Author Topic: Yesus datang membawa damai & pertentangan.  (Read 847 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 16, 2013, 07:05:14 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1436
  • Gender: Female
  • Denominasi: Pentakosta
Harus dibedakan konteks "tidak membalas kejahatan dengan kejahatan" dengan konteks menyatakan diri "berbeda dengan dunia"

"Pertentangan" di sini lebih mengarah ketegasan. Kadang, kita harus "berbeda" dengan keluarga kita sendiri falam hal kebenaran. Bagi beberapa orang yang berlatar belakang keluarga non Kristen, saat mereka mulai menerima Injil dan bertobat, tidak jarang timbul pertentangan dengan keluarga. Ini yang dimaksud "pertentangan" oleh Yesus.
ok.. setuju soal 'pertentangan' yang dimaksud.
terus ade kata 'MELAWAN'... coba tafisran lu gimana deraya ?

yang gw respon dari TS... fokus yang ditanyakan mbah sam yaitu pada Tuhan Yesus nya.
bukan pada believernya.

Sebab kata DAMAI dan kata PERTENTANGAN adalah dua kata yang bertolak belakang.

Yesus membawa damai, buktinya : Banyak ayat-ayat yang mengajarkan agar kita hidup damai dengan sesama kita.
 Misalnya: Kalau engkau dipukul pipi kiri, berikanlah pipi kananmu juga,
Artinya: Kalau engkau disakiti, jangan membalas menyakiti.

Yesus membawa Pertentangan, buktinya : Yesus berkata: Kamu kira Aku datang membawa damai,
Tidak: Aku datang membawa petang.
Sisi ajaran ; membawa kedamaian.
Sisi DEKLARASI ; membawa pertentangan.

terus apakah Tuhan Yesus kaga melakukan apa yang diajarkan sendiri?
KAGA DONG!!!! BUKAN GETOO!!

JADI BEGINI LHOO...
TUHAN KAGA BILANG 'MEMBAWA KEDAMAIAN PADA DUNIA' SEBAB ORANG2 BUKAN ROBOT.. AND BERDASAR MAHA TAHUNYA TUHAN YESUS.. DIA UDEH TAHU APA YANG BAKALAN TERJADI!!!

MAKSUD 'PERTENTANGAN' begini lhoo:
12:56   Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?
12:57   Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?

conto pertentangan begini lho:
Yoh. 7:43   Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia.
Yoh. 9:16   Maka kata sebagian orang-orang Farisi itu: "Orang ini tidak datang dari Allah, sebab Ia tidak memelihara hari Sabat." Sebagian pula berkata: "Bagaimanakah seorang berdosa dapat membuat mujizat yang demikian?" Maka timbullah pertentangan di antara mereka.
Yoh. 10:19   Maka timbullah pula pertentangan di antara orang-orang Yahudi karena perkataan itu. Banyak di antara mereka berkata:


If you believe what you like in the gospels, and reject what you don't like,
it is not the gospel you believe, but yourself.
~ St.Agustine ~
March 16, 2013, 08:03:24 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2085
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
ok.. setuju soal 'pertentangan' yang dimaksud.
terus ade kata 'MELAWAN'... coba tafisran lu gimana deraya ?

yang gw respon dari TS... fokus yang ditanyakan mbah sam yaitu pada Tuhan Yesus nya.
bukan pada believernya.
Sisi ajaran ; membawa kedamaian.
Sisi DEKLARASI ; membawa pertentangan.


Pernah suatu kali seorang anak yang berlatar belakang non Kristen bertobat dan mau menjadi pengikut Kristus. Orang tua dan keluarga besarnya menentang habis2an. Ortu nya sampai ngancam,"Sekarang pilih, mau nurut sama ortu atau mau ikut Yesus?"
Si anak menjawab, "Saya mau ikut Yesus, apapun yang terjadi."
Marah lah ortunya,"Oh gitu ya, kalau ikut Yesus jadi berani MELAWAN orang tua! Sana, pergi kamu sama Yesus mu. Kami ga suka punya anak yang melawan orang tua!"

Dari contoh di atas, kita melihat, bahwa anak yang mau ikut Yesus dicap sebagai anak yang MELAWAN orang tua yang tidak percaya. Dalam konteks seperti inilah Yesus berkata tentang "melawan".
March 16, 2013, 08:37:13 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1436
  • Gender: Female
  • Denominasi: Pentakosta
Pernah suatu kali seorang anak yang berlatar belakang non Kristen bertobat dan mau menjadi pengikut Kristus. Orang tua dan keluarga besarnya menentang habis2an. Ortu nya sampai ngancam,"Sekarang pilih, mau nurut sama ortu atau mau ikut Yesus?"
Si anak menjawab, "Saya mau ikut Yesus, apapun yang terjadi."
Marah lah ortunya,"Oh gitu ya, kalau ikut Yesus jadi berani MELAWAN orang tua! Sana, pergi kamu sama Yesus mu. Kami ga suka punya anak yang melawan orang tua!"

Dari contoh di atas, kita melihat, bahwa anak yang mau ikut Yesus dicap sebagai anak yang MELAWAN orang tua yang tidak percaya. Dalam konteks seperti inilah Yesus berkata tentang "melawan".

ok, good.  :afro:

gw lengkapi... soal 'melawan', 'pedang'

jadi maksudnya begini lho... orang tua yang ngelarang itu BUKAN ROBOT.
mangkanye Tuhan Yesus bilang 'membawa pertentangan' sebab Dia kaga menyeting orang2 dunia dijadiin robot.
'membawa pertentangan' ~~> sebagai 'akibat dari datangNya yang ditimbulkan oleh orang2 dunia itu sendiri and sebagai 'maha tahuNya' yang udeh tau apa yang bakalan terjadi.

and sebagai akibat, si orang tua yang BUKAN ROBOT itu tetep kaga maw percaya Tuhan, mereka ngomelin anaknya...
and sebagai efek balik bwat si anak; si anak dimurnikan; ketabahan, keteguhan iman, kesabaran, mengampuni, membalas kejahatan orang tuanya dengan menunjukkan imannya dengan perbuatan kasih, melupakan perlakuan orang tuanya, sambil terus mendoakan orang tuanya pada Tuhan agar mereka jadi believer juga, dll...

sedang soal pertentangan;
12:56   Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?
[SELUMBAR DIMATA ORANG KELIHATAN, BALOK DIMATA SENDIRI KAGA.. SENANG BANGET MENGHAKIMI, MENILAI, BERTENGKAR HAL2 YANG SIA2, NURUTIN PERINTAH MANUSIA, AJARAN MANUSIA, TRADISI MANUSIA.
TRADISI/AJARAN/PERATURAN MANUSIA DICIPTAIN DEMI TERTIB, TERATUR, KAGA SEMRAWUT.. TAPI ORANG DUNIA GUNAIN PERATURAN ITU BWAT MENGHAKIMI, CARI2 MASALAH PADA ORANG LAIN YANG JUSTRU MENGHAMBAT 'KASIH' AND 'MEMUTUSKAN SENDIRI APA YANG BENAR' BERDASAR PANGILAN ROH KUDUS]

12:57   Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?


If you believe what you like in the gospels, and reject what you don't like,
it is not the gospel you believe, but yourself.
~ St.Agustine ~
March 16, 2013, 10:00:29 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4964
ok, good.  :afro:

gw lengkapi... soal 'melawan', 'pedang'

jadi maksudnya begini lho... orang tua yang ngelarang itu BUKAN ROBOT.
mangkanye Tuhan Yesus bilang 'membawa pertentangan' sebab Dia kaga menyeting orang2 dunia dijadiin robot.
'membawa pertentangan' ~~> sebagai 'akibat dari datangNya yang ditimbulkan oleh orang2 dunia itu sendiri and sebagai 'maha tahuNya' yang udeh tau apa yang bakalan terjadi.

and sebagai akibat, si orang tua yang BUKAN ROBOT itu tetep kaga maw percaya Tuhan, mereka ngomelin anaknya...
and sebagai efek balik bwat si anak; si anak dimurnikan; ketabahan, keteguhan iman, kesabaran, mengampuni, membalas kejahatan orang tuanya dengan menunjukkan imannya dengan perbuatan kasih, melupakan perlakuan orang tuanya, sambil terus mendoakan orang tuanya pada Tuhan agar mereka jadi believer juga, dll...

sedang soal pertentangan;
12:56   Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?
[SELUMBAR DIMATA ORANG KELIHATAN, BALOK DIMATA SENDIRI KAGA.. SENANG BANGET MENGHAKIMI, MENILAI, BERTENGKAR HAL2 YANG SIA2, NURUTIN PERINTAH MANUSIA, AJARAN MANUSIA, TRADISI MANUSIA.
TRADISI/AJARAN/PERATURAN MANUSIA DICIPTAIN DEMI TERTIB, TERATUR, KAGA SEMRAWUT.. TAPI ORANG DUNIA GUNAIN PERATURAN ITU BWAT MENGHAKIMI, CARI2 MASALAH PADA ORANG LAIN YANG JUSTRU MENGHAMBAT 'KASIH' AND 'MEMUTUSKAN SENDIRI APA YANG BENAR' BERDASAR PANGILAN ROH KUDUS]

12:57   Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?

just out of curiosity nih mbak...

kira-kira kalo misalnya ada kasus yang sebaliknya..

jadi si anak berasal dari keluarga Kekristenan, terus karena panggilan jiwa atau apalah alasannya.. kemudian si anak bilang bapaknya.. pak.. saya ingin ikut XXX (misal: Sang Widhi Wasa atau Muhammad atau siapalah)..

Menurut mbak / member lain..
1. Bgm sikap keluarga Kekristenan yg sebaiknya?
2. Bila si anak itu tetap teguh pendiriannya, bukankah berarti juga dapat diartikan bahwa si Anak telah memiliki ketabahan, keteguhan iman, kesabaran, dan membalas kejahatan orang tuanya.. sehingga benar-benar memenuhi panggilan mengikuti XXX itu?

Sori nih.. out of curiosity aja sih ceritanya..
March 16, 2013, 10:33:35 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1436
  • Gender: Female
  • Denominasi: Pentakosta
just out of curiosity nih mbak...

kira-kira kalo misalnya ada kasus yang sebaliknya..

jadi si anak berasal dari keluarga Kekristenan, terus karena panggilan jiwa atau apalah alasannya.. kemudian si anak bilang bapaknya.. pak.. saya ingin ikut XXX (misal: Sang Widhi Wasa atau Muhammad atau siapalah)..
kasus:
anak itu Kristen awalnya.
kasus lanjutan: anak itu sudah mengetahui KEBENARAN bahwa Yesus satu2nya JURU SELAMAT, MESIAS, ANAK ALLAH YANG HIDUP, orang kaga bisa masuk surga dengan usaha sendiri...... ATAWA BELON ?

dialkitab ada peringatan soal murtad atawa berbalik setelah mengetahui kebenaran.
dialkitab ada tulis soal perumpamaan anak yang hilang.

Quote
Menurut mbak / member lain..
1. Bgm sikap keluarga Kekristenan yg sebaiknya?
na kalu yang ditanyain SIKAP keluarga/ortu menghadapi anak itu...
tunjukkan iman ortu pada Tuhan Yesus dengan perbuatan, dengan kasih, sifat kekeristenan...
kalu anak itu TETAP MAW PERGI (meninggalkan Tuhan Yesus).. apa maw dikata....
HAKIM SATU2NYA ADALAH TUHAN YESUS.... and TUHAN YESUS MAHA SETIA.....
doakan aja anak itu akan pulang lagi kaytak kisah perumpamaan anak yang hilang.
tapi kaga perlu CONDEMN, MEMUKULI, dll pada anak itu.
Serahin aja pada Tuhan.
Quote
2. Bila si anak itu tetap teguh pendiriannya, bukankah berarti juga dapat diartikan bahwa si Anak telah memiliki ketabahan, keteguhan iman, kesabaran, dan membalas kejahatan orang tuanya.. sehingga benar-benar memenuhi panggilan mengikuti XXX itu?
dengan sikap orang tua kekeristenan yang begitu.... kaga ade kelanjutan 'membalas kejahatan orang tuanya'
sebab peran ortunya cuman menegur anak sendiri, bertanya kenapa berbelok dari jalan Kebenaran, tapi kaga CONDEMN, kaga MEMUKULI, dll..
and ortunya sedih sekali... nangis tiap hari.. tetap[ tunjukkan iman dengan perbuatan kasih... masakah anaknya kaga punya hati nurani ?
kalu masih kaga punya hati nurani.. tetep iman ortu kuat, tetep mengasihi selamanya.... sifat kekeristenan!

If you believe what you like in the gospels, and reject what you don't like,
it is not the gospel you believe, but yourself.
~ St.Agustine ~
March 16, 2013, 10:53:16 AM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2085
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
Tambahin lagi ya.

Waktu Yesus di dunia banyak orang berpikir kalau Mesias datang maka akan datang masa penuh kedamaian, tanpa pertentangan, dan khususnya dalam keluarga akan timbul keharmonisan.

Namun kenyataannya tidak demikian. Tidak ada jaminan kalau ikut Yesus maka keluarga akan menjadi harmonis! Malah bisa timbul pertentangan dalam keluarga sehingga tidak mustahil keluarga tercerai berai gara2 ada anggotanya yang mengikut Yesus.
Karena itulah Yesus berkata tentang "pedang", yakni pemisahan yang tegas.
March 16, 2013, 11:27:32 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1436
  • Gender: Female
  • Denominasi: Pentakosta
Tambahin lagi ya.

Waktu Yesus di dunia banyak orang berpikir kalau Mesias datang maka akan datang masa penuh kedamaian, tanpa pertentangan, dan khususnya dalam keluarga akan timbul keharmonisan.

Namun kenyataannya tidak demikian. Tidak ada jaminan kalau ikut Yesus maka keluarga akan menjadi harmonis! Malah bisa timbul pertentangan dalam keluarga sehingga tidak mustahil keluarga tercerai berai gara2 ada anggotanya yang mengikut Yesus.
Karena itulah Yesus berkata tentang "pedang", yakni pemisahan yang tegas.
ya deraya betul.  :afro:

Tuhan Yesus datang membawa pedang dalam hubungannya dengan pemisahan yang tegas, dalam perannya sebagai SATU2NYA HAKIM YANG MEMISAHKAN KAMBING AND DOMBA.. and SEBAB ORANG2 DUNIA ITU BUKAN ROBOT.... DIA UDEH MENGETAHUI APA YANG BAKALAN TERJADI pada orang2 dunia kemudian..

jadi TS.... Tuhan membawa pedang jangan diartiin Tuhan MEMBAWA KEKACAUAN yak?!


dalam kaitan 'membawa pertentangan' pada ayat lukas.. yaitu KRITIKAN Tuhan pada orang2 dunia YANG MANA TUHAN TAW KARAKTER ORANG2 DUNIA /NATURE ADAM... AND MAHA TAW APA YANG AKAN TERJADI...

12:56   Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?
[URUSAN DUNIA, HAL2 DUNIA, SELUMBAR DIMATA ORANG KELIHATAN-KALIAN BISA MENILAI, TAPI BALOK DIMATA SENDIRI KAGA.. SENANG BANGET MENGHAKIMI, MENILAI, BERTENGKAR HAL2 YANG SIA2, NURUTIN PERINTAH MANUSIA, AJARAN MANUSIA, TRADISI MANUSIA.
TRADISI/AJARAN/PERATURAN MANUSIA DICIPTAIN DEMI TERTIB, TERATUR, KAGA SEMRAWUT.. TAPI ORANG DUNIA GUNAIN PERATURAN ITU BWAT MENGHAKIMI, CARI2 MASALAH PADA ORANG LAIN.. menyalahgunakan peraturan/tradisi itu sendiri...TERMASUK yang dilakuin PADA TUHAN YESUS YANG JUSTRU MENGHAMBAT 'KASIH' AND 'MENGHAMBAT MEMUTUSKAN SENDIRI APA YANG BENAR' BERDASAR PANGILAN ROH KUDUS' SAMPE KAGA BISA LIAT BAHWA YANG DIDEPAN MATA MEREKA ADALAH MESIAS, ANAK ALLAH YANG HIDUP, YANG PARA NABI MEMBERI KESAKSIAN TENTANGNYA.... GARA2 ISI KEPALA ORANG2 DUNIA CUMAN MAWNYA NYALAHIN, MENGHAKIMI, MENILAI, PENTINGIN HAL2 DUNIA.. BUKAN YANG ROHANI.. HINGGA YANG TERPENTING YAITU menerapkan peraturan/tradisi pada tempat semestinya DILUPAIN ~~> DEMI KETERTIBAN,TERATUR,KEADILAN,BELAS KASIH.. BUKAN BWAT MENCARI2 KESALAHAN ORANG LAIN]

conto lain kayak masalah 'perselasihan'....

12:57   Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?

If you believe what you like in the gospels, and reject what you don't like,
it is not the gospel you believe, but yourself.
~ St.Agustine ~
March 16, 2013, 12:07:00 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2945
ok.. setuju soal 'pertentangan' yang dimaksud.
terus ade kata 'MELAWAN'... coba tafisran lu gimana deraya ?
kata pertentangan tidak ada pada text asli. Yang ada adalah διαμερίζω = partition = pemisahan.

Dan juga tidak ada kata 'melawan' pada text asli.
Melawan adalah verb (kata kerja), sedangkan pada text asli bukan verb tetapi preposition (kata depan).
kata depan yang dimaksud adalah ἐπί= terhadap.

Jadi sebenarnya terjemahan yang lebih tepat kira-kira begini :

Luk 12:52  Karena mulai dari sekarang akan ada pemisahan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga terhadap dua dan dua terhadap tiga.

GBU

« Last Edit: March 16, 2013, 12:10:14 PM by Dya10^_^ »
March 16, 2013, 01:04:00 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1436
  • Gender: Female
  • Denominasi: Pentakosta
kata pertentangan tidak ada pada text asli. Yang ada adalah διαμερίζω = partition = pemisahan.

Dan juga tidak ada kata 'melawan' pada text asli.
Melawan adalah verb (kata kerja), sedangkan pada text asli bukan verb tetapi preposition (kata depan).
kata depan yang dimaksud adalah ἐπί= terhadap.

Jadi sebenarnya terjemahan yang lebih tepat kira-kira begini :

Luk 12:52  Karena mulai dari sekarang akan ada pemisahan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga terhadap dua dan dua terhadap tiga.

GBU

ok thanks dya..

jadi ini terjemahan yang lebih tepat kira2 begimane ?

10:34   "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.
10:35   Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya,
10:36   dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.

12:51   Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan.
12:52  Karena mulai dari sekarang akan ada pemisahan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga terhadap dua dan dua terhadap tiga. [dya]
12:53   Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya."
If you believe what you like in the gospels, and reject what you don't like,
it is not the gospel you believe, but yourself.
~ St.Agustine ~
March 17, 2013, 07:50:57 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2945
ok thanks dya..

jadi ini terjemahan yang lebih tepat kira2 begimane ?

10:34   "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.
10:35   Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya,
10:36   dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.

12:51   Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan.
12:52  Karena mulai dari sekarang akan ada pemisahan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga terhadap dua dan dua terhadap tiga. [dya]
12:53   Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya."

Sory baru liat  :)
terjemahan yang lebih tepat bisa dilihat pada versi King James. King James Version me-render bahasa aslinya secara lebih tepat dibanding LAI sbb:

Luk 12:51  Suppose ye that I am come to give peace on earth? I tell you, Nay; but rather division:
Luk 12:52  For from henceforth there shall be five in one house divided, three against two, and two against three.
Luk 12:53  The father shall be divided against the son, and the son against the father; the mother against the daughter, and the daughter against the mother; the mother in law against her daughter in law, and the daughter in law against her mother in law.


Patut diperhatikan bahwa : divide, division tidak selalu berkonotasi adanya pekelahian. Sebuah perusahan misalnya, bisa dibagi menjadi beberapa divisi kerja justru demi kekompakan kerja. Tetapi yang dimaksud di sini lebih kepada pemisahan dalam arti dikuduskan/dikhususkan/dipanggil keluar dari dunia ini bagi Allah.

Demikian juga against adalah preposition,  tidak tepat diterjemahkan menjadi kata kerja : 'melawan'. Against lebih tepat diterjemahkan sebagai : 'terhadap'.



hal yang sama dan saling menjelaskan dengan perikop di atas, adalah ayat berikut:

Mat 10:34  Think not that I am come to send peace on earth: I came not to send peace, but a sword.
Mat 10:35  For I am come to set a man at variance against his father, and the daughter against her mother, and the daughter in law against her mother in law.
Mat 10:36  And a man's foes shall be they of his own household.


Yang agak berbeda adalah pada Mat 10:36 ->  musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.

Ayat ini dapat kita bandingkan dengan ungkapan sbb : musuh seseorang yang terbesar adalah dirinya sendiri.
Tentu saja ungkapan tersebut bukan menunjuk pada orang gila yang memukul-mukul diri sendiri. Maksudnya adalah tantangan yang terbesar yang paling sulit ditaklukkan adalah diri sendiri.

Demikian juga ungkapan Yesus harus dimengerti bahwa tantangan orang untuk dapat mengasihi Allah seutuhnya adalah orang seisi rumahnya. karena barangsiapa mengasihi apa pun lebih dari kasihnya kepada Allah, tidak layak bagi Dia.

GBU
« Last Edit: March 17, 2013, 08:00:54 AM by Dya10^_^ »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)