Author Topic: AJARAN MARCION  (Read 5723 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 18, 2013, 03:47:50 PM
Reply #20
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 393
  • Gender: Female
  • Denominasi: Katolik
Kalau pemikiran yang seperti itu, saya pikir ada benarnya juga, sebab kata ELOHIM sendiri mengandung pengertian hakekat yang jamak.

Selain itu ada pernyataan TUHAN ketika Manusia yang dibentuk-Nya melanggar perintah-Nya dengan mengatakan: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat;.."

Dalam konteks pernyataan TUHAN di atas telah memberikan suatu gambaran situasi/keadaan dimana para Allah (ELOHIM) itu berada, yaitu ada Allah yang ber-pengetahuan yang baik dan ada pula Allah yang ber-pengetahuan yang jahat.


Salam,
Sedikit lagi kangmas.. sedikit lagi kinclong  :D

ELOHIM tidak selalu berarti jamak. Baca saja di Sarapan Pagi tentang Nama-nama Allah.
Pretty words are not always true
True words are not always pretty
August 18, 2013, 03:58:38 PM
Reply #21
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 393
  • Gender: Female
  • Denominasi: Katolik
dia khan penganut bagaimana menghancurkan Kristen.. mencari cari sebab akibat yang mungkin terjadi di Alkitab tersebut..

feeling saya dia itu bukan Sekte,  bukan juga marcionism melainkhan anti Kristen.. teliti saja setiap postingannya.. bukan mengarah kepada pendiriannya yang menunjukkan siapa dirinya..
melainkan bagaimana menimbulkan kontradiksi dan lumayan pinter membuat orang dungu kelabakan..   ;D
anehnya , dia udah tau itu semua yang ia lakukan..
Ya.. saya setuju..
Karena beberapa ayat di PB yang membuktikan korelasi dengan Firman YHWH dan bukan yang lain, teteeeppp aja berkelit. Dengan mengatakan si Iblis kadang bisa memberikan pernyataan kebenaran (padahal si Iblis adalah Bapa segala dusta. Kebenaran dari Iblis pun seharusnya adalah dusta).

Dan masakan YESUS menyamakan/ menyetarakan Iblis dengan TUHAN Allah?
Sama saja Sdr Simon sudah merendahkan kemampuan YESUS sebagai Anak Tunggal Allah 
Yesus tidak dapat membedakan yang ngomong Iblis atau Malaikat atau TUHAN  :mad0261:
Jadi waktu Yesus dicobai Iblis, Dia memberikan jawaban berdasarkan Firman Iblis untuk menghalau Iblis  :ashamed0004:

Pretty words are not always true
True words are not always pretty
August 18, 2013, 04:35:48 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2520
  • Gender: Male
WOW! Pas bgt dengan pemikiran saya ya....
Sumbernya dari mana bro??

Thanks!  :afro:

ada tambahan sedikit untuk anda :

Marsionisme adalah ajaran yang dianggap sesat oleh Gereja-gereja resmi di Abad kedua, didirikan oleh seseorang yang bernama Marsion atau Marcion.[1][2] Ajarannya yang paling ditentang oleh banyak tokoh pada waktu itu adalah mengenai pemisahan Allah Perjanjian Lama dan Allah Perjanjian Baru.[1] Allah Perjanjian Lama, menurutnya Allah yang adil, kurang sempurna, kejam dan tidak berpengasihan, gemar menghukum dengan Hukum Taurat yang diturunkan kepada Musa.[1] Ajarannya lebih mirip pada Teologi Kristen tentang Gnostisisme.[1]
Baginya, hukum-hukum yang terdapat dalam Perjanjian Lama terlalu berat untuk dilaksanakan manusia.[1] Dialah Allah yang berkata, "Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu; gigi ganti gigi, mata ganti mata, darah ganti darah.".[1]
Sedangkan Allah Perjanjian Baru adalah Allah yang baik, mahamurah, penyayang yang tampak dalam diri Yesus.[1]Allah Perjanjian Baru ini diperkenalkan oleh Yesus Kristus, yang mengutus-Nya untuk menyelamatkan manusia dan menebus dosa-dosanya dengan membawa Injil tentang cinta kasih kepada manusia.[1]


Pemikiran
Marsion diketahui hanya memakai Injil Lukas dalam meletakkan pandangannya. [4] [5] Pandangan lain dari Marsion adalah mengenai Kristus yang mengajarkan bahwa Kristus tidak sungguh-sungguh mati.[1] Kristologi Marsion disebut doketisme: Kristus tiba-tiba turun di atas kota Kapernaum pada tahun ke-15 pada masa Tiberius, lalu Kristus membuang Allah Perjanjian Lama ke Hades dan menebus jiwa-jiwa umat maunusia dari kuasa Allah yang tidak adil itu..[1] Dalam etika dia menetapkan hidup askese, berpantang makan daging, minum anggur dan menikah, namun dia tetap menerima pengikut pasangan suami istri.[1] Selain itu adalah dia melakukan pembabtisan orang mati, dan ditolak oleh Gereja resmi.[1] Pengikutnya sendiri tersebar di Itali, Mesir, Afrika Utara, Siprus dan Siria.[1]
Pandangan Marsion ini juga dicatat memiliki peran (persiapan) dalam pembuatan Surat-surat Paulus[5] pada abad kedua di Yunani : Galatia, I dan II Korintus, Roma, I dan II Tesalonika, Efesus, Kolose, Filipi, dan Filemon.[2] Teks-teksnya juga disesuaikan dengan pandangan khusus Marsion.[2] Maka Polikarpus dari Smyrna memperingatkan Jemaat di Filipi untuk mewaswpadai pandangan Marsion ini, Marsion dijuluki sebagai the first born of satan dan antichrist[3

by wiki

salam
Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka.
August 18, 2013, 04:52:27 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Sedikit lagi kangmas.. sedikit lagi kinclong  :D

ELOHIM tidak selalu berarti jamak. Baca saja di Sarapan Pagi tentang Nama-nama Allah.
Gak begitu juga deh pengertiannya non...
Yang namanya ELOHIM dalam tataran bahasa Ibrani itu adalah:
1. plural in number.
2. Plural intensive.

Contohnya seperti suatu bangsa.

Salam,
August 18, 2013, 08:18:25 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3666
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Gak begitu juga deh pengertiannya non...
Yang namanya ELOHIM dalam tataran bahasa Ibrani itu adalah:
1. plural in number.
2. Plural intensive.

Contohnya seperti suatu bangsa.

Salam,
ya KITA adalah singular ! AKU plural ! edan !
Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: " Terkutuklah orang ( OSAS & TULIP ) yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat." [/col
August 18, 2013, 10:14:00 PM
Reply #25
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 481
  • Gender: Male
  • Denominasi: In Christ
Saya sih masih bisa menerima pemahaman Sdr LOT yang tidak mengakui Yesus sebagai TUHAN, atau Sdr Sizxbn yang menganggap Bapa berbeda dengan Yesus. Walaupun beda dengan iman saya, saya tetep menghargai.
Mereka tetap menghormati TUHAN, baik itu YHWH atau Bapa, sebagai Sosok Yang Mulia.
Mereka tidak memahami ketegasan TUHAN sebagai kekejaman, tapi memang itu Hak Sang Pencipta.

Nah kalau kk Simon ini agak beda. Tapi saya juga tetap menghargai pandangan Anda, walaupun saya nda isa terima. Beda dengan Sdt LOT dan Sizxbn, saya hargai dan saya terima. Istilahnya kalau sama mereka, saya dan mereka cuma beda iman tentang Sosok TUHAN, bukan perbuatan maupun watak TUHAN.
Kalau sama Anda : beda tengtang Sosok, watak, dan perbuatan TUHAN  :D

So what? kok malah nge-gosip....

Quote
Mengenai TUHAN yang sedang vacation ke negeri lain, apakah itu menjadikan Dia tidak bisa mengurus kebun anggur-Nya sendiri? Bearti TUHAN tidak Maha Kuasa.
TUHAN tidak seperti manusia yang punya keterbatasan lingkup ruang gerak dan waktu.
Jadi jangan disamakan. TUHAN bisa saja sedang shopping di negeri A, tapi dalam waktu bersamaan Dia juga shopping di Negeri B atau C.
Hermione di Harry Potter saja bisa membagi-bagi dirinya untuk mengikuti pelajaran2 yang waktunya bersamaan. Walau Harry Potter cuma imajinasi manusia tentang sihir, tapi manusia saja bisa berpikir kalau pakai sihir bisa berbuat apapun.
Gimana dengan TUHAN yang kuasa-Nya melewati imajinasi manusia?  :D

Mana yg bilang Tuhan tdk terikat ruang dan waktu? gosip ya?

kl km mau membuka mata, Tuhan/godly being pun terikat dgn ruang dan waktu ketika ia berhubungan dgn alam ciptaan. Itu jelas tertulis dlm alkitab kok, kamu aja yg udah di butakan oleh doktrin desas-desus.

Quote
Anda itu terlalu membela dosa manusia, dan menganggap hukuman dari TUHAN tidak setimpal dengan dosa tsb, jadi jatohnya menyalahkan TUHAN, dan menilai TUHAN ga ada bedanya sama Setan.
Anda hanya terfokus pada tindakan TUHAN, tapi tidak mau mengerti : Kenapa TUHAN sampai menghukum manusia.

Tapi yah itu iman Anda yang urusan bersalah atau tidaknya sama TUHAN, bukan sama saya. Jadi saya nda berhak untuk mengatai Anda berdosa karena menghujat TUHAN dengan menyetarakan Dia dengan Iblis.
Saya sendiri masih banyak dosa, makanya saya nda mau sok-sok an menghakimi iman orang.
Tapi paling tidak, saya berusaha dengan kemampuan saya menjelaskan "TUHAN itu nda segitunya lhooo"  :D

Membela dosa?

Saya hanya tidak melihat yesus sbg "gambar" dari yahweh, seperti langit dan bumi. Masa ga bisa lihat seh?
Kamu udah terlalu parah tenggelam dlm euforia iman, yg pahit terasa manis, sehingga tertutup pikiranmu.

Kamu melihat, tapi tdk mengerti. Kenalilah Kristus, maka kamu akan tahu siapa sejatinya yahweh itu.





August 18, 2013, 10:15:41 PM
Reply #26
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 481
  • Gender: Male
  • Denominasi: In Christ
dia khan penganut bagaimana menghancurkan Kristen.. mencari cari sebab akibat yang mungkin terjadi di Alkitab tersebut..

feeling saya dia itu bukan Sekte,  bukan juga marcionism melainkhan anti Kristen.. teliti saja setiap postingannya.. bukan mengarah kepada pendiriannya yang menunjukkan siapa dirinya..
melainkan bagaimana menimbulkan kontradiksi dan lumayan pinter membuat orang dungu kelabakan..   ;D
anehnya , dia udah tau itu semua yang ia lakukan..


Ini ibu2 kok malah ngegosip.... :D

August 18, 2013, 11:04:26 PM
Reply #27
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 393
  • Gender: Female
  • Denominasi: Katolik
So what? kok malah nge-gosip....
bukan ngegosip.. tapi curhat  ;D

Mana yg bilang Tuhan tdk terikat ruang dan waktu? gosip ya?

kl km mau membuka mata, Tuhan/godly being pun terikat dgn ruang dan waktu ketika ia berhubungan dgn alam ciptaan. Itu jelas tertulis dlm alkitab kok, kamu aja yg udah di butakan oleh doktrin desas-desus.

Ah masa siiihh  :coolsmiley:
Mengatakan TUHAN dibatasi ruang dan waktu = mengatakan TUHAN layaknya manusia biasa, tidak Maha Kuasa = bisa tua, bisa mati, dsb..
TUHAN itu kekal = tidak dibatasi waktu
TUHAN dapat merubah wujudnya menjadi apapun = tidak dibatasi ruang
ROH TUHAN bisa berada di kandungan Bunda Maria & Elizabeth dalam waktu bersamaan = tidak dibatasi waktu dan tempat.
Dan masih banyak buktinya... nanti saya kasih ayatnya  :D

Membela dosa?

Saya hanya tidak melihat yesus sbg "gambar" dari yahweh, seperti langit dan bumi. Masa ga bisa lihat seh?
Kamu udah terlalu parah tenggelam dlm euforia iman, yg pahit terasa manis, sehingga tertutup pikiranmu.

Kamu melihat, tapi tdk mengerti. Kenalilah Kristus, maka kamu akan tahu siapa sejatinya yahweh itu.
Euforia iman? Nope.
Saya haus akan kebenaran, IYA. Tapi iman saya tidak buta.
Saya ini tipe cewe yang selalu mengudak-udak hal sampai hal tsb jelas. Saya harus tahu siapa yang saya sembah dan muliakan. Mungkin kedengaran kurang ajar kalau saya bilang : saya mencari dan ingin tahu TUHAN itu siapa dan bagaimana dari saya belum Kristen. Saya malah pernah sampai di titik saya tidak mempercayai keberadaan TUHAN selama bertahun-tahun.
Saya tidak pernah memiliki perasaan euforia karena iman, saya tidak sereligius itu.

Waktu membaca quote Anda tentang YHWH Musa, saya benar2 berpikir : wah pikiran cowo ini sama dengan saya. Dan saya tertarik membaca semua quote Anda.
Tapi boleh percaya boleh tidak, hati kecil saya bilang saya keliru. Maka saya mencari lagi dengan semangat 45.
Bukan untuk bisa menjawab Anda, tapi untuk diri saya sendiri  :)
Sekali lagi Anda boleh percaya boleh tidak, saat Anda menyuruh saya membanding Kisah Pencobaan YHWH kepada Israel versus Pencobaan Iblis ke Yesus, dan Musa yang berhadapan muka dengan YHWH, tiba-tiba mata saya langsung tertuju pada ayat yang menjelaskan persoalan tersebut.

Karena Anda cuma baca secuil ayat, dan tidak baca 1 perikop, itu menjadi bumerang. Mungkin Anda masih mau berkelit : Ah perasaan lu duank.

  • Andai Anda mau rajin membaca, Anda akan tahu Musa tidak pernah berhadap muka dengan REAL FACE-Nya YHWH, dan tidak akan menunjukkan ayat itu kepada saya. Ayat-ayat sebelum dan sesudah ayat yang Anda bawa, memberikan jawaban. YHWH sendiri bilang : Tidak ada manusia yang tahan melihat wajah-Ku. Lalu bukankah Musa berhadapan muka dengan YHWH? Ya, tapi YHWH dalam wujud tiang awan, bukan tiang asap dari gunung meletus. Dan itu dalam 1 perikop.
  • YHWH dan Iblis mencobai. Coba mata Anda lebih jeli membaca 1 perikop cerita tsb. Dan tidak cuma fokus pada padang gurun, angka 40, dan kata "mencobai"  :)

Sebenarnya dari kedua hal di atas, sudah cukup membuktikan bahwa YHWH bukan Satan. Tapi Anda yang terlalu euforia dengan konsep Anda. Anda ini cuma miilih-milih yang sesuai dengan hati Anda, dan mempertahankan pendapat Anda apapun yang terjadi. Termasuk pura2 tidak melihat dengan ayat2 yang saya kasih. Anda langsung menyerang dengan kasus baru, contoh : Jahveh-nya Freud  :D
Setelah Jahvehnya Freud saya bahas, Anda tangkis dengan Jahveh-nya siapa lagi itu.

Bukan saya yang euforia iman, tapi Anda yang euforia sama konsep Anda yang Anda sendiri tidak dapat pertanggungjawabkan. Ya kalau Anda bahagia dengan konsep Anda tsb, bungkuuuusss...
Ga ada ruginya buat saya kok.. Saya cuma niat diskusi, bukan mau nyalahin  :happy0062:

Shallom
Pretty words are not always true
True words are not always pretty
August 19, 2013, 01:16:26 AM
Reply #28
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 481
  • Gender: Male
  • Denominasi: In Christ

Ah masa siiihh  :coolsmiley:
Mengatakan TUHAN dibatasi ruang dan waktu = mengatakan TUHAN layaknya manusia biasa, tidak Maha Kuasa = bisa tua, bisa mati, dsb..
TUHAN itu kekal = tidak dibatasi waktu
TUHAN dapat merubah wujudnya menjadi apapun = tidak dibatasi ruang
ROH TUHAN bisa berada di kandungan Bunda Maria & Elizabeth dalam waktu bersamaan = tidak dibatasi waktu dan tempat.
Dan masih banyak buktinya... nanti saya kasih ayatnya  :D

Definisikan dulu maksudmu dgn "terikat/tdk terikat ruang dan waktu".
Air ada di laut, ada di botol, ada di danau => tdk terikat ruang dan waktu? udara?

Quote
Euforia iman? Nope.
Saya haus akan kebenaran, IYA. Tapi iman saya tidak buta.
Saya ini tipe cewe yang selalu mengudak-udak hal sampai hal tsb jelas. Saya harus tahu siapa yang saya sembah dan muliakan. Mungkin kedengaran kurang ajar kalau saya bilang : saya mencari dan ingin tahu TUHAN itu siapa dan bagaimana dari saya belum Kristen. Saya malah pernah sampai di titik saya tidak mempercayai keberadaan TUHAN selama bertahun-tahun.
Saya tidak pernah memiliki perasaan euforia karena iman, saya tidak sereligius itu.

Waktu membaca quote Anda tentang YHWH Musa, saya benar2 berpikir : wah pikiran cowo ini sama dengan saya. Dan saya tertarik membaca semua quote Anda.
Tapi boleh percaya boleh tidak, hati kecil saya bilang saya keliru. Maka saya mencari lagi dengan semangat 45.
Bukan untuk bisa menjawab Anda, tapi untuk diri saya sendiri  :)
Sekali lagi Anda boleh percaya boleh tidak, saat Anda menyuruh saya membanding Kisah Pencobaan YHWH kepada Israel versus Pencobaan Iblis ke Yesus, dan Musa yang berhadapan muka dengan YHWH, tiba-tiba mata saya langsung tertuju pada ayat yang menjelaskan persoalan tersebut.

Karena Anda cuma baca secuil ayat, dan tidak baca 1 perikop, itu menjadi bumerang. Mungkin Anda masih mau berkelit : Ah perasaan lu duank.

  • Andai Anda mau rajin membaca, Anda akan tahu Musa tidak pernah berhadap muka dengan REAL FACE-Nya YHWH, dan tidak akan menunjukkan ayat itu kepada saya. Ayat-ayat sebelum dan sesudah ayat yang Anda bawa, memberikan jawaban. YHWH sendiri bilang : Tidak ada manusia yang tahan melihat wajah-Ku. Lalu bukankah Musa berhadapan muka dengan YHWH? Ya, tapi YHWH dalam wujud tiang awan, bukan tiang asap dari gunung meletus. Dan itu dalam 1 perikop.
  • YHWH dan Iblis mencobai. Coba mata Anda lebih jeli membaca 1 perikop cerita tsb. Dan tidak cuma fokus pada padang gurun, angka 40, dan kata "mencobai"  :)

Sebenarnya dari kedua hal di atas, sudah cukup membuktikan bahwa YHWH bukan Satan. Tapi Anda yang terlalu euforia dengan konsep Anda. Anda ini cuma miilih-milih yang sesuai dengan hati Anda, dan mempertahankan pendapat Anda apapun yang terjadi. Termasuk pura2 tidak melihat dengan ayat2 yang saya kasih. Anda langsung menyerang dengan kasus baru, contoh : Jahveh-nya Freud  :D
Setelah Jahvehnya Freud saya bahas, Anda tangkis dengan Jahveh-nya siapa lagi itu.

Bukan saya yang euforia iman, tapi Anda yang euforia sama konsep Anda yang Anda sendiri tidak dapat pertanggungjawabkan. Ya kalau Anda bahagia dengan konsep Anda tsb, bungkuuuusss...
Ga ada ruginya buat saya kok.. Saya cuma niat diskusi, bukan mau nyalahin  :happy0062:

Shallom

Yg saya bilang adalah "tdk pernah seorangpun melihat dan mendengar" non...hayo!....cari2 alasan lagi  :D

Wait....apakah km setuju bahwa yg "akrab" dgn musa itu sosok malaikat? :wink:





August 19, 2013, 10:35:59 AM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 670
Definisikan dulu maksudmu dgn "terikat/tdk terikat ruang dan waktu".
Air ada di laut, ada di botol, ada di danau => tdk terikat ruang dan waktu? udara?
- Orang, Binatang, Tumbuhan, Material, Amuba, Bakteri, Partikel, Atom, Sel terikat ruang dan waktu ?
- Gelombang suara, Gelombang Elektromagnetik terikat ruang dan waktu ?
- Yang bukan unsur material apapun, bukan o2 h2o co2, bukan pula gelombang terikat ruang dan waktu ?

Masih belum mengerti ?

Dalam konteks Yesus sewaktu menjadi manusia:
- Jasad (fisikal) Yesus terikat ruang dan waktu ?
- Self-Consciousness Yesus terikat ruang dan waktu ?
- Hakikat (Esensi dan Energies) Yesus terikat ruang dan waktu ?

By necessity, segala isi universe are subject to; (law of thermodynamics, space, time, duality [positif negatif], dst hasil efek dari immanent energies of God).. setuju ?
Jika tidak setuju; pertanyaan - yang bukan termasuk unsur tersebut dan tidak pula dapat diteliti scientist siapapun sebab bukan unsur material apapun, bukan pula gelombang apapun; terikat ruang dan waktu atau tidak ?
 
Yg saya bilang adalah "tdk pernah seorangpun melihat dan mendengar" non...hayo!....cari2 alasan lagi  :D
Dalam konteks Yesus sewaktu menjadi manusia:
- Murid2nya dapat melihat dan mendengar jasad Yesus ?
- Murid2nya dapat mendengar pekerjaan2 yang berasal dari Bapa dan firman2 yang berasal dari Bapa didalam Yesus ?
- Murid2nya dapat melihat dan mendengar Bapa ?

Wait....apakah km setuju bahwa yg "akrab" dgn musa itu sosok malaikat? :wink:

Masih belum mengerti contoh diatas ?

Contoh lain - HANYA contoh yang mungkin bagi anda akan lebih mudah dipahami dibandingkan menjelaskan dogma tentang mistery of God yang tak terpikirkan...

Kasus 1: total under controlled by evil spirit.
Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu.
Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!"
Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: "Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!"
(Mrk. 5)

- Yesus berkomunikasi dengan orang itu atau dengan roh jahat ?
- Orang itu roh jahat atau roh jahat menguasainya ?
====

Kasus 2: Tidak under controlled by evil spirit
Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia." (Mat. 16:23)

- Petrus adalah Iblis atau orang ?
- Bisa dipanggil 'iblis' ?

Jawab Yesus kepada mereka: "Bukankah Aku sendiri yang telah memilih kamu yang dua belas ini? Namun seorang di antaramu adalah Iblis." Yang dimaksudkan-Nya ialah Yudas, anak Simon Iskariot; sebab dialah yang akan menyerahkan Yesus, dia seorang di antara kedua belas murid itu. (Yoh 6)

- Yudas iskariot adalah Iblis atau orang ?
- Bisa dipanggil 'iblis' ?


 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)