Author Topic: Ayub 1:5 terjemahan yang fatal  (Read 5057 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 16, 2014, 02:59:43 PM
Reply #80
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1632
Ayat2 ini memang tepatnya diterjemahkan mengutuki.


Terjemahan itu masih tidak tepat bro...

Terjemahan yang tepat seperti berikut:
Ayub 1:11 Tetapi jauhkanlah tangan-Mu atas semua miliknya, masihkah ia akan berlutut mengucap syukur di hadapan-Mu?

Ayub 2:5 Tetapi jauhkanlah tangan-Mu atas tulang dan dagingnya, masihkah ia akan berlutut mengucap syukur di hadapan-Mu?

Ayub 2:9 Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masihkah engkau bertekun dalam kesalehanmu berlutut mengucap syukur kepada ''ELOHIM? mati sajalah kau!


Saya tidak tahu ada terjemahan lain, namun saya hanya kutip langsung dari teman diskusi memang tepatnya: mengutuki.

Karena ini tergantung pola kalimatnya, dibandingkan dengan yang anda kurang lebih sama.

Salam.
January 16, 2014, 03:02:04 PM
Reply #81
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Wow... saya terus terang selama thread saya "ketika Hawa berkata" berjalan - sebenernya memang mempertanyakan ttg hal sbb :

Kenapa kata YHWH digunakan setelah Kej 2:4 ? (dimana selanjutnya mulai bertebaran kata Yahweh ELOHIM)

terus terang.... tanpa mengetahui pndpt vbn, dirsen saya ketika mengetahui kata YHWH itu baru keluar di Kej 2:4 - ini menuntun saya berpendapat "kok... seolah-olah si penulis memang membedakan antara ELOHIM saja dengan Yahweh ELOHIM ya ?"

Cuma terus terang juga, bunyi benak saya tsb (ungu) saya anggap .... yaaa taulah vbn.... seperti biasanya odading : diri saya cuma lagi tebak2an alias spekulasi ... hehehe : ;D .Nanti deh... kalo saya sempet, mao iseng baca2 lebih jauh ttg hal ini.

BTT,

baiklah, sekarang saya coba ngambil posisi di pndpt vbn : 
1. Ayub hidup stlh jaman Musa
2. kata ELOHIM yg nongol di Ayub 1:5 tsb, tidak/bukan ngrujuk ke YHWH.
3. Ayub tau perbedaan yg mana YHWH ELOHIM, yang mana ELOHIM-saja.

Pelan2 yah vbn ...  :char11:

Ayub 1:5   Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, Ayub memanggil mereka, dan menguduskan mereka; keesokan harinya, pagi-pagi, bangunlah Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah mereka sekalian

kepada siapakah Ayub mempersembahkan korban bakaran  ?
Saya coba jawab sendiri : tentu ya ke sesembahannya Ayub ... yakni YHWH ELOHIM.
Please CMIIW.

sebab pikirnya: "Mungkin anak-anakku sudah berbuat dosa
Dibenak Ayub, anak2nya itu Ayub tebak mungkin sudah berbuat dosa ke siapakah ?
Saya coba jawab sendiri : tentu ya berdosa ke sesembahannya Ayub ... yakni YHWH ELOHIM.
Please CMIIW.

dan telah memuji2 ELOHIM di dalam hati."
Dosa apa yg dibenak Ayub mungkin telah dilakukan anak2nya ?
Saya coba jawab sendiri : Ayub menduga mereka telah memuji2 ELOHIM-saja (YHWH nya gak dipuji oleh anak2 ---> dan ini di pov Ayub : dosa ... Ayub kuatir YHWH ngambek / cembokur).
Please CMIIW.

:)
salam.
Betul, bro oda... seperti itulah pengertian yang ingin disampaikan dalam kisah Ayub.


Salam,
January 16, 2014, 04:16:06 PM
Reply #82
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4203
  • Gender: Male
  • www.jesuswordsonly.com
    • www.joelosteen.com - www.joycemeyer.org
  • Denominasi: www.joelosteen.com - www.joycemeyer.org
Betul, bro oda... seperti itulah pengertian yang ingin disampaikan dalam kisah Ayub.


Salam,
lalu apa yang akan terjadi bila ada yang memuji2 ELOHIM ???
"Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."

katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."
January 16, 2014, 04:16:56 PM
Reply #83
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
    • fossil coral cantik
Betul, bro oda... seperti itulah pengertian yang ingin disampaikan dalam kisah Ayub.
Saya lanjut ya vbn....

(9) Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah ELOHIM dan matilah!"

Kesimpulan yang ada selama ini dimana kata ELOHIM di ayat tsb secara umum dipendapati ELOHIM YHWH adalah :
Sang istri sinis : "masih aja luh naatin perintah ELOHIM YHWH - padahal ELOHIM YHWH udah bikin elu kudisan begini ? ngapain lagi lu bertekun saleh nurutin perintah YHWH ? mending lu ngutukin aja ELOHIM YHWH - biar mati luh sekalian"

Apakah disini, terjemahan ayat diatas yang lebih pas menurut vbn sbb ? 
(9) Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? sembahlah/pujilah ELOHIMyg bukan YHWH dan matilah!"

Nah... terus terang saya kesulitan utk memaparkan kesinisan sang istri spt yg saya contohkan dlm bahasa seharihari diatas (ungu). Saya mohon vbn menuliskan kalimat sang istri sinis tsb ya...

Disamping itu, (imo) perlu pula diselidiki sbb :
malapetaka yg terjadi itu, di pov Ayub : ini dateng dari siapa ?
Apakah di benak Ayub malapetaka itu dateng dari ELOHIMyg bukan YHWH (Satan) ? Ataukah dateng dari ELOHIM YHWH ?

monggo vbn  :char11:

:)
salam.
January 16, 2014, 06:25:48 PM
Reply #84
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
lalu apa yang akan terjadi bila ada yang memuji2 ELOHIM ???
Jika orang memuji-muji 'ELOHIM dengan ---entah disadari atau tidak disadari---, maka dalam pandangan Yahweh, orang itu telah berbuat jahat kepada-Nya.


Salam,
January 16, 2014, 09:52:38 PM
Reply #85
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4203
  • Gender: Male
  • www.jesuswordsonly.com
    • www.joelosteen.com - www.joycemeyer.org
  • Denominasi: www.joelosteen.com - www.joycemeyer.org
Jika orang memuji-muji 'ELOHIM dengan ---entah disadari atau tidak disadari---, maka dalam pandangan Yahweh, orang itu telah berbuat jahat kepada-Nya.


Salam,
jadi mereka akan menerima hukuman seperti yang Ayub alami kah?
"Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."

katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."
January 17, 2014, 03:45:12 AM
Reply #86
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
jadi mereka akan menerima hukuman seperti yang Ayub alami kah?
Apa saja --kemungkinannya-- bisa saja terjadi, pabila Yahweh 'mengulurkan' Tangan-Nya atas seseorang.
Sebab, ketika Yahweh 'mengulurkan' (naw-gah') Tangan-Nya atas seseorang; maka artinya, perlindungan yang dari pada-Nya akan menjauh atas seseorang itu.
Sebab dalam keadaan yang demikian pada seseorang, maka artinya ia telah membuka peluang bagi si jahat untuk melakukan apa saja yang dikehendakinya.

Sebab kata Kitab Suci, dunia ini jahat dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat {'Allah' ('ELOHIM)}.


Salam,
January 17, 2014, 04:10:34 AM
Reply #87
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Hahahaha... seru juga nih kalo kongko-kongko sama bro.oda :D

Saya lanjut ya vbn....

(9) Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah ELOHIM dan matilah!"

Kesimpulan yang ada selama ini dimana kata ELOHIM di ayat tsb secara umum dipendapati ELOHIM YHWH adalah :
Sang istri sinis : "masih aja luh naatin perintah ELOHIM YHWH - padahal ELOHIM YHWH udah bikin elu kudisan begini ? ngapain lagi lu bertekun saleh nurutin perintah YHWH ? mending lu ngutukin aja ELOHIM YHWH - biar mati luh sekalian"

Apakah disini, terjemahan ayat diatas yang lebih pas menurut vbn sbb ? 
(9) Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? sembahlah/pujilah ELOHIMyg bukan YHWH dan matilah!"

Nah... terus terang saya kesulitan utk memaparkan kesinisan sang istri spt yg saya contohkan dlm bahasa seharihari diatas (ungu). Saya mohon vbn menuliskan kalimat sang istri sinis tsb ya...

Disamping itu, (imo) perlu pula diselidiki sbb :
malapetaka yg terjadi itu, di pov Ayub : ini dateng dari siapa ?
Apakah di benak Ayub malapetaka itu dateng dari ELOHIMyg bukan YHWH (Satan) ? Ataukah dateng dari ELOHIM YHWH ?

monggo vbn  :char11:

:)
salam.
Kalo menurut saya, ngedumelannya isterinya Ayub kira2 seperti in bro...
wat·tō·mer lōw ’iš·tōw, ‘ō·ḏə·ḵā ma·ḥă·zîq bə·ṯum·mā·ṯe·ḵā; bā·rêḵ ’ĕ·lō·hîm, wā·muṯ.
Maka berkatalah isterinya : "Masih bertahan aja lu menyembah 'ELOHIM!; mati aja deh lu

Sedangkan menurut uneg-unegnya Ayub, malapetaka ini datangnya --seolah-olah-- dari Yahweh; Hal itu dapat diketahui pada ayat 10 ketika Ayub mengomentari ngedumelan isterinya.....

2:10   Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Ha'ELOHIM (Eloah Yahweh), tetapi tidak mau menerima yang buruk?" Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya. :)


Salam,
January 18, 2014, 12:07:01 AM
Reply #88
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
    • fossil coral cantik
Hahahaha... seru juga nih kalo kongko-kongko sama bro.oda :D
Karena saya lagi mau belajar supaya bisa ngerti apa yg menjadi pandangan vbn .. :).

Quote
Kalo menurut saya, ngedumelannya isterinya Ayub kira2 seperti in bro...
wat·tō·mer lōw ’iš·tōw, ‘ō·ḏə·ḵā ma·ḥă·zîq bə·ṯum·mā·ṯe·ḵā; bā·rêḵ ’ĕ·lō·hîm, wā·muṯ.
Maka berkatalah isterinya : "Masih bertahan aja lu menyembah 'ELOHIM!; mati aja deh lu

1.Kok istrinya bilang begitu ?
Kan si Ayub nggak menyembah ELOHIMyg bkn YHWH, vbn ?


Quote
Sedangkan menurut uneg-unegnya Ayub, malapetaka ini datangnya --seolah-olah-- dari Yahweh;
Mari kita "clear"kan dulu disini ya vbn ... :).

Dibenak Ayub, Ayub MENGIRA bhw malapetaka tsb dari YHWH ---padahal--- malapetaka itu dari ELOHIMyg bkn YHWH.

Tapi kalo semisal ada raja (RJ) dan kepala pengawal (KP)
KP : paduka raja, ijinkan saya utk menyerang desa XXX
RJ : ya lakukanlah KP, tapi jangan perkosain para wanitanya ya...
Event penyerangan di execute oleh KP.
Penduduk desa XXX : malapetaka ini ulah RJ (datang dari RJ).

Nah... 2. bukankah malapetaka (penyerangan) desa XXX tsb bisa juga dikatakan dari si Raja ? Raja loh yg mengijinkan.... tanpa ijin Raja, penyerangan tidak exist di desa XXX :). (ELOHIMyg bkn YHWH = KP, Raja = YHWH)

Quote
Hal itu dapat diketahui pada ayat 10 ketika Ayub mengomentari ngedumelan isterinya.....
2:10   Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Ha'ELOHIM (Eloah Yahweh), tetapi tidak mau menerima yang buruk?" Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya. :)

Pertanyaannya :
3. Raja di ilustrasi atas bisa gak dibilang bhw RJ memberikan yang buruk ke desa XXX ?
4. YHWH bisa nggak dibilang bhw YHWH memberikan yang buruk ke Ayub ?


Untuk ke-4 pertanyaan ijo diatas, odading mao ngasih jawaban menurut pov saya :
1. saya belon tau jawabannya
2. BISA
3. BISA
4. BISA

Kalo menurut vbn ?
Mari kita sama sama memikirkannya (kalo vbn nggak jadi puyeng... hehehe...  :D)

:)
salam.
« Last Edit: January 18, 2014, 12:12:25 AM by odading »
January 18, 2014, 10:10:46 AM
Reply #89
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Karena saya lagi mau belajar supaya bisa ngerti apa yg menjadi pandangan vbn .. :).

1.Kok istrinya bilang begitu ?
Kan si Ayub nggak menyembah ELOHIMyg bkn YHWH, vbn ?

 Mari kita "clear"kan dulu disini ya vbn ... :).

Dibenak Ayub, Ayub MENGIRA bhw malapetaka tsb dari YHWH ---padahal--- malapetaka itu dari ELOHIMyg bkn YHWH.

Tapi kalo semisal ada raja (RJ) dan kepala pengawal (KP)
KP : paduka raja, ijinkan saya utk menyerang desa XXX
RJ : ya lakukanlah KP, tapi jangan perkosain para wanitanya ya...
Event penyerangan di execute oleh KP.
Penduduk desa XXX : malapetaka ini ulah RJ (datang dari RJ).

Nah... 2. bukankah malapetaka (penyerangan) desa XXX tsb bisa juga dikatakan dari si Raja ? Raja loh yg mengijinkan.... tanpa ijin Raja, penyerangan tidak exist di desa XXX :). (ELOHIMyg bkn YHWH = KP, Raja = YHWH)

Pertanyaannya :
3. Raja di ilustrasi atas bisa gak dibilang bhw RJ memberikan yang buruk ke desa XXX ?
4. YHWH bisa nggak dibilang bhw YHWH memberikan yang buruk ke Ayub ?


Untuk ke-4 pertanyaan ijo diatas, odading mao ngasih jawaban menurut pov saya :
1. saya belon tau jawabannya
2. BISA
3. BISA
4. BISA

Kalo menurut vbn ?
Mari kita sama sama memikirkannya (kalo vbn nggak jadi puyeng... hehehe...  :D)

:)
salam.
Hehehe...... tenang saja bro oda, vbn gak puyeng kok :D

Semua pertanyaan yang timbul, seperti pertanyaan bro oda di atas; Itu dikarenakan --pada umumnya-- semua orang menganggap sama antara 'ELOHIM dengan Eloah Yahweh, kecuali Ayub. Dia tahu membedakan antara 'ELOHIM dengan Eloah Yahweh (Ha'ELOHIM) yang ia sembah; sehingga ia mempersalahkan Yahweh yang ia sembah ketika bencana menimpanya.

Dengan demikian, jawaban saya atas 4 pertanyaan tersebut sbb:

1. Ayub menyembah Ha'ELOHIM; tetapi isterinya menganggap Ayub menyembah 'ELOHIM, karena isterinya tidak bisa membedakan antara 'ELOHIM dengan Eloah Yahweh (Ha'ELOHIM).

2, 3 dan 4. Bisa saja, dengan alasan karena semua orang telah menganggap bahwa 'ELOHIM dengan Yahweh berada dalam satu Pemerintahan Kuasa, padahal tidak. Hal itu jugalah yang telah terjadi --sebelumnya-- di dalam benaknya Ayub.

Namun demikian, jika membaca --kisah Ayub sampai habis, maka akan dapat dipahami bahwa perkiraan Ayub itu ternyata salah sehingga ia mengatakan:

Ayub. 42:5   Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.
Ayub 42:6   Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu."


Salam,
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)