Author Topic: Apakah orang Kristen boleh bertattoo ?  (Read 3782 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 24, 2013, 07:13:54 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
idem kaya kasus "sunat" :)
sunat batin bukan sunat lahiriah
ups tapi sunat lahiriah itu bagus buat kesehatan ya
kalau si tatto bagus ngga ya buat kesehatan  :coolsmiley:

Hehehehehe..
kesehatan..?? wah..walaupun jika dilihat dari proses awalnya keduanya hal itu, maka konsekwensi harus mengeluarkan darah loh..Namun darah yang satunya dapat Meredakan Murka Allah tehadap Musa..!!

Namun kucuran darah yang satunya lagi persisnya di buag percuma saja tanpa arti...masuk terserap kedalam tissue pembasuh.
So..? apalah artinya darah yang tercurah..jika bukan untuk suatu nilai pengorbanan.??..tapi hanya untuk nilai suatu estetika tubuh yang bisa hancur.??
Jadi,memang benar sunat ada dampak bagi pria ditinjau dari segi kesehatan perabotanya dan tattoo berpotensi timbulnya kanker bagi si pria..
Di dunia  ini ada pria bersunat dan sekaligus betattoo loh...dan ada pula yng tak bersunat dan tak bertattoo...dll

Salam..
December 19, 2013, 11:22:08 AM
Reply #21
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 7
  • philippians 1:21
  • Denominasi: Pantekosta
SEKEDAR MENGINGATKAN, JIKA ANDA INGIN MEREPLY, SEBAIKNYA ANDA BACA DENGAN SEKSAMA, IKUTI REPLY DAN KOMEN TEMAN2 YANG SUDAH MEMBALASNYA, INI BUKAN TEMPAT JUNK

“Janganlah kamu menggoresi tubuhmu karena orang mati dan janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu; Akulah TUHAN” (Imamat 19:28)

1) "Janganlah kamu menggoresi tubuhmu karena orang mati"
Masih ingatkah anda bahwa di Papua, masih terdapat salah satu kebudayaan yang jika Istri meninggal, suami harus memotong jarinya. Itulah yang sebenarnya Tuhan larang, menyiksa diri karena orang mati.

2) "janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu, Akulah TUHAN"
Tidak bisa kita memisahkan kedua kalimat ini "janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu" dan "Akulah TUHAN" keduanya tidak bisa dipisahkan. Karena itu adalah rangkaian satu kalimat.
Masih ingatkah anda bahwa salah satu suku di Dayak memiliki tattoo ? garis-garis hitam yang ada di seluruh badan mereka yang ada diantaranya menggunakan tanda-tanda dewa mereka ?
Itulah yang Tuhan maksud. Tuhan tidak menghendaki kita mentattoo lambang-lambang yang tidak jelas. Dengan kata lain Tuhan berkata "Akulah Tuhan Allahmu, jadi janganlah kau merajah lambang-lambang lain pada kulitmu". Itulah maksud ayat diatas.

Pertanyaannya, BERARTI KITA BOLEH MENTATTOO NAMA YESUS DI TUBUH KITA ?
Ini pertanyaan menarik. Kita lihat dulu esensinya. Apakah merokok itu merusak tubuh ? Jawabannya YA. Para perokok pun sebenarnya setuju dalam hati kecil mereka.
Kemudian apakah mentattoo itu merusak tubuh ? Jawabannya RELATIF.

Kenapa relatif ? Kebanyakan dari kita hanya berpatokan pada ayat ini:
1Korintus 6:19-20
6:19Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait ROH KUDUS yang diam di dalam kamu, ROH KUDUS yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?6:20Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Nah, ini adalah ayat yang dipakai untuk senjata pamungkas orang-orang Kristen. Sebenarnya jika kita meneliti ayatnya dalam satu konteks penuh (dari ayat 1-20) maka Paulus ini berbicara tentang banyak hal, yang pasti semuaya berkaitan dengan Dosa.

Apakah bertattoo sama dengan mengotori bait Allah ?
Kalau kita melihat kata mengotori disini berhubungan dengan fisik, hal yang kelihatan, secara "harafiah".
Orang beranggapan jika bertattoo akan mengotori kulit, sehingga juga mengotori bait Allah.
ITU HANYA SECARA HARAFIAH
Karena jika secara harafiah, saya juga bisa mengatakan "tattoo adalah dekorasi untuk mempercantik bait Allah"
Karena selera orang dalam mengekspresikan sesuatu bisa berbeda satu sama lain.
baca : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2009/02/23/145751/1089105/427/pemain-pemain-religius
banyak pemain sepak bola brazil yang mentattoo tubuhnya dengan tulisan
"Jesus lives in Walsall" (Yesus ada di Walsall)
"I Belong to Jesus" (aku milik Yesus)
"God is Faithful"
"100% jesus"
dan lain2.
Pada saat mereka mencetak gol, mereka dengan bangganya membuka baju mereka, dan membiarkan seluruh dunia melihat tattoo di badannya yang bertuliskan "100% Jesus".
Ini adalah ungkapan dan ekspresi bersyukur, bersorak sorai, mengembalikan kemuliaan kepada Yesus. Dan bisa berarti "Bukan karena kuat dan gagahku bisa mencetak gol, tapi karena Yesus ada di dalamku."

“Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah” (1 Korintus 10:31)

Tuhan tidak melihat fisik, Tuhan melihat hati. Berarti yang dikatakan bahwa tattoo akan mengotori bait Allah itu adalah sesuatu yang sangat harafiah, dan bukan menunjukkan makna sebenarnya dari ayat itu.
Yang benar adalah, tubuh kita adalah bait Allah, maka jangan mengotorinya dari perbuatan DOSA.
persembahkan tubuhmu menjadi persembahan yang hidup, dan yang BERKENAN kepada Allah, itu adalah ibadahmu yang sejati.

hmm.. hari hari ini adalah jahat (ef 5:16) ketika kamu mencoba-coba untuk mentato, mungkin bertuliskan tentang Tuhan Yesus dan semacamnya, tapi iblis mencari mangsa (1 pet 5:8.) ia tidak akan tinggal diam.. mungkin ia akan menggodamu untuk mentato dengan hal-hal yang akhirnya bukan tentang Tuhan.. selain banyak dampak negatif dari tato, lbh baik menuruti teladan Tuhan Yesus aja.. mengucap syukur melalui doa..  :afro:
Gbu :)
Ibrani 4:7 Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"
November 29, 2018, 09:59:21 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2484
  • Gender: Male
  • be a light!
  • Denominasi: Protestan
Bagaimana dengan tattoo temporary?
Aku suka pakai buat keren-kerenan, tapi aku pilih2 modelnya, kalau gambar seperti tengkorak dan vampir aku gak mau pakai
November 30, 2018, 12:03:45 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 816
  • Denominasi: Protestan
Bagaimana dengan tattoo temporary?
Aku suka pakai buat keren-kerenan, tapi aku pilih2 modelnya, kalau gambar seperti tengkorak dan vampir aku gak mau pakai
Temporer boleh, permanen juga boleh.
November 30, 2018, 06:23:02 AM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1401
idem kaya kasus "sunat" :)
sunat batin bukan sunat lahiriah
ups tapi sunat lahiriah itu bagus buat kesehatan ya
kalau si tatto bagus ngga ya buat kesehatan  :coolsmiley:
Jadi ciptaan Allah belum sempurna (dari segi kesehatan) ya Sist ?

Salam Damai Sist...
Tuhan Memberkati...
December 01, 2018, 01:41:21 PM
Reply #25
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 260
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Mohon bertanya apakah membuat tato sbg seni memperindah bait Allah bisa membuat nama Yesus dimuliakan oleh orang banyak ?

Lebih baik berbuatlah sesuatu yang bisa membuat nama Tuhan dimuliakan, contohlah umat seberang :

Umat seberang berjuang mati2 an : (mereka tdk punya uang sepeserpun, tidak minta PPH10%@, semua murni sumbangan dan usaha para relawan2 dan donatur2)

Membangun RS murah utk keluarga2 pra sejahtera yg perlu bantuan, saat ini mereka sedang membangun RS Lengkap dan mahal untuk mencari profit yang akan digunakan utk subsidi silang karena minimnya donatur2.


Membangun rusun2 murah utk disewakan kpd keluarga2 pra sejahtera yg sangat perlu dibantu :
Ahok bilang keluarga2 berpenghasilan dibawah 5 juta/bulan itu belum sejahtera.


Membangun sekolah2 utk keluarga2 pra sejahtera dan membantu mendidik anak2 yg sdh lama tdk pernah sekolah itu sulit krn tdk disiplin, cuma mereka yg paham betapa sulitnya.


Membangun atau memperbaiki rumah2 yang lapuk bagi keluarga2 yg tidak mampu memperbaikinya :
Atau merenovasi sekolah2 :



Mengunjungi langsung rumah2 kumuh yang perlu bantuan sembako dan memberikan kupon sembako

Tidak ada orang2 berjas dan berdasi yang biasa koar2 "KASIH TUHAN"


Mendaur ulang sampah2/membersihkan lingkungan, mengadakan baksos2 pengobatan untuk masarakat luas secara teratur, memberikah bantuan kpd keluarga2 pra sejahtera yg butuh bantuan darurat (disurvei dengan ketat) dllsb.

Jadi kita perlu meniru umat seberang jika ingin nama Yesus dimuliakan sebab Gerejalah yang sering koar2 KASIH TUHAAAAAN.

Saya rasa lebih baik daripada bersaksi dengan keindahan :

Maaf cuma sekedar pendapat saya, gak berani melarang. Monggoooooo.
« Last Edit: December 01, 2018, 07:54:45 PM by Ashes to Ashes »
December 02, 2018, 12:55:06 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 816
  • Denominasi: Protestan
Mohon bertanya apakah membuat tato sbg seni memperindah bait Allah bisa membuat nama Yesus dimuliakan oleh orang banyak ?
Itu maksudnya untuk pic yang terakhir ya, bray?

Gue lom bisa kasih komen kecuali elo kasih versi full-nya, bray...  :coolsmiley:

Lebih baik berbuatlah sesuatu yang bisa membuat nama Tuhan dimuliakan,
Setuju bingits, bray.

...contohlah umat seberang :...
Umat Kristen tidak sedikit kok yang kayak gitu, elo aza yang lom punya info dan data-nya, bray.
December 02, 2018, 02:27:52 PM
Reply #27
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 260
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Umat Kristen tidak sedikit kok yang kayak gitu, elo aza yang lom punya info dan data-nya, bray.

Ya memang ada yg baksos 3 bulanan.
RS ? Sekolah2 ? utk keluarga2 tajir banyak. Rusun ? kita baru ngimpi kali ya.
December 03, 2018, 10:20:07 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9143
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
ada lah bro, elu aja kurang info

teman saya ada yang pelayanan ke rusun tiap 2 minggu sekali
gereja saya ada pengobatan gratis dan klinik psikologi (tergantung kasus ada yang bayar ada gratis) min sebulan skali
gereja saya ada taman bacaan gratis
RS hampir tiap hari tergantung panggilan, dalam artian ya rutin itu dilakukan
gereja saya juga bangun sekolah meskipun sekarang lagi terbentur masalah izin imb

untuk keluarga tajir?
udah jelas tidak
yg tajir kerjanya nyumbang
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
December 03, 2018, 11:57:11 AM
Reply #29
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 166
  • Hidup hanya sementara.
  • Denominasi: Protestan

10:23 "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun

Memangnya bertatto akan berguna ? Apakah akan membangun ? Apakah akan memuliakan nama Tuhan ?

Atau malah membuat Umat Tuhan dicemooh orang ?
Hidup hanya sementara.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)