Author Topic: Sikap orang Kristen purba terhadap gambar  (Read 489 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 10, 2013, 10:44:39 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8066
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
26 There came together therefore a gathering of a great multitude on John's account; and as he discoursed to them that were there, Lycomedes, who had a friend who was a skilful painter, went hastily to him and said to him: You see me in a great hurry to come to you: come quickly to my house and paint the man whom I show you without his knowing it. And the painter, giving some one the necessary implements and colours, said to Lycomedes: Show him to me, and for the rest have no anxiety. And Lycomedes pointed out John to the painter, and brought him near him, and shut him up in a room from which the apostle of Christ could be seen. And Lycomedes was with the blessed man, feasting on the faith and the knowledge of our God, and rejoiced yet more in the thought that he should possess him in a portrait.

27 The painter, then, on the first day made an outline of him and went away. And on the next he painted him in with his colours, and so delivered the portrait to Lycomedes to his great joy. And lie took it and set it up in his own bedchamber and hung it with garlands: so that later John, when he perceived it, said to him: My beloved child, what is it that thou always doest when thou comest in from the bath into thy bedchamber alone? do not I pray with thee and the rest of the brethren? or is there something thou art hiding from us? And as he said this and talked jestingly with him, he went into the bedchamber, and saw the portrait of an old man crowned with garlands, and lamps and altars set before it. And he called him and said: Lycomedes, what meanest thou by this matter of the portrait? can it be one of thy gods that is painted here? for I see that thou art still living in heathen fashion. And Lycomedes answered him: My only God is he who raised me up from death with my wife: but if, next to that God, it be right that the men who have benefited us should be called gods -it is thou, father, whom I have had painted in that portrait, whom I crown and love and reverence as having become my good guide.

28 And John who had never at any time seen his own face said to him: Thou mockest me, child: am I like that in form, thy Lord? how canst thou persuade me that the portrait is like me? And Lycomedes brought him a mirror. And when he had seen himself in the mirror and looked earnestly at the portrait, he said: As the Lord Jesus Christ liveth, the portrait is like me: yet not like me, child, but like my fleshly image; for if this painter, who hath imitated this my face, desireth to draw me in a portrait, he will be at a loss, the colours that are now given to thee, and boards and plaster (?) and glue (?), and the position of my shape, and old age and youth and all things that are seen with the eye.

29 But do thou become for me a good painter, Lycomedes. Thou hast colours which he giveth thee through me, who painteth all of us for himself, even Jesus, who knoweth the shapes and appearances and postures and dispositions and types of our souls. And the colours wherewith I bid thee paint are these: faith in God, knowledge, godly fear, friendship, communion, meekness, kindness, brotherly love, purity, simplicity, tranquillity, fearlessness, griefiessness, sobriety, and the whole band of colours that painteth the likeness of thy soul, and even now raiseth up thy members that were cast down, and levelleth them that were lifted up, and tendeth thy bruises, and healeth thy wounds, and ordereth thine hair that was disarranged, and washeth thy face, and chasteneth thine eyes, and purgeth thy bowels, and emptieth thy belly, and cutteth off that which is beneath it; and in a word, when the whole company and mingling of such colours is come together, into thy soul, it shall present it to our Lord Jesus Christ undaunted, whole (unsmoothed), and firm of shape. But this that thou hast now done is childish and imperfect: thou hast drawn a dead likeness of the dead.


http://www.earlychristianwritings.com/text/actsjohn.html

Data-data sejarah tentang sikap orang Kristen purba terhadap gambar/citra/lukisan/ikon, bahkan patung, mungkin ternyata jauh dari apa yang diperkirakan oleh para pembenci ikon. Kutipan diatas adalah dari injil  apokrif, Kisah Yohanes, tentang Yohanes dan muridnya, Lycomedes, yang melukis wajah Yohanes.
Dari data sejarah ini, tampaknya gambar bukanlah sesuatu yang haram bagi Kekristenan di masa itu.
« Last Edit: March 11, 2013, 08:55:58 PM by roderick »
Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.


7ED3C742
March 11, 2013, 09:46:51 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8066
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
Gambar paling awal yang diketemukan tentang Perawan Maria dengan bayi Yesus diperkirakan muncul sekitar tahun 150, di Katakombe Priskila, Roma.



http://en.wikipedia.org/wiki/Catacomb_of_Priscilla

Jika dilihat dari wafatnya Rasul terakhir, yaitu Yohanes di sekitar tahun 100, maka ada jarak sekitar 50 tahun dengan munculnya gambar di atas. Sepertinya dapat ditarik kesimpulan bahwa Kekristenan purba tampaknya bukanlah tipe Kekristenan yang anti gambar.

Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.


7ED3C742
March 11, 2013, 10:40:27 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8066
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
Fakta menarik lainnya adalah tentang kemungkinan lenyapnya Hellenistik Judaism yang tidak jelas, dengan beberapa kemungkinan, diantaranya adalah karena terpinggirkan, atau terserap oleh, atau bahkan menjadi Kekristenan Purba.

The reasons for the decline of Hellenistic Judaism are obscure. It may be that it was marginalized by, absorbed into, or became Early Christianity (see the Gospel according to the Hebrews).

http://en.wikipedia.org/wiki/Hellenistic_Judaism

Temuan di Dura Europos menunjukkan bahwa bahkan sinagoga Yahudi pun tidak anti terhadap gambar.



Tentunya hal ini mempertanyakan ulang PENAFSIRAN tentang

Kel 20:4  Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Kata  פסלH6459, pesel dipahami sebagai gambar atau citra. Namun dalam kenyataan arkeologis di Dura-Europos ini, ayat tersebut jelas tidak ditafsirkan secara kaku.
Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.


7ED3C742
March 11, 2013, 11:13:28 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2945
Fakta menarik lainnya adalah tentang kemungkinan lenyapnya Hellenistik Judaism yang tidak jelas, dengan beberapa kemungkinan, diantaranya adalah karena terpinggirkan, atau terserap oleh, atau bahkan menjadi Kekristenan Purba.

The reasons for the decline of Hellenistic Judaism are obscure. It may be that it was marginalized by, absorbed into, or became Early Christianity (see the Gospel according to the Hebrews).

http://en.wikipedia.org/wiki/Hellenistic_Judaism

Temuan di Dura Europos menunjukkan bahwa bahkan sinagoga Yahudi pun tidak anti terhadap gambar.



Tentunya hal ini mempertanyakan ulang PENAFSIRAN tentang

Kel 20:4  Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Kata  פסלH6459, pesel dipahami sebagai gambar atau citra. Namun dalam kenyataan arkeologis di Dura-Europos ini, ayat tersebut jelas tidak ditafsirkan secara kaku.


Mas roderick keliru lagi  :)

H6459
פּסל
pesel
peh'-sel
From H6458; an idol: - carved (graven) image.

pesel artinya patung pahatan, bukan gambar.
Ada-ada saja dech, udah ngutip kamus tapi isinya sengaja disalah-salahin.  Keknya gw ama mas roderick dua-duanya mengutip kamus yang sama tapi koq bisa beda kenapa ya  :tongue:


GBU
« Last Edit: March 11, 2013, 11:18:40 PM by Dya10^_^ »
March 11, 2013, 11:42:35 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8066
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
Fakta sejarah yang menarik lainnya adalah patung Kristus yang dibuat dari perunggu oleh Bernike, atau Veronica, yaitu perempuan yang disembuhkan oleh Kristus dari sakit pendarahannya.

Luk 8:43  Adalah seorang perempuan yang sudah dua belas tahun menderita pendarahan dan yang tidak berhasil disembuhkan oleh siapapun.
Luk 8:44  Ia maju mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya, dan seketika itu juga berhentilah pendarahannya.


Patung perunggu ini tentunya bahkan berasal dari zaman para Rasul, seperti yang dituturkan oleh Eusebius dan Sozomen.

On attaining the position of Emperor of the Roman Empire in 361 Julian the Apostate instigated a religious reformation of the Roman state, as part of a programme intended to restore the lost grandeur and strength of the Roman State.[26] He supported the restoration of Hellenic paganism as the state religion.[27] In Panease this was achieved by replacing the Christian symbols. Sozomen describes the events surrounding the replacement of a statue of Christ (which was also seen and reported by Eusebius):-
”Having heard that at Casarea Philippi, otherwise called Panease Paneades, a city of Phoenicia, there was a celebrated statue of Christ, which had been erected by a woman whom the Lord had cured of a flow of blood. Julian commanded it to be taken down, and a statue of himself erected in its place; but a violent fire from the heaven fell upon it, and broke off the parts contiguous to the breast; the head and neck were thrown prostrate, and it was transfixed to the ground with the face downwards at the point where the fracture of the bust was; and it has stood in that fashion from that day until now, full of the rust of the lightning.” [28]


http://en.wikipedia.org/wiki/Caesarea_Philippi

Jadi, sekalipun tidak umum sebelum abad ke 8, pemanfaatan patung dalam Kekristenan purba sudah dimulai bahkan mungkin sejak zaman para Rasul.

Beberapa sumber lain mengenai patung ini,

Macarius Magnes:

Berenice, who once was mistress of a famous place, and honoured ruler of the great city of Edessa, having been delivered from an unclean issue of blood and speedily healed from a painful affection, whom many physicians tormented at many times, but increased the affection to the worst of maladies with no betterment at all, He made to be celebrated and famous in story till the present day in Mesopotamia, or rather in all the world - so great was her experience - for she was made whole by a touch of the saving hem of His garment. For the woman, having had the record of the deed itself nobly represented in bronze, gave it to her son, as something done recently, not long before.


http://www.danielmitsui.com/hieronymus/index.blog/1848869/bronze-statue-of-christ-erected-by-st-bernice/

Macarius Magnes diperkirakan hidup di abad ke 4 atau akhir abad 3, dan dengan demikian, penghormatan melalui sarana patung adalah hal yang tampaknya umum di saat itu.

http://en.wikipedia.org/wiki/Macarius_Magnes
Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.


7ED3C742
March 13, 2013, 03:02:07 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5120
Fakta sejarah yang menarik lainnya adalah patung Kristus yang dibuat dari perunggu oleh Bernike, atau Veronica, yaitu perempuan yang disembuhkan oleh Kristus dari sakit pendarahannya.

Macarius Magnes diperkirakan hidup di abad ke 4 atau akhir abad 3, dan dengan demikian, penghormatan melalui sarana patung adalah hal yang tampaknya umum di saat itu.

http://en.wikipedia.org/wiki/Macarius_Magnes


Saya rasa tidak perlu berlebihan dalam menanggapi penggunaan gambar atau patung atau sejenisnya sebagai perantara / interface doa ah...

biasa aja deh...

Saya memilih untuk TIDAK MELECEHKAN dan MENGANGGAP miliaran umat Kristen sedunia sebagai Sekumpulan orang Bodoh dan RAPUH IMAN-nya..
sampai-sampai harus dilarang-larang atau di-dosa-dosa-kan dalam mengapresiasi kesenian..
hehe...

Masa sih.. Orang-orang Kristen sedemikian RAPUH-nya IMAN-nya... yang bahaya GOYAH iman-nya gara-gara mengapresiasi Seni Lukis dan Seni Pahat dalam manifestasi keimanannya?
waduh... iman model apaan yang dibangun sih? sampe-sampe hal remeh-temeh gitu doang bisa BERBAHAYA bagi iman?
imin kali... ehehe...

Boleh gak ya... analogi dengan PISAU..

1. Pisau itu berbahaya lho.... bisa melukai tangan kita sendiri.. tapi juga berguna lho bisa untuk mengupas buah apel.

Nah sekarang...

2. Orang-orang yang mulia & suci serta bertanggung jawab terhadap keselamatan manusia akhirnya membuat keputusan bahwa PISAU itu harus dilarang karena merupakan benda HARAM yang bisa melukai manusia..

3. Dengan kata lain... Keselamatan Jiwa Manusia dewasa dan bertanggung-jawab Di-KHAWATIR-kan bisa TERGOYAHKAN dan TERANCAM gara-gara seonggok besi yang diasah & disebut Pisau...
ooo... ini lah sikap suci & mulia demi mencegah manusia dari Luka Sayatan yang berbahaya?? ehehe...

4. Nah, apabila kita mengasumsikan bahwa Semua manusia itu adalah ANAK-ANAK TK, maka tentu tindakan tadi adalah betapa mulia dan agung-nya demi menjaga "Semua Manusia" (yg dianggap TK semua) itu dari jurang kebahayaan yang sangat mengancam jiwa.

5. Masalahnya... masa sih.. Semua manusia itu Anak-Anak TK?? ehehe...
mau gak sih.. dianggap anak TK terus?? atau kah memang karena kelakuannya sendiri spt Anak TK, maka mengasumsikan semua orang juga sama TK-nya dgn dirinya sendiri ....ehehe....

Iman goyah gara-gara Seni Lukis & Seni Pahat?? --> katanya batu karang dan bisa memindahkan gunung??
masa gitu doang goyah?? iman apa imin?? ehehe...
March 13, 2013, 04:13:13 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2945
Alkitab gw aja bnanyak gambarnya koq ?

Kalau sujud-sujud nyembah patung ya jelas aja ..   :)


Pernikahan siri antara iman kristiani dan agama matahari Roma pagan.


GBU
« Last Edit: March 13, 2013, 04:40:06 PM by Dya10^_^ »
March 13, 2013, 04:17:48 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5120
Alkitab gw aja bnanyak gambarnya koq ?

Kalau sujud-sujud nyembah patung ya jelas aja ..   :)




GBU


sip masbro..

memang ada yang baru level Satu Dimensi (garis-garis teks)
ada yg udah gak kaget sampe tahap Dua Dimensi (seni lukis)..
ada juga yang udah gak norak waktu liat seni tiga dimensi (seni pahat)....
sesuai perkembangan tiap orang sih.. gak bisa dipaksa kan ya?

kalo yg empat dimensi saya terus terang gak bisa jelasinnya ehehe..
March 13, 2013, 04:35:01 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2945
sip masbro..

memang ada yang baru level Satu Dimensi (garis-garis teks)
ada yg udah gak kaget sampe tahap Dua Dimensi (seni lukis)..
ada juga yang udah gak norak waktu liat seni tiga dimensi (seni pahat)....
sesuai perkembangan tiap orang sih.. gak bisa dipaksa kan ya?

kalo yg empat dimensi saya terus terang gak bisa jelasinnya ehehe..




Iya dech mas.. btw tahu gak patung ratu matahari itu siapa  :tongue:

GBU
March 13, 2013, 05:15:57 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5120
Iya dech mas.. btw tahu gak patung ratu matahari itu siapa  :tongue:

wah gak tahu mas...
emang siapa sih?

kalo saya pernah lihatnya:
- Patung Salib
- Patung Martin Luther
- Patung David (buatan Michaelangelo) tapi yang Kagak ditutupin Daun lho.. yang Natural asli..
- Patung-patung kecil banyak bagus-bagus waktu saya masuk ke Museum of Sex di Amsterdam..
keren lho..
- Patung Sapi di Boyolali
- Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali
- Patung Buddha di Borobudur
- Relief semi Patung Buddha terbesar & bersejarah di Gurun Afganistan yang di LEDAK-KAN oleh sekelompok orang yang katanya sedang membasmi Berhala.. (ehehe... ring a bell ??  ehehe..)
- Patung Scottish Bagpipe
- Patung Maria, Yesus dewasa & anak, Yosef, lengkap dengan kambing-kambing nya.
- banyak deh... bagus-bagus lho..
- eh belum lagi.. kalo mampir ke Fakultas Seni Rupa di setiap kampus di seluruh DUNIA... buanyaaakkkk banget Patung & Lukisan yang menunjukkan TINGKAT PERADABAN dan TINGKAT BUDAYA suatu society lho..

coba deh.. kalo ada waktu maen.. keren lho... ehehe...

Eh tapi mas... memang lho..
Waktu saya ke Suku Primitif di Afrika dulu...
disitu BLAS sama sekali TIDAK ADA PATUNG, TIDAK ADA LUKISAN.. TULISAN juga belum kenal... baju juga pake bulu babi yang dikuliti..
saya langsung teringat.... inilah calon-calon penghuni sorga yang sejati .... ehehe....

Wong waktu lihat Handphone, mereka langsung kaget...
Terus si penerjemah menjelaskan.. bahwa mereka sedang mendiskusi-kan bahwa:
- Ada suatu alat yang bisa berlaku seperti DEWA, yaitu berbicara tanpa ada orang-nya..
- Oleh karena-nya Alat tersebut berPOTENSI sebagai BERHALA, dan oleh karenanya HARUS DILARANG..
- Barang siapa menggunakan Alat Terkutuk itu.. berarti sedang berusaha menjadi Dewa, karena berbicara tanpa ada wujudnya.. dan oleh karenanya PASTI masuk NERAKA...

nah lho.... does it ring another bell???
ehehehe... guling-guling dulu ah...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)