calendar...
kalau lebih teliti pakai koreksi lunar-solar --> maju 11 hari setahun masehi...
maka kira-kira umurnya bisa dihitung: 60 an x 365 hari lho....

lebih masuk akal kan?....

Coba mas.....
Gimana mungkin kitab perjanjian lama yang ditulis oleh orang Yahudi jaman dulu... bisa menggunakan asumsi perhitungan kalender yang baru dikenal 500 tahun belakangan ini?
jelas gak mungkin babar blas.... kan ya...

UDAH SELESAI NONTON BOKEP YA MAS, SOAL WAKTU ITU MAS DIKIT BERGURAU DENGAN OM EDO MAU NONTON BOKEP DARIPADA KOMENTAR DITOPIC OM EDO YANG TIDAK MENGAKUI TRINITAS KARENA TIDAK TERCATAT DIALKITAB?>?>?>?>?>?
KALO BELUM SELESAI ATAUPUN UDAH SELESAI ADA BAIKNYA GAK USAH BICARAKAN SEJARAH USIA MANUSIA BERDASARKAN ILMU BOKEP MAS...  :)

SYALOM ....
Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)