Author Topic: sudut pandang ALKITAB mengenai PERPULUHAN  (Read 1072 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 07, 2012, 07:52:24 AM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 15
  • Denominasi: gereja Kristus
Galatia 5:1

1Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

manusia mengusahakan menjadi merdeka dalam banyak hal. Namun, seringkali manusia tergiring dari suatu kemerdekaan kembali kepada perbudakan secara tidak disadari. Manusia sudah dibawah kuk daripada perbudakan dalam banyak perkara.

Semua orang yang hidup tanpa kristus ada didalam kuk dosa dan iblis


Roma 6:17

17Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu.

Roma 7:14

14Sebab kita tahu, bahwa hukum Taurat adalah rohani, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa.

Kisah Para Rasul 26:18

18untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan.

terkadang orang juga hidup dibawah kuk perbudakan.

1 Timotius 6:1

1Semua orang yang menanggung beban perbudakan hendaknya menganggap tuan mereka layak mendapat segala penghormatan, agar nama Allah dan ajaran kita jangan dihujat orang.

dan beberapa orang, seperti orang Yahudi dalam hari hari Yesus di dunia, hidup didalam kuk perbudakan agama.

Matius 11:28

28Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Didalam konteks Galatia 5:1 Paulus membahas kuk perbudakan didalam hukum perjanjian lama. Namun Yesus mati diatas kayu salib untuk membebaskan manusia dari hukum perjanjian lama

Galatia 4:4-5

4Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat.

5Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.


Namun menarik untuk diketahui, sampai saat ini juga, layaknya seperti orang orang di Galatia, banyak dari pada orang orang yang masih hidup didalam kuk perbudakan dalam banyak perkara.

Banyak pemimpin agama mengerti gereja bisa dijadikan kesempatan untuk memperkaya diri mereka sendiri. Sebagian termotivasi oleh uang, dan mengkomersilkan agama Kristen, karena itu mereka mengenakan berbagai beban kepada jemaat untuk kepetingan nya sendiri. Mereka mengubah makna daripada firman untuk menciptakan rasa takut yang sebenarnya tidak diperlukan, dan secara langsung membawa jemaat dalam kuk perbudakan agama.


bersambung kebawah
December 07, 2012, 08:17:25 AM
Reply #1
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 15
  • Denominasi: gereja Kristus
Salah satu kuk perhambaan adalah mengenakan aturan perpuluhan terhadap jemaat. Untuk memperoleh tujuan ini, mereka mengancam jemaat dengan kutukan dari kitab Maleakhi 3:8-10. Mereka menghubungkan banyak pekerjaan iblis maupun musibah yang terjadi terhadap seseorang akibat lalai membayar perpuluhan atau ketidak setiaan dalam perkara perpuluhan. Orang orang dibuat percaya bahwa sakit, kehilangan pekerjaan, kemandulan, dan penderitaan yang jemaat alami, adalah akibat daripada kelalaian membayar perpuluhan. Dan juga, jemaat dibuat percaya oleh karena perpuluhan maka kita menerima berkat daripada Tuhan. Didalam perkara yang sama, ahli ahli Taurat dan orang orang Farisi mengenakan banyak beban yang berat dan tanggung jawab agama terhadap orang orang Yahudi.

matius 23:4

4Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya.


kenapa sepertinya ayat alkitab favorit bagi banyak dari para pemimpin gereja saat ini " Bawalah seluruh persembahan perpuluhan itu kedalam rumah perbendaharaan"


Rasul Petrus memperingati kita, mengenai guru guru palsu yang " Berusaha mencari untung dari kamu dengan cerita cerita isapan jempol mereka" ( 2 Petrus 2:3 ). rasul Paulus juga tidak membiarkan kita didalam kesimpang siuran mengenai orang orang yang "Sebab orang orang yang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata kata mereka yang muluk muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang orang yang tulus hatinya" ( Roma 16:18 ) Tuhan Yesus menawarkan kepada siapa saja orang yang datang kepadanya, untuk belajar dari Dia dan mengenakan kuk kepada mereka. "sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban Ku pun ringan" ( Matius 11 29-30 )
Ia meyakinkan kita "dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu" ( Yohanes 8:32 ). kebenaran akan membebaskan dari segala macam perbudakan.


bersambung kebawah
December 07, 2012, 08:37:59 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6960
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
kenapa sepertinya ayat alkitab favorit bagi banyak dari para pemimpin gereja saat ini " Bawalah seluruh persembahan perpuluhan itu kedalam rumah perbendaharaan"
Anda ini milik siapa Bro?

Lihat ayat2 dibawah ini:
22:21 Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka:
"Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."
22:22 Mendengar itu heranlah mereka dan meninggalkan Yesus lalu pergi

I Korintus  3
3:23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.

II Korintus  1
1:22 memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan ROH KUDUS di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.

Jadi kalau merasa milik Kristus maka 100% hidup anda adalah milik-Nya
Terserah anda mau berikan 10% atau 100% dari penghasilan anda
kalau sdh berikan 10% harap diingat bahwa yg 90% sisanya adalah pinjaman dari Kristus :)
GBU all

Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
December 07, 2012, 10:37:09 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3402
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

Anda ini milik siapa Bro?

Lihat ayat2 dibawah ini:
22:21 Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka:
"Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."
22:22 Mendengar itu heranlah mereka dan meninggalkan Yesus lalu pergi

I Korintus  3
3:23Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.

II Korintus  1
1:22memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan ROH KUDUS di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.

Jadi kalau merasa milik Kristus maka 100% hidup anda adalah milik-Nya
Terserah anda mau berikan 10% atau 100% dari penghasilan anda
kalau sdh berikan 10% harap diingat bahwa yg 90% sisanya adalah pinjaman dari Kristus :)
GBU all

Pengajuan Matius 22:21 seringkali hanya ditujukan kepada jemaat saja sebagai pribadi-pribadi yang (dianggap sebagai wajib pembayar persepuluhan).
Herannya ayat ini justru dilanggar banyak sekali oleh gereja-gereja (terutama gereja dengan manajemen "papah-mamah-anak-mantu," karena rekening gerejanya kebanyakan memmakai nama pribadi, bukan nama yayasan).

Ada deregulasi Undang-undang, resminya saat Yusril Ihza Mahendra jadi Menteri Kehakiman (periode 2004-2007). Bahwa Gereja harus dibawah Yayasan.

Jadi Gereja itu sama seperti sekolahan yang juga harus dibawah Yayasan & bayar pajak. Di tahun 80-an mungkin sekolah tidak bayar pajak, karena sekolahan tidak dianggap profit. Namun semua juga akhirnya tahu bahwa Sekolahan juga profit motif, maka sekolah juga harus membayar pajak.

Sistem organisasi Yayasan, walaupun merupakan organisasi sosial, secara hukum sekarang sudah tidak beda jauh dengan PT. Maka, harus punya NPWP artinya bayar pajak, setor PPH (pajak penghasilan). Karena Yayasan juga bisa sebagai organisasi yg profit senter.

Maka, Gereja juga dianggap tidak berbeda dengan perusahaan yang 'profit senter' maksudnya punya penghasilan tetap dari jemaatnya. Dan Rekening a/n Yayasan pasti kena pajak, sumbangan dari luar negeri ke yayasan dipantau depsos, dan dilarang dalam jumlah tertentu.

Nah bagaimanakan penyimpangan dari gereja2 ini terhadap Pemerintah?

Kita tahu Rekening2 gereja kebanyakan nama pribadi (bukan nama organisasi/ yayasan)
Nah inilah salah satu caranya, gereja bisa mengelak Pajak & nggak bayar PPH!!!
Ketika Gereja didirikan dan dibawah Yayasan tertentu, maka juga pasti punya rekening a/n Yayasan, tapi rekening itu biasanya bukan untuk dipakai sebagai rekening untuk penerimaan peraupan uang Persepuluhan, persembahan dll.
Ya tentu ada pat-gulipat-nya di gereja2 itu sehingga seringkali rekening yang diinformasikan kepada jemaat jarang sekali yg menggunakan nama Yayasan, tetapi rekening atas-nama pribadi. Entah rekeningnya Pak gembala/ bu gembala, dll...
 
Sekarang coba deh cek di gerejanya masing2; rekening gerejanya pake nama pribadi/ nama organisasi ?  :azn:
Sebab kalau rekening di gereja Anda memakai nama pribadi....... artinya gereja Anda menghindari pajak, dan tidak taat pemerintah dimana Gereja juga harus bayar PPH.  Artinya gereja Anda menyimpang dari Firman Yesu Kristus Matius 22:21.

Satu lagi pat gulipatnya gereja2 (terutama gereja dengan manajemen "papah-mamah-anak-mantu"). Karena ada ketentuan dalam undang2 bahwa jika terjadi sesuatu pada Yayasan (misalnya bubar, pecah, ada pertikaian), maka aset Yayasan (tanah/bangunannya, misalnya) dapat berpindah tangan kepada yayasan2 lain (yang ditunjuk pemerintah).
Nah supaya aset gereja nggak lari dari keluarga pendetanya (yang notabene gereja sebenarnya merupakan "perusahaan keluarga"), mereka mengatas-namakan aset2 gereja juga dalam nama2 pribadi, entah nama pak gembala/ bu gembala/ anaknya, dll....

kayaknya gue harus bilang "wow"....  :)

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
December 07, 2012, 10:49:16 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6960
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
Pengajuan Matius 22:21 seringkali hanya ditujukan kepada jemaat saja sebagai pribadi-pribadi yang (dianggap sebagai wajib pembayar persepuluhan).
Herannya ayat ini justru dilanggar banyak sekali oleh gereja-gereja (terutama gereja dengan manajemen "papah-mamah-anak-mantu," karena rekening gerejanya kebanyakan memmakai nama pribadi, bukan nama yayasan).

Ada deregulasi Undang-undang, resminya saat Yusril Ihza Mahendra jadi Menteri Kehakiman (periode 2004-2007). Bahwa Gereja harus dibawah Yayasan.

Jadi Gereja itu sama seperti sekolahan yang juga harus dibawah Yayasan & bayar pajak. Di tahun 80-an mungkin sekolah tidak bayar pajak, karena sekolahan tidak dianggap profit. Namun semua juga akhirnya tahu bahwa Sekolahan juga profit motif, maka sekolah juga harus membayar pajak.

Sistem organisasi Yayasan, walaupun merupakan organisasi sosial, secara hukum sekarang sudah tidak beda jauh dengan PT. Maka, harus punya NPWP artinya bayar pajak, setor PPH (pajak penghasilan). Karena Yayasan juga bisa sebagai organisasi yg profit senter.

Maka, Gereja juga dianggap tidak berbeda dengan perusahaan yang 'profit senter' maksudnya punya penghasilan tetap dari jemaatnya. Dan Rekening a/n Yayasan pasti kena pajak, sumbangan dari luar negeri ke yayasan dipantau depsos, dan dilarang dalam jumlah tertentu.

Nah bagaimanakan penyimpangan dari gereja2 ini terhadap Pemerintah?

Kita tahu Rekening2 gereja kebanyakan nama pribadi (bukan nama organisasi/ yayasan)
Nah inilah salah satu caranya, gereja bisa mengelak Pajak & nggak bayar PPH!!!
Ketika Gereja didirikan dan dibawah Yayasan tertentu, maka juga pasti punya rekening a/n Yayasan, tapi rekening itu biasanya bukan untuk dipakai sebagai rekening untuk penerimaan peraupan uang Persepuluhan, persembahan dll.
Ya tentu ada pat-gulipat-nya di gereja2 itu sehingga seringkali rekening yang diinformasikan kepada jemaat jarang sekali yg menggunakan nama Yayasan, tetapi rekening atas-nama pribadi. Entah rekeningnya Pak gembala/ bu gembala, dll...
 
Sekarang coba deh cek di gerejanya masing2; rekening gerejanya pake nama pribadi/ nama organisasi ?  :azn:
Sebab kalau rekening di gereja Anda memakai nama pribadi....... artinya gereja Anda menghindari pajak, dan tidak taat pemerintah dimana Gereja juga harus bayar PPH.  Artinya gereja Anda menyimpang dari Firman Yesu Kristus Matius 22:21.

Satu lagi pat gulipatnya gereja2 (terutama gereja dengan manajemen "papah-mamah-anak-mantu"). Karena ada ketentuan dalam undang2 bahwa jika terjadi sesuatu pada Yayasan (misalnya bubar, pecah, ada pertikaian), maka aset Yayasan (tanah/bangunannya, misalnya) dapat berpindah tangan kepada yayasan2 lain (yang ditunjuk pemerintah).
Nah supaya aset gereja nggak lari dari keluarga pendetanya (yang notabene gereja sebenarnya merupakan "perusahaan keluarga"), mereka mengatas-namakan aset2 gereja juga dalam nama2 pribadi, entah nama pak gembala/ bu gembala/ anaknya, dll....

kayaknya gue harus bilang "wow"....  :)
Rupanya Bro yg satu ini sangat ketinggalan info,
cek saja di warta2 jemaat, nomor2 rekening gereja masa kini :)
GBU all
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
December 07, 2012, 10:54:48 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3402
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
lihat nomor rekening pakai "nama Yayasan"? kalau ya... bagus.
Kalau enggak.... nah itu :)

Ralat: Yusil menteri Kehakiman 2000-2001 dan 2001-2004.
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
December 07, 2012, 11:02:47 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6960
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
bersambung kebawah
TS kok gak ada sambungannya lagi?
apa sudah cukup terjawab?
GBU
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
December 07, 2012, 11:18:04 AM
Reply #7
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2869
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Persepuluhan bukanlah aturan wajib bagi jemaat Perjanjian Baru, sehingga memberi/tidak memberi (bbrp org mnyebutnya mengembalikan) persepuluhan tidak ada kaitannya dengan keselamatan dan tidak ada kaitannya dengan urusan curi-mencuri.

Meski begitu, tidak ada juga larangan/pantangan bagi Jemaat Perjanjian Baru jika mereka ingin memberikan persepuluhan kepada Gereja (baca:Tuhan melalui Gereja).

Mnurut saya pribadi,
Aturan persepuluhan bisa saja dijalankan apabila :
1. Diberlakukan oleh Tuhan kepada jemaat tertentu, yg diteguhkan oleh 2 atau 3 saksi otoritas Gereja
2. Tidak diberlakukan oleh Tuhan, tetapi ditetapkan oleh Gembala Sidang yg berlaku hanya utk kalangan Gereja yg dgembalakannya (Gembala Sidang memiliki otoritas untuk menetapkan aturan 'persembahan' bagi Gereja yg digembalakannya)

Namun begitu,
Otoritas Gereja tidak bisa mengklaim bhw persepuluhan adalah aturan perjanjian lama yg masih berlaku mutlak dan mengikat semua jemaat di perjanjian baru.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)
December 07, 2012, 11:40:19 AM
Reply #8
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
menurutku orang PB bebas saja mau ngasih berapa. perpuluhan kan cuma panduan. yg penting kita memberi
yg kenceng gereja karismatik biasanya masalah perpuluhan.
tetapi dasar dari pemeliharaan ada di Mat 6:26. jadi itu sudah otomatis.
kalau mau lebih tinggal ambil di Mat 7:7
December 07, 2012, 11:48:01 AM
Reply #9
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 15
  • Denominasi: gereja Kristus
Apakah Tuhan mau anak anaknya memberi persembahan persepuluhan pada saat ini? apakah seseorang memiliki otoritas berdasarkan Alkitab untuk memungut perpuluhan pada saat ini?



kita akan menumukan semua jawabannya ketika kita mempelajari dengan benar apa kata Alkitab mengenai perpuluhan.

Asal muasal perpuluhan

Pertama kali pperpuluhan disebutkan dalam Alkitab adalah saat Abraham, pulang dari menyelamatkan keponakannya Lot, ia memberi sepersepuluh dari hasil jarahan kepada Melkisedek ( Kejadian 14:20 ). ia melakukannya secara sukarela, bukan atas permintaan Tuhan. berikutnya kita bisa temukan saat Yakub bernazar akan memberikan sepersepuluh dari semua berkat yang ia terima ( Kejadian 28:20-22 ) sampai saat ini tidak dicatat permintaan Tuhan terhadap kedua orang ini untuk memberikan persepuluhan.

Pada saat anak anak Israel menjadi suatu bangsa, dan Tuhan mengadakan perjanjian diatas gunung Sinai ( Ulangan 5:1-5 ), Tuhan meminta sepersepuluh atas semua hasil tanah Kanaan dari mereka. dalam kitab Imamat 27:30 kita baca "Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon pohonan adalah milik TUHAN. itulah persembahan kudus bagi TUHAN" ini adalah pertama kalinya Tuhan meminta persepuluh dari manusia

mari kita pelajari lebih dalam detail mengenai persepuluhan dibawah hukum Musa

bersambung kebawah
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)