Author Topic: Integritas  (Read 421 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 11, 2013, 05:43:31 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
  • Denominasi: Apa saja sah dan boleh-boleh sajalah yauwww..
Apa makna integritas yang sebenarnya?

Quote
integritas    in.teg.ri.tas
[n] mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan; kejujuran.
Kamus Umum Bahasa Indonesia

Quote
Integritas bukanlah apa yang kita lakukan tetapi lebih banyak siapa dari kita. Citra adalah yang dipikirkan orang lain mengenai diri kita. Integritas adalah apa diri kita yang sebenarnya.
John Calvin Maxwell


Quote
Menurut referensi kamus bahasa Inggris menyebutkan bahwa integritas berasal dari kata bahasa Perancis intégrité atau bahasa Latin integritas: integer 'intact'.
Dalam ilmu komputer, istilah "Integer" digunakan untuk merujuk kepada tipe data apapun yang merepresentasikan bilangan bulat, atau beberapa bagian dari bilangan bulat.
Oxford Dictionary - Wikipedia

intact : ks. utuh, lengkap.



Quote
integer = ... merepresentasikan ... bulat,  intact = utuh/lengkap...???


Menurut PL & PB...???


Quote
Matius 5:37  Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.
Matius 15:18  Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.
Yakobus 2:20  Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?
Yakobus 2:26  Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.



Quote
Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku (2 Timotius 3:10).

Matius 11:28-30
28  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
29  Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
30  Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."










« Last Edit: September 11, 2013, 12:04:36 PM by jadiforumkusaja »
September 11, 2013, 12:05:20 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
  • Denominasi: Apa saja sah dan boleh-boleh sajalah yauwww..

Apakah memang demikian adanya???

Quote
Quote
Integritas
“Integritas memiliki pengertian kata-kata dan perbuatan seseorang sesuai, tanpa memperdulikan siapa dirinya, dimana berada, dan bersama siapa” (Maxwell.1995:37). Integritas bukanlah apa yang dilakukan melainkan lebih kepada siapa diri sebenarnya pada akhirnya akan menetapkan apa yang dilakukan. Integritas membantu seseorang mengambil keputusan antara apa yang ingin dilakukan dan apa yang harus dilakukan. Integritas menetapkan siapa dirinya dan bagaimana orang tersebut akan memberikan tanggapan bahkan sebelum konflik muncul. Integritas menentukan apa yang dikatakan, dipikirkan, dan dilakukan ke dalam diri yang utuh sehingga izin tidak pernah diberikan bagi salah satu diantaranya yang tidak sesuai (Maxwell.1995:38). Orang yang berintegritas akan konsisten, dimana orang tersebut dapat menetapkan sebelumnya akan menjadi apa dirinya tidak peduli bagaimana keadaannya. Contoh : pemimpin mengatakan pada
karyawan “datanglah ke pekerjaan pada waktunya”. Pemimpin datang ke pekerjaan pada waktunya maka hasilnya karyawan akan datang pada waktunya. Tetapi jika terjadi sebaliknya, dimana pemimpin mengatakan kepada karyawan “datanglah ke pekerjaan pada waktunya”. Tetapi pemimpin datang ke pekerjaan terlambat maka hasilnya beberapa karyawan akan datang pada waktunya, lainnya tidak (Maxwell.1995:39)
Namun pada kenyataannya pemimpin berusaha memotivasi pengikut dengan sarana yang dangkal padahal yang diperlukan orang bukanlah motto untuk dikatakan, melainkan teladan untuk dilihat.
Berikut ini beberapa alasan mengapa integritas begitu penting :
a. Integritas membina kepercayaan
Dengan integritas yang ditemukan dalam diri seorang pemimpin yang bukan hanya kata-kata belaka tetapi juga disertai tindakan akan menumbuhkan kepercayaan dalam diri pengikutnya (Maxwell.1995:41).
b. Integritas punya nilai pengaruh tinggi.
Integritas merupakan kualitas manusia yang diperlukan untuk sukses bisnis. Dengan integritas yang dipunyai oleh seorang pemimpin akan memperbesar pengaruhnya, karena pengikut melihat adanya sesuatu yang bisa dipercayai dalam diri pemimpin (Maxwell.1995 :42).
c. Integritas memudahkan standar tinggi.
Pemimpin harus hidup dengan standar yang lebih tinggi daripada pengikutnya. Dengan adanya watak yang baik (integritas) memungkinkan pemimpin untuk melaksanakan semua tanggung jawabnya, kalau watak seorang pemimpin rendah, maka standarnya pun rendah (Maxwell.1995:43).
d. Integritas menghasilkan reputasi yang kuat, bukan hanya citra.
Citra adalah apa yang dipikirkan orang lain tentang diri seseorang. Integritas adalah apa diri seseorang yang sesungguhnya. Kadang-kadang kehidupan menjepit seseorang pada saat-saat mengalami tekanan seperti itu, apa yang ada di dalamnya akan ketahuan, dengan demikian akan menentukan bagaimana reputasi seseorang (Maxwell.1995:44).
e. Integritas berarti menghayati diri sebelum memimpin orang lain.
Sebelum memimpin orang lain seorang pemimpin harus menghayati dirinya sendiri, karena pemimpin tidak bisa memimpin siapa pun lainnya lebih jauh daripada tempat pemimpin sendiri berada. Oleh karena itu perlu dipastikan apakah pemimpin sudah memiliki integritas terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain karena orang akan cenderung mengikuti pemimpin (Maxwell.1995:45).
f. Integritas membantu seorang pemimpin dipercaya bukan hanya pintar.
Kepercayaan adalah keyakinan bahwa pemimpin sungguh-sungguh dengan apa yang dikatakannya. Kepemimpinan yang efektif tidak hanya berdasarkan sifat pintar, tetapi juga berdasarkan sikap konsisten (Maxwell.1995:46).
g. Integritas adalah prestasi yang dicapai dengan susah payah.
Integritas bukan sebuah faktor yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah hasil dari disiplin pribadi, kepercayaan batin, dan keputusan untuk jujur sepenuhnya dalam segala situasi dalam kehidupan pemimpin. Untuk memperoleh integritas diperlukan suatu proses yang terus berlangsung (Maxwell.1995:47). Dari uraian di atas dapat dilihat pentingnya integritas sabagai karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin karena integritas mengandung pengertian apa yang dikatakan pemimpin itu juga yang harus diperbuatnya. Sehingga pemimpin dapat memberi teladan kepada para pengikutnya.



September 11, 2013, 01:29:09 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1707
  • ku ingin lebih dekat lagi denganMU :)
  • Denominasi: Kristen
Integritas: hati dan jiwanya memiliki roh takut akan Tuhan ..
makananku melakukan kehendak Bapa, makananku melakukan pekerjaan Bapa
September 11, 2013, 02:48:16 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2085
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
Integritas dapat diartikan apa yang kita katakan selaras dengan perilaku kita. Misalnya, kalau kita katakan mengasihi sesama tentunya bila ada orang yang mengalami kemalangan kita akan membantu sesuai kemampuan kita.
September 11, 2013, 04:09:06 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
  • Denominasi: Apa saja sah dan boleh-boleh sajalah yauwww..

Quote
Integritas dapat diartikan apa yang kita katakan selaras dengan perilaku kita.

Bila saya berjanji akan menaikan gaji karyawan Rp. 250.000,- pada bulan depan, gaji karyawan saya naik Rp. 250.000,- TEPAT seperti janji saya -> ini masuk kategori integritas? (Berjanji -> menepati janji).

Saya berkata bahwa saya PASTI masuk kerja/kantor in time not on time, saya masuk kantor/kerja 10 menit sebelum jam kantor tanpa kecuali setiap hari kerja. Apakah ini juga dapat dikatakan saya berintegritas?

Saya berkata bahwa gaji saya saat ini Rp. 20 juta, kenyataannya gaji saya tidak lebih dari Rp. 11 juta -> apakah ini dapat dikatakan saya TIDAK BERINTEGRITAS???  Saya berkata di depan UMUM untuk pencalonan jadi seorang PEMIMPIN/PIMPRO.


Quote
Integritas adalah ciri orang-orang yang terintegrasi secara selaras, yang di dalam dirinya tidak ada dikotomi antara kehidupan pribadi dan kehidupan di muka umum, antara yang disaksikan dan yang diterapkan, antara yang diucapkan dan yang dilakukan.  Maksudnya, keselarasan antara perkataan dan perbuatan itu harus menjadi ciri khas orang-orang yang hidup terintegrasi.

Jhon Stott








« Last Edit: September 11, 2013, 04:54:03 PM by jadiforumkusaja »
September 11, 2013, 05:13:51 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2554
  • Gender: Male
Apa makna integritas yang sebenarnya?

Dalam pengertian sederhana yang bisa dipalikasikan dengan mudah tanpa memuat unsur dan bahasa yang muluk-muluk untuk menunjukan kecerdasaran yang susah diimbangi, maka:

Integritas adalah sikap tanpa kepura-puraan, "luar" dan "dalam" sama, "depan" dan "belakang" tidak berubah.

luar itu perbuatan, perkataan dan tindakan kita
dalam itu isi hati dan pikiran
keduanya harus sama

depan itu sikap kita terhadap publik, pimpinan, orang asing
belakang itu sikap kita didalam rumah, diantara sohib dan keluarga
keduanya tidak berbeda
« Last Edit: September 13, 2013, 12:24:56 PM by Krispus »
September 13, 2013, 12:01:57 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 991
apakah integritas itu bisa dikatakan "serupa tapi tak sama" dengan kredibilitas?
September 13, 2013, 12:27:53 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2554
  • Gender: Male
apakah integritas itu bisa dikatakan "serupa tapi tak sama" dengan kredibilitas?

Tidak sama, kredibilitas itu nilai seseorang yang dapat dipercaya, artinya kalau janji a maka dilakukan a bukan b.

Silahkan baca Mazmur 15:4, mungkin lebih cocok untuk memahami kredibilitas.
September 14, 2013, 11:32:41 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 868
Integritas memiliki makna literal kesatuan / utuh.

Dalam konteks kepribadian, dapat kita artikan sebagai : satu kata dan perbuatan.
Alias tidak pura-pura, tidak munafik, tidak ngomong A kelakuan B, tidak punya banyak kepribadian.

GBU
September 15, 2013, 07:22:35 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 564
  • Denominasi: Apa saja sah dan boleh-boleh sajalah yauwww..
Quote
Integrity Menurut New International Version

Deuteronomy 9:5
It is not because of your righteousness or your integrity that you are going in to take possession of their land; but on account of the wickedness of these nations, the LORD your God will drive them out before you, to accomplish what he swore to your fathers, to Abraham, Isaac and Jacob.
1 Kings 9:4
 “As for you, if you walk before me faithfully with integrity of heart and uprightness, as David your father did, and do all I command and observe my decrees and laws,
1 Chronicles 29:17
I know, my God, that you test the heart and are pleased with integrity. All these things I have given willingly and with honest intent. And now I have seen with joy how willingly your people who are here have given to you.
Nehemiah 7:2
I put in charge of Jerusalem my brother Hanani, along with Hananiah the commander of the citadel, because he was a man of integrity and feared God more than most people do.
Job 2:3
Then the LORD said to Satan, “Have you considered my servant Job? There is no one on earth like him; he is blameless and upright, a man who fears God and shuns evil. And he still maintains his integrity, though you incited me against him to ruin him without any reason.”
Job 2:9
His wife said to him, “Are you still maintaining your integrity? Curse God and die!”
Job 6:29
Relent, do not be unjust; reconsider, for my integrity is at stake. [Or my righteousness still stands]
Job 27:5
I will never admit you are in the right; till I die, I will not deny my integrity.
Psalm 7:8
Let the LORD judge the peoples. Vindicate me, LORD, according to my righteousness, according to my integrity, O Most High.
Psalm 25:21
May integrity and uprightness protect me, because my hope, LORD, [Septuagint; Hebrew does not have LORD.] is in you.
Psalm 41:12
Because of my integrity you uphold me and set me in your presence forever.
Psalm 78:72
And David shepherded them with integrity of heart; with skillful hands he led them.
Proverbs 10:9
Whoever walks in integrity walks securely, but whoever takes crooked paths will be found out.
Proverbs 11:3
The integrity of the upright guides them, but the unfaithful are destroyed by their duplicity.
Proverbs 13:6
Righteousness guards the person of integrity, but wickedness overthrows the sinner.
Proverbs 29:10
The bloodthirsty hate a person of integrity and seek to kill the upright.
Isaiah 45:23
By myself I have sworn, my mouth has uttered in all integrity a word that will not be revoked: Before me every knee will bow; by me every tongue will swear.
Isaiah 59:4
No one calls for justice; no one pleads a case with integrity. They rely on empty arguments, they utter lies; they conceive trouble and give birth to evil.
Matthew 22:16
They sent their disciples to him along with the Herodians. “Teacher,” they said, “we know that you are a man of integrity and that you teach the way of God in accordance with the truth. You aren’t swayed by others, because you pay no attention to who they are.
Mark 12:14
They came to him and said, “Teacher, we know that you are a man of integrity. You aren’t swayed by others, because you pay no attention to who they are; but you teach the way of God in accordance with the truth. Is it right to pay the imperial tax [A special tax levied on subject peoples, not on Roman citizens] to Caesar or not?
2 Corinthians 1:12
 [ Paul’s Change of Plans ] Now this is our boast: Our conscience testifies that we have conducted ourselves in the world, and especially in our relations with you, with integrity [Many manuscripts holiness] and godly sincerity. We have done so, relying not on worldly wisdom but on God’s grace.
Titus 2:7
In everything set them an example by doing what is good. In your teaching show integrity, seriousness

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)