Author Topic: Kristen bukan AGAMA ....  (Read 569 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 06, 2013, 09:59:34 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1478
  • Gender: Male
  • RADICAL FOR CHRIST!!
  • Denominasi: Kristen - Pantekosta Karismatik.
Shalom aLL.....

di karenakan ada salah satu member yg nanya ke gw :
"lo bilang Kristen itu bukan Agama, tp lifestyle, coba lo bikin threadnya...."

wokeh...skrng gw bikin threadnya ea...  :)

Knapa gw bilang Kristen itu bukan Agama???
Dalam alkitab di katakan :
Quote
Kis. 11 : 26 -
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.
jadi sudah jelas sekali, secara alkitabiah (sama seperti yg di katakan alkitab) alkitab ga mengatakan "....di sebut agama Kristen"

mari kita sama2 liat, apa itu yg namanya Agama...
Quote
Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.
Agama merupakan suatu lembaga atau institusi penting yang mengatur kehidupan rohani manusia
catatan : ini hnya contoh pengartian apa itu yg di sebut agama  :)

Lalu Agama Kristen itu seperti apa..????
seperti contoh pertanyaannya :
Maaf, agama Kristen itu yang seperti apa ya? Adakah member FK yang beragama Kristen?
Salam
nah....apa sih Agama Kristen itu????
mari kita liat sama2 bray...
ada yg mengatakan :
Agama Kristen adalah agama yang tidak bersumber terbatas hanya dari Kitab Suci, melainkan bersumber dari Pribadi KRISTUS sendiri, yang adalah Sabda Allah yang menjelma menjadi manusia.
  ;D
yup gw setuju dgn pernyataan di atas  :)
mari kita lihat lebih spesifik lg bray... ;
Quote
Agama Kristen
Adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mereka beribadah di gereja dan Kitab Suci mereka adalah Alkitab. Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di Antiokhia (Kisah Para Rasul 11: 26b).
nah...dari keterangan di atas, gw lebihi condong mengartikan klo Kristen itu bukan suatu Agama....
seperti quote om GM :
Oh begitu ya. Soalnya setahu saya Kristen itu, baik Katolik maupun Protestan bukanlah sebuah agama. Kalau di topik ini mau didefisikan demikian ya silakan saja.
Salam
gw lebih Pro / condong mengatakan klo Kristen itu adalah suatu Life Style - Gaya Hidup...
gaya hidup yg pegimane Sam????? gaya hidup yg berdasar pada ajaran Kristus lah tentunya...
ok..mngkin agak ngejelimet ea??? gw akan coba perjelas.....
ada pernyataan spt ini, ckup simple bngt... :
Di Indonesia namanya agama, di negerinya obama religion bro :)
setahu saya Pengikut kristus disebut Kristen (dulu oleh orang yahudi)
dan, organisasi/kelompok orang2 Kristen sekarang dikenal dengan agama Kristen.

semua boleh mengaku Kristen, namun substansi Kristen adalah murid Yesus / Pengikut Kristus.
karena kita hidup di negara Indonesia, yg mengeluarkan aturan utk hidup ber-agama...
maka Kristen yg di maksud di negara kita ini adalah suatu Agama, sama seperti Islam, Budha, Hindu de el el..
makanya ada member yg bilang...."makanya Sam...lo isi donk tuh ..lo dari denom mana? Kristen apa gitu..."
gw bcanya senyum2 aja... tp klopu hrs di jawab...gw akan bilang... "Gw pengikut Kristus!!" dah twg kan siapa dan apa itu yg di sebut Pengikut Kristus???  :D

Nah kira2 begitulah, knapa menurut gw Kristen itu bukanlah Agama...
tp gw menyebutnya sebagai Life Style  :)
Agama kaga menyelamatkan lo... tp klo lo hidup seturut kehendakNya...pasti terjamin utk diselamatkan olehNya :afro:

**silahkan klo ada yg mw kse masukan lain, atau pendapat lain...
pro kontra wajar, saling mempertahankan argumen wajar...emosi wajar, marahpun mse wajar kok  :)
tp inget bray :
Quote
Gal. 5 : 15 -
Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan.

GBU bray  :happy0025:
kaga ada alasan lain selain PERCAYA ^_^
April 07, 2013, 12:19:37 AM
Reply #1
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 108
  • Gender: Male
ikutan nimbrung ya

kalo menurut saya, Yesus datang di dunia bukan untuk sebarkan agama, melainkan sebarkan kasih itu yang utama...
bagi saya Kristen adalah sebuah perjalanan mengikuti teladan Yesus...
tapi kalo mau dibilang bukan agama juga menurut saya kurang tepat... karena Kristen juga agama... walaupun poin kita jadi Kristen bukan dilihat dari segi itu juga sih...
April 08, 2013, 05:42:27 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1478
  • Gender: Male
  • RADICAL FOR CHRIST!!
  • Denominasi: Kristen - Pantekosta Karismatik.
ikutan nimbrung ya

kalo menurut saya, Yesus datang di dunia bukan untuk sebarkan agama, melainkan sebarkan kasih itu yang utama...
bagi saya Kristen adalah sebuah perjalanan mengikuti teladan Yesus...
tapi kalo mau dibilang bukan agama juga menurut saya kurang tepat... karena Kristen juga agama... walaupun poin kita jadi Kristen bukan dilihat dari segi itu juga sih...

yap benar bro....

tp jawaban gw klo di tnya..: "agama lo apa???" gw akan jawab Kristen...

dan klo gw di tnya..."Lo Kristen?" gw jg akan jawab BENAR..gw Kristen....  :)
kaga ada alasan lain selain PERCAYA ^_^
April 09, 2013, 07:47:35 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2085
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
Tergantung apa definisi agama menurutmu. Dalam Alkitab tidak pernah ada yang ditanya, "Apa agamamu?"
April 09, 2013, 08:03:39 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1943
  • Gender: Male
  • oohh bulan, indah sekali
  • Denominasi: Katolik
sama saja dengan , mus*lim bukan agama, tapi is*lam agama. :)

Kristen "mungkin" bukan agama, tapi kalo Kristen prostestan/katolik yah udah pasti agama dong, liat aja di KTP :)
begadang jangan begadang
April 09, 2013, 04:09:35 PM
Reply #5
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 239
  • Gender: Male
  • aku melupakan apa yang telah di belakangku dan men
  • Denominasi: protestan
kalau menurut saya dalam kelegalitsan Kristen itu agam karna tercantum dalam KTP kita dan surat yg mencantumkan boiodata diri kita tp kalau secara alkitabiah sudah ditulis tu:
Kis. 11 : 26 -
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.
jadi Kristen itu murid Yesus, karna sangat beda pengikut sama murid..:
pengikut : hanya sekedar ikut2an
murid : siap untuk di didik

jadi kalau saya ditanya waktu melamar kerja, apa agama mu saya akan jawab Kristen
kalau digereja ditanya apakah kamu pengikut Tuhan Yesus, saya akan jawab, bukan tp saya adalah murid Tuhan Yesus
April 09, 2013, 04:18:28 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2523
  • Gender: Male
Berawal dari Kis. 11 : 26 -
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Kata Kristen (Χριστιανὸν, Kristianos) disebutkan hanya 3x dalam Alkitab. Didalam TB LAI jika kita sekedar mencari kata, maka anda akan menemukan 6 kata Kristen didalamnya, 3 kata lainnya diterjemahkan bebas menjadi Kristen yang bukan berasal dari kata Kristianos (Χριστιανὸν) yang dipakai istilahnya dalam Kisah 11:26.

Sebutan Kristen memang pertama kali menjadi julukan orang beriman di Antiokia dan selanjutnya sampai hari ini. Tidak ada persoalan dengan ejekan itu, bahkan Rasul Petrus dalam 1 Petrus 4:14 mengatakan, "Berbahagialah kamu, jika kamu dinista (cela,ejek) karena nama Kristus" dan selanjutnya dijelaskan tentang memalukannya sebagai orang pencuri, kemudian dalam ayat 16 dikatakan, "Tetapi, jika ia menderita (dinista) sebagai orang Kristen (Kristianos), maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu"

Saya coba bantu dengan link ini http://interlinearbible.org/1_peter/4-16.htm

Kata "jika menderita sebagai orang Kristen" dapat kita lihat dalam terjemahan interliner (lihat link) atau teks Yunani, dimaksudkan adalah bahwa jika kita diejek/dinista orang dunia dengan sebutan sebagai Kristianos, maka jangan kita malu, melainkan muliakanlah Allah sebab didalam ejekan itu disebutkan juga tentang nama Kristus.

Sedangkan rasul-rasul jika kita baca Alkitab dengan teliti, memanggil kita bukan dengan sebutan Kristianos tetapi dengan sebutan Orang-Orang Kudus. Karena dunia mengejek dengan kata Kristianos, maka sebagai umat Allah yang juga atas nasihat Rasul Petrus, maka kita menerima dan bermegah didalam ejekan Kristianos tersebut. Sehingga kita menerima sebutan Kristiani atau Kristen sebagai sebutan kita.

Jadi sebenarnya kata "agama Kristen" berasal dari dunia ini, bukan dari Allah. Sehingga kita tidak dibenarkan menyebutkan seperti muslim menyebutkan bahwa Allah memberikan agama Kristen kepada dunia atau kita, karena sebenarnya kita ini disebut oleh Alkitab dengan sebutan, orang-orang kudus, bukan kristianos.

Tentang arti agama, secara bahasa berasal dari sangsekerta yang artinya tradisi atau tatacara. Secara sederhana kita menerimanya sebagai tradisi kekeristenan yang disebut agama Kristen. Dimana kita menjaga nilai-nilai Kekristenan dalam hidup kita dan menjadikannya tradisi dalam keseharian hidup kita. Tidak ada yang salah dengan sebutan agama Kristen.

Menjadi persoalan saat kita hidup dinegara mayoritas Islam, sekali lagi mereka memiliki pandangan sendiri tentang arti agama yang berbeda dengan arti agama secara universal. Agama bagi mereka diterjemahkan Ad-Din dalam Arab yang artinya bukan sekedar tatacara dalam mendekatkan diri kepada Tuhan tetapi lebih dari itu merupakan kewajiban yang memaksa (seperti hutang piutang) sehingga dalam pelaksanaannya diterapkan sebagai hukum positif dalam memelihara tradisi dan budaya Arab yang diajarkan oleh nabinya. Mereka percaya bahwa Allah yang menurunkan agama (Ad-Din) tersebut kepada manusia.

Benturan dengan Kristiani saat kita bertanya apakah Allah memberikan manusia Ad-Din atau Yesus, maka munculah pendapat untuk mencounter dengan menyebutkan Kristen bukan agama, yang dimaksudkan Kristen bukanlah Ad-Din. Tetapi secara umum arti kata agama, maka Kristen termasud sebagai agama.

Semoga dapat memahami dengan penjelasan ringkas ini.
« Last Edit: April 09, 2013, 04:23:51 PM by Krispus »
April 09, 2013, 05:53:11 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2085
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
Setuju dengan bro Krispus, dalam kitab suci Islam memang dinyatakan secara eksplisit bahwa Islam adalah agama (Ad-Din), dan hanya Islam agama yang benar.

Saya pernah baca dalam suatu artikel, bahwa pada awal Islam muncul (jaman Muhammad dan para sahabatnya), istilah yang sering dipakai adalah "Allah berfirman..."
Beberapa abad kemudian, setelah Al Quran selesai dikompilasi, istilah yang sering dipakai adalah "Al Quran berkata..."
Namun setelah adanya Hadith (riwayat Muhammad) dan sistem syariah, maka yang sering diucapkan hingga sekarang adalah "Islam mengajarkan..."

Makanya, kalau berbicara dengan muslim, sering mereka bicara,"kalau menurut Islam begini, kalau menurut Kristen gimana?
April 10, 2013, 12:11:51 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1478
  • Gender: Male
  • RADICAL FOR CHRIST!!
  • Denominasi: Kristen - Pantekosta Karismatik.

Benturan dengan Kristiani saat kita bertanya apakah Allah memberikan manusia Ad-Din atau Yesus, maka munculah pendapat untuk mencounter dengan menyebutkan Kristen bukan agama, yang dimaksudkan Kristen bukanlah Ad-Din. Tetapi secara umum arti kata agama, maka Kristen termasud sebagai agama.

Semoga dapat memahami dengan penjelasan ringkas ini.
hm...yg ini bisa di jelaskan lebih detail kah??

mse rada kurang ngerti bray...
kaga ada alasan lain selain PERCAYA ^_^
April 10, 2013, 12:50:23 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1260
kalau menurut saya dalam kelegalitsan Kristen itu agam karna tercantum dalam KTP kita dan surat yg mencantumkan boiodata diri kita tp kalau secara alkitabiah sudah ditulis tu:
Kis. 11 : 26 -
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.
jadi Kristen itu murid Yesus, karna sangat beda pengikut sama murid..:
pengikut : hanya sekedar ikut2an
murid : siap untuk di didik

jadi kalau saya ditanya waktu melamar kerja, apa agama mu saya akan jawab Kristen
kalau digereja ditanya apakah kamu pengikut Tuhan Yesus, saya akan jawab, bukan tp saya adalah murid Tuhan Yesus

"Pengikut: hanya sekedar ikut-ikutan"? Tidak harus berarti begitu.

Mar 9:41  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."

Murid Kristus adalah pengikut Kristus. Artinya sama saja. Tidak perlu terlalu dipermasalahkan.

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)