Author Topic: Api yang Membinasakan dan Api yang Memurnikan  (Read 21676 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 31, 2019, 05:55:50 PM
Reply #630
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2159
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
kalo nurut gw sih sejauh maknanya positif,
mau pake simbolisasi apapun mah terserah aja...
mau api purgatory kek, air purgatory kek, terserah lah..
Air purgatory aku belum pernah dengar
Tapi sejenis api purgatory ada banyak
Maknanya pasti positip utk yg percaya
Positip ke mana hanya mereka yg tau


Aku baru tahu, rupanya ide “api purgatory” itu berakar dr jaman dulu kala, yaitu ratusan thn sebelum darah Yesus Kristus tumpah di Gogota. Mulanya api pemurnian itu disebut "Hades Benua-atas"(celestial Hades), perihal itu muncul dlm tulisan2 Plato dan Heraclides Ponticus dan dlm banyak penulis2 pagan yg lainnya. Konsep ini dibedakan dr “Hades Benua-bawah” (Hades of the underworld) yg  digambarkan dlm karya2 Homer dan Hesiod. Sebaliknya, “Hades Benua-atas” dipahami sbg tempat perantara di mana jiwa menghabiskan waktu yg tidak ditentukan setelah kematian sebelum pindah ke tingkat eksistensi yg lebih tinggi atau malah ada yg reinkarnasi kembali ke bumi. Lokasi tempat “purgatory” itu bervariasi dari penulis ke penulis yg lain. Heraclides dari Pontus me-ngira2 tempat itu di Milky Way; Akademisi Stoa, Cicero, Virgil, Plutarch, dan dlm tulisan2 Hermetik mengatakan tempat itu terletak di antara Bulan dan Bumi atau di sekeliling Bulan.
https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_Purgatory

Ide lain adalah api penempaan utk kesaktian Gatotkaca dgn cara diceburkan ke dlm kawah panas Candradimuka, lokasinya di Gunung Jamurdipa. Para dewa kemudian melontarkan berbagai jenis senjata pusaka ke dlm kawah tersebut, sehingga Gatotkaca berobah menjadi dewasa lengkap dgn senjata pusaka para dewa. Dia menjadi kuat dan dpt terbang secepat kilat. Kehidupannya berpindah dr khayangan ke tingkat yg lebih rendah, spt reinkarnasi ke dunia yg pasasaran ini. Penggodokan kawah Candradimuka ini diadopsi oleh Akademi Militer hingga kini. Boleh2 saja kusebut “api penggodogan” ini sbg “Hades Benua-tengah” (Hades of the world). Kawah itu lokasinya di Lembah Gunung Tidar, Magelang, tempat penggodokan pemuda2 kita utk ditransformasikan menjadi dewa_sa dlm menata dunia panas_saran ini.

Begitulah para pemikir atau filsuf dpt menghasilkan ragam ide2 hasil pencarian rohani yg tak kenal lelah dlm mencoba-jawab segala perkara kehidupan manusia. Mereka panas_saran utk bagai mana menjadi lebih baik dan lebih sempurna lagi dr keberadaannya kini. Maka muncullah ragam gagasan mencoba mengarang atau menyederhanakan atau meng-impi-kan adanya perkara kehidupan di tiga benua dgn segala fungsi2-nya: Perkara kehidupan di Benua-bawah (yg alami), Benua-atas (yg rohani) dan Benua-tengah (yg duniawi). Lalu diolah dan ditambahkan apa saja sop-nya utk transformasi kehidupan itu dr yg alami menjadi yg rohani, dll. Ada kecurigaan tebak manggisku, bw selama 500 thn (sejak Maleaki-Yesus) Allah spt pasif kpd bangsa Israel, spt sedang aktif di Yunani merangsang para filsuf berpikir (Sokrates 500SM). Kitatau buah filsafat itu hanya menghasilkan hukum sebab-akibat dgn terus-menerus bertanya dan menjawab tanpa mampu menentang atau mentaati segala hukum2 yg telah diketahui.

Lalu terctat, bw Yahudi mempraktekkan “purgatory” mulai pd jaman Makabean (300SM), Vatican mempelajari itu dan tertarik mempraktekkannya pd thn 1100. Pd abad ke-12, proses pemurnian itu memperoleh nama Latin, "purgatorium", dr kata kerja “purgare” : membersihkan. Berarti setelah 1400 thn baru disadari oleh Vatican, bw adalah belum sempurna jika hanya darah Kristus yg mengkuduskan manusia pendosa. Dgn kata lain, perlu diperhitungkan upaya tradisi manusia yg dahulu yg berkompeten mendoakan pendosa yg mati agar sungguh2 kudus dan atau agar tidak terlampau lama berada di purgatorium. Maka dibuat sop aplikasinya dan diundangkan. Atau mungkin saja bukan karena Yesus yg tidak sanggup menguduskan pendosa, tapi karena ada motif lain di belakang purgatory itu, sehingga tradisi2 sebelum Yesus dimanfaatkan utk dikombinasikan dgn Alkitab demi motif itu tadi. Begitu menurutku! Dan juga dgn kisah “siksa kubur” pun, spt cerita dr beberapa teman muslim kemungkinan mengadopsi tradisi “purgatorium” itu! Walahualam!

Salam Damai!
« Last Edit: June 01, 2019, 10:45:41 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
June 01, 2019, 10:33:32 AM
Reply #631
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
Air purgatory aku belum pernah dengar
Tapi sejenis api purgatory ada banyak
Maknanya pasti positip utk yg percaya
Positip ke mana hanya mereka yg tau


iya lah...

yang penting positip, mah terserah aja...
namanya aja CUMA SEKEDAR KEPERCAYAAN, ENGGAK BAKAL BISA DIBUKTIKAN secara OBJEKTIF.

sama kayak elo yang PERCAYA SUDAH DISELAMATKAN..
itu juga terserah elo aja...
kalo itu positip buat elo dan buat orang lain disekitarmu ya terserah aja...

walaupun ENGGAK BAKAL BISA DIBUKTIKAN scr OBJEKTIF apakah ELO bakal BENERAN KE SURGA ATAU NERAKA atau malah ENGGAK KEMANA-MANA..
tapi selama itu positip, ya terserah elo lah....


kalo nanya: yg negatip gimana?

Yg negatip contohnya:
ENGGAK TAHU DIRI kalau apa yg diyakini-nya itu CUMA SEKEDAR KEYAKINAN SUBJEKTIF, sehingga malah menganggap KEYAKINAN-NYA Itu SEOLAH-OLAH SETARA dgn KEBENARAN OBJEKTIF..
lantas MERASA LAYAK untuk dipakai sebagai UKURAN men-JUDGE KEYAKINAN ORANG LAIN, dan lebih negatifnya lagi, pakai seribusatu macem alesan stupid dan ala sales gimmick "diperintah tuhan", "mengkoreksi kekeliruan", "mencegah kesesatan", "mengembalikan ke jalan yang benar", dan segala macem alasan MENJIJIKKAN Lainnya..

itu baru negatip..

kalo udah model membawa suasana negatip bagi orang lain,
maka sebagai Murid Yesus harus kita tolak dan kita lawan bersama-sama
June 01, 2019, 11:38:33 AM
Reply #632
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2159
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
iya lah...
yang penting positip, mah terserah aja...
Berserah kpd yg bikin, tentu!

namanya aja CUMA SEKEDAR KEPERCAYAAN,
ENGGAK BAKAL BISA DIBUKTIKAN secara OBJEKTIF.
Ya! Hal rohani semua org me-raba2
Percaya adanya roh, mustahil buktinya
Sebab roh bukan benda ilmiah berdimensi


sama kayak elo yang PERCAYA SUDAH DISELAMATKAN..
itu juga terserah elo aja...
kalo itu positip buat elo dan buat orang lain disekitarmu ya terserah aja...
Ya! Terserah kpd yg bikin!
Hal Yesus, Anak Allah nyata ada dlm sejarah
Ada maksud kelahiran, kematian, kebangkitan-Nya
Kehidupannya telah menjadi teladan kita org2 Kristen


walaupun ENGGAK BAKAL BISA DIBUKTIKAN scr OBJEKTIF
apakah ELO bakal BENERAN KE SURGA ATAU NERAKA
atau malah ENGGAK KEMANA-MANA..
tapi selama itu positip, ya terserah elo lah....
Semua yg bikin ngakunya positip tentu
Yg gak suka pd pengakuannya, itulah negatip
Maka ada interaksi, ada aliran pikir tanda hidup
Jika tak gitu maka tak ngalir, menggenang, busuk


kalo nanya: yg negatip gimana?
Yg tak suka "positip"-nya, itulah negatip

Yg negatip contohnya:
ENGGAK TAHU DIRI kalau apa yg diyakini-nya itu CUMA SEKEDAR KEYAKINAN SUBJEKTIF,
sehingga malah menganggap KEYAKINAN-NYA Itu SEOLAH-OLAH SETARA dgn KEBENARAN OBJEKTIF..
Kebenaran itu menurutku ada tiga dan punya objektif masing2
Kebenaran pribadi, kebenaran kelompok, kebenaran illahi
Sungguh sulit melihat semua itu sbg garis lurus


lantas MERASA LAYAK untuk dipakai sebagai UKURAN men-JUDGE KEYAKINAN ORANG LAIN,
Oleh sebab itu, tali ukur hrs selalu ditarik dr "batu penjuru", Yesus
Sebab yg illahi telah datang ke dunia dan menunjukkan kebenaran


dan lebih negatifnya lagi, pakai seribusatu macem alesan stupid dan ala sales gimmick "diperintah tuhan", "mengkoreksi kekeliruan", "mencegah kesesatan", "mengembalikan ke jalan yang benar", dan segala macem alasan MENJIJIKKAN Lainnya..itu baru negatip..
Mungkin ada aja org yg menarik tali kolor utk ngukur
Lalu mlorot lah, ya, kliatan lah bijinya yg menjijikan


kalo udah model membawa suasana negatip bagi orang lain,
maka sebagai Murid Yesus harus kita tolak dan kita lawan bersama-sama
Yup! Gunakanlah perkataan2-Nya, agar mereka hidup
Sebab semua perkataan2-Nya adalah roh dan hidup [Yoh 6:63]
Dan demi kebaikan itu kita hrs kuat diludain pun, spt Dia oleh dosa

Salam Damai!
« Last Edit: June 01, 2019, 11:58:44 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
June 12, 2019, 09:09:38 AM
Reply #633
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2159
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Contoh Pengajaran YANG TIDAK ADA DI ALKITAB misalnya apakah contohnya "Ajaran bahwa Tuhan CUMA berFIRMAN SEJUMLAH 66 kitab"? (mk: kau tuh mules "66", keknya, dang!)

Kemukakan yg ada saja, dang!

Utk apa korek2 yg tak ada?
Atau bikin aja topik "66"
Spy kau lekas sembuh

Toh, purgatory pun tak ada
Tapi bisa diadakan topiknya
Kali2 bisa ada cara sembuh


Topik ini tidak membahas tentang "66 kitab" tetapi api yang membinasakan dan api yang memurnikan.
Mari kembali ke bahasan topik.
Selanjutnya, postingan yang keluar topik akan dihapus.
« Last Edit: June 12, 2019, 09:29:59 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
June 18, 2019, 08:46:52 AM
Reply #634
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2159
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Toh, purgatory pun tak ada
Tapi bisa diadakan topiknya
Kali2 bisa ada cara sembuh


Jika ada api pensucian itu (purgatory), spt dongeng “hades” Yunani, tentu diajarkan Yesus kpd kita
Aku telah memberitahukan kpd kamu segala sesuatu yg telah Kudengar dr Bapa-Ku.[Yoh15:15]
ROH KUDUS-lah yg akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan
mengingatkan kamu akan semua yg telah Kukatakan kpd-mu.[Yoh 14:6]


Yg bisa ditangkap dr dialog imajiner sbb
Bw tak ada perpindahan tempat org mati
Bw hanya Yesus yg bisa menyapa mereka2


Bisa tangkap yg merah2 dr [Luk 16:19-31] itu, Bro?
Yesus abaikan sebab2-nya, sebab itu bukan intinya
Bila dibeberkan sebab2nya maka intinya tersamar
...
24  Lalu ia berseru, katanya: (ada imajinasi spt video call jaman now)
     Bapa Abraham, kasihanilah aku. (ok itu org Yahudi, nyebut bapa kpd Abraham)
     Suruhlah Lazarus, spy ia mencelupkan ujung jarinya ke dlm air dan menyejukkan lidahku,
     sebab aku sangat kesakitan dlm nyala api ini. (ada dongeng "hades" dr Yunani)
25  Tetapi Abraham berkata: (ini awal ajaran, bw iman-lah yg menyelamatkan)
     Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu,
     sedangkan Lazarus segala yg buruk. Sekarang ia dpt hiburan dan kau sangat menderita.
26  Selain dr pd itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yg tak terseberangi, spy mereka
     yg mau pergi dr sini kpd-mu atau mereka yg mau datang dr situ kpd kami tak dpt menyebrang
     (tak ada kemungkinan bisa pindah tempat, tak ada purgatory itu)

...
« Last Edit: June 18, 2019, 08:54:51 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
July 09, 2019, 12:41:47 PM
Reply #635
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2159
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Jika ada api pensucian itu (purgatory), spt dongeng “hades” Yunani, tentu diajarkan Yesus kpd kita
Aku telah memberitahukan kpd kamu segala sesuatu yg telah Kudengar dr Bapa-Ku.[Yoh15:15]

Utk menambah keyakinan kita ttg ajaran apa api itu, berikut pernyataan Yesus juga, bw:
Yesus telah menyelesaikan pekerjaan yg diberikan Bapa kpd-Nya utk dilakukan [Yoh 17:4]
Yesus telah menyampaikan segala firman yg dr Bapa kpd mereka dan percaya [Yoh 17:8]

Selanjutnya Yesus mengutus ROH KUDUS dan mengutus para rasul dan:
ROH KUDUS-lah yg akan mengajarkan segala sesuatu kpd mereka dan akan
mengingatkan mereka akan semua yg telah dikatakan Yesus kpd mereka.[Yoh 14:6]

Ia yg akan memimpin ke dlm seluruh kebenaran;
sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri,
tetapi segala yg didengar-Nya itulah yg akan dikatakan-Nya dan
Ia akan memberitakan kpd mereka hal2 yg akan datang. [Yoh 16:13]

Salam Damai!

« Last Edit: July 09, 2019, 12:44:15 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 23, 2019, 10:26:22 AM
Reply #636
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2159
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Membaca Mat 28:20
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman,


Bagaimana dengan penangkapanmu?
Catatan, bila hanya membahas yang @Maren Kitatau merahkan saja, pembahasan akan melenceng dari judul trit.

SP: kutangkap:
1. Yang diberi tugas mengajar oleh Yesus Kristus ialah 11 rasul, sebelum kerasulan
Yudas Iskariot diteruskan oleh Matias, dan Saulus dipilih dan diubah menjadi Paulus;
2. Hal yang diajarkan oleh rasul adalah segala sesuatu yang telah diperintahkan
Yesus kepada rasul (pengajar)
;
3. Rasul (pengajar) dipesankan untuk mengetahui bahwa Yesus Kristus menyertai
rasul (pengajar) senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Penangkapan nalar rohaniku, a.l:
1. Para rasul hrs akan berakting sbg gembala mengimitasi Gembala yg Agung
Petrus diberi kuasa sbg komandan gerakan penggembalaan kpd semua bangsa
Dan nyata, dia pun spt Dia, memberikan nyawanya utk keselamatan domba2-Nya

2. Domba2 yg berada di luar “kandang itu” hrs bisa mendengar suara-Nya
Maka gembala2 yg ditunjuk Petrus pun hrs memperdengarkan suara-Nya
Bahkan yg sudah mendengar hrs memperdengarkan kpd anak-cucunya

3. Kata Yesus: “Akulah pintu ke domba2 itu
Barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat”

Maka pengajar2 dan domba2-Nya itu hrs masuk via-Dia

Utk keselamatan:
Aku hrs masuk melalui pintu itu juga
Sehingga aku hrs merasa di dlm Dia
Dan Dia serasa di dlm aku; Merdeka!

Salam Damai!

Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 24, 2019, 03:51:38 AM
Reply #637
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3548
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Quote from: Sotardugur Parreva on May 04, 2019, 12:18:29 AM
Membaca Mat 28:20
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman,

Bagaimana dengan penangkapanmu?
Catatan, bila hanya membahas yang @Maren Kitatau merahkan saja, pembahasan akan melenceng dari judul trit.
SP: kutangkap:
1. Yang diberi tugas mengajar oleh Yesus Kristus ialah 11 rasul, sebelum kerasulan
Yudas Iskariot diteruskan oleh Matias, dan Saulus dipilih dan diubah menjadi Paulus;
@Sotardugur Parreva sependapat.

2. Hal yang diajarkan oleh rasul adalah segala sesuatu yang telah diperintahkan
Yesus kepada rasul (pengajar)
;
Nah, di sini ada perbedaan pemahaman di antara kita.
@Sotardugur Parreva mengartikan: Rasul/penerusnya mengajarkan hal yang telah diperintahkan Yesus. Sebelum diperintahkan Yesus, tidak akan diajarkan. Masih banyak hal yang belum dikatakan kepada rasul selama jasmani-Nya bersama rasul, akan diperintahkan setelah rasul/penerusnya dapat menanggung.
Tidak ada penjelasan bahwa hal yang belum dikatakan itu akhirnya sudah dikatakan.
Mengingat:
3. Rasul (pengajar) dipesankan untuk mengetahui bahwa Yesus Kristus menyertai
rasul (pengajar) senantiasa sampai kepada akhir zaman.
maka hal-hal yang belum dikatakan dahulu itu akan dikatakan secara berangsur-angsur sampai kepada akhir zaman selama penyertaan-Nya kepada rasul/penerusnya. Bukan seketika dan selesai.

Penangkapan nalar rohaniku, a.l:
1. Para rasul hrs akan berakting sbg gembala mengimitasi Gembala yg Agung
Petrus diberi kuasa sbg komandan gerakan penggembalaan kpd semua bangsa
Dan nyata, dia pun spt Dia, memberikan nyawanya utk keselamatan domba2-Nya
Nalar rohanimu memang luar biasa.
Tidak ada gembala yang ditugaskan lantas mengimitasi Petrus. Masing-masing gembala membawa gaya sendiri-sendiri dengan otoritas dari Petrus yang mendapat otoritas dari Yesus Kristus.

2. Domba2 yg berada di luar “kandang itu” hrs bisa mendengar suara-Nya
Maka gembala2 yg ditunjuk Petrus pun hrs memperdengarkan suara-Nya
Bahkan yg sudah mendengar hrs memperdengarkan kpd anak-cucunya
Bukan harus bisa.
Domba milik Kristus memang mendengar suara Kristus walaupun disuarakan oleh pemegang kewenangan menggembala. Doma Kristus mengenal suara Kristus walaupun disuarakan oleh siapa saja.

3. Kata Yesus: “Akulah pintu ke domba2 itu
Barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat”

Maka pengajar2 dan domba2-Nya itu hrs masuk via-Dia
Ya, tidak seorangpun yang sampai kepada Bapa jika tidak melalui Yesus Kristus.

Utk keselamatan:
Aku hrs masuk melalui pintu itu juga
Sehingga aku hrs merasa di dlm Dia
Dan Dia serasa di dlm aku; Merdeka!
Ya. Perasaanmu itu Anda peroleh dari pengajaran rasul/penerus rasul. Penggembalaan yang Anda terima dari gembala yang kompeten, bukan gembala abal-abal. Jika Anda tidak dapat mengenal suara Kristus, Anda bukan domba Kristus.

Salam Damai!
Damai tanpa pentung.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
August 26, 2019, 01:50:58 PM
Reply #638
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2159
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Nah, di sini ada perbedaan pemahaman di antara kita.
@Sotardugur Parreva mengartikan: Rasul/penerusnya mengajarkan hal yang telah diperintahkan Yesus.
Yg diperintahkan-Nya: "Jadiakanlah semua bangsa murid-Ku"
Yg hrs diajarkan para rasul dan para penerusnya ialah "Kasih-Nya"
Dialah jalan dan kebenaran dan hidup, Dialah Pintu keselamatan


Sebelum diperintahkan Yesus, tidak akan diajarkan.
Bedakan perintah dgn ajaran
Perintah-Nya, "Jadikanlah semua bangsa murid-Ku"
Ajaran-Nya, ialah "Kasih" dan keselamatan umat manusia


Masih banyak hal yang belum dikatakan kepada rasul selama jasmani-Nya bersama rasul, akan diperintahkan setelah rasul/penerusnya dapat menanggung.
Ttg hal2 yg hrs dikatakan-Nya itu sudah tuntas
Rasul2 sudah sanggup menanggung derita bahkan nyawa pun
Namun demikian kita tetap bisa membahas ulang hal2 tsb di sini:
http://forumkristen.com/index.php?topic=51684.msg1255010#msg1255010


Tidak ada penjelasan bahwa hal yang belum dikatakan itu akhirnya sudah dikatakan.
Yesus sudah memberitahukan segala sesuatu ttg maksud kedatangan-Nya ke dunia ini
Aku telah memberitahukan kpd kamu segala sesuatu yg telah Kudengar dr Bapa-Ku [Yoh15:15] 
Aku telah menyelesaikan segala pekerjaan yg Engkau berikan kpd-Ku utk Ku-lakukan [Yoh17:4]
Segala firman yg Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka[Yoh17:8]

ROH KUDUS yg akan mengingatkan segala perkataan Yesus [Yoh14:26]
ROH KUDUS yg akan memimpin kepada seluruh kebenaran [Yoh 16:13]
Lalu penerus rasul ydsaz lagi nungguin angsuran2 apa lagi dan dr siapa?


Mengingat:maka hal-hal yang belum dikatakan dahulu itu akan dikatakan secara berangsur-angsur sampai kepada akhir zaman selama penyertaan-Nya kepada rasul/penerusnya. Bukan seketika dan selesai.
Nalar rohanimu memang luar biasa.
Siapa pula yg mengangsur-angsurnya, Bro!
Tinggal kau percaya apa tidak kpd ROH KUDUS yg diutus-Nya
Kau tidak mungkin bisa memahami PB, jika kau tidak peduli pd PL
Semua itu adalah pekerjaan ROH KUDUS, bukan kerja manusia semata

Logos adalah kata yg didorong oleh Roh, termasuk penulisan [Kej 1:1] itu
http://forumkristen.com/index.php?topic=52284.msg1254471#msg1254471
http://forumkristen.com/index.php?topic=64877.msg1256187#msg1256187


Tidak ada gembala yang ditugaskan lantas mengimitasi Petrus. Masing-masing gembala membawa gaya sendiri-sendiri dengan otoritas dari Petrus yang mendapat otoritas dari Yesus Kristus.
Seluruh gembala hrs melalui Yesus
Jika tidak melalui "Pintu itu" maka ia adalah pencuri
Petrus bukan "Pintu" dan bukan pula "Gembala yg Agung"


Domba milik Kristus memang mendengar suara Kristus walaupun disuarakan oleh pemegang kewenangan menggembala. Doma Kristus mengenal suara Kristus walaupun disuarakan oleh siapa saja.
Mereka yg melalui Pintu tentu dikenal oleh penjaga pintu
Siapa saja yg tidak melalui pintu adalah pencuri atau rampok
Memanfaatkan domba secara diam2 atau dgn kekerasan
Spt org2 Farisi yg merasa diri gembala yg dipercaya Allah


Ya. Perasaanmu itu Anda peroleh dari pengajaran rasul/penerus rasul. Penggembalaan yang Anda terima dari gembala yang kompeten, bukan gembala abal-abal. Jika Anda tidak dapat mengenal suara Kristus, Anda bukan domba Kristus.

Org2 Farisi merasa kompeten sampai sekarang pun
Walau Yesus menyebut mereka pencuri dan perampok
Sudah hrs begitu kodrat-nya si tegar tengkuk, kurasa.

Kompetensi mengajar tetep hrs dr Yesus, bukan dr lain2
Yg diajar domba2-Nya dan yg mengajar itu ex-domba-Nya
Mencabut kuku domba pembangkang itu bukan kompetensi

Salam Damai!

« Last Edit: August 26, 2019, 07:08:26 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 31, 2019, 04:49:23 PM
Reply #639
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3548
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Quote from: Sotardugur Parreva on August 24, 2019, 03:51:38 AM
Nah, di sini ada perbedaan pemahaman di antara kita.
@Sotardugur Parreva mengartikan: Rasul/penerusnya mengajarkan hal yang telah diperintahkan Yesus.
Yg diperintahkan-Nya: "Jadiakanlah semua bangsa murid-Ku"
Yg hrs diajarkan para rasul dan para penerusnya ialah "Kasih-Nya"
Dialah jalan dan kebenaran dan hidup, Dialah Pintu keselamatan
Posmu ini membawa pikiranku ke Mat 28:19-20, perkataan Yesus Kristus kepada rasul: Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Kuartikan bahwa setelah seseorang dijadikan murid Yesus dengan membaptisnya dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS, selanjutnya, murid tersebut diajar melakukan segala sesuatu yang telah diperintahkan kepada rasul. Rasul diingatkan untuk mengetahui bahwa rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman.
Jika menurutmu, Yg hrs diajarkan para rasul dan para penerusnya ialah "Kasih-Nya", dibandingkan dengan perkataan Yesus Kristus kepada rasul dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu menghantar pikiran bahwa menurutmu, segala sesuatu yang telah diperintahkan kepada rasul adalah ”Kasih-Nya”. Begitu, bukan?
Boleh juga. Segala sesuatu yang diperintahkan Yesus Kristus kepada rasul-Nya adalah kasih-Nya.

Sebelum diperintahkan Yesus, tidak akan diajarkan.
Bedakan perintah dgn ajaran
Perintah-Nya, "Jadikanlah semua bangsa murid-Ku"
Ajaran-Nya, ialah "Kasih" dan keselamatan umat manusia
Pada poin ini, kelihatannya, baik ajaran Yesus, maupun perintah Yesus, sama-sama berasal dari Yesus Kristus. Hal yang diperintahkan Yesus itulah yang diajarkan kepada jemaat.
Atau, Anda ingin mengutarakan perbedaan perintah dengan ajaran sesaui yang Anda pahami?

Masih banyak hal yang belum dikatakan kepada rasul selama jasmani-Nya bersama rasul, akan diperintahkan setelah rasul/penerusnya dapat menanggung.
Ttg hal2 yg hrs dikatakan-Nya itu sudah tuntas
Rasul2 sudah sanggup menanggung derita bahkan nyawa pun
Namun demikian kita tetap bisa membahas ulang hal2 tsb di sini:
http://forumkristen.com/index.php?topic=51684.msg1255010#msg1255010[/url]
Oke. Mari ke sana.

SAMBUNGIN
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)