Author Topic: Apakah orang Kristen boleh bertattoo ?  (Read 3738 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 06, 2013, 04:06:58 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 32
  • Gender: Female
  • Tuhan adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku
  • Denominasi: Kharismatik
SEKEDAR MENGINGATKAN, JIKA ANDA INGIN MEREPLY, SEBAIKNYA ANDA BACA DENGAN SEKSAMA, IKUTI REPLY DAN KOMEN TEMAN2 YANG SUDAH MEMBALASNYA, INI BUKAN TEMPAT JUNK

“Janganlah kamu menggoresi tubuhmu karena orang mati dan janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu; Akulah TUHAN” (Imamat 19:28)

1) "Janganlah kamu menggoresi tubuhmu karena orang mati"
Masih ingatkah anda bahwa di Papua, masih terdapat salah satu kebudayaan yang jika Istri meninggal, suami harus memotong jarinya. Itulah yang sebenarnya Tuhan larang, menyiksa diri karena orang mati.

2) "janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu, Akulah TUHAN"
Tidak bisa kita memisahkan kedua kalimat ini "janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu" dan "Akulah TUHAN" keduanya tidak bisa dipisahkan. Karena itu adalah rangkaian satu kalimat.
Masih ingatkah anda bahwa salah satu suku di Dayak memiliki tattoo ? garis-garis hitam yang ada di seluruh badan mereka yang ada diantaranya menggunakan tanda-tanda dewa mereka ?
Itulah yang Tuhan maksud. Tuhan tidak menghendaki kita mentattoo lambang-lambang yang tidak jelas. Dengan kata lain Tuhan berkata "Akulah Tuhan Allahmu, jadi janganlah kau merajah lambang-lambang lain pada kulitmu". Itulah maksud ayat diatas.

Pertanyaannya, BERARTI KITA BOLEH MENTATTOO NAMA YESUS DI TUBUH KITA ?
Ini pertanyaan menarik. Kita lihat dulu esensinya. Apakah merokok itu merusak tubuh ? Jawabannya YA. Para perokok pun sebenarnya setuju dalam hati kecil mereka.
Kemudian apakah mentattoo itu merusak tubuh ? Jawabannya RELATIF.

Kenapa relatif ? Kebanyakan dari kita hanya berpatokan pada ayat ini:
1Korintus 6:19-20
6:19Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait ROH KUDUS yang diam di dalam kamu, ROH KUDUS yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?6:20Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Nah, ini adalah ayat yang dipakai untuk senjata pamungkas orang-orang Kristen. Sebenarnya jika kita meneliti ayatnya dalam satu konteks penuh (dari ayat 1-20) maka Paulus ini berbicara tentang banyak hal, yang pasti semuaya berkaitan dengan Dosa.

Apakah bertattoo sama dengan mengotori bait Allah ?
Kalau kita melihat kata mengotori disini berhubungan dengan fisik, hal yang kelihatan, secara "harafiah".
Orang beranggapan jika bertattoo akan mengotori kulit, sehingga juga mengotori bait Allah.
ITU HANYA SECARA HARAFIAH
Karena jika secara harafiah, saya juga bisa mengatakan "tattoo adalah dekorasi untuk mempercantik bait Allah"
Karena selera orang dalam mengekspresikan sesuatu bisa berbeda satu sama lain.
baca : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2009/02/23/145751/1089105/427/pemain-pemain-religius
banyak pemain sepak bola brazil yang mentattoo tubuhnya dengan tulisan
"Jesus lives in Walsall" (Yesus ada di Walsall)
"I Belong to Jesus" (aku milik Yesus)
"God is Faithful"
"100% jesus"
dan lain2.
Pada saat mereka mencetak gol, mereka dengan bangganya membuka baju mereka, dan membiarkan seluruh dunia melihat tattoo di badannya yang bertuliskan "100% Jesus".
Ini adalah ungkapan dan ekspresi bersyukur, bersorak sorai, mengembalikan kemuliaan kepada Yesus. Dan bisa berarti "Bukan karena kuat dan gagahku bisa mencetak gol, tapi karena Yesus ada di dalamku."

“Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah” (1 Korintus 10:31)

Tuhan tidak melihat fisik, Tuhan melihat hati. Berarti yang dikatakan bahwa tattoo akan mengotori bait Allah itu adalah sesuatu yang sangat harafiah, dan bukan menunjukkan makna sebenarnya dari ayat itu.
Yang benar adalah, tubuh kita adalah bait Allah, maka jangan mengotorinya dari perbuatan DOSA.
persembahkan tubuhmu menjadi persembahan yang hidup, dan yang BERKENAN kepada Allah, itu adalah ibadahmu yang sejati.
« Last Edit: November 12, 2013, 06:38:06 AM by m4rlin3 »
Seperti rusa merindukan air, demikianlah jiwaku merindukan Engkau
November 06, 2013, 08:28:37 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2614
"...janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu..."

Tidak ada perkataan Tuhan yang sia-sia. Artinya selalu ada maksud dan tujuan dibaliknya. Ane tidak tau persis alasan (asal muasal) Tuhan menitahkan ayat ini. Tapi kalo berbicara soal tato, khusus yg permanen menggunakan jarum & tinta, sejak jaman PL, PB hingga saat ini, tidak ada yg dapat menjamin bahwa tintanya tidak akan masuk ke dalam darah. Bagaimana jika tinta tersebut terkontaminasi? Silahkan cek via mbah gugel. Bahaya lainnya adalah penggunaan jarum yg secara tidak langsung dapat menyebabkan penyakit maut seperti AIDS.

Dalam darah ada nyawa, jadi segala sesuatu yg "mengancam" kemurnian darah juga mengacam nyawa. Memang betul, tato juga dipake murni dalam bidang kesehatan untuk menutupi bercak-bercak pada bagian tubuh. Tapi itu bukan tanpa reksiko. IMHO, Tuhan sudah melihat jauh ke dapan bahwa tato ini lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya.

Beda orang, beda juga penafsiran. Sekalipun perintah ini tidak termasuk dalam 10 perintah tapi jika Tuhan yg memerintahkan, masakan kita tidak mau menurutinya? Hal lainnya yang mungkin bisa jadi patokan adalah Yesus tidak bertato.
November 06, 2013, 11:00:24 PM
Reply #2
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12115
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
November 07, 2013, 12:50:45 AM
Reply #3
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 32
  • Gender: Female
  • Tuhan adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku
  • Denominasi: Kharismatik
"...janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu..."

Tidak ada perkataan Tuhan yang sia-sia. Artinya selalu ada maksud dan tujuan dibaliknya. Ane tidak tau persis alasan (asal muasal) Tuhan menitahkan ayat ini. Tapi kalo berbicara soal tato, khusus yg permanen menggunakan jarum & tinta, sejak jaman PL, PB hingga saat ini, tidak ada yg dapat menjamin bahwa tintanya tidak akan masuk ke dalam darah. Bagaimana jika tinta tersebut terkontaminasi? Silahkan cek via mbah gugel. Bahaya lainnya adalah penggunaan jarum yg secara tidak langsung dapat menyebabkan penyakit maut seperti AIDS.

Dalam darah ada nyawa, jadi segala sesuatu yg "mengancam" kemurnian darah juga mengacam nyawa. Memang betul, tato juga dipake murni dalam bidang kesehatan untuk menutupi bercak-bercak pada bagian tubuh. Tapi itu bukan tanpa reksiko. IMHO, Tuhan sudah melihat jauh ke dapan bahwa tato ini lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya.

Beda orang, beda juga penafsiran. Sekalipun perintah ini tidak termasuk dalam 10 perintah tapi jika Tuhan yg memerintahkan, masakan kita tidak mau menurutinya? Hal lainnya yang mungkin bisa jadi patokan adalah Yesus tidak bertato.


"...janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu..."


satu bagian sebaiknya jangan dipotong2... masih ada lanjutannya "Akulah Tuhan" di belakang kalimat tersebut. Seperti yang saya bilang diatas.

kemungkinan negatif dari bertato:
http://www.republika.co.id/berita/internasional/abc-australia-network/13/11/02/mvlx8b-awas-tinta-tato-di-australia-mengandung-racun
http://www.asatunews.com/berita-11520-waspada-kanker-mengintai-orang-bertato.html


betul...
Semua kegiatan pasti ada resikonya. Makan pun bisa keracunan, menyeberang jalan bisa tertabrak, jalan malam-malam bisa ditodong. Itulah sebabnya dalam bertattoo harus memenuhi standart rumah sakit, antara lain:
1) Jarum harus selalu baru, tidak boleh bekas
2) Tinta harus selalu baru, tinta khusus tattoo yang berasal dari bahan-bahan herbal
3) Sarung tangan tattooist harus baru
4) Peralatan tattoo haruslah steril
5) Ruangan tattoo jika tidak dipakai harus diterangi dengan sinar ultraviolet untuk membunuh bakteri
6) Hindari tattoo temporary, karena tattoo temporary dengan tinta palsu yang dapat bertahan hingga 3 bulan keatas memungkinkan kita terkena kanker kulit. Tinta tattoo temporary yang asli hanya bertahan 3 hari.

Oleh sebab itu, jika seorang tattooist tidak mengikuti standart diatas, lebih baik kita tidak usah mentattoo, karena tidak steril.
Tuhan sudah memberi kita hikmat, akal pikiran untuk membedakan yang baik dengan yang buruk. Tattoo tidak steril memungkinkan adanya penyakit. Sama halnya dengan kita makan di pinggir jalan akan mudah sakit perut, daripada telor dadar yang kita buat sendiri di rumah.
« Last Edit: November 07, 2013, 12:56:36 AM by m4rlin3 »
Seperti rusa merindukan air, demikianlah jiwaku merindukan Engkau
November 07, 2013, 01:16:05 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Denominasi: Trinitarian Non Denominasi !!
betul...
Semua kegiatan pasti ada resikonya. Makan pun bisa keracunan, menyeberang jalan bisa tertabrak, jalan malam-malam bisa ditodong. Itulah sebabnya dalam bertattoo harus memenuhi standart rumah sakit, a
Oleh sebab itu, jika seorang tattooist tidak mengikuti standart diatas, lebih baik kita tidak usah mentattoo, karena tidak steril.
Tuhan sudah memberi kita hikmat, akal pikiran untuk membedakan yang baik dengan yang buruk. Tattoo tidak steril memungkinkan adanya penyakit. Sama halnya dengan kita makan di pinggir jalan akan mudah sakit perut, daripada telor dadar yang kita buat sendiri di rumah.
Tatto dan STERIL .... dua HAL yg tidak boleh dipisahkan !
Melalui Alkitab, Tuhan Allah menginginkan kita melakukan Tatto yg disebut SUNAT HATI !
Tujuan SUNAT HATI adalah agar kita STERIL= SUCI ! Mengapa kita harus STERIL / SUCI ?
Nah silahkan dijawab ya dengan Hikmat dan Akal Pikiran dari Alkitab !  :afro:!
November 08, 2013, 06:17:44 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2614
satu bagian sebaiknya jangan dipotong2... masih ada lanjutannya "Akulah Tuhan" di belakang kalimat tersebut. Seperti yang saya bilang diatas.

Setuju. Makanya ane menyisipkan kalimat, "beda orang, beda penafsiran". Kalo ane memaknai kalimat tersebut menjadi : "Ini Aku, Tuhan, yang berkata!". Karena IMHO, Dia tau, bahkan setelah Dia kasih perintah tersebut pun masih ada yg tidak mau menurutinya. Sekali lagi, beda orang beda penafsiran.

Izinkan ane bertanya  : Apakah masbro/mbaksis (mana sih yg bener?) setuju dengan tato? Atau jangan-jangan sudah pernah ditato?
Karena dari komen-komennya, tidak ada kalimat yg secara tersurat mengatakan kalo masbro/mbaksis @m4rlin3 setuju atau tidak. Terkesan hanya bersifat netral atau mungkin secara tersirat tapi ane ga bisa menangkapnya.

...Semua kegiatan pasti ada resikonya. Makan pun bisa keracunan, menyeberang jalan bisa tertabrak, jalan malam-malam bisa ditodong. Itulah sebabnya dalam bertattoo harus memenuhi standart rumah sakit...
Betul. Tapi apa tujuan "positif" tato? Makan, menyebrang dan berjalan sudah pasti ada tujuan positifinya. Kalo tato? Bagaimana menurut masbro/mbaksis @m4rlin3?
« Last Edit: November 10, 2013, 11:15:57 PM by shadowing »
November 12, 2013, 05:06:59 AM
Reply #6
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 32
  • Gender: Female
  • Tuhan adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku
  • Denominasi: Kharismatik
Tatto dan STERIL .... dua HAL yg tidak boleh dipisahkan !
Melalui Alkitab, Tuhan Allah menginginkan kita melakukan Tatto yg disebut SUNAT HATI !
Tujuan SUNAT HATI adalah agar kita STERIL= SUCI ! Mengapa kita harus STERIL / SUCI ?
Nah silahkan dijawab ya dengan Hikmat dan Akal Pikiran dari Alkitab !  :afro:!

betul.. saya sangat setuju yang dimaksud tattoo secara rohani adalah SUNAT HATI, itu adalah tattoo yang menandakan kita sudah lahir baru. Benar, sunat hati menjadikan kita steril dan suci. Mengapa kita harus steril dan suci ? Karena Allah steril dan suci dari perbuatan dosa.
Hubungannya dengan tattoo fisik ? Kita sedang bahas tattoo fisik loh...
Seperti rusa merindukan air, demikianlah jiwaku merindukan Engkau
November 12, 2013, 06:13:44 AM
Reply #7
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 32
  • Gender: Female
  • Tuhan adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku
  • Denominasi: Kharismatik
Setuju. Makanya ane menyisipkan kalimat, "beda orang, beda penafsiran". Kalo ane memaknai kalimat tersebut menjadi : "Ini Aku, Tuhan, yang berkata!". Karena IMHO, Dia tau, bahkan setelah Dia kasih perintah tersebut pun masih ada yg tidak mau menurutinya. Sekali lagi, beda orang beda penafsiran.

Sekali lagi anda kurang teliti membaca tulisan saya di atas. Mohon dibaca pelan-pelan, sehingga tidak ada yang terlewatkan. Karena jika anda paham apa yang saya maksudkan di atas, tulisan saya tidak akan bertentangan dengan Alkitab.

Izinkan ane bertanya  : Apakah masbro/mbaksis (mana sih yg bener?) setuju dengan tato? Atau jangan-jangan sudah pernah ditato?

Saya bertattoo atau tidak, saya bersih hatinya atau tidak, saya bersunat hati atau tidak, itu urusan saya dengan Tuhan. Tuhan melihat hati saya yang sungguh-sungguh ingin menyenangkan hatiNya. Apakah dengan seseorang bertattoo menjadikan dia Alien di depan anda ? Saya tidak menyalahkan orang bertattoo sebagai seorang yang kita harus jauhi dari pergaulan kita. Karena Yesus pun juga sering berkumpul bersama orang berdosa. Yesus sering dikelilingi oleh rok mini, pemabuk, dan pendosa lain, tetapi Yesus enjoy bercanda dengan mereka. Apakah anda anti dengan mereka ? Jika iya, anda tidak ada bedanya dengan para ahli taurat. Tidak semua orang bertattoo itu kotor hatinya, sama seperti tidak semua orang yang bersih kulitnya juga bersih hatinya. Saya hanya mengingatkan anda. (panggil saya sist)

...Semua kegiatan pasti ada resikonya. Makan pun bisa keracunan, menyeberang jalan bisa tertabrak, jalan malam-malam bisa ditodong. Itulah sebabnya dalam bertattoo harus memenuhi standart rumah sakit...
Betul. Tapi apa tujuan "positif" tato? Makan, menyebrang dan berjalan sudah pasti ada tujuan positifinya. Kalo tato? Bagaimana menurut masbro/mbaksis @m4rlin3?

Sekali lagi anda tidak membaca tulisan saya diatas. Anda membacanya terlalu cepat. Saya akan mengulangi sekali lagi, jika saya masih menemukan pertanyaan yang jawabannya sudah saya tuliskan, saya tidak akan menjawabnya. Tujuan positif bertattoo nama Yesus adalah mengekspresikan diri, ekspresi yang meluap-luap yang menujukkan hanya DIAlah Juruselamat yang ditattoo tersebut.

Anda tidak paham ? tentu saja anda tidak paham. Hanya mereka yang paham. Mereka punya hubungan pribadi dengan Tuhan. Saya pernah berbicara dari hati ke hati dengan seorang preman di Jogja yang saya kaget ternyata ada gambar Yesus di lengannya. Waktu saya tanya kenapa ada tattoo Yesus di lengannya? dia menjawab dulu Yesus pernah menyelamatkan nyawanya dari keadaan yang hampir mati karena tertusuk pisau. Sehingga dia bertobat dan diselamatkan, walaupun dia enggan ke gereja krn dianggap Alien oleh orang2 gereja krn penampilannya. Tetapi dia tetap memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan. Saya bekas orang dunia malam, setelah bertobat, saya mendapatkan poin2 berharga yang tidak akan anda dapatkan di dalam gereja.

Sebuah Alkitab bisa disembunyikan dihadapan orang-orang yang tidak percaya, supaya tidak ketahuan kalau dia Kristen. tetapi tattoo tidak bisa disembunyikan. Bagi mereka yang bertattoo nama Yesus, itu adalah sebuah kesaksian bagi mereka tentang Yesus hingga mereka meninggal, karena tattoo tidak bisa hilang. Itu adalah komitmen mereka...

Saya tidak memberikan jawaban yang benar dan yang salah, karena saya memberikan pengertian yang sebenarnya. Oleh sebab itu saya katakan, tattoo dengan gambar yang tidak memuliakan nama Tuhan, tidak berkenan di mata Tuhan. Orang yang tidak bertattoo tetapi berbuat dosa juga tidak berkenan di mata Tuhan. Bahkan seseorang yang memiliki tattoo Yesus di tubuhnya pun tetapi tidak memuliakan nama Tuhan dan sering berbuat dosa, dia juga tidak berkenan di mata Tuhan. Karena Tuhan hanya menginginkan HATI yang 100% tertuju kepadaNya.

Jangan hanya mendengar dari perkataan pendeta modern, atau theologi saat ini, yang kebanyakan dari mereka tidak pernah bersentuhan dengan dunia malam. Mereka mengatakan "Tattoo itu salah", padahal "Salah yang bagaimana dulu?" Salah menurut mereka atau menurut Tuhan ? Mereka sering berkumpul hanya dengan sesama saudara seiman mereka. Saling menguatkan iman antara sesama orang yang sudah punya iman, tetapi mereka tidak tau apa yang terjadi sebenarnya. Sesekali bergaullah dengan pendosa tanpa berbuat dosa.
Dengarkan isi hati mereka... kebanyakan pendeta tidak tau apa-apa. tapi TANYA TUHAN...  dengan begitu anda tidak akan menjudge orang lain seperti dalam pikiran anda. Sekali lagi, tanya Tuhan... minta hikmat, ambil sikap rendah hati, tanya apa yang sebenarnya Tuhan maksudkan. Jika tidak, anda tidak akan mengerti sampai kapan pun.
« Last Edit: November 12, 2013, 07:37:06 AM by m4rlin3 »
Seperti rusa merindukan air, demikianlah jiwaku merindukan Engkau
November 12, 2013, 09:06:52 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 688
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Gua sih gak masalah tuh dengan urusan tato mentato, dulu bahkan sempat tindik nih kuping.

Cuma yah, cari yang bersih supaya gak ketularan penyakit.
November 12, 2013, 03:36:03 PM
Reply #9
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 32
  • Gender: Female
  • Tuhan adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku
  • Denominasi: Kharismatik
Gua sih gak masalah tuh dengan urusan tato mentato, dulu bahkan sempat tindik nih kuping.

Cuma yah, cari yang bersih supaya gak ketularan penyakit.

benar, Tuhan sudah memberi akal sehat untuk selalu memiih yang bersih dan steril.
Tapi harus anda pertimbangkan apakah itu untuk memuliakan nama Tuhan, atau sekedar gaya2an.
Tuhan tau motivasi hati kita loh, hanya anda dan Tuhan yang tau  :afro:
« Last Edit: November 12, 2013, 06:58:32 PM by m4rlin3 »
Seperti rusa merindukan air, demikianlah jiwaku merindukan Engkau
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)