Author Topic: ketika Hawa berkata di Kejadian 4:1  (Read 2601 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 11, 2014, 08:08:02 PM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1038
  • Dia mengampunimu, selalu, miskin, bayar 100 ribu.
  • Denominasi: Jemaat Yahweh
Ayat yang anda ajukan tidak menunjukkan Yesus itu IEUE (YEHWEH), dan kata: tersungkur pengertiannya bukan menyembah.

Dari mana dasarnya anda katakan Yesus itu IEUE?

Salam.
Saya tidak mengerti bagaimana sesama bilang Alfa dan Omega  bukan Yahweh? Menurut sesama Alfa dan Omega  itu siapa?
Walalalahh..
January 11, 2014, 08:46:03 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1632
Saya tidak mengerti bagaimana sesama bilang Alfa dan Omega  bukan Yahweh? Menurut sesama Alfa dan Omega  itu siapa?
Walalalahh..

Tuhan IEUE itu bukan alfa omega karena Tuhan tidak berawal dan tidak berakhir.

Yesus keluar dari Tuhan: berawal.
Yesus mati dikayu salib,: berakhir.

Yesus menciptakan (Tuhan menciptakan melalui Yesus) seisi bumi termasuk manusia: berawal.
Yesus menghakimi manusia di akhir zaman: berakhir.

Salam.
January 11, 2014, 09:13:55 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1038
  • Dia mengampunimu, selalu, miskin, bayar 100 ribu.
  • Denominasi: Jemaat Yahweh
Tuhan IEUE itu bukan alfa omega karena Tuhan tidak berawal dan tidak berakhir.

Yesus keluar dari Tuhan: berawal.
Yesus mati dikayu salib,: berakhir.

Yesus menciptakan (Tuhan menciptakan melalui Yesus) seisi bumi termasuk manusia: berawal.
Yesus menghakimi manusia di akhir zaman: berakhir.

Salam.
Udah baca kitab Yesaya? Baca lagi lah..
January 12, 2014, 01:39:14 AM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Tuhan IEUE itu bukan alfa omega karena Tuhan tidak berawal dan tidak berakhir.

Yesus keluar dari Tuhan: berawal.
Yesus mati dikayu salib,: berakhir.

Yesus menciptakan (Tuhan menciptakan melalui Yesus) seisi bumi termasuk manusia: berawal.
Yesus menghakimi manusia di akhir zaman: berakhir.

Salam.
Yesus berawal? :coolsmiley: ........ kapan keluarnya bro?

Bagaimana sodara menjelaskan Pernyataan-Nya ini?

Yoh. 8:58   Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
John 8: 58   eipen autois Iēsous, Amēn amēn legō hymin prin Abraam genesthai egō eimi


Salam,
January 12, 2014, 10:57:56 AM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1632
Yesus berawal? :coolsmiley: ........ kapan keluarnya bro?

Bagaimana sodara menjelaskan Pernyataan-Nya ini?

Yoh. 8:58   Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
John 8: 58   eipen autois Iēsous, Amēn amēn legō hymin prin Abraam genesthai egō eimi


Salam,

Pro 8:22 IEUE memiliki aku sejak permulaan jalan-Nya, sejak awal dari pekerjaan-Nya.
Pro 8:23 Aku ditata dari keabadian, sejak permulaan, sebelum bumi ada.

Yohanes 1:1
Pada mulanya adalah firman, dan firman itu menunjukkan Tuhan, dan Tuhan itu adalah firman.

Col 1:15 Dialah gambar Tuhan yang tidak kelihatan, yang sulung dari segala ciptaan,

Joh 8:42 Lalu YESUS berkata kepada mereka, “Jika Tuhan adalah Bapamu, kamu akan tetap mengasihi Aku, karena Aku telah keluar dan sedang datang dari Tuhan. Sebab Aku datang bukan dari diri-Ku sendiri, melainkan Dia yang telah mengutus Aku.

Karena Tuhan IEUE tidak keluar dari siapa pun sehingga disebut tidak berawal.

Salam.




January 12, 2014, 03:12:26 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Logika sodara mengatakan bahwa yang mempunyai awal itu bukan Yahweh.
Itu artinya, sodara tidak mengenal Yahweh.


Pro 8:22 IEUE memiliki aku sejak permulaan jalan-Nya, sejak awal dari pekerjaan-Nya.
Pro 8:23 Aku ditata dari keabadian, sejak permulaan, sebelum bumi ada.

'aku' dalam konteks ayat di atas adalah Roh-Nya yang dihembuskan ke dalam Adam. Oleh sebab itu 'aku' (Roh-Nya) dinyatakan berasal dari keabadian sebelum bumi ada.

Namun demikian, Roh-Nya itu kemudian menjadi dasar pembentukan Anak Manusia, yaitu Yesus.

Yohanes 1:1
Pada mulanya adalah firman, dan firman itu menunjukkan Tuhan, dan Tuhan itu adalah firman.

John 1:1   En archē ēn ho Logos kai ho Logos ēn pros ton Theon kai Θεὸς ēn ho Logos.

Berdasarkan kata-kata Yoh. 1:1b di atas, pengertiannya bukan begitu ---dan firman itu menunjukkan Tuhan,---- karena Theon dalam butir Yoh.1:1 b tersebut bukan Yahweh, melainkan 'Aßßà, Bapa-Nya Yahweh, sebab Firman itu Yahweh (ho Theos/Ha'ELOHIM).

Col 1:15 Dialah gambar Tuhan yang tidak kelihatan, yang sulung dari segala ciptaan,
Yesus memang gambaran Yahweh yang tidak kelihatan, sebab Yesus adalah berasal dari Roh-Nya Yahweh.

Joh 8:42 Lalu YESUS berkata kepada mereka, “Jika Tuhan adalah Bapamu, kamu akan tetap mengasihi Aku, karena Aku telah keluar dan sedang datang dari Tuhan. Sebab Aku datang bukan dari diri-Ku sendiri, melainkan Dia yang telah mengutus Aku.
Benar, bahwa Yesus berasal dari pada Roh Yahweh, oleh sebab itu Ia mengatakan: Dia yang mengutus Aku.

Namun demikian, pengertian "mengutus" dalam kalimat di atas bukan berarti Yahweh dengan Roh-Nya sebagai sesuatu yang seolah-olah terpisah.
Yesus adalah Roh-Nya yang kelihatan, sedangkan yang tidak kelihatan-Nya disebut Kristus/Mesias yang adalah Yahweh.

Dan oleh sebab itu, ketika Petrus mengatakan: "Engkau Mesias, Anak Theou (Eloah Yahweh); Yesus mengatakan:
16:17   Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku (ho Patēr) yang di sorga..... yaitu 'Aßßà.

Karena Tuhan IEUE tidak keluar dari siapa pun sehingga disebut tidak berawal.

Salam.
Sekalipun Yahweh tidak berawal bukan berarti Dia tidak keluar dari siapapun, sebab Yesus --yang adalah Roh-Nya-- mengatakan:

Yoh. 8:19  "Baik Aku, maupun Bapa-Ku (ho Patēr) tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku."


Salam,
January 13, 2014, 05:40:00 PM
Reply #46
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6471
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
barusan saya sempet ngubek internet.... terlihat rentang waktu sejak kelahiran Kain s/d lahirnya Enos anak Seth (Enos cucu AdamHawa) adalah 200 tahun.

Kelahiran Kain (Kejadian 4:1)
"Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Kelahiran Enos (Kejadian 4 ayat terakhir, 26)
(26) Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.

Pertanyaannya :
ada apa gerangan dibutuhkan waktu begitu lama (200 tahun) utk dimulainya memanggil nama TUHAN ? (sementara padahal Hawa sudah memulainya 200 tahun yang lalu).

Bro, jawaban dari ptanyaan ini tidak ada di Alkitab.
Jd yg saya tulis ini pmikiran pribadi saya saja.

Pd dasarnya Allah Maha Kuasa tidak butuh 'nama' utk mengidentifikasikan diriNya.
Mengapa?
Krn pd dasarnya Ia adalah Satu-satunya.

Apapun yg mau kita sebut utk mrujuk pd Pribadi yg lebih besar dan mulia drpd manusia, maka itu merujuk kpd Dia sbg yg Satu-Satunya.

Yang Mahatinggi, itu memang namaNya,
Yang Mahakuasa, itu memang namaNya.
Pencipta, itu memang namaNya.

Nama pribadi utk Allah baru dibutuhkan utk membedakan ketika ada lebih dari 1 'yang diduga' sbg Allah.
Saat ini kan ada banyak sekali 'yang diduga' sbg Allah atau 'yang mengklaim' sbg Allah.
Maka itulah nama pribadi dibutuhkan utk identifikasi.

Mngapa dahulu butuh waktu lama?
Perkiraan saya, Kain dan keluarganya kan sudah terusir menjadi pengelana.
Kmudian Hawa mlahirkan Set, lalu Set mlahirkan Enos.

Kemungkinannya gagasan tentang 'Allah' pd saat itu terbagi antara Allah versi golongan Kain+kturunannya dg Allah yg disembah golongan Set.
Maka itulah Allah mwahyukan sbuah nama bagi golongan Set (yg adalah pewaris garis mesias) sbg pembeda dari konsep ilah-ilah lainnya. Pembedaan ini nantinya akan membuat golongan Set menjadi eksklusif thd golongan Kain.

Itu sih mnrt pmikiran saya Bro...
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
January 13, 2014, 07:10:28 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1632
Pertanyaannya :
ada apa gerangan dibutuhkan waktu begitu lama (200 tahun) utk dimulainya memanggil nama TUHAN ? (sementara padahal Hawa sudah memulainya 200 tahun yang lalu).


Karena dosa, seperti pembuangan bangsa Israel melupakan Tuhan (karena malu dibuang oleh Tuhannya) dan memanggil Tuhan lagi ketika pulang dari pembuangan (karena bangga ditebus oleh Tuhannya).

Salam.
January 14, 2014, 02:22:35 AM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12926
    • fossil coral cantik
Bro, jawaban dari ptanyaan ini tidak ada di Alkitab.
Jd yg saya tulis ini pmikiran pribadi saya saja.
Ya, saya mengerti siip :)

Quote
Nama pribadi utk Allah baru dibutuhkan utk membedakan ketika ada lebih dari 1 'yang diduga' sbg Allah.
Saat ini kan ada banyak sekali 'yang diduga' sbg Allah atau 'yang mengklaim' sbg Allah.
Terlepas "yg diduga" - "yg di klaim" - "yg mengklaim", entahlah... kalo menurut saya sih apabila sso ada berpedomankan kasihilah sesama manusia, diketika ybs timbul keinginan mencuri - dan ada "teguran" katahati yg berkata kira2 sbb : "Tuhan gak mau kamu mencuri, itu merugikan orang lain (tidak mengasihi sesama manusia)" - maka (imo) ybs tidak sedang berada dalam sikon orang penyembah a l l a h lain  :char11:

Quote
Maka itulah nama pribadi dibutuhkan utk identifikasi.
Ya... dan (imo) khususnya di event Musa menghadap Firaun dan menyampaikan berita ke bgs Israel :).

Quote
Mngapa dahulu butuh waktu lama?
Perkiraan saya, Kain dan keluarganya kan sudah terusir menjadi pengelana.
Kmudian Hawa mlahirkan Set, lalu Set mlahirkan Enos.

Kemungkinannya gagasan tentang 'Allah' pd saat itu terbagi antara Allah versi golongan Kain+kturunannya dg Allah yg disembah golongan Set.
Saya cenderung sependapat dgn "teori" siip :).

Ada ayat menarik yang mungkin bisa dijadikan "dukungan" atas teori siip :

(14) Behold, You have driven me out this day from the face of the land, and from Your face I will be hidden;

Tidak ada ayat lain yang ada menyatakan (ataupun bisa di interpretasikan) bhw blakangan setelah event kalimat merah, Cain was not hidden anymore from God's face ---> dgn demikian terbuka kemungkinan-nya bhw Cain memanifestasikan spiritualism-nya ke sesembahan yg dibenaknya tidak dia rujuk ke sesembahan yg set a mark upon him.

Namun paparan diatas itu dari "pihak" Kain ... yang anggaplah cikalbakal dari eksistensi sesembahan yg menjadi berbedabeda.

Dilain sisi - di "pihak" AdamHawa, buat saya masih tidak terpecahkan kalimat di Kej 4:1 dan 26 tsb.
IMO, sungguh amat teramat sulit utk sampe ada orang bisa membuat ilustrasi krono yg paling bisa dianggap "pas" sejak ayat 1 s/d bunyi ayat 26 kalimat yg terakhir  :cheesy:

1. Sekalipun tertulis kata YHWH di ayat 1 dan ayat 26, sudah kita simpulkan baik Hawa (ayat 1) maupun orang2 lain (ayat 26) JELAS tidak menggunakan kata YHWH di real event-nya.
2. Taroh kata Hawa menyebutnya SangMahaTinggi - maka konsekwensinya di ayat 26 tsb barulah orang2 MULAI menyebut SangMahaTinggi.
3. Terasa amat janggal, bercikal-bakal dari 1 keluarga (pihak Hawa) s/d beranak cucu - Hawa merahasiakan sebutan : SangMahaTinggi
4. Mungkin Hawa cuma SEKALI aja menyebut SangMahaTinggi di event ayat 1 ?? - what did she call then during those times until Hawa dpt cucu Enos ?
5. atau jangan2, mungkin maksud kata "orang" (di ayat 26) disitu ngerujuk ke pihak Kain ?
6. atau jangan2, memang ada orang2 lain selain dari kedua pihak keluarga ini ?
7. alamak... puyeng, tapi kok ya terasa menarik yah siip ?  ;D :char11: ;D

Makasih atas masukan2 siip.

:)
salam.
« Last Edit: January 14, 2014, 02:28:21 AM by odading »
January 14, 2014, 02:42:46 AM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12926
    • fossil coral cantik
Karena dosa, seperti pembuangan bangsa Israel melupakan Tuhan (karena malu dibuang oleh Tuhannya) dan memanggil Tuhan lagi ketika pulang dari pembuangan (karena bangga ditebus oleh Tuhannya).

Salam.
Karena dosa.

1. Hawa menyebut SangMahaTinggi ketika Kain lahir (ayat 1).
2. Blakangan Hawa berdosa (dosa apa yg diperbuatnya?), dia tidak menggunakan lagi sebutan SangMahaTinggi (malu utk menggunakannya).
3. mangkanya orang lain tidak pernah ada yang tau kata "SangMahaTinggi" tsb.
4. Di event Hawa mendapat cucu Enos, Hawa merasa bangga - dan utk kedua kalinya dan seterusnya Hawa menyebut SangMahaTinggi lagi.
5. Sejak saat itulah orang mulai memanggil nama SangMahaTinggi (berdasarkan point-4).
6. Kesimpulan, selama kurleb 200 tahun - Hawa tidak menyebut SangMahaTinggi. (apa donk?)
7. Mungkin juga sih.... tapi kok masih terasa kurang pas ya ? :)  :wink:

Makasih atas masukan hayatek.

:)
salam.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)