Author Topic: Kekristenan tanpa Katolik ?  (Read 7969 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 11, 2013, 12:33:33 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2141
  • Denominasi: Universal
Brow gandrunk,
mungkin kita berbeda persepsi soal UNIVERSAL / KATOLIK / Katta-Holos itu.
Bagi saya yang dimaksud dengan KATOLIK adalah KEUNIVERSALAN YESUS KRISTUS, sebagai TUHAN bagi segala bangsa. Jadi yang menjadikan UNIVERSAL / KATOLIK itu BUKAN MANADONYA - bukan BATAKNYA, tetapi YESUSNYA.

sehingga kalo saya anggota Gereja suku tertentu dan pergi ke Amerika, maka saya tidak pernah kesulitan beribadah, saya akan beribadah pada GEREJA YESUS KRISTUS di sana.

Pertanyaannya sekarang "Gereja YANG MANA (denominasi)?".

Karena saya seorang Reformed, maka saya akan masuk di Gereja Presbiterian Amerika, atau Baptis yang Reformed.

jadi KEUNIVERSALAN Kristen itu terletak pada TUHAN YESUS KRISTUS.

nama suku merupakan petunjuk KEUNIVERSALAN YESUS bahkan bangsa Menado yang animisme lalu menjadi Kristen. Puji TUHAN.

khan gitu brow :)
saya rasa tidak perbedaan dari pemahaman. coba perhatikan bagaimana dengan suku-suku diatas, sebagai contoh didaerah saya, disebut GETOR (Gereja Toraja), kalau ke Amerika ada gak gereja ini?
efeknya apa? pemetakan bagian tubuh Kristus.
Ke-universal-an, tidak dibatasi oleh suku. karena Gereja itu satu, semua Bangsa. tidak ada batasan suku dalam Kristus, siapa pun mau menjadi bagian dari Gereja, silahkan, tidak harus dari suku tertentu.
nah...

maksud saya kali ini melihat secara gamblang apa itu katolik, jika tidak ada katolik, bagaimana?!?
bagaimana wajah Kekristenan sekarang?
ingat pada jaman para rasul aja sudah banyak yang mengaku sebagai Kristen,  tetapi tidak mengajarkan apa ajaran Kristen. dan untuk membedakan mereka penggunaan kata "Katha-Holos" ini sudah ada sejak zaman perdana. bisa dilihat keterangan St. Polycarpus( murid Rasul Yohanes).
kemudian kata "katolik" ini resmi digunakan pada tahun 107 oleh St. Ignatius Antiokhia, untuk membedakan mana Gereja dan mana heresi, karena pada jaman itu para Docetisme dan Gnosticisme. surat ini ditujukan kepada jemaat smyrna. jadi bukan pertentangan nama, tetapi bagaimana wajah Kekristenan sekarang tanpa ada Katolik?
mungkin banyak dari kita sudah menjadi heresi yang menolak Yesus sebagai Allah.
« Last Edit: March 12, 2013, 12:12:43 PM by gandrunk »
Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan. Ibrani 12:14
March 11, 2013, 12:41:57 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2141
  • Denominasi: Universal
Kita tunggu saja apakah harapan org2 Afrika terpenuhi di konklaf berikut :)
btw gereja katolik cuma plesetan dari throughout all /kata holos Judaea and Galilee and Samaria, > diplesetkan jadi organisasi gereja katolik :)
wkwkwkwk,,, kan sudah saya bantah... :)
pertanyaan saya saja tidak kamu jawab, kok mau ngotot, sih..
hahahaha
gini,,, apa katolik pernah melihat etnis? bukti yg kamu ajukan tentang orang afrika jadi paus, tidak bukan karena etnis, tetapi dilihat dari spritualitas Imannya seperti apa. kalau katolik melihat etnis, tentu orang kulit hitam tidak ada yang jadi katolik, atau GK, menolak orang kulit hitam menjadi bagiannya. paham?
silahkan beri bukti baru yang benar-benar mendukung... :)

Quote
kenyataannya justru bis menjangkau berbagai suku dgn mudah
lihat hasilnya saja, jangan menilai kotak2nya
karena gereja itu hanya satu dihadapan Allah, org2 percaya yg berfungsi sbg Tubuh Kristus
diluar itu hanya organsisasi yg tdk beda dgn organisasi sekuler saja
apa yang mau dibanggakan, apakah saya harus jadi suku itu baru masuk digereja itu?
jadi kebaikan bagi kalangan suku mereka saja!
apa ini yang dibanggakan??!!
hasilnya apa?
lihat dalam GK baik chinese, afrika, eropa, asia, satu dalam Gereja, yaitu GK. tidak ada nama-nama etnis-etnis.
karena Tuhan Yesus Tuhan semua bangsa bukan Tuhan sebagian bangsa aja.
bagaimana mau satu, kalau doktrin yang menjadi pertetangan diantara mereka?
ayo,,,!!!
bangga bener bilang satu, udah jelas beda-beda suku, dan lebih mengutamakan suku masing-masing dibilang satu,,,

OMG~~~
Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan. Ibrani 12:14
March 11, 2013, 12:51:49 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6955
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
wkwkwkwk,,, kan sudah saya bantah... :)
pertanyaan saya saja tidak kamu jawab, kok mau ngotot, sih..
hahahaha
gini,,, apa katolik pernah melihat etnis? bukti yg kamu ajukan tentang orang afrika jadi paus, tidak bukan karena etnis, tetapi dilihat dari spritualitas Imannya seperti apa. kalau katolik melihat etnis, tentu orang kulit hitam tidak ada yang jadi katolik, atau GK, menolak orang kulit hitam menjadi bagiannya. paham?
silahkan beri bukti baru yang benar-benar mendukung... :)
Itukan ukuranmu org Afrika itu kurang spiritual imannya

apa yang mau dibanggakan, apakah saya harus jadi suku itu baru masuk digereja itu?
jadi kebaikan bagi kalangan suku mereka saja!
apa ini yang dibanggakan??!!
hasilnya apa?
lihat dalam GK baik chinese, afrika, eropa, asia, satu dalam Gereja, yaitu GK. tidak ada nama-nama etnis-etnis.
karena Tuhan Yesus Tuhan semua bangsa bukan Tuhan sebagian bangsa aja.
bagaimana mau satu, kalau doktrin yang menjadi pertetangan diantara mereka?
ayo,,,!!!
bangga bener bilang satu, udah jelas beda-beda suku, dan lebih mengutamakan suku masing-masing dibilang satu,,,

OMG~~~
Nah ini dia, kamu dan GRK itu tdk ngerti konsep gereja
jadi susah, mau diterangin kayak apa juga balik lagi2
lihat saja rekan GRK mu itu, sama persisnya gak ngeri apa itu gereja
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
March 11, 2013, 01:08:23 PM
Reply #43
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 291
  • Denominasi: ----
Quote
Nah ini dia, kamu dan GRK itu tdk ngerti konsep gereja
jadi susah, mau diterangin kayak apa juga balik lagi2
lihat saja rekan GRK mu itu, sama persisnya gak ngeri apa itu gereja

Begini lho maksudnya.
Kalau ada orang sunda mau masuk HKBP bisa gak?
Kalau ada orang Jawa mau masuk Gereja Toraja bisa gak?

Kalau di Katolik kan anda suku bangsa apapun tinggal masuk aja.

Begitu bro

Salam damai aja ya
March 11, 2013, 01:22:17 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2141
  • Denominasi: Universal
Itukan ukuranmu org Afrika itu kurang spiritual imannya
jawaban apa ini?
kosong.... ciyus...!!
bukan saya mengatakan, artinya memang sampai detik ini belum ada orang Afrika yang terpanggil untuk menjadi Paus. :)


Quote
Nah ini dia, kamu dan GRK itu tdk ngerti konsep gereja
jadi susah, mau diterangin kayak apa juga balik lagi2
lihat saja rekan GRK mu itu, sama persisnya gak ngeri apa itu gereja
bro kalau nyanggah yang berbobot donk,., masa sanggahannya tuduhan terus,
mau Bukti!!!
di Gereja Toraja disini(protestan) pendetanya orang Toraja semua, tidak ada dari suku lain.(saya bertanya-tanya, apa harus orang toraja?) kalau Gereja Toraja Mamasa, pendetanya orang mamasa semua, jadi bingung...
sedangkan di Gereja ku itu, 2 Pastor sebelumnya dari Belgia dan Philipina, baru sekarang orang indonesia.

jadi tidak ada masalah suku dalam Gereja Katolik. ingat, kalau ada perbedaan suku, sudah pasti ada gereja-gereja katolik (etnis) yang berdiri sendiri, tetapi tidak ada bukan!!
jadi jangan plesetkan lagi yah,,,,

Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan. Ibrani 12:14
March 11, 2013, 02:44:36 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6955
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
Begini lho maksudnya.
Kalau ada orang sunda mau masuk HKBP bisa gak?
Kalau ada orang Jawa mau masuk Gereja Toraja bisa gak?

Kalau di Katolik kan anda suku bangsa apapun tinggal masuk aja.

Begitu bro

Salam damai aja ya
ya jangan masuk gereja yg kesukuan ada banyak kan?
jadi gak usah permasalahkan gereja berdasarkan kesukuan
pada akhirnya terlihat gereja protestan yg gak pake suku2an sekarang lebih maju dp yg pake suku2an
Tuhan hanya melihat masing2 pribadi apakah layak sbg anggota Tubuh Kristus,
jadi mau anggota gereja mana saja tdk penting & tdk menentukan
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
March 11, 2013, 03:55:05 PM
Reply #46
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 140
  • Denominasi: Kristen
ya jangan masuk gereja yg kesukuan ada banyak kan?
jadi gak usah permasalahkan gereja berdasarkan kesukuan
pada akhirnya terlihat gereja protestan yg gak pake suku2an sekarang lebih maju dp yg pake suku2an
Tuhan hanya melihat masing2 pribadi apakah layak sbg anggota Tubuh Kristus,
jadi mau anggota gereja mana saja tdk penting & tdk menentukan

contone ? :coolsmiley:
March 11, 2013, 03:59:22 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6955
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
jawaban apa ini?
kosong.... ciyus...!!
bukan saya mengatakan, artinya memang sampai detik ini belum ada orang Afrika yang terpanggil untuk menjadi Paus. :)
wah keliatan kalo gak ngikutin beritanya :)

bro kalau nyanggah yang berbobot donk,., masa sanggahannya tuduhan terus,
mau Bukti!!!
di Gereja Toraja disini(protestan) pendetanya orang Toraja semua, tidak ada dari suku lain.(saya bertanya-tanya, apa harus orang toraja?) kalau Gereja Toraja Mamasa, pendetanya orang mamasa semua, jadi bingung...
sedangkan di Gereja ku itu, 2 Pastor sebelumnya dari Belgia dan Philipina, baru sekarang orang indonesia.

jadi tidak ada masalah suku dalam Gereja Katolik. ingat, kalau ada perbedaan suku, sudah pasti ada gereja-gereja katolik (etnis) yang berdiri sendiri, tetapi tidak ada bukan!!
jadi jangan plesetkan lagi yah,,,,
gak ada yg plesetkan kok,
yg namanya gereja itu adalah siapa saja dari denom/org gereja mana saja,
asalkan percaya Yesus maka menjadi gereja yg bagian dari Tubuh Kristus
bingung ya mencerna makna gereja?
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
March 11, 2013, 04:01:30 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6955
  • Gender: Male
  • Denominasi: Back to Bible
contone ? :coolsmiley:
gak boleh promosi gereja disini
lagipula gak ngaruh kok mau bergereja dimana saja
yg penting masing2 pribadi menjadi bagian dari Tubuh Kristus
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami . . .  tetapi seandainya tidak, . . . kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." - Daniel 3:17-18
March 11, 2013, 04:03:34 PM
Reply #49
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 140
  • Denominasi: Kristen
gak boleh promosi gereja disini
lagipula gak ngaruh kok mau bergereja dimana saja
yg penting masing2 pribadi menjadi bagian dari Tubuh Kristus

bukan promosi masbro, tetapi pembuktian..
karena diberita2 banyak gereja protestan yang tutup..   :rolleye0014:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)