Author Topic: Yohanes 1:1 & Yoh 20:31  (Read 5281 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 08, 2013, 01:00:22 AM
Reply #120
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 393
  • Gender: Female
  • Denominasi: Katolik
Kalau demikian maka Yesus bukan Putra Tuhan, tetapi Tuhan.

Bertentangan dengan:

1Jn 5:3 Sebab inilah kasih Tuhan, bahwa kita memelihara perintah-perintah-Nya, dan perintah-perintah-Nya itu tidaklah berat.
1Jn 5:4 Sebab semua yang dilahirkan dari Tuhan, ia menaklukkan dunia, dan inilah kemenangan yang telah menaklukkan dunia: iman kita.
1Jn 5:5 Siapakah dia yang menaklukkan dunia jika bukan dia yang percaya bahwa YESUS adalah Putra Tuhan?

Mat 16:15 Dia berkata kepada mereka, “Dan kamu, kamu menyebut siapakah Aku ini?”
Mat 16:16 Dan, seraya menanggapi, Simon Petrus berkata, “Engkaulah Mesias, Putra Tuhan yang hidup!”
Mat 16:17 Dan seraya menanggapi, YESUS berkata kepada-Nya, “Berbahagialah kamu Simon anak Yunus, karena daging dan darah tidaklah menyingkapkannya kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di surga.

Sama sekali tidak bertentangan. Dan YA, Yesus memang TUHAN.
Israel menyebut TUHAN/ YHWH sebagai Bapa, dan Israel adalah anak-anak TUHAN (secara rohani)

Yesus hanya menyandang gelar sebagai Anak Tunggal Allah, tapi Dia bukan Anak jasmaniahnya TUHAN.
Yesus sendiri bilang di surga itu tidak kawin-kawinan, semua mahluknya kudus dan suci, dan TUHAN tidak memperanakkan maupun diperanakkan.

Kalau kita dan Israel adalah anak-anak TUHAN dalam rohani, dan hanya Yesus adalah Anak Tunggal Allah, kenapa bisa begitu?

Anak-anak Allah :

Roma 8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah

Galatia 3:26 Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.

Orang-orang yang percaya bahwa hidupnya dipimpin oleh Roh Allah = anak-anak TUHAN
Tambahan : para malaikat pun adalah anak-anak TUHAN

Anak Tunggal Allah :

Yohanes 1:14
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Matius 1:20
Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari ROH KUDUS

Ibrani 1:3
Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi

dll..

Manusia biasa (nabi, kita, raja, dll) dapat menjadi anak-anak Allah KALAU mereka menerima dan beriman terhadap Yesus Kristus, hidup dalam ketetapan TUHAN, tidak menduakan TUHAN dengan berhala, dll.
Begitu pula dengan para malaikat, mereka harus tunduk dan patuh kepada Pencipta-Nya, kalau tidak mereka akan dibuang dari Surga.

Bandingkan dengan Yesus. Sejak dalam kandungan Dia sudah disebut KUDUS dan Anak Allah.
ROH KUDUS/ Roh Allah hidup di dalam-Nya secara "cuma-cuma".
Kenapa nabi-nabi, raja-raja yang diurapi, dan malaikat-malaikat tidak ada yang menyandang gelar Anak Tunggal Allah? Kenapa cuma Yesus?
TUHAN itu tidak menikah, suci, kudus, dan tidak memperanakkan secara jasmani. Israel tahu hal tsb, Yesus tahu hal tsb, murid-murid Yesus tahu hal tsb. TAPI kenapa Yesus bukan termasuk dalam anak-anak Allah, kenapa malah Anak Tunggal Allah?


Pretty words are not always true
True words are not always pretty
September 08, 2013, 06:22:54 AM
Reply #121
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
lagu lama tapi EVERGREEN br :)

apakah trinitarian tidak demikian??

pernah baca gak kesaksian Petrus dan Yohane (penulis injil Yohanes) :

mereka bersaksi :

3:3 Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah.
3:4 Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami."----------------------------------------
3:13 Allah Abraham, Ishak dan Yakub, Allah nenek moyang kita telah memuliakan Hamba-Nya, yaitu Yesus
------------------------------------------ 3:19 Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan, 3:20 agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus.3:21 Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.

jikalau dulu tuan anda menyebut sekte praxeas dengan sebutan monarkisme, nah kalo saya sekte apa bro .... sila tiru tuan anda ...

salam

Tidak menjadi masalah.

Firman-Nya yang telah menjadi Manusia memang salah satu Peran-Nya ialah Hamba, selainlah Nabi, Mesias, Imam dan Raja.

Tapi bagaimana dengan Kolose 1:16d, " segala sesuatu diciptakan oleh Dia." yang paralel dengan Yoh 1:3b ""Segala sesuatu dijadikan oleh Dia.". ?

Sudah diberitahu kebenarannya, kok berdalih? Jadi sebenarnya apa yang kamu ributkan itu dari awal sudah terdengar seperti omong kosong belaka kalau tidak mau disebut propaganda dari sekte tertentu saja!
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
September 08, 2013, 01:18:01 PM
Reply #122
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2522
  • Gender: Male
Tidak menjadi masalah.

Firman-Nya yang telah menjadi Manusia memang salah satu Peran-Nya ialah Hamba, selainlah Nabi, Mesias, Imam dan Raja.

satu Allah esa yang memiliki banyak peran????  :D

jadi monarkisme donk :D

dasar ajaran tokoh ... :D ... kembang kempis, kuncup mekar gak ada kepastian ... :D

tuh tanya mbak endang 1234567

Tapi bagaimana dengan Kolose 1:16d, " segala sesuatu diciptakan oleh Dia." yang paralel dengan Yoh 1:3b ""Segala sesuatu dijadikan oleh Dia.". ?

segala sesuatu diciptakan Bapa untuk sang Anak ...

Sudah diberitahu kebenarannya, kok berdalih? Jadi sebenarnya apa yang kamu ributkan itu dari awal sudah terdengar seperti omong kosong belaka kalau tidak mau disebut propaganda dari sekte tertentu saja!

bukan kebenaran bro melainkan pembenaran doktrin ...

anda mengatakan omong kosong sebab tokoh yang anda banggakan tidak mengambil konsep ajarannya melalui alkitab melainkan konsep pengadilan romawi kemudian mencari ayat yang mendukung ajarannya.

hal itupun dilakukan oleh praxeas, sabelian dan marchion ....

itu namanya bukan kebenaran melainkan pembenaran ajaran doktrin.

salam
Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka.
September 08, 2013, 01:57:04 PM
Reply #123
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2810
  • Denominasi: Protestan
segala sesuatu diciptakan Bapa untuk sang Anak ...  :onion-head43:

segala sesuatu diciptakan Anak untuk Bapa

Salam
Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.(Roma 10:2)
September 08, 2013, 02:11:45 PM
Reply #124
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
satu Allah esa yang memiliki banyak peran????  :D

jadi monarkisme donk :D

dasar ajaran tokoh ... :D ... kembang kempis, kuncup mekar gak ada kepastian ... :D

tuh tanya mbak endang 1234567

Lha, baca baik2 tulisan saya, jangan asbun melulu.

Saya menulis, Manusia-Nya berperan bukan keilahian-Nya berperan, paham ngga nih (kayaknya ngga pernah sih)???

Anda ini kalau bukan menabur fitnah, memang tukang bikin sensasi di sini.

Quote
segala sesuatu diciptakan Bapa untuk sang Anak ...

Penafsiranmu bener-bener sudah cupet kena doktrin sekte-mu.

Firman Tuhan menulis, " segala sesuatu diciptakan oleh Dia." (Kolose 1:16d) dan "Segala sesuatu dijadikan oleh Dia." (Yoh 1:3b), Anda pula dengan liciknya memelitir Firman Tuhan dengan memberikan semacam penafsiran baru dan memasukkan ide-ide asing antara lain, "segala sesuatu diciptakan Bapa untuk sang Anak ..."

Quote
bukan kebenaran bro melainkan pembenaran doktrin ...

anda mengatakan omong kosong sebab tokoh yang anda banggakan tidak mengambil konsep ajarannya melalui alkitab melainkan konsep pengadilan romawi kemudian mencari ayat yang mendukung ajarannya.

hal itupun dilakukan oleh praxeas, sabelian dan marchion ....

itu namanya bukan kebenaran melainkan pembenaran ajaran doktrin.

Firman Tuhan mengajar tentang hubungan Bapa dan Anak dan ROH KUDUS dalam keesaan hakikat Allah. Hubungan Bapa dan Anak dan ROH KUDUS itulah yang kemudian disebut trinitas. Jadi dasarnya ialah Firman Tuhan, ajaran itu sudah ada dalam Al-Kitab lalu dicari kalimat yang sesuai/cocok.

Beda dengan sekte2, tokoh2 mereka merumus istilah/konsep terlebih dulu, lalu dicocok2kannya dengan Firman Tuhan. Dapat lihat perbedaannya?

Sejak Arian di abad ke empat hingga sekte Unitarian dan SSY hari ini, orang-orang yang tidak mahu mengakui keilahian Yesus telah mencari ayat2 FT yang dapat mereka putarbalikkan untuk mendukung doktrin mereka. Anatarnya Kolose 1:15 yang sedang kita debatkan sekarang.

« Last Edit: September 08, 2013, 02:17:16 PM by CosmicBoy »
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
September 08, 2013, 05:38:36 PM
Reply #125
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1020
  • Denominasi: Kitab Suci Saja
Sama sekali tidak bertentangan. Dan YA, Yesus memang TUHAN.

Tuhan tahu hari kiamat!

Apakah Yesus tahu hari kiamat?

September 08, 2013, 05:40:37 PM
Reply #126
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1020
  • Denominasi: Kitab Suci Saja
@cosmic boy,

Berikan ayatnya kalau memang Yesus disembah?

Syaratnya harus setelah Pentakosta, dan tidak bersama Bapa.

Tks,

salam.
September 08, 2013, 06:53:26 PM
Reply #127
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2810
  • Denominasi: Protestan
Tuhan tahu hari kiamat!

Apakah Yesus tahu hari kiamat?
apakah saat Yesus mengatakan hal itu Yesus adalah Tuhan atau manusia ?  :coolsmiley:

Salam
Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.(Roma 10:2)
September 08, 2013, 07:54:24 PM
Reply #128
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2522
  • Gender: Male
Lha, baca baik2 tulisan saya, jangan asbun melulu.

Saya menulis, Manusia-Nya berperan bukan keilahian-Nya berperan, paham ngga nih (kayaknya ngga pernah sih)???

Anda ini kalau bukan menabur fitnah, memang tukang bikin sensasi di sini.

Penafsiranmu bener-bener sudah cupet kena doktrin sekte-mu.

Firman Tuhan menulis, " segala sesuatu diciptakan oleh Dia." (Kolose 1:16d) dan "Segala sesuatu dijadikan oleh Dia." (Yoh 1:3b), Anda pula dengan liciknya memelitir Firman Tuhan dengan memberikan semacam penafsiran baru dan memasukkan ide-ide asing antara lain, "segala sesuatu diciptakan Bapa untuk sang Anak ..."

oh jadi maksud anda waktu Yesus sebagai manusia ia bukan TUHAN, saat dia kesurga Dia menjadi TUHAN?

jadi saat Yesus sebagai manusia Ia lebih kecil dari Bapa dan setelah naik ke surga menjadi setara dengan Bapa?

maaf bro hal itu bertentangan dengan kitab PL ...

Firman Tuhan mengajar tentang hubungan Bapa dan Anak dan ROH KUDUS dalam keesaan hakikat Allah. Hubungan Bapa dan Anak dan ROH KUDUS itulah yang kemudian disebut trinitas. Jadi dasarnya ialah Firman Tuhan, ajaran itu sudah ada dalam Al-Kitab lalu dicari kalimat yang sesuai/cocok.

Beda dengan sekte2, tokoh2 mereka merumus istilah/konsep terlebih dulu, lalu dicocok2kannya dengan Firman Tuhan. Dapat lihat perbedaannya?

Sejak Arian di abad ke empat hingga sekte Unitarian dan SSY hari ini, orang-orang yang tidak mahu mengakui keilahian Yesus telah mencari ayat2 FT yang dapat mereka putarbalikkan untuk mendukung doktrin mereka. Anatarnya Kolose 1:15 yang sedang kita debatkan sekarang.

bukankah tokoh anda juga meniptakan doktrinnya terlebih dahulu sambil mengaitkannya dengan alkitab? alkitab

mengenai Arius saya kurang paham konsep ajarannya karena buku2nya udah dibakar oleh  nenek moyang anda.

mengenai keilahian Yesus, apakah arius tidak percaya bahwa Yesus Anak Allah yang dibangkitkan dan duduk disebelah kanan TUHAN, Allah yang maha kuasa?

anda memang syusyah

salam

Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka.
September 08, 2013, 07:59:30 PM
Reply #129
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2522
  • Gender: Male
segala sesuatu diciptakan Anak untuk Bapa

Salam

siapakah yang menciptakan manusia?

salam
Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)