Author Topic: ketika Hawa berkata di Kejadian 4:1  (Read 2719 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 10, 2014, 01:14:57 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1526
  • Denominasi: kharismatik
Salah....
Bro.@oda dilahirkan atas pertolongan dukun beranak wew :2funny:

 ;D trus yang dibingungin oleh anda apa ?
January 10, 2014, 02:55:28 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13008
    • fossil coral cantik
Salam Oda.
Salam pak guru siip ... kita ketemu disini ... :).

Quote
Mngapa saya mengasumsikan bgitu?
Krn tertulis:

Kel 6:3
Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN.
Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.


Jd Tuhan jelas berkata kpd Musa bhw Tuhan mnyatakan diri kpd Abraham dg 'nama yg berbeda'.
disini, saya gak banyak cingcong : Sependapat  :afro:

Quote
Bisa jadi Abraham atau Hawa pd saat itu memanggil nama YHVH yg lain, yaitu 'El-Shaddai' (Allah Mahakuasa).
Bisa jadi Musa tidak diberi tau persis apa nama yg Tuhan wahyukan pd saat itu.
seperti post saya yg buat vbn...  ho-oh... saya juga sependapat :)

Quote
Krn Israel sudah bisa baca dari kitab Musa bhw pd masa lalu YHVH mnyatakan diri bukan dengan nama YHVH, maka saat mreka baca kitab kejadian, mreka paham bhw konteks kata YHVH disana bukan literal Hawa/Abraham/siapapun memanggil nama YHVH dg gamblang, mlainkan mreka mnyebut nama YHVH lain yg scr khas dwahyukan pd saat itu.
sip sip, siip  :afro:

Quote
Tujuan pnulisan nama YHVH dlm smua ayat di kitab kjadian dtujukan utk memperkuat identifikasi bhw YHVH yg saat ini sedang berkarya atas Israel adl Allah nenek moyang mreka.

Inilah teori saya Oda.
Mantep :).

Sebenernya thread ini udah terjawab.
Cuma mumpung masih berkisar ttg hal ini, saya sekalian juga pingin tau :

barusan saya sempet ngubek internet.... terlihat rentang waktu sejak kelahiran Kain s/d lahirnya Enos anak Seth (Enos cucu AdamHawa) adalah 200 tahun.

Kelahiran Kain (Kejadian 4:1)
"Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Kelahiran Enos (Kejadian 4 ayat terakhir, 26)
(26) Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.

Pertanyaannya :
ada apa gerangan dibutuhkan waktu begitu lama (200 tahun) utk dimulainya memanggil nama TUHAN ? (sementara padahal Hawa sudah memulainya 200 tahun yang lalu).

Mungkin siip ato temen2 laen ada yang bisa kasih penjelasan.
(ya... tentu saya ngerti, jawabannya gak ada di ayat  :char11:)

satu lagi, (ini kali saya belon ngubek internet) :
Dalam bahasa apakah ketika pertama kali sumber2 PB dituliskan ? (masih berupa lembaran2 kertas, belon berupa kitab??). Apakah bahasa Ibrani ?
Kalo ya dalam bahasa Ibrani, apakah Yesus ada pernah menggunakan kata YHWH semasa hidupNYA (dimana bisa diketahui dari sumber2 berbahasa Ibrani tsb).

:)
salam.
January 10, 2014, 10:44:35 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Nah... kalo saya sih yah vbn... dari yg bold itu - dibenak saya masih saya "ulik" lagi... karena buat saya masih gak jelas : "blakangan"-nya itu kapan ? Apakah krono sbb :

krono-A
1. Tahun 2000 (penciptaan) - tidak diketahui nama YHWH (belum pula ada kitab Kejadian)
2. s/d durasi waktu berjalan, di tahun 2100 terjadi event diyatakan nama YHWH ke Musa
3. Sejak tahun 2100, orang menyebut YHWH
4. Di tahun 2150, Musa menulis kitab Kejadian (tapi Kitab ini belon diketemukan)
5. Di tahun 2500, kitab Musa tsb diketemukan. Kemungkinan besar, kitab yang ditulis Musa tsb - sekalipun Musa 'cuma' menggunakan ELOHIM s/d sebelum Kejadian 2:4 ---> para pembacanya otomatis berbenak bhw kata ELOHIM itu ya YHWH, SEKALIPUN mereka belon baca Kitab tsb sampe ke ayat dimana Musa menuliskan bhw di tahun 2100 diketika itulah nama YHWH diperkenalkan.

krono-B
1. idem kaya diatas
2. idem kaya diatas
3. Di tahun yang sama diketika dinyatakan nama YHWH ke Musa (tahun 2100) - Musa langsung menuliskan kitab Kejadian dimulai dari awal penciptaan (tahun 2000)
4. Taroh kata penulisan Kitab Musa s/d Kejadian 4 selesai dalam 1 bulan
5. Di tahun 2100 (+ 1 bulan) orang2 membaca hasil tulisan Musa di point-4 (disini para pembaca tsb tentu sudah tau nama YHWH tanpa membaca kitab buatan Musa)
6. Terbuka kemungkinan : Musa ngajarin/menjelaskan bhw ELOHIM yg tertulis s/d Kej 2:4 tsb bukan sesembahan, melainkan YHWH yg tertulis di Kej 2:4

masih bisa ada model krono2 lain,
tetapi buat saya teramat sangat rumit untuk saya tuliskan... hehehe :D.

Anyway, berdasarkan kedua krono diatas :
1. Apabila rentang waktu diketemukannya kitab Kejadian tsb terlalu jauh banget, maka probabilitas yang besar adalah point-5 di krono-A (para pembaca sudah sangat jauh ketinggalan dari krononya)
2. Apabila rentang waktu antara : dari tahun 2100 s/d selesainya 4 pasal di kitab Kejadian yg ditulis Musa, maka masih bisa dipendapati bhw point-6 di krono-B terbuka kemungkinannya ...fifty - fifty (karena para pembaca masih deket ketinggalan dari krononya)

 Ini semacem GAP theory ya ... :).
Sekali lagi, (imo) mesti ditinjau dari ungu diatas utk mengambil pengertian : probabilitasnya lebih besar - ataukah masih fifty-fifty (mungkin iya begitu, mungkin juga tidak begitu).
 Dengan kata lain :
pov odading bertanya-tanya : ini para makhluk Roh ini diciptakan ato kagak sih ?
di pov vbn mengemukakan pendapat : para makhluk Roh tidak diciptakan.
respond odading : mungkin iya begitu, mungkin juga tidak begitu (fifty-fifty)

alesan saya :
ayat yang menyatakan Dia menciptakan yang kelihatan dan tidak kelihatan ----> pada kalimat "tidak kelihatan" masih terbuka kemungkinan maksudnya adalah benda2 selestial (materi) yang emang gak bisa diliat manusia dari bumi. Tapi terus terang saya gak tau di bahasa aslinya ... apakah kalimat "tidak keliatan" disitu ditulis dalam bahasa aslinya rū–āh ato kagak :) ---> dan kalo emang bener ditulis rū–āh dalam bahasa aslinya, maka ya jelas sudah bhw makhluk2 Roh itu diciptakan  :char11:

:)
salam.
(balesan buat temen laennya nanti yah... saya mesti masuk kerja nih  :cheesy:).
Pada kenyataannya --sebelum Eloah Israel menyatakan 'Nama-Nya' (Yahweh) kepada Musa---, sebutan 'ELOHIM itu sudah digunakan oleh bangsa-bangsa lain untuk menyebut sesembahan2 yang mereka sembah.

Untuk itulah, Eloah Israel memberitahukan 'Nama'-Nya kepada Musa untuk diberitahukan kepada umat Israel bahwa Diri-Nya (Yahweh) berbeda dengan 'ELOHIM yang disembah oleh bangsa lain.

Bahkan, Kitab Suci sendiri melarang orang Israel untuk menyembah dan beribadah kepada 'ELOHIM.

Ul. 6:13   Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.
Ul. 6:14   Janganlah (lō) pergi (ṯê·lə·ḵūn) mengikuti (’a·ḥă·rê) 'ELOHIM (’ĕ·lō·hîm) dari antara (’ă·ḥê·rîm) sesembahan (mê·’ĕ·lō·hê) bangsa-bangsa (hā·‘am·mîm) yang ada (’ă·šer) di sekelilingmu (sə·ḇî·ḇō·w·ṯê·ḵem).
Ul. 6:15   sebab TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu di tengah-tengahmu, supaya jangan bangkit murka TUHAN, Allahmu, terhadap engkau, sehingga Ia memunahkan engkau dari muka bumi.



Salam,
January 10, 2014, 04:48:11 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13008
    • fossil coral cantik
Untuk itulah, Eloah Israel memberitahukan 'Nama'-Nya kepada Musa untuk diberitahukan kepada umat Israel bahwa Diri-Nya (Yahweh) berbeda dengan 'ELOHIM yang disembah oleh bangsa lain.
Bagaimana dengan kata "ELOHIM" yang sebelum Kej 2:4 tidak ada kata "Yahweh"-nya kalo menurut vbn ?

Apakah ada bangsa lain yg menyembah "ELOHIM" yg ngrujuk spt kata "ELOHIM" di Kejadian 1 s/d Kejadian 2:4 ?

:)
salam.
January 10, 2014, 05:28:45 PM
Reply #14
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6474
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
@Oda

Quote
ada apa gerangan dibutuhkan waktu begitu lama (200 tahun) utk dimulainya memanggil nama TUHAN ? (sementara padahal Hawa sudah memulainya 200 tahun yang lalu).

Justru kl mnrt saya yg Hawa sebut itu bukan YHVH, mlainkan suatu nama lain yg diwahyukan Tuhan kpd Hawa.
Coba baca lagi deh argumen saya.

Quote
Dalam bahasa apakah ketika pertama kali sumber2 PB dituliskan ? (masih berupa lembaran2 kertas, belon berupa kitab??). Apakah bahasa Ibrani ?

Yunani, Bro.

Quote
Kalo ya dalam bahasa Ibrani, apakah Yesus ada pernah menggunakan kata YHWH semasa hidupNYA (dimana bisa diketahui dari sumber2 berbahasa Ibrani tsb).

Kata YHVH tidak lagi diucapkan oleh Tuhan Yesus ataupun para rasul atau penulis surat-surat Injil.
Skrg sudah ada nama Yesus Kristus.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 10, 2014, 05:40:11 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13008
    • fossil coral cantik
@Oda

Justru kl mnrt saya yg Hawa sebut itu bukan YHVH, mlainkan suatu nama lain yg diwahyukan Tuhan kpd Hawa.
Coba baca lagi deh argumen saya.
iyah... saya juga udah sependapat kok dengan siip.

Maksud saya, saya "gak perduli" namanya Tuhan itu apa, siip.
Taruh kata, Hawa ngomong : atas bantuan Cuplis di ayat 1 dan orang2 mulai memanggil Unyil di ayat 26 - either names saya anggep ngrujuk ke that one SupremeBeing.

Yang saya mau tau, kenapa ada rentang waktunya ya ?
Seolah olah Hawa mengetahui ttg keTuhanan - lalu lenyap sekian tahun - muncul lagi setelah Hawa dapet cucu si Enos :).

Ibaratnya : setelah terakhir di kitab Maleakhi - lenyap sekian tahun - muncul lagi setelah kelahiran Yesus.

Quote
Yunani, Bro.
oh oke... makasih atas masukan ini, siip.

Quote
Kata YHVH tidak lagi diucapkan oleh Tuhan Yesus ataupun para rasul atau penulis surat-surat Injil.
Selain tidak diucapkan oleh para ungu, apakah para penduduknya di jaman tsb juga sudah tidak mengucapkan lagi ? (gpp gak berdasarkan ayat siip, berdasarkan sejarah juga boleh  :happy0062:)

:)
salam.
« Last Edit: January 10, 2014, 05:49:39 PM by odading »
January 10, 2014, 07:04:39 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Bagaimana dengan kata "ELOHIM" yang sebelum Kej 2:4 tidak ada kata "Yahweh"-nya kalo menurut vbn ?

Apakah ada bangsa lain yg menyembah "ELOHIM" yg ngrujuk spt kata "ELOHIM" di Kejadian 1 s/d Kejadian 2:4 ?

:)
salam.
Jangankan sebelum Kej. 2:4, Kej. 2:5 saja --dikatakan oleh Kitab Suci-- belum ada orang; Bagaimana bisa 'ELOHIM sudah disembah bro? :)

Salam,
January 10, 2014, 07:59:35 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1632
Tertulis Musa mengenal Tuhan dengan "NAMA" = Tuhan mengenal Musa dengan "NAMA"

Exo 6:3 Dan Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, kepada Ishak, dan kepada Yakub, sebagai El-yang mencukupi, dan Nama-Ku IEUE (YEHWEH); belum dikenal oleh mereka.

Num 12:7 Tidaklah demikian dengan hamba-Ku Musa! Dialah seorang yang ditetapkan dalam seluruh rumah-Ku.
Num 12:8 Aku berbicara kepadanya dari mulut ke mulut bahkan oleh sebuah penampakan, dan bukan dalam teka-teki; dan dia memandang rupa IEUE. Jadi mengapakah kamu tidak takut untuk berbicara menentang hamba-Ku, Musa?”

Exo 33:17 Dan berfirmanlah IEUE kepada Musa, “Juga hal ini yang telah engkau katakan: Aku melakukan karena engkau telah mendapatkan kemurahan di mata-Ku, dan Aku mengenalmu dengan nama.”

Artinya Tuhan IEUE sendirilah yang berbicara kepada Musa, dan menampakkan Diri kepada Musa, di Keluaran 33 ayat2 terakhir.

Sebaliknya juga Musa sendirilah sang penyandang nama: Musa yang berbicara langsung kepada Tuhan.

Di sini jelas pengertiannya tidak sama dengan pengertian harafiah mengenal Nama Tuhan: IEUE (YEHWEH) di ayat kitab sebelumnya.

Pengertian Keluaran 6:3 = Keluaran Bilangan 12:7-8 bahwa yang berbicara kepada Musa adalah Tuhan IEUE sendiri, bukan malaikat maupun Yesus.

Karena;

Num 12:7 Tidaklah demikian dengan hamba-Ku Musa! Dialah seorang yang ditetapkan dalam seluruh rumah-Ku.

=

Heb 3:1 Oleh karena itu hai saudara-saudara yang kudus, yang menjadi mitra panggilan surgawi, pandanglah Rasul dan Imam Besar pengakuan kita, Kristus YESUS,
Heb 3:2 yang setia kepada Dia yang telah menetapkan-Nya, sebagaimana juga Musa dalam keseluruhan bait-Nya.
Heb 3:3 Sebab Dia ini telah dianggap layak akan kemuliaan yang lebih besar daripada Musa, sama seperti seseorang yang telah membangun rumah memiliki kehormatan lebih daripada rumah itu.
Heb 3:4 Sebab setiap rumah dibangun oleh seseorang, dan Dia yang telah membangun segala sesuatu adalah Tuhan.
Heb 3:5 Dan Musa benar-benar setia di dalam seluruh bait-Nya seperti seorang pelayan, sebagai suatu kesaksian yang akan dipercakapkan;
Heb 3:6 tetapi Kristus selaku Putra atas bait-Nya, yang bait-Nya itu adalah kita, hanya apabila kita memegang teguh keyakinan dan kemegahan pengharapan itu sampai pada akhirnya.

Musa menjadi istimewa karena posisi Musa adalah sama dengan Yesus, bedanya Musa di PL dan Yesus di PB.
Sama2 menjadi Kepala dari Dua Perjanjian yang berbeda.

Walau ada persamaan antara Musa dan Yesus, namun Yesus lebih mulia daripada Musa, dan Tuhan lebih mulia daripada Yesus, karena Tuhan empunya PL dan PB.

Makanya dikatakan Musa mengenal Tuhan dengan Nama IEUE (YEHWEH) yang artinya Musa berhadapan langsung dengan Tuhan IEUE, bukan Yesus maupun malaikat.

Sedangkan di ayat2 kitab sebelumnya, dikatakan mereka belum negenal nama IEUE, karena mereka berhadapan dengan malaikat Tuhan, bukan dengan Tuhan IEUE.

Secara harafiah, nama IEUE memang telah dikenal di Kejadian.

Salam.


« Last Edit: January 10, 2014, 08:03:32 PM by hayatek »
January 10, 2014, 11:41:31 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13008
    • fossil coral cantik
Jangankan sebelum Kej. 2:4, Kej. 2:5 saja --dikatakan oleh Kitab Suci-- belum ada orang; Bagaimana bisa 'ELOHIM sudah disembah bro? :)

Salam,
wew...vbn... atuh mah saya juga tau di Kej 2:4 itu belon ada orang  ;D :cheesy: :char11:

Maksud saya, dijaman tsb (sblm dinyatakan YHWH ke Musa) - tentu ada orang2 menggunakan kata ELOHIM... Dimana penggunaan kata ELOHIM ini bisa ngerujuk ke siapa saja (termasuk YHWH ELOHIM yg saat itu belon diketahui namaNYA dan cuma disebut ELOHIM sebelum Kej 2:4) dan oleh siapa saja.

Begitu loh ...  :wink:

:)
salam
January 10, 2014, 11:48:13 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13008
    • fossil coral cantik
Walau ada persamaan antara Musa dan Yesus, namun Yesus lebih mulia daripada Musa, dan Tuhan lebih mulia daripada Yesus, karena Tuhan empunya PL dan PB.
bold ....

koook ??  :onion-head33:

Maap, saya masih belon nangkep ...
apakah disini maksudnya hayatek : YHWH lebih mulia dari Yesus ?

Please CMIIW.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)