Author Topic: Api yang Membinasakan dan Api yang Memurnikan  (Read 13992 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 10, 2018, 09:30:47 PM
Reply #480
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 14
  • Denominasi: Interdenominasi
Apa itu "Api Pemurnian"?

Jika kita membaca Zakharia 13:9 kita harus mengetahui konteksnya dengan detail:

1. Yaitu yang diuji dengan api adalah manusia hidup (orang percaya)
"sepertiga" manusia yang disebutkan disana adalah hasil pengurangan "duapertiga" yang dibinasakan, artinya sepertiga yang dimurnikan adalah orang-orang yang hidup atau yang tidak binasa.
Yohanes 3:16 "... Supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, ...".
(Sepertiga) Yang ditempatkan didalam api artinya mereka yang percaya dan tinggal di dalam Tuhan
Ini berkaitan dengan Yohanes 6 : 56 yang berkata :
"Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku, dan Aku di dalam dia."
Tinggal di dalam Tuhan = tinggal di dalam api (ROH KUDUS)
Maka yang sepertiga itu adalah orang-orang percaya (yang tidak akan binasa), merekalah yang dimurnikan.

2. Api pemurnian itu adalah Tuhan sendiri (ROH KUDUS)
Jelas disebutkan disana api itu akan memurnikan mereka (sepertiga yang hidup/orang percaya) seperti memurnikan perak. Lalu dengan gamblang disebutkan disana bahwa Aku (Tuhan) akan menguji mereka (sepertiga yang hidup/orang percaya) seperti orang menguji emas. Maka Tuhanlah sendiri api pemurnian itu sebetulnya, lebih tepatnya ROH KUDUS untuk masa sekarang. ROH KUDUS yang tinggal dalam umat Tuhan akan selalu menguji kita supaya murni seperti emas.
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:31-32)
October 11, 2018, 12:01:03 PM
Reply #481
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
ya tadi, kalo mau cocokmology saya juga bisa asal cocok2in sama anime atau dengan cerita2 lain
diskusi gak menarik kalau cuma cocokmology

Diskusi soal rohani itu pelik, sebab tak ada yg pas dan menarik
Apa lagi perkara benua atas, roh sendiri pun belum ngerti amat
Maka cocokmology pokok anggur pun hrs usaha kita telan bulat2

kenapa gak sekalian cocokmology sunday hari matahari, monday hari bulan, saturday hari saturnus, 4 hari yang lain saya lupa cocokmologynya dan gak menarik untuk dibahas
jadi semua hari adalah hari dewa2 kalo mo cocokmology, ini cara diskusi yang tidak etis


Yes! Belum etis, Mas!
Sebab cocokmology purgatory blum cocok dgn cerita hari2
Memang boleh2 saja meng-“imitate” apa pun utk membangun roh
Utk menumbuhkan, menguatkan rohani kita hanya demi kemuliaan Allah
Sebab kita hrs mencerminkan kemuliaan Tuhan dgn muka yg tidak berselubung
Agar kita diubah menjadi serupa dgn gambar-Nya, dlm kemuliaan yg semakin besar

1 Pet : kemana roh yang delapan orang mas?? dijelaskan?
Waduh, ke mana, ya!
Roh-ku sendiri belum jelas kemana cocoknya
Boro2 bisa menjelaskan roh yg delapan org itu, Mas!

Yg bisa dicoba cocokkan adalah kecepatan roh bergerak
“dan di dlm Roh itu juga Dia pergi memberitakan Injil
kpd roh2 yg di dlm penjara, (‘dunia maya’) [Ay.19]”


Di dlm dunia maya kecepatan gerak penginjilan itu 3 hari
Di dlm dunia nyata kecepatan gerak penginjilan itu 3 thn
Jml roh yg diinjili kurasa jauh lebih banyak di dunia maya
Yaitu mulai dr yg mati di Mesopotamia s/d yg mati di Mesir

Mengapa kecepatannya beda?
Menurutku karna faktor daging
Hukum alam mengikat pd daging

Jika itu cocok, maka gerakan roh itu mirip dgn kecepatan pikir
Eg: Jika sungguh kukatakan “O, Yesus”, maka saat itu juga
Yesus ada di dlm aku dan aku ada di dlm Dia, Imanuel
(MK: “sungguh” beda dgn “latah-omaigod")

Yoh 14 : Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku ---->
sekarang belom datang kembali nich, mo dimana??? gentayangan dulu di bumi??


Jika setelah diinjili masih ada roh2 panasaran gentayangan
Spt roh Samuel dulu ketika masih bisa di-panggil2 oleh dukun
Maka bisa dikata roh2 tsb, "panas", tak bisa duduk manis di Firdaus

nah betul itu, itu yang dibahs, selama belum datang dimana??
Firdaus atau dimana. itu aja yang dibahas, gak usah kemana2 bahas yang lain


Yg gak usah ke-mana2 itu yg alami, yaitu perkara benua bawah
Yg spt purgatory, firdaus, nyawa, itu yg rohani, perkara benua atas
Pikirkanlah apa yg dipikirkan Allah, bukan pikir apa yg dipikirkan dunia
Maka sebab itulah kita hrs ke-mana2, Mas!

Lalu di mana Firdaus?
Firdaus itu ialah suatu taman kehidupan
Yg berada di situ berarti telah ditelan yg hidup

Eg. cocokmologinya: Yg hidup di dlm Kristus tak ada yg mau menelan wajah Hitler
Sebab itu "arowah" Hitler akan terus pontang-panting panas-saran, huhu2
Entahlah! Yg penting hrs terus ikuti jejak-Nya dan makin serupa dgn gambar-Nya

Salam Damai!

NB:
Sekilas info sejarah kecepatan gerak ke-mana2:
Dr kecepatan gerak kuda s/d kecepatan gerak kereta
Itu sama dgn dr 50 km/jam ke 300 km/jam, meningkat 6 lipat
Memerlukan waktu kerja 6000 tahun, naik satu lipat per 1000 thn

Dr kecepatan gerak kereta s/d kecepatan pesawat antariksa
Itu sama dgn dari 300 km/jam ke ~30.000 km/jam, ~100 lipat
Itu hanya dikerjakan selama 25 tahun saja, naik 4 lipat per thn

Jadi, dlm damai kecepatan pikir itu rruar biasa dahsyat
Dgn menuntut adil maka kerja tarik2-kan otot, stagnan
Maka kita kurangilah bertengkar, spy mudah ke-mana2
« Last Edit: October 11, 2018, 12:27:34 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 11, 2018, 02:05:44 PM
Reply #482
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
kepanjangan gw edit aja,bisa gak muat gw ngetiknya kalo quote tulisan u

diskusi pasti pelik jika pakai cocokmology, karena mirip dengan kumpulan tukang hoax yang cocokin kronologi tapi tidak punya dasar tolok ukur
diskusi jadi menarik jika tiap individu mau membuka diri dan tidak ingin menang sendiri


bukan belom etis, tidak etis, baca ulang tulisan saya, saya tidak mengatakan belom, jelas2 tidak etis
paham kan beda belom dan tidak?
gak usah ngomong menguatkan rohani demi kemuliaan Allah jika yang kita bangun adalah statement cocokmolgi dengan dasar tidak ada, yang ada itu adalah hoax
hoax tidak membangun rohani, mana mungkin hoax bisa untuk kemuliaan Allah
itu blashpemy mas

jiah bahas kecepatan
mo tau kecepatan apa yang paling cepat menurut saya
kecepatan hoax mas
sekali dibuat akan menyebar pada orang sakit jiwa


kalo mo cocokmologi mah mas, yang suka sebar hoax yang mendapat "kepanasan"
gitu aja


mo kurangi bertengkar, ya pandai2 memilah kita, pintar2 bernalar, jangan menyebar hoax
itu aja sih

October 12, 2018, 09:25:37 AM
Reply #483
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
diskusi pasti pelik jika pakai cocokmology,

Yes, Mas!
Langkah awal selalu pelik utk mendiskusikan sesuatu apa pun yg belum diketahui dgn pasti. Bagiku, purgatory itu hal baru, jadi hrs kucari padanan-nya yg relevan, kecocokan-nya dgn berbagai hal yg terkait, yg pernah, atau yg membudaya, atau yg baru dibicarakan atau yg dialami atau yg rada diketahui. Itulah salah satu fungsi roh, yaitu utk berpikir me-lang2 buana “pengen tahu” segala sesuatu dr segala sumber yg ada atau yg cocok dan yg lebih cocok (cocokmology). Jiwa yg memutuskan segala temuannya itu. Temuan itu bisa saja datang dr benua bawah, benua tengah, atau benua atas.

Misalnya dlm diskusi temuan teknologi pesawat, pasti pelik mula diskusinya sebelum memutuskan model yg cocok utk terbang atau selam. Diskusi prinsip2 dan hukum2 yg pas hrs diketahui terlebih dahulu utk menjelaskan agar segala yg berkaitan tidak berlawanan. Jadi dgn cocokmology ikan, maka ditemukan pesawat selam, dgn cocokmology burung ditemukan pesawat terbang. Kekurangan2-nya ditemukan dgn cara tebak manggis dan teruji, atau itu merupakan faktor “luck”. Jadi betul [Mat.7.7], “carilah, maka dapat” dan bukan hoax mendengarkan alam, sebab alam pun bersabda [Ayub 12.8] dan adalah firman-Nya juga yg menjadikan.

Demikian cocokmology-mu
Jgn alergi pd cocomology
Sebab -logy itu dr logos

diskusi jadi menarik jika tiap individu mau membuka diri dan tidak ingin menang sendiri

Logos itu sifatnya terbuka
Utk menjawab "the reason why" secara bersambung
Tak akan ada habisnya bertanya, jika muaranya bukan Yesus, Sang Logos

Menang?
Kita diskusi bukan bertanding
Tidak ada kalah menang di sini
Bilang aja lagi males mikir logos

Salam Damai!
« Last Edit: October 12, 2018, 09:34:04 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 12, 2018, 09:52:54 AM
Reply #484
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
panjang edit aja deh

kalau tidak tahu itu dipelajari bukan asal cocok2in
kalau saya cocok2in anda sama kaum munafik yang suka cocok2in peristiwa, anda suka ??
mau anda saya panggil si munafik??

gak usah bahas yang gak nyambung
diskusi yang benar itu pelajari dulu materi diskusi
bila tidak paham, lebih baik diam dan mempelajari diskusi orang lain
bukan asal nembak

saya jelas sangat alergi dengan cocokmology
karena itu erat hubungannya dengan kaum munafik
jelas?
apa maksud ada logi itu dari logos?
maksud anda kata logi berasal dari kata logos?
atau logi berasal dari "logos"
2 kalimat ini sangat berbeda makna
konfirmasi saja kalimat anda tsb

ini bentuk diskusi, bukan asal nembak dan cocok2in maksa gaya kaum munafik

kalau tidak yakin dikonfirmasi ke ybs, bukan asal jeplak

---------------------------------------------

mau bermuara sampe ke Yesus pun, jika manusia mau belajar dia akan banyak bertanya
apa karena bermuara di Yesus jadi tidak ingin bertanya
manusia yang tidak mau bertanya, salah sendiri

males mikir??
anda??
saya sih enggak, saya sih selalu berpikir, dan selalu mau cari tahu,
bukan ingin menang sendiri, modal asal jeplak cocok2in kata, lalu post untuk banyakin jumlah post macam anda, sorry not my type

October 12, 2018, 10:07:37 AM
Reply #485
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
apa maksud ada logi itu dari logos?
maksud anda kata logi berasal dari kata logos?

Ya!
Dan aku baru sarankan itu kpd oda di sini:

Tanya, Bro!
Sudahkah termasuk ini:
Bahwa "The Logos = word"

Sebab:
Setiap kata ada gambarnya
Setiap gambar berkata-kata

Kata-kata itu ber-gambar2 lagi
Gambar2 itu ber-kata2-kata juga

Demikian seterusnya logos tanpa akhir
Jika bukan Yesus yg awal dan yg akhir
« Last Edit: October 12, 2018, 10:13:13 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 12, 2018, 10:25:03 AM
Reply #486
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Ya!
Dan aku baru sarankan itu kpd oda di sini:

Sufiks -logi berasal dari bahasa Yunani -λογία (-logia) yang kemudian diserap oleh bahasa Latin -logia.[1] Penggunaannya kemudian dipopulerkan lewat bahasa Perancis (-logie) dan kemudian bahasa Inggris (-logy). Akhiran ini dapat memiliki arti sebagai berikut:

akhiran sebagai pembentuk nama ilmu atau pengetahuan (misalnya teologi atau sosiologi)
akhiran yang berhubungan dengan tulisan atau kumpulan tulisan (misalnya eulogi atau trilogi)



Logos adalah salah satu konsep kunci di dalam agama Kristen. Kata Logos atau dalam bahasa ibrani davar, sangat erat hubungan dengan penciptaan, kristologi, soteriologi dan teologi.[1] Sosok Kristus seringkali diidentikkan dengan Logos atau firman Allah yang menjadi daging di dalam teologi Kristen.[1]
Kata logos berasal dari bahasa Yunani yang berarti sabda atau buah pikiran yang diungkapkan dalam perkataan,

beda logi sama logos
ulang lagi baca tulisan saya
apa maksud ada logi itu dari logos?
maksud anda kata logi berasal dari kata logos?
atau logi berasal dari "logos"
2 kalimat ini sangat berbeda makna
konfirmasi saja kalimat anda tsb

kalau dari konfirmasi anda saya mengartikan anda mengatakan kata logi berasal dari kata logos
October 12, 2018, 10:41:52 AM
Reply #487
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
mau bermuara sampe ke Yesus pun, jika manusia mau belajar dia akan banyak bertanya
apa karena bermuara di Yesus jadi tidak ingin bertanya
manusia yang tidak mau bertanya, salah sendiri

Yes, Mas!
Hulu dan muara pengetahuan ialah Yesus, the Logos
Jika tak demikian berarti bukan berasal dr Tuhan

[Ams 1:7] 
Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan,
tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

Jadi,
Ayat hari ini penting bagi kita
Utk menjaga kata-kata, logos

Alkitab Hari Ini - 12 Oktober 2018
Tetapi siapa yg mengikatkan dirinya pd Tuhan,
menjadi satu roh dengan Dia. - 1 Korintus 6:17

Semoga kita terus berubah
Lebih baik dan lebih lagi
Terikat kpd Tuihan

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 12, 2018, 02:21:09 PM
Reply #488
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Sufiks -logi berasal dari bahasa Yunani -λογία (-logia) yang kemudian diserap oleh bahasa Latin -logia.[1] Penggunaannya kemudian dipopulerkan lewat bahasa Perancis (-logie) dan kemudian bahasa Inggris (-logy). Akhiran ini dapat memiliki arti sebagai berikut:

Di KBBI belum ada kata:
       logi atau pun -logi
       logy atau pun -logy

Spy tak keliru lagi spt dulu
Apa "asli-nya" fiksi dan fiction
Maka kucari -logy dlm dictionary

Dari Dictionary.com:
https://www.dictionary.com/browse/-logy
-logy
       1. a combining form used in the names of sciences or bodies of knowledge: paleontology; theology.
       2. a termination of nouns referring to writing, discourses, collections, etc.: trilogy; martyrology.

Origin of -logy
       Middle English -logie < Latin -logia < Greek. See -logue,

-logue
https://www.dictionary.com/browse/-logue
       1. a combining form used in the names of kinds of discourse, spoken or written: analogue; monologue; travelogue.

Origin of -logue
       < French < Latin -logus < Greek -logos. See logos

British Dictionary definitions for -logy
-logy

       n combining form
       1. indicating the science or study of musicology
       2. indicating writing, discourse, or body of writings trilogy; phraseology; martyrology

Derived Forms
       -logical or –logic   = adj combining form
       -logist,        = n combining form

Word Origin for -logy
       from Latin -logia, from Greek, from logos word; see logos

Perhatikan: Hrs kita bedakan:
"Origin of" dgn "Word origin for"

akhiran sebagai pembentuk nama ilmu atau pengetahuan (misalnya teologi atau sosiologi)
akhiran yang berhubungan dengan tulisan atau kumpulan tulisan (misalnya eulogi atau trilogi)

Apapun yg dipakai, yg merah cocok terminologi itu
Hingga kini anda anggap yg berhubungan dgn kumpulan kecocokan spt = cocokmology
Itu tak mengapa, sebab segala sesuatu diperbolehkan, tapi tak semua membangun
Lalu hal mana yg anda sepakakati di halaman sana pd tgl Oktober 04, 2018, Mas!
Kulihat semua kalimatku itu anda kutip, anda sepakat utk membangun bersama

untuk yang ini saya sepakat dengan anda
 :afro:

Di sini kita sedang membangun iman Kekristenan
Ybs dan anda sedang mempromosikan purgatory
Maka aku harus menyelidiki bersama-Nya tentu

Utk itu segala sumber terjangkau kucoba pakai
Walau itu termasuk anggapan-mu cocokmologi
Lalu pikirlah sanggahannya yg cocok utk diskusi
Baik bersumber dr sabda tradisi pun sabda illahi

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 12, 2018, 05:25:14 PM
Reply #489
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 805
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
@ Nidus

Apa itu "Api Pemurnian"?

Wellcome aboard, Bro!
Mudah kuterma uraian "Api Pemurnian"
Pls, mungkin tahu ttg "api" purgatory
Sumber, fungsi, cara kerja api tsb!

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)