Author Topic: Melanggar adat meski tidak melanggar Firman Tuhan  (Read 6768 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 07, 2018, 08:12:20 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10802
Yesus menegor budaya yang sudah keluar dari kebenaran Firman Tuhan.

yang bisa menghasilkan judgment yang tepat bahwa "suatu budaya sudah keluar dari Firman Tuhan".. itu ya cuma YESUS...

emangnya elo sapa?
kok sok-sok merasa mampu ikutan bikin judgment yg infallible kayak Yesus?

lupa diri ya bahwa kamu itu nobody.. yang cuma bisa eksis di online doang..
hahaha...
December 07, 2018, 08:38:19 AM
Reply #31
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 219
  • Hidup Itu sementara dan saling memberkati.
  • Denominasi: Protestan
Saya ambil ilustrasi begini:
Firman Tuhan tidak pernah melarang seorang lelaki dan seorang perempuan yang tidak seayah dan tidak seibu, serta mempunyai nenek moyang sama belasan generasi yang lalu untuk menikah. Akan tetapi dalam adat Batak ada larangan menikah semarga, sekalipun lelaki dan perempuan itu sudah jauh hubungan keluarganya (belasan generasi). Bukan hanya semarga, ada beberapa marga juga melarang kawin antar marga2 tertentu dengan berbagai alasan.

Sebagai orang Kristen, bolehkah kita melanggar adat istiadat sekalipun tidak melanggar Firman Tuhan? Misalnya, lelaki dan perempuan Batak Kristen yang kawin semarga?

Melanggar adat istiadat berarti ada hukuman dari Pengurus adat istiadat
Melanggar peraturan kota, berarti ada hukuman dari Pemerintah kota.
Melanggar peraturan negara, berarti ada hukuman dari Pemerintah Negara.
Melanggar lampu merah, yah ditilang polisi.

Begitulah. Tapi apakah itu dosa ? Menurutku tidak selama tidak melanggar Firman Tuhan, tetapi itu cuma Tuhan yang tau.

Salam Santai.
Hidup hanya sementara.
December 07, 2018, 08:59:14 AM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2887
Alkitab sudah cukup jelas sebagai alat uji apakah praktek budaya itu sudah benar atau tidak !
December 07, 2018, 09:57:24 AM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10802
Alkitab sudah cukup jelas sebagai alat uji apakah praktek budaya itu sudah benar atau tidak !

alat uji nya sih boleh aja pakai alkitab..

masalahnya, SIAPA yg MENGUJI?
kalo YG MENGUJI kemampuan otaknya kayak kamu, maka HASIL UJI-nya bakal terdegradasi jadi SAMPAH BELAKA...
December 08, 2018, 06:51:02 AM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2887

kalo YG MENGUJI kemampuan otaknya kayak kamu, maka HASIL UJI-nya bakal terdegradasi jadi SAMPAH BELAKA...

Ad-Hominem berkali kali dan sudah melanggar peraturan berdiskusi !

Ada yg kebal rupanya !



December 08, 2018, 11:43:57 AM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4716
Ad-Hominem berkali kali dan sudah melanggar peraturan berdiskusi !

Ada yg kebal rupanya !

masa???
kayanya yang disampaikan oleh cadang adalah kenyataan

 ;D ;D ;D
December 08, 2018, 11:54:56 AM
Reply #36
December 08, 2018, 12:04:58 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4716
December 08, 2018, 01:03:29 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10802
Ad-Hominem berkali kali dan sudah melanggar peraturan berdiskusi !

Ada yg kebal rupanya !

saya hanya mengikuti perintah alkitab untuk menyampaikan kebenaran..
karena tuhan telah berfirman "apakah dengan menyampaikan kebenaran aku telah blablabla.....?"


Orang menjalankan perintah alkitab kok dibilang ad-hominem??
kamu berani meng-adhominem Tuhan ya?

non-Kristen tolong segera ke lapak masing-masing..
hahahahaha
December 08, 2018, 01:07:14 PM
Reply #39
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)