Author Topic: Api yang Membinasakan dan Api yang Memurnikan  (Read 15724 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 14, 2013, 07:29:42 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2810
  • Denominasi: Protestan
iya deh mas... :D

tapi kira2 tempatnya dimana ya? disurga atau dineraka? kalau disurga kok ada orang bersih2? kalau di neraka? mana mungkin juga ada orang bersih2.. :)
menurut Kitab Suci, jiwa orang mati ada dalam dunia orang mati.
mungkin disana kita membasuh jubah dengan Darah Kristus. setelah itu barulah kita dibangkitkan diakhir zaman(sebelum kesusahan besar), mungkin begitu, mungkin juga tidak.

persisnya saya tidak tahu. kalo sodara/i pengen tahu pastinya. boleh cari mobil yang sedang melaju dengan kecepatan 80km/jam. kemudian anda tabrakkan diri. saya jamin anda pasti tahu tempatnya.
nanti setelah anda tahu. boleh di share di FK. OK (becanda ya :D)

Salam
Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.(Roma 10:2)
September 14, 2013, 09:07:06 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 972
  • Ad Majorem Dei Gloriam
  • Denominasi: Katolik!
menurut Kitab Suci, jiwa orang mati ada dalam dunia orang mati.
mungkin disana kita membasuh jubah dengan Darah Kristus. setelah itu barulah kita dibangkitkan diakhir zaman(sebelum kesusahan besar), mungkin begitu, mungkin juga tidak.

persisnya saya tidak tahu. kalo sodara/i pengen tahu pastinya. boleh cari mobil yang sedang melaju dengan kecepatan 80km/jam. kemudian anda tabrakkan diri. saya jamin anda pasti tahu tempatnya.
nanti setelah anda tahu. boleh di share di FK. OK (becanda ya :D)

Salam
maksud saya, ada sebuah tempat setelah kita meninggal.. dimana tempat itu bukan surga, dan pastinya juga bukan neraka.. entah apapun itu tempatnya dan bagaimana bentuknya.. begitu kan? kalau iya dan setuju, baru kita bahas apa sih dan bagaimana sih tempat itu..  kira2 seperti apa dan bagaimana.. gitu kanmas?

adalah contoh nyata para pengeritik Gereja Katolik tapi mereka sendiri tidak tahu apa yang mereka telah dan sedang kritik.
September 14, 2013, 09:23:48 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2810
  • Denominasi: Protestan
maksud saya, ada sebuah tempat setelah kita meninggal.. dimana tempat itu bukan surga, dan pastinya juga bukan neraka.. entah apapun itu tempatnya dan bagaimana bentuknya.. begitu kan? kalau iya dan setuju, baru kita bahas apa sih dan bagaimana sih tempat itu..  kira2 seperti apa dan bagaimana.. gitu kanmas?
terlalu lama.  :)

banyak yang harus saya gegares di board non-trinitas. kalo mau tanya to the point saja  :wink:

Salam

Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.(Roma 10:2)
September 14, 2013, 09:53:35 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 972
  • Ad Majorem Dei Gloriam
  • Denominasi: Katolik!
terlalu lama.  :)

banyak yang harus saya gegares di board non-trinitas. kalo mau tanya to the point saja  :wink:

Salam
pointnya:
1. ada tempat/kondisi setelah kematian yang bukan neraka dan juga bukan surga. (y/n)
2. kalau jawaban no1 is Y, maka kira2 tempat yang dimaksud itu apa dan bagaimana.

kurang simple??? :)

note: apa mas punya ide untuk jawaban no.2?
« Last Edit: September 14, 2013, 09:55:54 PM by ignatiusloyola »
adalah contoh nyata para pengeritik Gereja Katolik tapi mereka sendiri tidak tahu apa yang mereka telah dan sedang kritik.
September 14, 2013, 10:14:36 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2810
  • Denominasi: Protestan
pointnya:
1. ada tempat/kondisi setelah kematian yang bukan neraka dan juga bukan surga. (y/n)
2. kalau jawaban no1 is Y, maka kira2 tempat yang dimaksud itu apa dan bagaimana.

kurang simple??? :)

note: apa mas punya ide untuk jawaban no.2?

loh.. yang ini kan sudah saya jawab. yaitu tempatnya di dunia orang mati atau istilah kerennya intermediate state (PL : sheol dan PB : hades)

reff http://www.sarapanpagi.org/intermediate-state-vt358.html#p763
« Last Edit: September 14, 2013, 10:18:07 PM by manweljs »
Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.(Roma 10:2)
September 14, 2013, 10:40:12 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 972
  • Ad Majorem Dei Gloriam
  • Denominasi: Katolik!
loh.. yang ini kan sudah saya jawab. yaitu tempatnya di dunia orang mati atau istilah kerennya intermediate state (PL : sheol dan PB : hades)

reff http://www.sarapanpagi.org/intermediate-state-vt358.html#p763

trimakasih link nya mas.. sudah saya baca, dan saya kutipkan disni kesimpulannya ya?

IV. KESIMPULAN


Setelah melakukan penggalian di atas, sekarang tiba waktunya untuk kita menarik kesimpulan teologis tentang intermediate state.

Pertama, Alkitab, baik Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, menyatakan ada kehidupan setelah kematian.

Kedua, jiwa orang-orang yang telah meninggal dunia, baik orang percaya atau orang tidak percaya, tidak langsung masuk ke dalam sorga atau neraka, tetapi berada di dalam suatu tempat sementara sampai kedatangan Tuhan Yesus kedua kali.

Ketiga, di dalam intermediate state, mereka hidup dengan kesadaran penuh: mengenal identitas diri mereka, dapat berpikir, berbicara, merasa dan saling mengenali. Dengan demikian doktrin soul-sleep tidak dapat kita terima.

Keempat, di sana orang-orang jahat akan menerima hukuman dan kesengsaraan di alam maut yang disebut hades sebelum mereka pada akhirnya akan mendapat hukuman kekal di neraka (gehenna).

Kelima, sebaliknya orang-orang percaya akan menetap bersama dengan Kristus dan menerima tubuh spiritual atau tubuh mulia untuk sementara dan itu akan menjadi sempurna pada saat kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali ke dunia untuk membangkitkan orang-orang mati. Pengertian ini menyangkal doktrin instantaneous resurrection pola pertama yang mengatakan bahwa jiwa orang-orang percaya akan segera dibangkitkan setelah kematian namun tanpa tubuh.

Keenam, orang-orang percaya akan mengalami penghiburan dan kebahagiaan dalam persekutuan dengan Kristus. Walaupun dalam fase ini mereka belum sempurna --masih menunggu saat kebangkitan tubuh pada saat parousia--tetapi kemuliaan ini jauh lebih baik daripada kemuliaan mereka di dunia.

Ketujuh, pada hari kedatangan Tuhan Yesus kedua kali mereka akan mendapat tubuh kebangkitan terlebih dahulu daripada mereka yang masih hidup pada saat itu. Kemudian, bersama-sama dengan orang-orang percaya yang masih hidup mereka akan diangkat untuk bertemu dengan Tuhan di udara dan masuk ke dalam sorga.

Atas dasar ini, kita tidak menerima doktrin instantaneous resurrection pola kedua yang mengajarkan bahwa orang-orang percaya yang mati akan dibangkitkan segera dengan tubuh mereka, dan dengan demikian, kebangkitan tubuh akan diterima sesaat setelah kematian.

Kedelapan, (terakhir), orang-orang yang telah meninggal dunia tidak mempunyai kesempatan untuk berpindah tempat dari hades ke pangkuan Abraham dan sebaliknya. Dengan demikian, kita jelas menolak ajaran purgatori.

yang kedelapan menolak purgatory, doktrin yg saya anut..

perlu diketahui, bahwa yang masuk dipurgatory bukanlah orang2 jahat, namun orang orang percaya.. purgatory bukan tempat siksaan bagi orang jahat, namun sesuai namanya, bahwa purgatory adalah tempat pemurnian, dan pensucian orang2 percaya, agar dapat layak untuk bersama2 dengan Allah.

yang keempat, saya tidak tau.. tapi yangjelas orang beriman tidak masuk kesana.
yang kelima, bahwa untuk bersama dengan kristus, orang beriman haruslah disucikan terlebih dahulu.. baru kemudian terpenuhi kondisi ke lima itu..

salam...
adalah contoh nyata para pengeritik Gereja Katolik tapi mereka sendiri tidak tahu apa yang mereka telah dan sedang kritik.
September 14, 2013, 10:51:38 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2810
  • Denominasi: Protestan
yang kedelapan menolak purgatory, doktrin yg saya anut..

perlu diketahui, bahwa yang masuk dipurgatory bukanlah orang2 jahat, namun orang orang percaya.. purgatory bukan tempat siksaan bagi orang jahat, namun sesuai namanya, bahwa purgatory adalah tempat pemurnian, dan pensucian orang2 percaya, agar dapat layak untuk bersama2 dengan Allah.

saya juga tidak tahu akan purgatory, tapi saya rasa om SP/BP (yg sekarang mungkin lagi ngambek karena sempat gak bisa login di FK) yg membuat web www.sarapanpagi.org tidak bakalan sembarangan nulis. meskipun tulisan tsb disadur dari berbagai sumber  :)


yang kelima, bahwa untuk bersama dengan kristus, orang beriman haruslah disucikan terlebih dahulu.. baru kemudian terpenuhi kondisi ke lima itu..

salam...

nah... berhubung tidak ada lagi tanda tanya, saya gantian nanya ya  :)
1. orang ber-iman yang anda maksud apakah sama dengan orang kudus versi saya ?
2. disucikannya pake apa?
3. dimana?

Salam
Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.(Roma 10:2)
September 15, 2013, 10:49:42 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 972
  • Ad Majorem Dei Gloriam
  • Denominasi: Katolik!
saya juga tidak tahu akan purgatory, tapi saya rasa om SP/BP (yg sekarang mungkin lagi ngambek karena sempat gak bisa login di FK) yg membuat web www.sarapanpagi.org tidak bakalan sembarangan nulis. meskipun tulisan tsb disadur dari berbagai sumber  :)

jadi, jika bicara ttg purgatory, saya lebih pendeta protestan tinimbang saya? ga salah juga sih, karena saya hanya orang awam..

tapi ok deh, sekarang saya kutipkan katekismus resmi gereja katolik saja, biar jelas klarifikasinya :)



Katekismus Gereja Katolik # 1030-1032

1) Api Penyucian adalah suatu kondisi yang dialami oleh orang-orang yang meninggal dalam keadaan rahmat dan dalam persahabatan dengan Tuhan, namun belum suci sepenuhnya, sehingga memerlukan proses pemurnian selanjutnya setelah kematian..


saya jug apunya sumber refrensi tentang iman katolik yang sudah banyak diakui kredibilitasnya. disni mas: http://katolisitas.org/624/bersyukurlah-ada-api-penyucian

nah... berhubung tidak ada lagi tanda tanya, saya gantian nanya ya  :)
1. orang ber-iman yang anda maksud apakah sama dengan orang kudus versi saya ?
2. disucikannya pake apa?
3. dimana?

Salam

1. ga sepenuhnya sih.. tapi pendapat mas tentang kudus saya bisa terima..
2. pake apanya saya ngga tau.. mekanismenya bagaimana juga ga tau.. yang jelas api pensucian itu suatu keadaan/tempat dimana kita bisa mensucikan diri dalam rahmat Allah tentunya.
3. ga tau... kami menyebut tempat/keadaan itu dengan api pensucian.. mungkin sebutan api itu terinspirasi dari ayat ini: “Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.” (1 Kor 3:15)

salam..
adalah contoh nyata para pengeritik Gereja Katolik tapi mereka sendiri tidak tahu apa yang mereka telah dan sedang kritik.
September 15, 2013, 11:08:25 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2810
  • Denominasi: Protestan
jadi, jika bicara ttg purgatory, saya lebih pendeta protestan tinimbang saya? ga salah juga sih, karena saya hanya orang awam..

tapi ok deh, sekarang saya kutipkan katekismus resmi gereja katolik saja, biar jelas klarifikasinya :)



Katekismus Gereja Katolik # 1030-1032

1) Api Penyucian adalah suatu kondisi yang dialami oleh orang-orang yang meninggal dalam keadaan rahmat dan dalam persahabatan dengan Tuhan, namun belum suci sepenuhnya, sehingga memerlukan proses pemurnian selanjutnya setelah kematian..


saya jug apunya sumber refrensi tentang iman katolik yang sudah banyak diakui kredibilitasnya. disni mas: http://katolisitas.org/624/bersyukurlah-ada-api-penyucian

mengenai hal ini, sudah saya mintakan konfirmasi dari SarapanPagi.

bisa Anda simak di http://www.sarapanpagi.org/intermediate-state-vt358.html#p27447

1. ga sepenuhnya sih.. tapi pendapat mas tentang kudus saya bisa terima..

kalo yang sepenuhnya itu seperti apa?  :) penasaran saya  :rolleye0014:

2. pake apanya saya ngga tau.. mekanismenya bagaimana juga ga tau.. yang jelas api pensucian itu suatu keadaan/tempat dimana kita bisa mensucikan diri dalam rahmat Allah tentunya.

seharusnya dari namanya saja anda bisa tahu. bagaimana ?  :D

3. ga tau... kami menyebut tempat/keadaan itu dengan api pensucian.. mungkin sebutan api itu terinspirasi dari ayat ini: “Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.” (1 Kor 3:15)

ayat itu menurut saya bukan berbicara tentang "penyucian" melainkan untuk menguji pekerjaan setiap orang.
kalo api tsb berbicara tentang "penyucian" maka yang terbakar seharusnya adalah dosa bukan pekerjaan.

karena ayat sebelumnya berbicara tentang upah :
1 Kor 3:14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.
mungkin upah yang dimaksud adalah Mahkota

jadi kata "kerugian" yang ada di ayat yang anda berikan itu. merujuk pada : tidak mendapat upah,
bukan tidak menjadi suci. bagaimana ? :)

BTW. anda laki-laki atau perempuan? biar bisa lebih akrab saya nyapa, bisa pake sodara/sodari

Salam
« Last Edit: September 15, 2013, 11:12:20 PM by manweljs »
Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.(Roma 10:2)
September 16, 2013, 12:57:10 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 972
  • Ad Majorem Dei Gloriam
  • Denominasi: Katolik!
mengenai hal ini, sudah saya mintakan konfirmasi dari SarapanPagi.

bisa Anda simak di http://www.sarapanpagi.org/intermediate-state-vt358.html#p27447

trimaksih mas, sudah saya baca..

saya kutipkan ya:
Tentang PURGATORY: Gereja Katolik mengajarkan doktrin ini di dalam Katekismus Gereja Katolik 1030-1032, yang dapat disarikan sebagai berikut:

    1) Api Penyucian adalah suatu kondisi yang dialami oleh orang-orang yang meninggal dalam keadaan rahmat dan dalam persahabatan dengan Tuhan, namun belum suci sepenuhnya, sehingga memerlukan proses pemurnian selanjutnya setelah kematian.

    2) Pemurnian di dalam Api Penyucian adalah sangat berlainan dengan siksa neraka.

    3) Kita dapat membantu jiwa-jiwa yang ada di Api Penyucian dengan doa-doa kita, terutama dengan mempersembahkan ujud Misa Kudus bagi mereka.

ya jadi dengan demikian, valid sudah bahwa pendapat pak, BENNY SOLIHIN dari Reformed adalah kurang tepat.

yang menolak purgatory dengan dasar pemikiran seperti ini:

Kedelapan, (terakhir), orang-orang yang telah meninggal dunia tidak mempunyai kesempatan untuk berpindah tempat dari hades ke pangkuan Abraham dan sebaliknya. Dengan demikian, kita jelas menolak ajaran purgatori.

adalah kesalah pahamanan penegrtian mengenai ajaran purgatory katolik, sebab purgatory menurut katolik, bukanlah hades.

kalo yang sepenuhnya itu seperti apa?  :) penasaran saya  :rolleye0014:

pengudusan bukan sebuah kondisi tetap.. melainkan kita sudah, sedang dan akan dkuduskan selama hidup kita.. artinya dalam pembabtisan kita dikuduskan, kemudian kita manusia berkemungkinan besar berbuat dosa lagi, maka dengan sakramen dan pertobatan, kita kembali dikuduskan lagi oleh Tuhan, begitu seterusnya sampai akhir hidup kita.

seharusnya dari namanya saja anda bisa tahu. bagaimana ?  :D

istilah dalam kitabsuci tidak harus dimengerti sebagai yang literal.. maka saya tidak berani memastikan, karena saya belummengalami.. :D,

ayat itu menurut saya bukan berbicara tentang "penyucian" melainkan untuk menguji pekerjaan setiap orang.
kalo api tsb berbicara tentang "penyucian" maka yang terbakar seharusnya adalah dosa bukan pekerjaan.

karena ayat sebelumnya berbicara tentang upah :
1 Kor 3:14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.
mungkin upah yang dimaksud adalah Mahkota

jadi kata "kerugian" yang ada di ayat yang anda berikan itu. merujuk pada : tidak mendapat upah,
bukan tidak menjadi suci. bagaimana ? :)

BTW. anda laki-laki atau perempuan? biar bisa lebih akrab saya nyapa, bisa pake sodara/sodari

Salam

mmm.... kalau suci, kenapa tdak kesurga? :D

jujur, saya belum mendalami juga.. namun, pekerjaan terbakar tentu adalah pekerjaan yang tidak baik.. kalau upah itu mahkota? kira2 dimana ayat pendukungnya?
adalah contoh nyata para pengeritik Gereja Katolik tapi mereka sendiri tidak tahu apa yang mereka telah dan sedang kritik.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)