Author Topic: Api yang Membinasakan dan Api yang Memurnikan  (Read 14274 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 12, 2018, 05:31:17 PM
Reply #490
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Di KBBI belum ada kata:
       logi atau pun -logi
       logy atau pun -logy

Spy tak keliru lagi spt dulu
Apa "asli-nya" fiksi dan fiction
Maka kucari -logy dlm dictionary

Dari Dictionary.com:
https://www.dictionary.com/browse/-logy
-logy
       1. a combining form used in the names of sciences or bodies of knowledge: paleontology; theology.
       2. a termination of nouns referring to writing, discourses, collections, etc.: trilogy; martyrology.

Origin of -logy
       Middle English -logie < Latin -logia < Greek. See -logue,

-logue
https://www.dictionary.com/browse/-logue
       1. a combining form used in the names of kinds of discourse, spoken or written: analogue; monologue; travelogue.

Origin of -logue
       < French < Latin -logus < Greek -logos. See logos

British Dictionary definitions for -logy
-logy

       n combining form
       1. indicating the science or study of musicology
       2. indicating writing, discourse, or body of writings trilogy; phraseology; martyrology

Derived Forms
       -logical or –logic   = adj combining form
       -logist,        = n combining form

Word Origin for -logy
       from Latin -logia, from Greek, from logos word; see logos

Perhatikan: Hrs kita bedakan:
"Origin of" dgn "Word origin for"

Apapun yg dipakai, yg merah cocok terminologi itu
Hingga kini anda anggap yg berhubungan dgn kumpulan kecocokan spt = cocokmology
Itu tak mengapa, sebab segala sesuatu diperbolehkan, tapi tak semua membangun
Lalu hal mana yg anda sepakakati di halaman sana pd tgl Oktober 04, 2018, Mas!
Kulihat semua kalimatku itu anda kutip, anda sepakat utk membangun bersama

Di sini kita sedang membangun iman Kekristenan
Ybs dan anda sedang mempromosikan purgatory
Maka aku harus menyelidiki bersama-Nya tentu

Utk itu segala sumber terjangkau kucoba pakai
Walau itu termasuk anggapan-mu cocokmologi
Lalu pikirlah sanggahannya yg cocok utk diskusi
Baik bersumber dr sabda tradisi pun sabda illahi

Salam Damai!

mungkin yang anda maksud asal kata??
kalau itu mungkin
tapi logy ya jelas berbeda makna dengan logos
tidak dibenarkan memakai asal kata untuk membenarkan tindakan anda yang cocokmology
dan bila anda mau berpikir sendiri, tidak ada bidang keilmuan yang namanya cocokmo-logy
itu hanya satire terhadap orang yang suka asal jeplak dari kaum munafik yang suka menyanding2kan sesuatu hal dengan hal lain hanya yang  tidak berhubungan hanya untuk membenarkan argumennya
paham maksud saya??

membangun mas
bukan asal jeplak
asal jeplak tidak membangun mas
gini saja dech
asal jeplak u kaya orang munafik yang suka asal bilang Yesus itu Tuhan yg t....jang di salib
mau saya bilang anda seperti itu?
apa itu cara diskusi yang membangun??
pikir sendiri dech
logis atau tidak omongan anda
baru nyaut

promosi???
halah, setahu saya katolik gak gembar gembor ttg purgatori walaupun itu kepercayaan di ajaran kami
dan saya bahkan mengatakan kepada ronny_het bahwa tanpa purgatory pun protestan bisa menjelaskan ttg keselamatan
dimana promosinya ??
clay menjelaskan ttg purgatori agar tidak sampai salah ttg purgatori
disini bahkan ada yang mengatakan purgatori itu "api pencucian"
benar atau tidak silahkan anda cari sendiri
saya bosan mendeba orang2 seperti itu
di thread ini clay coba meluruskan pandangan orang ttg purgatori yang kami percaya
so?
lihat diri anda dulu
apa niat dalam diri anda itu untuk membangun atau hanya untuk menjatuhkan orang lain
jagan tindakan dan pernyataan tidak selaras mas
October 12, 2018, 06:29:49 PM
Reply #491
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 863
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
tidak dibenarkan memakai asal kata untuk membenarkan tindakan anda yang cocokmology
dan bila anda mau berpikir sendiri, tidak ada bidang keilmuan yang namanya cocokmo-logy

Segalanya, Bro, boleh! [Kor 10:23], bikin cocoklogy pun tak ada yg larang 
"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.
"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 13, 2018, 11:21:02 AM
Reply #492
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Segalanya, Bro, boleh! [Kor 10:23], bikin cocoklogy pun tak ada yg larang 
"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.
"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Salam Damai!

ada lanjutannya mas
jangan berhenti baca se ayat itu saja
di 1 Kor 10 tsb ada ayat juga yang berkta
(32) Janganlah kamu menimbulkan syak dalam hati orang, baik orang Yahudi atau orang Yunani, maupun Jemaat Allah.
dengan maksa cocok2in, anda menimbulkan syak dalam hati orang

dan di ayat sebelumnya juga ada peringatan dari rasul Paulus
Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah

paham mas?
jangan membuat syak sehingga anda menjadi batu sandungan bagi sdr2 yang lain

anda punya hak, tapi hak anda dibatasi oleh hak orang lain
jangan melampaui hak anda, karena hak orang lain juga berkeberatan atas hak anda
segala sesuatu diperbolehkan, tapi tidak semua berguna, sudah tahu maksa nyocok2in itu tidak berguna masih dipake, itu namanya merusak
segala sesuatu diperbolehkan, tapi tidak semua membangun, jika tidak membangun, untuk apa dilakukan, itu namanya kebodohan
ingat, jangan karena segala sesuatu boleh atau bebas, kata2 anda menjadi sandungan bagi yang lain
« Last Edit: October 13, 2018, 11:29:46 AM by pengen_tahu »
October 15, 2018, 04:37:24 PM
Reply #493
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 863
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
anda punya hak, tapi hak anda dibatasi oleh hak orang lain
jangan melampaui hak anda, karena hak orang lain juga berkeberatan atas hak anda

Tidak ada hak yg terlamapui di sini, Mas!
Anda menawarkan cocokmologi, lalu kugunakan
Ternyata anda keberatan, ya, kita ganti dgn relevansi, ok?

Salam Damai!

Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 15, 2018, 05:46:12 PM
Reply #494
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Tidak ada hak yg terlamapui di sini, Mas!
Anda menawarkan cocokmologi, lalu kugunakan
Ternyata anda keberatan, ya, kita ganti dgn relevansi, ok?

Salam Damai!

menawarkan???
wth
dimana saya menawarkan
OMG
anda ngerti yang anda tulis gak sih??
mo relevansi kek mo cocok2in kek mo cocokmology kek
yang dilakukan anda itu yang saya keberatan
 :mad0261:
October 16, 2018, 08:01:15 AM
Reply #495
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 863
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
mo relevansi kek mo cocok2in kek mo cocokmology kek
yang dilakukan anda itu yang saya keberatan
 :mad0261:
Baiklah, Bro!
Jadi bukan soal relevansi atau cocokmology, tapi anda ada keberatan
Mungkin Bro Clay yg anggap enteng mengangkat “api” ini spt penting
Padahal menjelaskan sumber api, fungsi api dan cara kerjanya berat
Sebab tak ada cocoknya dgn missi Yesus Kristus datang ke dunia ini

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 16, 2018, 09:12:38 AM
Reply #496
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
Baiklah, Bro!
Jadi bukan soal relevansi atau cocokmology, tapi anda ada keberatan
Mungkin Bro Clay yg anggap enteng mengangkat “api” ini spt penting
Padahal menjelaskan sumber api, fungsi api dan cara kerjanya berat
Sebab tak ada cocoknya dgn missi Yesus Kristus datang ke dunia ini

Salam Damai!

mas
saya jadi bingung, anda sebenarnya mengerti atau tidak sich apa yang anda sampaikan??
bagi katolik jelas purgatori penting
yang saya keberatan anda mencocok2an api purgatori dengan hades, karena itu beda fungsi
saya keberatan karena menyamakan purgatori dengan kawaha candradimuka karena itu berbeda dari semuanya baik fungsi, dll nya
kalau anda mau bahas purgatori silahkan
tidak sepakat dengan purgatori silahkan
paham?
October 16, 2018, 05:23:40 PM
Reply #497
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 863
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
mas, saya jadi bingung, anda sebenarnya mengerti atau tidak sich apa yang anda sampaikan??

Itulah gunanya quote yg penting pd setiap posting spy tak bingung

yang saya keberatan anda mencocok2an api purgatori dengan hades, karena itu beda fungsi

Beda fungsinya, tapi ide-nya cocok,
Sama2 utk menjadikan lebih baik dr aslinya

saya keberatan karena menyamakan purgatori dengan kawaha candradimuka
karena itu berbeda dari semuanya baik fungsi, dll nya


Hades dan kawah dan “api pensuci” tentu tak sama, tempatnya pun beda
Hanya idenya yg sama, yakni sama2 utk menjadikan lebih baik dr aslinya
Purgatorium utk memurnikan apa yg dianggap tak murni dilakukan Yesus

kalau anda mau bahas purgatori silahkan
tidak sepakat dengan purgatori silahkan
paham?


Ya! Paham!
Dan ternyata itu sudah dibahas lama
Sbg mana yg kukutip di bawah ini:

Api Penyucian atau ‘purgatorium’ adalah ‘tempat’/ proses kita disucikan. Catatan: ‘disucikan’ bukan ‘dicuci’. Gereja Katolik mengajarkan hal ini di dalam Katekismus Gereja Katolik # 1030-1032, yang dapat disarikan sebagai berikut:

1) Api Penyucian adalah suatu kondisi yang dialami oleh orang-orang yang meninggal dalam keadaan rahmat dan dalam persahabatan dengan Tuhan, namun belum suci sepenuhnya, sehingga memerlukan proses pemurnian selanjutnya setelah kematian.

2) Pemurnian di dalam Api Penyucian adalah sangat berlainan dengan siksa neraka.

3) Kita dapat membantu jiwa-jiwa yang ada di Api Penyucian dgn doa-doa kita, terutama dengan mempersembahkan ujud Misa Kudus bagi mereka.

1) Belum suci sepenuhnya, berarti
Kerja Yesus tak tuntas, hanya separuh mensucikan dosa manusia pilihan-Nya
Manusia itu hrs mengupayakan separuhnya lagi melalui bantuan manusia lain

2) Sangat berlainan dgn siksa neraka
“Sangat” itu berarti mengandung suatu kepastian
Spt sudah pasti dia pernah ke purgatorium dan ke neraka

3) Membantu dgn doa (e.g. menguatkan dia/meringankan api/mempercepat waktu?)
Ini berarti bisa tidak ada org yg membantu dia dgn doa, jika dia mati paling akhir
Atau mungkinkah org yg telah dibantu keluar dr purgatorium dpt membantu-nya?

Menurutku yg berikut ini benar:
Kalau kita menguji diri sendiri, hukuman tak menimpa kita.
Tetapi kalau kita menerima hukuman dari Tuhan, kita dididik,
Spy kita tidak dihukum ber-sama2 dgn dunia [1 Kor.11:31-32]


Ujian dan hukuman itulah “api pensucian” kita,
Saling mendoakan tentu akan sangat membatu
Kristen hrs-nya tebina spt itu, bukan setelah mati

Salam Damai!
« Last Edit: October 17, 2018, 02:04:01 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 17, 2018, 09:47:31 AM
Reply #498
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4504
@mk
saya gak bingung dengan quote, bingung dengan ketidak nyambungan anda dengan pembicaraan saya

beda fungsi, tapi ide cocok, halah mas
idenya cuci baju, satu pake apan penggilesan satu pake mesin cuci, bisa klop dibahas mas??
aneh2 aja

nah sok2an paham ide purgatori
gak ada purgatorium dimakankan "memurnikan apa yg dianggap tak murni dilakukan Yesus"
dari sini aja anda sudah salah, bagaimana tahu ttg ide dan fungsi

kalau paham, ya jangan asal jeplak cocok2in
itu namanya anda bukan mau diskusi

-----------------------------

mo bahas purgatori ajak si ronny aja
saya udah gak ada niat diskusi karena startnya anda bukan ingin diskusi, anda lebih ingin cari masalah
October 17, 2018, 01:43:00 PM
Reply #499
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 863
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
@mk
kalau paham, ya jangan asal jeplak cocok2in
itu namanya anda bukan mau diskusi
mo bahas purgatori ajak si ronny aja

Ya, jgn asal jeplak!
Memang sangat sulit berdiskusi dgn org yg tidak tahu atau sok tahu
Spt aku sungguh tak tahu apa itu purgatory, sama spt-mu pengen_tahu
Kemungkinan yg paling tahu ialah CLAY yg empunya trit, tapi tak nimbul2

Sabarlah, biar dia yg menjelaskan ttg apa itu purgatory sesuai firman-Nya
Atau dia perjelas penjelasan Katekismus Gereja Katolik # 1030-1032 di atas
Sing penting jangan asal jeplak, tebak mangis boleh2-lah sbg bahan uji diskusi

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)