Author Topic: ketika Hawa berkata di Kejadian 4:1  (Read 2598 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 07, 2014, 03:17:34 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
"Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Barusan saya nge-cek di internet, kata "TUHAN" disitu (katanya internet) bahasa aslinya adalah YAHWEH.

Nah ... secara kata "YAHWEH" itu sendiri dari masukan yg selama ini saya ketahui belum dinyatakan s/d jaman Musa, kata apakah yang digunakan Hawa dalam bahasa aslinya saat itu di jaman kehidupan mereka ?

Selain itu,
Katanya internet juga, penulisan "YAHWEH" pertama kali muncul ada di Kejadian 2:4.
Mengapa di ayat2 sebelumnya tidak digunakan kata "YAHWEH" (melainkan ELOHIM) oleh si penulis ?


Kejadian 4:26
Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.

Disini juga saya bingung,
Kata "TUHAN" di ayat atas juga tertulis "YAHWEH" (masih katanya internet loh yaaa...)

Tebakan saya masih didalam 2 kemungkinan :
1. kata "TUHAN" diayat tsb bukan YAHWEH (demikian pula diketika Hawa berkata di ayat 1, Hawa tidak menggunakan kata YAHWEH)
2. Hawa adalah orang pertama yang that ONE SuperemeBeing nyatakan namaNYA adalah YAHWEH kepada Hawa --- dimana blakangan orang2 juga memanggil dengan nama YAHWEH (ayat 26).

Kayaknya mungkin tidak ada satupun yang bener dari tebakan saya  :char11: .... jadi :
3. Kedua point diatas salah, cuma 1 yang benar dan konsisten ---> apa donk ?  :rolleye0014:

Pertanyaan2 saya adalah yang ungu.
Mohon pencerahan temen2 para ahli Alkitab  :wink: (baik yg TRI maupun yang non-TRI)
Makasih sebelum dan sesudahnya.

:)
salam.
« Last Edit: January 07, 2014, 03:19:35 AM by odading »
January 07, 2014, 11:04:38 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
"Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Barusan saya nge-cek di internet, kata "TUHAN" disitu (katanya internet) bahasa aslinya adalah YAHWEH.

Nah ... secara kata "YAHWEH" itu sendiri dari masukan yg selama ini saya ketahui belum dinyatakan s/d jaman Musa, kata apakah yang digunakan Hawa dalam bahasa aslinya saat itu di jaman kehidupan mereka ?
Secara intuisi orang2 sebelum Musa, memanggil Yahweh dengan sebutan lə·’êl ‘el·yō·wn ('Yang' Mahatinggi), qō·nêh šā·ma·yim wā·’ā·reṣ (penjadi langit dan bumi) seperti yang dikatakan oleh Melkisedek dalam Kitab Kejadian.

Selain itu,
Katanya internet juga, penulisan "YAHWEH" pertama kali muncul ada di Kejadian 2:4.
Mengapa di ayat2 sebelumnya tidak digunakan kata "YAHWEH" (melainkan ELOHIM) oleh si penulis ?
Benar, kata Yahweh --untuk pertama kalinya tertulis dalam Kitab Suci-- dalam Kej. 2:4.

Hal itu dicatat oleh Musa untuk kita dapat membedakan antara keberadaan 'ELOHIM Pencipta dengan Yahweh Penjadi.

Kejadian 4:26
Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.

Disini juga saya bingung,
Kata "TUHAN" di ayat atas juga tertulis "YAHWEH" (masih katanya internet loh yaaa...)

Sama dengan yang di atas, yaitu bahwa Musa ---oleh hikmat yang dinyatakan Yahweh kepadanya-- menyatakan 'ELOHIM Yang Benar' yang seharusnya dikenal.

Tebakan saya masih didalam 2 kemungkinan :
1. kata "TUHAN" diayat tsb bukan YAHWEH (demikian pula diketika Hawa berkata di ayat 1, Hawa tidak menggunakan kata YAHWEH)
2. Hawa adalah orang pertama yang that ONE SuperemeBeing nyatakan namaNYA adalah YAHWEH kepada Hawa --- dimana blakangan orang2 juga memanggil dengan nama YAHWEH (ayat 26).

Kayaknya mungkin tidak ada satupun yang bener dari tebakan saya  :char11: .... jadi :
3. Kedua point diatas salah, cuma 1 yang benar dan konsisten ---> apa donk ?  :rolleye0014:

Pertanyaan2 saya adalah yang ungu.
Mohon pencerahan temen2 para ahli Alkitab  :wink: (baik yg TRI maupun yang non-TRI)
Makasih sebelum dan sesudahnya.

:)
salam.
Satu yang benar dan konsisten adalah Kebenaran (Yahweh) dalam nama Yesus, yaitu Kristus/Mesias.


Salam,
January 07, 2014, 09:16:13 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Halo xbn,
lama gak jumpa ... 
pa kabar ? :wink:

Secara intuisi orang2 sebelum Musa, memanggil Yahweh dengan sebutan lə·’êl ‘el·yō·wn ('Yang' Mahatinggi), qō·nêh šā·ma·yim wā·’ā·reṣ (penjadi langit dan bumi) seperti yang dikatakan oleh Melkisedek dalam Kitab Kejadian.
Jadi apakah bisa/boleh disimpulkan bhw kalimat Hawa di ayat 1 itu sebenernya bukan kata YAHWEH yang Hawa gunakan ?


Quote
Benar, kata Yahweh --untuk pertama kalinya tertulis dalam Kitab Suci-- dalam Kej. 2:4.

Hal itu dicatat oleh Musa untuk kita dapat membedakan antara keberadaan 'ELOHIM Pencipta dengan Yahweh Penjadi.
Disini terus terang saya masih kagak/belon nangkep maksud dari kedua bold diatas ... buat saya, kedua kalimat bold tsb kok kayaknya ga ada bedanya yah, xbn ?

Apakah maksud xbn disini, Musa memang membedakan being ELOHIM dgn being YAHWEH ?
Please CMIIW.

Quote
Sama dengan yang di atas, yaitu bahwa Musa ---oleh hikmat yang dinyatakan Yahweh kepadanya-- menyatakan 'ELOHIM Yang Benar' yang seharusnya dikenal.
Terlepas dari Musa ungu, jadi  sebenernya orang2 di jaman ayat 26 tsb juga tidak menggunakan kata YAHWEH, ya ?

Quote
Satu yang benar dan konsisten adalah Kebenaran (Yahweh) dalam nama Yesus, yaitu Kristus/Mesias.
Berkaitan dgn sikon Kej 4 tsb, bold adalah : baik Hawa di ayat 1 - maupun orang2 di ayat 26 tidak menggunakan kata YAHWEH.

Please CMIIW.

Makasih xbn atas masukan2nya.

:)
salam.
January 07, 2014, 09:36:20 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Halo xbn,
lama gak jumpa ... 
pa kabar ? :wink:
 Jadi apakah bisa/boleh disimpulkan bhw kalimat Hawa di ayat 1 itu sebenernya bukan kata YAHWEH yang Hawa gunakan ?
Benar, sesuai dengan pernyataan Yahweh sendiri kepada Musa:
Kel. 6:3   (6-2) Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.

Disini terus terang saya masih kagak/belon nangkep maksud dari kedua bold diatas ... buat saya, kedua kalimat bold tsb kok kayaknya ga ada bedanya yah, xbn ?

Apakah maksud xbn disini, Musa memang membedakan being ELOHIM dgn being YAHWEH ?
Please CMIIW.
Bukan Musa yang membedakan kedua being tersebut, tetapi Yahweh sendiri yang menyatakan perbedaan Diri-Nya dengan 'ELOHIM Pencipta.

Terlepas dari Musa ungu, jadi  sebenernya orang2 di jaman ayat 26 tsb juga tidak menggunakan kata YAHWEH, ya ?
Benar....

Berkaitan dgn sikon Kej 4 tsb, bold adalah : baik Hawa di ayat 1 - maupun orang2 di ayat 26 tidak menggunakan kata YAHWEH.

Please CMIIW.

Makasih xbn atas masukan2nya.

:)
salam.
Kembali kasih bro. @oda :)

Salam,
January 09, 2014, 03:38:40 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Bukan Musa yang membedakan kedua being tersebut, tetapi Yahweh sendiri yang menyatakan perbedaan Diri-Nya dengan 'ELOHIM Pencipta.
samar2 saya teringat akan post vbn yang dulu2 banget....

Secara logik, saya terus terang membuka kemungkinan spt yg vbn dulu paparkan ... namun terus terang juga saya belon bisa terlalu jauh utk memastikannya :).

2:4 ¶ These 428 [are] the generations 8435 of the heavens 8064 and of the earth 776 when they were created, 1254 z8736 in the day 3117 that Yähwè יָהוֶה 3068 ´Élöhîm אֱלֹהִים 430 made 6213 z8800 the earth 776 and the heavens,

Alesan saya, karena di Kejadian 2:4 digunakan kata "YAHWEH ELOHIM" - saya tidak bisa menemukan perbedaan antara diri YAHWEH dengan ELOHIM. Dengan kata lain, YAHWEH ELOHIM - bisa juga saya mengertikan ELOHIM (yg digunakan ayat2 sebelum Kej 2:4) tsb bernama Yahweh.

Dan juga perkataan Hawa di Kej 4:1 tidak menggunakan kata YAHWEH, dengan begitu segala kemungkinan bisa dimasukin akan kata APA yg Hawa gunakan saat itu, misal bisa :
1. lə·’êl ‘el·yō·wn ('Yang' Mahatinggi) seperti menurut vbn
2. qō·nêh šā·ma·yim wā·’ā·reṣ (penjadi langit dan bumi) seperti menurut vbn
3. ELOHIM (menurut odading  :char11:)
4. Sang Maha Sakti (menurut bahasa yg dipake Hawa dijaman Kejadian 4:1)
5. DLL

Dimana apapun kata yang digunakan di list diatas ---> ini terbuka kemungkinannya bhw itu ngerujuk ke that ONE SupremeBeing.

Tapi saya juga masih "ngulik" di benak, secara kata ELOHIM juga digunakan buat para makhluk2 roh lainnya.... ini jadi menuntun ke pertanyaan : apakah para ELOHIM ini diciptakan ? ato kagak ?  :char11:

:)
salam.
January 09, 2014, 09:06:26 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
samar2 saya teringat akan post vbn yang dulu2 banget....

Secara logik, saya terus terang membuka kemungkinan spt yg vbn dulu paparkan ... namun terus terang juga saya belon bisa terlalu jauh utk memastikannya :).

Wah, rupanya ingatan bro oda itu ok punya  :afro:

2:4 ¶ These 428 [are] the generations 8435 of the heavens 8064 and of the earth 776 when they were created, 1254 z8736 in the day 3117 that Yähwè יָהוֶה 3068 ´Élöhîm אֱלֹהִים 430 made 6213 z8800 the earth 776 and the heavens,

Alesan saya, karena di Kejadian 2:4 digunakan kata "YAHWEH ELOHIM" - saya tidak bisa menemukan perbedaan antara diri YAHWEH dengan ELOHIM. Dengan kata lain, YAHWEH ELOHIM - bisa juga saya mengertikan ELOHIM (yg digunakan ayat2 sebelum Kej 2:4) tsb bernama Yahweh.

Dan juga perkataan Hawa di Kej 4:1 tidak menggunakan kata YAHWEH, dengan begitu segala kemungkinan bisa dimasukin akan kata APA yg Hawa gunakan saat itu, misal bisa :
1. lə·’êl ‘el·yō·wn ('Yang' Mahatinggi) seperti menurut vbn
2. qō·nêh šā·ma·yim wā·’ā·reṣ (penjadi langit dan bumi) seperti menurut vbn
3. ELOHIM (menurut odading  :char11:)
4. Sang Maha Sakti (menurut bahasa yg dipake Hawa dijaman Kejadian 4:1)
5. DLL

Dimana apapun kata yang digunakan di list diatas ---> ini terbuka kemungkinannya bhw itu ngerujuk ke that ONE SupremeBeing.
Kata "Yahweh ELOHIM" yang diperintahkan Yahweh kepada Musa untuk dicatatkan adalah supaya Musa dan seluruh bangsa Israel mengetahui bahwa 'ELOHIM Pencipta (kata 'ELOHIM tanpa Yahweh) --yang oleh bangsa-bangsa disembah sebagai sesembahan-- sebenarnya bukan sesembahan; Dasar pikir ini didasarkan alasan bahwa: 'Nama' Yahweh baru diberitahukan belakangan oleh Yahweh sendiri.

Gambaran maksud-Nya itu dapat kita lihat dalam perbedaan catatan antara Kejadian Pasal 1 (yakni masa Penciptaan, yang mana secara keseluruhan menggunakan kata 'ELOHIM) dengan Kej. Pasal 2 (yakni masa Yahweh menjadikan isi bumi dan langit).

Tapi saya juga masih "ngulik" di benak, secara kata ELOHIM juga digunakan buat para makhluk2 roh lainnya.... ini jadi menuntun ke pertanyaan : apakah para ELOHIM ini diciptakan ? ato kagak ?  :char11:

:)
salam.
'ELOHIM yang adalah Roh (rū–āh) tidak diciptakan; sedangkan representatif 'ELOHIM yang berwujud, yakni manusia; dijadikan oleh Yahweh: ".......’ĕ·lō·hîm ’at·tem; ū·ḇə·nê ‘el·yō·wn kul·lə·ḵem. (kamu adalah 'ELOHIM; anak-anak Yang Mahatinggi kamu sekalian)


Salam,
January 09, 2014, 09:24:42 AM
Reply #6
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Salam Oda.

Kel 6:3
Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN.
Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.


Tetapi ada juga tulisan lain:

Kej 13:4
ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN.


Kita tau bhw El-Shaddai adalah nama Tuhan yg mnyatakan kemahakuasaanNya.
Kita juga tau bhw YHVH adalah juga nama Tuhan yg mnyatakan kehadiranNya.

Bdsk penuturan Musa di Keluaran dan mngingat Musa diduga kuat adalah penulis kitab kejadian, maka teori saya bgini:

Allah baru mnyatakan nama YHVH pd jaman Musa. Sebelum era Musa, Allah mnyatakan diri dg nama yg berbeda ssuai dengan kebutuhan pd masa itu.

Tetapi krn Musa yg mnuliskan kitab kejadian, maka ia menulis dg maksud spt ini:

Kejadian 4:26
Waktu itulah orang mulai memanggil nama-nya TUHAN yg khas pd waktu itu.


Kej 13:4
ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama-nya TUHAN yg khas pada waktu itu.


------

Mngapa saya mengasumsikan bgitu?
Krn tertulis:

Kel 6:3
Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN.
Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.


Jd Tuhan jelas berkata kpd Musa bhw Tuhan mnyatakan diri kpd Abraham dg 'nama yg berbeda'.

Bisa jadi Abraham atau Hawa pd saat itu memanggil nama YHVH yg lain, yaitu 'El-Shaddai' (Allah Mahakuasa).
Bisa jadi Musa tidak diberi tau persis apa nama yg Tuhan wahyukan pd saat itu.
Tnyata juga tradisi lisan pnyebutan/pnulisan nama YHVH tidak sampai diketahui Musa dan seluruh Israel shg Musa btanya:

Kel 3:13
Lalu Musa berkata kepada Allah: "Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? --apakah yang harus kujawab kepada mereka?"


Krn Israel sudah bisa baca dari kitab Musa bhw pd masa lalu YHVH mnyatakan diri bukan dengan nama YHVH, maka saat mreka baca kitab kejadian, mreka paham bhw konteks kata YHVH disana bukan literal Hawa/Abraham/siapapun memanggil nama YHVH dg gamblang, mlainkan mreka mnyebut nama YHVH lain yg scr khas dwahyukan pd saat itu.

Tujuan pnulisan nama YHVH dlm smua ayat di kitab kjadian dtujukan utk memperkuat identifikasi bhw YHVH yg saat ini sedang berkarya atas Israel adl Allah nenek moyang mreka.

Inilah teori saya Oda.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 09, 2014, 02:47:35 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Kata "Yahweh ELOHIM" yang diperintahkan Yahweh kepada Musa untuk dicatatkan adalah supaya Musa dan seluruh bangsa Israel mengetahui bahwa 'ELOHIM Pencipta (kata 'ELOHIM tanpa Yahweh) --yang oleh bangsa-bangsa disembah sebagai sesembahan-- sebenarnya bukan sesembahan;

Dasar pikir ini didasarkan alasan bahwa: 'Nama' Yahweh baru diberitahukan belakangan oleh Yahweh sendiri

Nah... kalo saya sih yah vbn... dari yg bold itu - dibenak saya masih saya "ulik" lagi... karena buat saya masih gak jelas : "blakangan"-nya itu kapan ? Apakah krono sbb :

krono-A
1. Tahun 2000 (penciptaan) - tidak diketahui nama YHWH (belum pula ada kitab Kejadian)
2. s/d durasi waktu berjalan, di tahun 2100 terjadi event diyatakan nama YHWH ke Musa
3. Sejak tahun 2100, orang menyebut YHWH
4. Di tahun 2150, Musa menulis kitab Kejadian (tapi Kitab ini belon diketemukan)
5. Di tahun 2500, kitab Musa tsb diketemukan. Kemungkinan besar, kitab yang ditulis Musa tsb - sekalipun Musa 'cuma' menggunakan ELOHIM s/d sebelum Kejadian 2:4 ---> para pembacanya otomatis berbenak bhw kata ELOHIM itu ya YHWH, SEKALIPUN mereka belon baca Kitab tsb sampe ke ayat dimana Musa menuliskan bhw di tahun 2100 diketika itulah nama YHWH diperkenalkan.

krono-B
1. idem kaya diatas
2. idem kaya diatas
3. Di tahun yang sama diketika dinyatakan nama YHWH ke Musa (tahun 2100) - Musa langsung menuliskan kitab Kejadian dimulai dari awal penciptaan (tahun 2000)
4. Taroh kata penulisan Kitab Musa s/d Kejadian 4 selesai dalam 1 bulan
5. Di tahun 2100 (+ 1 bulan) orang2 membaca hasil tulisan Musa di point-4 (disini para pembaca tsb tentu sudah tau nama YHWH tanpa membaca kitab buatan Musa)
6. Terbuka kemungkinan : Musa ngajarin/menjelaskan bhw ELOHIM yg tertulis s/d Kej 2:4 tsb bukan sesembahan, melainkan YHWH yg tertulis di Kej 2:4

masih bisa ada model krono2 lain,
tetapi buat saya teramat sangat rumit untuk saya tuliskan... hehehe :D.

Anyway, berdasarkan kedua krono diatas :
1. Apabila rentang waktu diketemukannya kitab Kejadian tsb terlalu jauh banget, maka probabilitas yang besar adalah point-5 di krono-A (para pembaca sudah sangat jauh ketinggalan dari krononya)
2. Apabila rentang waktu antara : dari tahun 2100 s/d selesainya 4 pasal di kitab Kejadian yg ditulis Musa, maka masih bisa dipendapati bhw point-6 di krono-B terbuka kemungkinannya ...fifty - fifty (karena para pembaca masih deket ketinggalan dari krononya)


Quote
Gambaran maksud-Nya itu dapat kita lihat dalam perbedaan catatan antara Kejadian Pasal 1 (yakni masa Penciptaan, yang mana secara keseluruhan menggunakan kata 'ELOHIM) dengan Kej. Pasal 2 (yakni masa Yahweh menjadikan isi bumi dan langit).
Ini semacem GAP theory ya ... :).
Sekali lagi, (imo) mesti ditinjau dari ungu diatas utk mengambil pengertian : probabilitasnya lebih besar - ataukah masih fifty-fifty (mungkin iya begitu, mungkin juga tidak begitu).

Quote
'ELOHIM yang adalah Roh (rū–āh) tidak diciptakan
Dengan kata lain :
pov odading bertanya-tanya : ini para makhluk Roh ini diciptakan ato kagak sih ?
di pov vbn mengemukakan pendapat : para makhluk Roh tidak diciptakan.
respond odading : mungkin iya begitu, mungkin juga tidak begitu (fifty-fifty)

alesan saya :
ayat yang menyatakan Dia menciptakan yang kelihatan dan tidak kelihatan ----> pada kalimat "tidak kelihatan" masih terbuka kemungkinan maksudnya adalah benda2 selestial (materi) yang emang gak bisa diliat manusia dari bumi. Tapi terus terang saya gak tau di bahasa aslinya ... apakah kalimat "tidak keliatan" disitu ditulis dalam bahasa aslinya rū–āh ato kagak :) ---> dan kalo emang bener ditulis rū–āh dalam bahasa aslinya, maka ya jelas sudah bhw makhluk2 Roh itu diciptakan  :char11:

:)
salam.
(balesan buat temen laennya nanti yah... saya mesti masuk kerja nih  :cheesy:).
January 09, 2014, 02:54:01 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1526
  • Denominasi: kharismatik
"Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Barusan saya nge-cek di internet, kata "TUHAN" disitu (katanya internet) bahasa aslinya adalah YAHWEH.

Nah ... secara kata "YAHWEH" itu sendiri dari masukan yg selama ini saya ketahui belum dinyatakan s/d jaman Musa, kata apakah yang digunakan Hawa dalam bahasa aslinya saat itu di jaman kehidupan mereka ?

Selain itu,
Katanya internet juga, penulisan "YAHWEH" pertama kali muncul ada di Kejadian 2:4.
Mengapa di ayat2 sebelumnya tidak digunakan kata "YAHWEH" (melainkan ELOHIM) oleh si penulis ?


Kejadian 4:26
Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.

Disini juga saya bingung,
Kata "TUHAN" di ayat atas juga tertulis "YAHWEH" (masih katanya internet loh yaaa...)

Tebakan saya masih didalam 2 kemungkinan :
1. kata "TUHAN" diayat tsb bukan YAHWEH (demikian pula diketika Hawa berkata di ayat 1, Hawa tidak menggunakan kata YAHWEH)
2. Hawa adalah orang pertama yang that ONE SuperemeBeing nyatakan namaNYA adalah YAHWEH kepada Hawa --- dimana blakangan orang2 juga memanggil dengan nama YAHWEH (ayat 26).

Kayaknya mungkin tidak ada satupun yang bener dari tebakan saya  :char11: .... jadi :
3. Kedua point diatas salah, cuma 1 yang benar dan konsisten ---> apa donk ?  :rolleye0014:

Pertanyaan2 saya adalah yang ungu.
Mohon pencerahan temen2 para ahli Alkitab  :wink: (baik yg TRI maupun yang non-TRI)
Makasih sebelum dan sesudahnya.

:)
salam.

Ketika Hawa berkata di kejadian 4:1

Kejadian 4:1
Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."


Betul.. Anda saja dilahirkan karena pertolongan TUHAN.  :azn:

January 09, 2014, 05:32:23 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Ketika Hawa berkata di kejadian 4:1

Kejadian 4:1
Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."


Betul.. Anda saja dilahirkan karena pertolongan TUHAN.  :azn:
Salah....
Bro.@oda dilahirkan atas pertolongan dukun beranak wew :2funny:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)