Author Topic: Apakah orang Kristen boleh bertattoo ?  (Read 3781 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 12, 2013, 09:50:15 PM
Reply #10
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 93
Saya dari muka sampai kaki penuh tatoo. Nasehat saya buat yang belum tatooan : Biarkan anda tinggal dalam keaadaan anda yang bersih dari tatoo...masih banyak cara dan sarana lain untuk mengekspresikan diri.....
November 13, 2013, 02:20:32 AM
Reply #11
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 32
  • Gender: Female
  • Tuhan adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku
  • Denominasi: Kharismatik
Saya dari muka sampai kaki penuh tatoo. Nasehat saya buat yang belum tatooan : Biarkan anda tinggal dalam keaadaan anda yang bersih dari tatoo...masih banyak cara dan sarana lain untuk mengekspresikan diri.....

Ya enggak segitunya juga kali... gimana nanti klo pengen nyari gawean ?
Klo sekiranya masyarakat kita menilai negatif orang bertattoo, ya sebaiknya jangan tattoo banyak2.
mungkin di bagian yang tersembunyi.

Kita bijaksana aja lah....
Pengen bertattoo tetapi tidak pengen dijauhi orang, ya bertattoo nya ditempat yang tidak gampang terlihat. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan keduanya.

Tapi tetap harus diingat, bahwa jika itu hanya untuk gaya2an, tidak berkenan dimata Tuhan.
« Last Edit: November 13, 2013, 02:24:04 AM by m4rlin3 »
Seperti rusa merindukan air, demikianlah jiwaku merindukan Engkau
November 13, 2013, 06:02:13 AM
Reply #12
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 93
Ya enggak segitunya juga kali... gimana nanti klo pengen nyari gawean ?
Klo sekiranya masyarakat kita menilai negatif orang bertattoo, ya sebaiknya jangan tattoo banyak2.
mungkin di bagian yang tersembunyi.

Kita bijaksana aja lah....
Pengen bertattoo tetapi tidak pengen dijauhi orang, ya bertattoo nya ditempat yang tidak gampang terlihat. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan keduanya.


Makanya saya kasih nasehat spt itu krn ada resiko sosial yang harus siap dihadapi.
Quote
Tapi tetap harus diingat, bahwa jika itu hanya untuk gaya2an, tidak berkenan dimata Tuhan.

Iya sista. Saya tatooan dulu sewaktu sy kafir.....
baik tersembunyi maupun terlihat apapun motifnya tiada lain adalah hanya untuk gaya2an, nasehat saya buat pemuda remaja Kristen yang masih bersih belum tatooan : tetaplah tinggal dalam keadaan anda sekarang.
Bahkan ada aliran Kristen yang berpandangan bahwa tatoo dapat dijadikan sarana roh jahat mampir ke tubuh ybs. Saya pernah ikut pelepasan ini dan manifestasinya saat itu memang mengarah ke gambar2 tatoo yang ada.

Syalom, GBU.
November 13, 2013, 10:02:12 AM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2614
Sungguh ane ga ngerti, mbaksis @m4rlin3 ini sedang mengarah ke mana? Judul trit ini kan sudah jelas "APAKAH ORANG Kristen BOLEH BERTATO"? Dan ane coba komen dengan sudut pandang Alkitab BERDASARKAN Im 19:28. Kok jadinya seolah-olah mbaksis @@m4rlin3 "menganggap" ane sedang mendiskreditkan orang yg SUDAH bertato. Tolong diperhatikan lagi komen-komen ane. Ane hanya berfokus kepada urusan TATO-nya saja. Bukan kepada ORANG-nya.

Ibaratnya, ketika ada orang Kristen yg BELUM bertato ketemu ane, trus dia nanya, boleh ga orang Kristen bertato maka ane dengan argumen ane (Juga memakai Im 19:28) berusaha "MENCEGAH" dia supaya jangan bertato. Ane ga ada masalah dengan orang yg SUDAH bertato. Banyak temen-temen ane yg Kristen & belum Kristen bertato dan ga ada masalah dengan mereka.

Soal tafsiran, silahkan mbaksis @m4rlin3 mencari tafsiran-tafsiran tentang Im 19:28 menurut bahasa aslinya supaya lebih jelas atau mungkin sudah ada di forum ini. Sekali lagi, beda orang beda penafsiran.

BTW, kenapa ane tanya apakah mbaksis pro atau kontra dengan tato? Ini masalah prinsip ane dalam berdiskusi az, untuk mencegah diskusi menjadi ambigu (ga jelas pro atau kontra) atau menjurus pada debat kusir dengan ending yg jelas. Dengan ini jelas kesimpulannya (setelah ane membaca komen-komen mbaksis @m4rlin3 yg terbaru) kalo mbaksis PRO dengan tato atau dengan kata lain menurut mbaksis ORANG Kristen BOLEH BERTATO. CMIIW please.

Saatnya ane mengundurkan diri dari trit ini.
« Last Edit: November 13, 2013, 10:29:01 AM by shadowing »
November 14, 2013, 03:46:33 AM
Reply #14
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 32
  • Gender: Female
  • Tuhan adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku
  • Denominasi: Kharismatik
Makanya saya kasih nasehat spt itu krn ada resiko sosial yang harus siap dihadapi.

Benar sekali kok, dalam segala hal kita dituntut bijaksana.
Segala hal baik saja, jika dilakukan secara berlebihan juga hasilnya jadi tidak baik.
Makan kalau kebanyakan bisa jadi obesitas, jika kita memberi semua harta kita ke orang miskin sampai kita sendiri tidak bisa makan, juga kurang bijaksana.

Iya sista. Saya tatooan dulu sewaktu sy kafir.....
baik tersembunyi maupun terlihat apapun motifnya tiada lain adalah hanya untuk gaya2an, nasehat saya buat pemuda remaja Kristen yang masih bersih belum tatooan : tetaplah tinggal dalam keadaan anda sekarang.
Bahkan ada aliran Kristen yang berpandangan bahwa tatoo dapat dijadikan sarana roh jahat mampir ke tubuh ybs. Saya pernah ikut pelepasan ini dan manifestasinya saat itu memang mengarah ke gambar2 tatoo yang ada.

Syalom, GBU.

Yub bener banget... jika tattoo hanya untuk gaya2an lebih baik nggak usah ditattoo, karena tidak ada motivasinya sama sekali. Justru itu yang dilarang Alkitab, merajah tanda2 yang tidak jelas pada kulit yang tidak ada hubungannya sama Tuhan.
Tapi memang sih, lebih amannya memang tidak bertattoo. Karena tidak semua orang memandang tattoo sebagai hal positif, yang ada juga orang2 gereja anggapannya selalu suudzon (kata org Islam).

Kalau tattoo sering dihinggapi roh jahat, jadi ceritanya gini...
Misalkan kita punya tattoo naga di lengan, sebenarnya tattoo naga itu tidak masalah. Tetapi Kalau kita sering melihat tattoo tersebut, yang ada di bayangan kita itu selalu iblis. Nah, disitu iblis mendoktrin kalau kita itu seorang pemberani dan kuat seperti naga. Apalagi ditambah pujian dari teman-teman yang rock n roll "wuih keren tattoo naganya". Pikiran bangga dengan naga akan tertanam dalam hati kita secara gak sadar, dan sifat kita pun berangsur2 akan berubah seperti naga, emosional. Itulah yang bikin kita kehilangan kemuliaan Tuhan. Jadi bukan tattoonya, tapi si iblisnya.
Seperti rusa merindukan air, demikianlah jiwaku merindukan Engkau
November 14, 2013, 04:10:54 AM
Reply #15
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 32
  • Gender: Female
  • Tuhan adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku
  • Denominasi: Kharismatik
Sungguh ane ga ngerti, mbaksis @m4rlin3 ini sedang mengarah ke mana? Judul trit ini kan sudah jelas "APAKAH ORANG Kristen BOLEH BERTATO"? Dan ane coba komen dengan sudut pandang Alkitab BERDASARKAN Im 19:28. Kok jadinya seolah-olah mbaksis @@m4rlin3 "menganggap" ane sedang mendiskreditkan orang yg SUDAH bertato. Tolong diperhatikan lagi komen-komen ane. Ane hanya berfokus kepada urusan TATO-nya saja. Bukan kepada ORANG-nya.

jadi malu :ashamed0004:, cape2 emosi ternyata salah, mohon dimaafkan  :ashamed0004: :ashamed0004: :ashamed0004:
Maksud saya intinya, Segala sesuatu harus dilakukan supaya Nama Tuhan dimuliakan. Sebenernya urusan tattoo itu sendiri TIDAK SESIMPLE itu... Harus benar2 didasari oleh hati yang 100% mau memuliakan Nama Tuhan. Jadi tidak bisa kalo ada seseorang yang pengen ditattoo lalu bilang "ahh gw pengen tattoo salib di leher belakang, biar keren"... titik!... NGGAK BOLEH loh itu, soalnya motivasinya cuma buat gaya2an.

Ibaratnya, ketika ada orang Kristen yg BELUM bertato ketemu ane, trus dia nanya, boleh ga orang Kristen bertato maka ane dengan argumen ane (Juga memakai Im 19:28) berusaha "MENCEGAH" dia supaya jangan bertato. Ane ga ada masalah dengan orang yg SUDAH bertato. Banyak temen-temen ane yg Kristen & belum Kristen bertato dan ga ada masalah dengan mereka.

Soal tafsiran, silahkan mbaksis @m4rlin3 mencari tafsiran-tafsiran tentang Im 19:28 menurut bahasa aslinya supaya lebih jelas atau mungkin sudah ada di forum ini. Sekali lagi, beda orang beda penafsiran.

BTW, kenapa ane tanya apakah mbaksis pro atau kontra dengan tato? Ini masalah prinsip ane dalam berdiskusi az, untuk mencegah diskusi menjadi ambigu (ga jelas pro atau kontra) atau menjurus pada debat kusir dengan ending yg jelas. Dengan ini jelas kesimpulannya (setelah ane membaca komen-komen mbaksis @m4rlin3 yg terbaru) kalo mbaksis PRO dengan tato atau dengan kata lain menurut mbaksis ORANG Kristen BOLEH BERTATO. CMIIW please.

Saatnya ane mengundurkan diri dari trit ini.

Di postingan saya sebelumnya saya kan bilang gini
...Oleh sebab itu saya katakan, tattoo dengan gambar yang tidak memuliakan nama Tuhan, tidak berkenan di mata Tuhan. Orang yang tidak bertattoo tetapi berbuat dosa juga tidak berkenan di mata Tuhan. Bahkan seseorang yang memiliki tattoo Yesus di tubuhnya pun tetapi tidak memuliakan nama Tuhan dan sering berbuat dosa, dia juga tidak berkenan di mata Tuhan. Karena Tuhan hanya menginginkan HATI yang 100% tertuju kepadaNya.

Jadi sebenarnya syarat bertattoo itu banyak, diantaranya:
1) Tattoo haruslah mengandung pesan untuk kesaksian/kemuliaan Tuhan
2) Tattoo nama Yesus sebagai komitmen bahwa Yesus adalah Juruselamat seumur hidup
3) Bertattoo "I love u Jesus" dan tidak malu untuk menunjukkan tattoonya, dan menyaksikan Yesusnya ke orang yang belum percaya
4) Tattoo bukan untuk gaya2an/serem2an
5) Tattoonya jangan banyak2 supaya tidak negatif di mata masyarakat

Jika sekiranya syarat2 itu TIDAK YAKIN untuk dipenuhi, lebih aman memang tidak usah bertattoo hehehhe soalnya nanti tujuannya jadi nggak jelas. Intinya ke motivasi hati sih.
« Last Edit: November 14, 2013, 04:36:13 AM by m4rlin3 »
Seperti rusa merindukan air, demikianlah jiwaku merindukan Engkau
November 15, 2013, 11:45:55 PM
Reply #16
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12115
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
ingat kalimat di situs apa gitu, yang intinya
kalau tubuh kita bait Allah mengapa kita tidak menghiasinya dengan tato  :char11:

yuk rame-rame bikin tato salib atau yang bernuansa Kristen  :cheesy:   :happy0025:


menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
November 16, 2013, 05:19:33 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
jadi malu :ashamed0004:, cape2 emosi ternyata salah, mohon dimaafkan  :ashamed0004: :ashamed0004: :ashamed0004:
Maksud saya intinya, Segala sesuatu harus dilakukan supaya Nama Tuhan dimuliakan. Sebenernya urusan tattoo itu sendiri TIDAK SESIMPLE itu... Harus benar2 didasari oleh hati yang 100% mau memuliakan Nama Tuhan. Jadi tidak bisa kalo ada seseorang yang pengen ditattoo lalu bilang "ahh gw pengen tattoo salib di leher belakang, biar keren"... titik!... NGGAK BOLEH loh itu, soalnya motivasinya cuma buat gaya2an.

Di postingan saya sebelumnya saya kan bilang gini
Jadi sebenarnya syarat bertattoo itu banyak, diantaranya:
1) Tattoo haruslah mengandung pesan untuk kesaksian/kemuliaan Tuhan
2) Tattoo nama Yesus sebagai komitmen bahwa Yesus adalah Juruselamat seumur hidup
3) Bertattoo "I love u Jesus" dan tidak malu untuk menunjukkan tattoonya, dan menyaksikan Yesusnya ke orang yang belum percaya
4) Tattoo bukan untuk gaya2an/serem2an
5) Tattoonya jangan banyak2 supaya tidak negatif di mata masyarakat

Jika sekiranya syarat2 itu TIDAK YAKIN untuk dipenuhi, lebih aman memang tidak usah bertattoo hehehhe soalnya nanti tujuannya jadi nggak jelas. Intinya ke motivasi hati sih.

Broo@marlin3..

Mungkin jika kita hidup di jaman Perjanjian Lama...Tattoo..boleh dibuat nyata dan menyolok kelihatan ngejreng di atas kulit manusia..mau di posisikan di bagian tubuh bagian manapun ga masalah...loh.BrooW...
Namun sekarang setelah zaman Tuhan Yesus Kristus lahir kedunia ini Maka adalah zaman Perjanjian Baru.dan segala sesuatunya adalah di ajarkan hidup secara ROH DAN KEBENARAN...Makaya tatoo pu d buat harus tidak kelihatan menyolk....namun dampaknya ada dan mejadi berkat bagi dirinya, orang lain disekitarya maupun Tuhan-NYA...dan gerejanya....
Itu namanya TATTOO SECARA KEROHAIAN....BUKAN KASAT MATA SECARA JASMANIAH..

Salam GBU..
November 19, 2013, 01:17:14 AM
Reply #18
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12115
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
Broo@marlin3..

Mungkin jika kita hidup di jaman Perjanjian Lama...Tattoo..boleh dibuat nyata dan menyolok kelihatan ngejreng di atas kulit manusia..mau di posisikan di bagian tubuh bagian manapun ga masalah...loh.BrooW...
Namun sekarang setelah zaman Tuhan Yesus Kristus lahir kedunia ini Maka adalah zaman Perjanjian Baru.dan segala sesuatunya adalah di ajarkan hidup secara ROH DAN KEBENARAN...Makaya tatoo pu d buat harus tidak kelihatan menyolk....namun dampaknya ada dan mejadi berkat bagi dirinya, orang lain disekitarya maupun Tuhan-NYA...dan gerejanya....
Itu namanya TATTOO SECARA KEROHAIAN....BUKAN KASAT MATA SECARA JASMANIAH..

Salam GBU..
idem kaya kasus "sunat" :)
sunat batin bukan sunat lahiriah
ups tapi sunat lahiriah itu bagus buat kesehatan ya
kalau si tatto bagus ngga ya buat kesehatan  :coolsmiley:
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
November 22, 2013, 09:56:37 PM
Reply #19
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 47
  • Gender: Male
  • Jangan adu doktrin, kalau mau cari kebenaran alkit
  • Denominasi: Protestan
Lebih baik sih kalau yang belum bertato jangan bertato, itu saran saya, tetapi masalahnya adalah bagaimana dengan mereka yang sudah bertato kemudian mereka bertobat? apakah harus hapus tatonya atau bagaimana ini?

hahahhahahha

kalau menurut saya sih, nggak usah dihapus nggak masalah, karena Allah bagaimanapun adalah Allah yang melihat hati bukan melihat penampilan, hanya saja kita juga dituntut untuk tidak menjadi batu sandungan sehingga melalui hidup kita orang-orang bisa datang kepada Allah dan memuliakan Allah. Tuhan memberkati mereka, orang2 bertato yang bertobat dan hidup secara kudus dihadapan Allah dan manusia..
Jangan adu doktrin, kalau mau cari kebenaran alkitab, doktrin itu buatan manusia. Yang namanya konteks itu ontologis, bukan milik denominasi. Jika tidak cukup dewasa untuk berforum, pulang baca dan pahami alkitab dan berdoalah, minta pimpinan Allah untuk itu.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)