Author Topic: Siapa pencipta langit dan bumi ?  (Read 21288 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 06, 2014, 01:41:34 PM
Reply #110
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
    • fossil coral cantik
Yahweh itu bukan 'ELOHIM....
Yahweh itu Ha'ELOHIM.
Samar2... kalo bener gak lupa... duluuuuu... kalo gak salah penangkepan saya ttg pengertian vbn sbb :

Ada banyak para makhluk roh di alam sana.

Para makhluk roh ini :
- tidak ada yang menciptakan, mereka semuanya kekal
- bertengkar terus gak kelar2 s/d jaman sekarang.
- berantem saling unjuk gigi siapa yg paling hebat
- di pov manusia dijadikan sesembahan - disebut ELOHIM
- salah satunya ada yg disebut Ha ELOHIM

Nah, menurut kabar burung - yg Ha ELOHIM ini NANTI yg paling hebat,
dimana ELOHIM laen dikalahin dengan di barbekyu oleh Ha ELOHIM.

Begityu.
Nah demikian sekilas info  :wink:

mohon dikoreksi kalo ada kesalahan ya vbn...  :char11:

:)
salam.
February 06, 2014, 03:36:39 PM
Reply #111
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Pada dasarnya, yang disebut dengan Roh (rū-aḥ) itu mempunyai sifat hakekat yang kekal, dalam arti rū-aḥ tidak diciptakan maupun dijadikan oleh siapapun; rū-aḥ berasal dari masa kekekalan.

’ĕ·lō·hîm adalah rū-aḥ yang menciptakan langit dan bumi.
’ĕ·lō·hîm melakukan pekerjaan itu adalah oleh karena ’ĕ·lō·hîm tidak mau berada di bawah kekuasaan Dia Yang ADA sebagai Bapa. Oleh sebab itu ’ĕ·lō·hîm menciptakan tempat kekuasaannya sendiri, yaitu langit dan bumi.


Salam,
February 06, 2014, 04:21:47 PM
Reply #112
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
    • fossil coral cantik
Pada dasarnya, yang disebut dengan Roh (rū-aḥ) itu mempunyai sifat hakekat yang kekal, dalam arti rū-aḥ tidak diciptakan maupun dijadikan oleh siapapun; rū-aḥ berasal dari masa kekekalan.
Oke... jadi point-1 saya bener kan ya ----> tidak ada yang menciptakan, mereka semuanya kekal

’ĕ·lō·hîm adalah rū-aḥ yang menciptakan langit dan bumi.[/quote] Saya inget, menurut vbn kata "’ĕ·lō·hîm" disitu HANYA para ’ĕ·lō·hîm yg didalamnya tidak trdapat yang Ha ’ĕ·lō·hîm.

Please CMIIW, vbn.

Quote
ĕ·lō·hîm menciptakan tempat kekuasaannya sendiri, yaitu langit dan bumi.
Apakah para ’ĕ·lō·hîm ini juga menciptakan makhluk2 hidup bermateri yang mengisi langit dan bumi tsb, vbn ?

:)
salam.
February 06, 2014, 05:08:26 PM
Reply #113
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Oke... jadi point-1 saya bener kan ya ----> tidak ada yang menciptakan, mereka semuanya kekal

’ĕ·lō·hîm adalah rū-aḥ yang menciptakan langit dan bumi. Saya inget, menurut vbn kata "’ĕ·lō·hîm" disitu HANYA para ’ĕ·lō·hîm yg didalamnya tidak trdapat yang Ha ’ĕ·lō·hîm.

Please CMIIW, vbn.
Benar, Ha'ELOHIM itu adalah Eloah Yahweh; Dia tidak termasuk dalam kegiatan 'ELOHIM dalam mencipta.

Tetapi Dia (Yahweh) yang menjadikan --mewujud-nyatakan-- ciptaan 'ELOHIM.

Apakah para ’ĕ·lō·hîm ini juga menciptakan makhluk2 hidup bermateri yang mengisi langit dan bumi tsb, vbn ?

:)
salam.
Ya, 'ELOHIM juga menciptakan makhluk-makhluk roh-materi; seperti para jin, misalnya; yang oleh Kitab Suci dinyatakan sebagai roh-roh dunia yang lemah dan miskin.

Gal. 4:8   Dahulu, ketika kamu tidak mengenal Θεὸν, kamu memperhambakan diri kepada makhluk-makhluk (physei/nature) yang pada hakekatnya bukan θεοῖς (θεός).
Gal. 4:9   Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Θεόν, atau lebih baik, sesudah kamu mengenal-Nya melalui Θεοῦ, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh (stoicheia) dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya?



Salam,
February 06, 2014, 06:19:03 PM
Reply #114
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
    • fossil coral cantik
Benar, Ha'ELOHIM itu adalah Eloah Yahweh; Dia tidak termasuk dalam kegiatan 'ELOHIM dalam mencipta.

Tetapi Dia (Yahweh) yang menjadikan --mewujud-nyatakan-- ciptaan 'ELOHIM.

Sepertinya saya menangkep ada perbedaan antara merah dan biru dari pov vbn.
Bisa tolong jelaskan perbedaan tsb, vbn ?

Sebentar, saya mencobanya sendiri dgn ilustrasi :

Susi membuat kue berdasarkan bahan2 yang ada.
Susi mewujud-nyatakan kue tsb.
Bahan2 yang ada bukan ciptaan Susi.

Ha ELOHIM membuat bumi berdasarkan bahan2 yang ada.
Ha ELOHIM mewujud-nyatakan bumi tsb.
Ha ELOHIM tidak menciptakan bahan2 yang ada.
Bahan2 yang ada adalah ciptaan para ĕ·lō·hîm (creation ex nihilo)
Ha ELOHIM tidak melakukan aksi creation ex nihilo.
Ha ELOHIM tidak termasuk dalam kegiatan ĕ·lō·hîm dalam mencipta.

Kalo analisa saya salah, tolong dikoreksi ya vbn.

Quote
Ya, 'ELOHIM juga menciptakan makhluk-makhluk roh-materi; seperti para jin, misalnya
saya nggak nangkep maksud vbn pada kata "roh-materi". Para jin itu kan bukannya makhluk roh ? dengan demikian secara pov vbn mereka kekal / tidak diciptakan ?

==============================================

bagaimana dengan makhluk hidup yg berupa para hewan, vbn ?

(20) And ’ĕ·lō·hîm said, Let the waters bring forth abundantly and swarm with living creatures, and let birds fly over the earth in the open expanse of the heavens. (21) ’ĕ·lō·hîm created the great sea monsters and every living creature that moves, which the waters brought forth abundantly, according to their kinds, and every winged bird according to its kind. And ’ĕ·lō·hîm saw that it was good and He approved it.

Apa hasilnya ’ĕ·lō·hîm dalam aksi penciptaan orange ----- dan apa hasilnya Ha ’ĕ·lō·hîm dalam aksi mewujud-nyatakan orange ?

(22) And ’ĕ·lō·hîm blessed them, saying, Be fruitful, multiply, and fill the waters in the seas, and let the fowl multiply in the earth

Pada ayat atas, jadi disitu secara pov vbn HANYA para ’ĕ·lō·hîm (tidak termasuk si Ha ELOHIM) yg berfirman agar para hewan "be fruitful". Please CMIIW, vbn.

:)
salam.
February 06, 2014, 07:37:06 PM
Reply #115
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Sepertinya saya menangkep ada perbedaan antara merah dan biru dari pov vbn.
Bisa tolong jelaskan perbedaan tsb, vbn ?

Sebentar, saya mencobanya sendiri dgn ilustrasi :

Susi membuat kue berdasarkan bahan2 yang ada.
Susi mewujud-nyatakan kue tsb.
Bahan2 yang ada bukan ciptaan Susi.

Ha ELOHIM membuat bumi berdasarkan bahan2 yang ada.
Ha ELOHIM mewujud-nyatakan bumi tsb.
Ha ELOHIM tidak menciptakan bahan2 yang ada.
Bahan2 yang ada adalah ciptaan para ĕ·lō·hîm (creation ex nihilo)
Ha ELOHIM tidak melakukan aksi creation ex nihilo.
Ha ELOHIM tidak termasuk dalam kegiatan ĕ·lō·hîm dalam mencipta.

Kalo analisa saya salah, tolong dikoreksi ya vbn.
Begini bro.oda...
Pada dasarnya, materi bahan-bahan dasar langit dan bumi itu sudah ada pada masa kehampaan.... hanya saja materi bahan-bahan dasar tersebut belum berbentuk --masih menyebar gak karuan/kacau balau--. --Kej.1:2--

Dari keadaan itu, lantas 'ELOHIM --yang tidak mau berada di bawah kekuasaan Bapa--- menciptakan (mengkhayalkan/meng-ide-kan) suatu tempat dimana ia dapat berkuasa, yakni langit dan bumi.

Bapa yang mengetahui semuanya itu mengutus TUHAN, yakni Anak-Nya untuk mewujud-nyatakan semua khayalan/ciptaan 'ELOHIM tersebut dengan maksud menyatakan bahwa dosa adalah dosa, pemberontakan adalah jahat.

saya nggak nangkep maksud vbn pada kata "roh-materi". Para jin itu kan bukannya makhluk roh ? dengan demikian secara pov vbn mereka kekal / tidak diciptakan ?

==============================================

Benar, para jin itu memang makhluk-roh dalam artian makhluk yang tidak kasat mata; Sedangkan 'ELOHIM bukan makhluk, artinya kekal, tidak diciptakan/tidak dijadikan oleh siapapun.

bagaimana dengan makhluk hidup yg berupa para hewan, vbn ?

(20) And ’ĕ·lō·hîm said, Let the waters bring forth abundantly and swarm with living creatures, and let birds fly over the earth in the open expanse of the heavens. (21) ’ĕ·lō·hîm created the great sea monsters and every living creature that moves, which the waters brought forth abundantly, according to their kinds, and every winged bird according to its kind. And ’ĕ·lō·hîm saw that it was good and He approved it.

Apa hasilnya ’ĕ·lō·hîm dalam aksi penciptaan orange ----- dan apa hasilnya Ha ’ĕ·lō·hîm dalam aksi mewujud-nyatakan orange ?

(22) And ’ĕ·lō·hîm blessed them, saying, Be fruitful, multiply, and fill the waters in the seas, and let the fowl multiply in the earth

Pada ayat atas, jadi disitu secara pov vbn HANYA para ’ĕ·lō·hîm (tidak termasuk si Ha ELOHIM) yg berfirman agar para hewan "be fruitful". Please CMIIW, vbn.

:)
salam.
Semua yang diciptakan oleh 'ELOHIM itu 'hidup', hanya saja tidak/belum berwujud/diwujudkan.


Salam,
February 06, 2014, 08:31:48 PM
Reply #116
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
    • fossil coral cantik
Begini bro.oda...
Pada dasarnya, materi bahan-bahan dasar langit dan bumi itu sudah ada pada masa kehampaan.... hanya saja materi bahan-bahan dasar tersebut belum berbentuk --masih menyebar gak karuan/kacau balau--. --Kej.1:2--
Supaya saya bisa ngerti dan bisa nyama-in persepsi dgn vbn, apakah penangkepan saya pada quote diatas sbb, benar vbn ? Yakni :

Materi = juga kekal (btw, saya teringat pernah diskusi ttg hal ini dgn temen FK saya yg lain) ... materi tidak diciptakan.... tidak ada creation ex nihilo.

Please CMIIW ungu, vbn.

Quote
Dari keadaan itu, lantas 'ELOHIM --yang tidak mau berada di bawah kekuasaan Bapa--- menciptakan (mengkhayalkan/meng-ide-kan) suatu tempat dimana ia dapat berkuasa, yakni langit dan bumi.
Ibaratnya, musuh si Susi mengkhayalkan sebuah kue - Susi membuat kue tsb.

Please CMIIW.

Quote
Bapa yang mengetahui semuanya itu mengutus TUHAN, yakni Anak-Nya untuk mewujud-nyatakan semua khayalan/ciptaan 'ELOHIM tersebut dengan maksud menyatakan bahwa dosa adalah dosa, pemberontakan adalah jahat.
Berdasarkan bold, lah kalo gitu LAW (Causal) Sistem itu BUKAN para ĕ·lō·hîm yang buat donk, vbn melainkan Bokap ?

"pemberontakan adalah jahat".
So, dari pov vbn : SEBELUMnya pernah ada ketiadaan pemberontakan ?
Dengan kata lain : para makhluk kekal ini dulu pernah hidup saling rukun dgn Bokap sbg pemimpin mereka yang mana pada suatu ketika (kok di kekekalan ada krono waktu yah ? hehehe ...  :char11:) SEMUA para ĕ·lō·hîm mengadakan kudeta thdp Bokap. Bokap nelangsa sendirian, tidak punya siapa2 lagi karena SEMUA para ĕ·lō·hîm memberontak.

Please CMIIW.

Quote
Bapa yang mengetahui semuanya itu mengutus TUHAN, yakni Anak-Nya
Lalu yang Ha ELOHIM itu si Bokap ato si Anak, vbn ?

Quote
Benar, para jin itu memang makhluk-roh dalam artian makhluk yang tidak kasat mata; Sedangkan 'ELOHIM bukan makhluk, artinya kekal, tidak diciptakan/tidak dijadikan oleh siapapun.
Semua yang diciptakan oleh 'ELOHIM itu 'hidup', hanya saja tidak/belum berwujud/diwujudkan.
Pada bold, agar lebih mudah dimengerti ... kalimatnya yang lebih pas adalah sbb :

Semua yang DIKHAYALKAN (di-ide-kan) oleh 'ELOHIM itu 'hidup', hanya saja tidak/belum berwujud/diwujudkan --- karena para ’ĕ·lō·hîm ini tidak mampu utk mewujud-nyatakan-nya ... para ’ĕ·lō·hîm ini butuh Ha ELOHIM sbg pelaksana perwujudan-nyata-nya.

Please CMIIW.


Sekarang kita ke ttg khayalan/ide makhluk jin dari para ’ĕ·lō·hîm dimana Ha ELOHIM si pengwujudnya : Secara bumi ada materi-nya - manusia/hewan juga ada materinya (ada bahan materi dasarnya) .... nah pake bahan dasar apa Ha ELOHIM ini mewujud-nyatakan jin, vbn ? Kan nggak ada creation ex nihilo ?

Quote
Semua yang diciptakan oleh 'ELOHIM itu 'hidup', hanya saja tidak/belum berwujud/diwujudkan

(20) And ’ĕ·lō·hîm said, Let the waters bring forth abundantly and swarm with living creatures, and let birds fly over the earth in the open expanse of the heavens. (21) ’ĕ·lō·hîm created the great sea monsters and every living creature that moves, which the waters brought forth abundantly, according to their kinds, and every winged bird according to its kind. And ’ĕ·lō·hîm saw that it was good and He approved it.

Jadi secara pov vbn, kalimat2 pada ayat diatas .... sebenernya BELUM terjadi perwujudannya ya ? Ayat 20 itu semua masih di angan2/khayalan/ide para ’ĕ·lō·hîm. Dengan kata lain :

ĕ·lō·hîm said = didalam pikiran (masih baru berupa ide)
ĕ·lō·hîm created = didalam pikiran (masih baru berupa ide)
’ĕ·lō·hîm saw = didalam pikiran (masih baru berupa ide)

Please CMIIW.

And ’ĕ·lō·hîm saw that it was good and He approved it
Sedangkan pada kalimat diatas, secara pov vbn maksudnya ibarat : "wah... kayaknya ide kita orang mantep juga nih" yg dimana ide itu sendiri belum diwujud-nyatakan oleh Ha ELOHIM ketika ayat 20 tsb berbunyi

Please CMIIW.

:)
salam.
« Last Edit: February 06, 2014, 08:34:14 PM by odading »
February 06, 2014, 10:15:20 PM
Reply #117
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1952
  • Denominasi: Hanya akui Firman Tuhan

Please CMIIW.
1.  Lalu yang Ha ELOHIM itu si Bokap ato si Anak, vbn ?
 Pada bold, agar lebih mudah dimengerti ... kalimatnya yang lebih pas adalah sbb :

2. Semua yang DIKHAYALKAN (di-ide-kan) oleh 'ELOHIM itu 'hidup', hanya saja tidak/belum berwujud/diwujudkan --- karena para ’ĕ·lō·hîm ini tidak mampu utk mewujud-nyatakan-nya ... para ’ĕ·lō·hîm ini butuh Ha ELOHIM sbg pelaksana perwujudan-nyata-nya.

Please CMIIW.


Sekarang kita ke ttg khayalan/ide makhluk jin dari para ’ĕ·lō·hîm dimana Ha ELOHIM si pengwujudnya : Secara bumi ada materi-nya - manusia/hewan juga ada materinya (ada bahan materi dasarnya) .... nah pake bahan dasar apa Ha ELOHIM ini mewujud-nyatakan jin, vbn ? Kan nggak ada creation ex nihilo ?

(20) And ’ĕ·lō·hîm said, Let the waters bring forth abundantly and swarm with living creatures, and let birds fly over the earth in the open expanse of the heavens. (21) ’ĕ·lō·hîm created the great sea monsters and every living creature that moves, which the waters brought forth abundantly, according to their kinds, and every winged bird according to its kind. And ’ĕ·lō·hîm saw that it was good and He approved it.

Jadi secara pov vbn, kalimat2 pada ayat diatas .... sebenernya BELUM terjadi perwujudannya ya ? Ayat 20 itu semua masih di angan2/khayalan/ide para ’ĕ·lō·hîm. Dengan kata lain :

ĕ·lō·hîm said = didalam pikiran (masih baru berupa ide)
ĕ·lō·hîm created = didalam pikiran (masih baru berupa ide)
’ĕ·lō·hîm saw = didalam pikiran (masih baru berupa ide)

Please CMIIW.

--------------
-------------------
salam.

Begini Bro, supaya gak rumit2, saya sangat menyealami pemahamhaman dzat Elohimnya Sizbentarian sbb:

Definisi Dzat Elohom menurutnya Sizbentarian adalah :
a, ELOHIM ABBA adalah ELOHIM MAHA TINGGI.
b. ELOHIM para berhala. Cuma para ELOHIM berhala itu, Abba memberikan kesayangannya dengan memberi kuasa penuh kepada Ha ELOHIM yakni YAHWEH alias YESUS KRISTUS.


Benar, Ha'ELOHIM itu adalah Eloah Yahweh; Dia tidak termasuk dalam kegiatan 'ELOHIM dalam mencipta.



kalau ELOHIM dikejadian 1:1 yg ditulis oleh nabi Musa menunjuk siapa ya ?


Menunjuk kepada BERHALA.


Karena ' ELOHIM itu BERHALA !!


'ELOHIM itu memang berhala :)


Benar, Ha'ELOHIM itu adalah Eloah Yahweh; Dia tidak termasuk dalam kegiatan 'ELOHIM dalam mencipta.



Jika 

Benar, Ha'ELOHIM itu adalah Eloah Yahweh; Dia tidak termasuk dalam kegiatan 'ELOHIM dalam mencipta.


Jika Benar, Ha'ELOHIM itu adalah Eloah Yahweh; Dia tidak termasuk dalam kegiatan 'ELOHIM dalam mencipta.

Maka kejadian 1:1 menurut Alkitabnya Sizbentarian tertulis :

Pada mulanya  Ha'ELOHIM yang berwujud berhala tidak menciptakan langit dan bumi !

Betul ya kitab anda Sizbentarian ?


Kalau kitabnya @hayatek dalam pengakuannya, ia berbeda dengan kitabnya @Sizbentarian tapi tujuannya sama yang pernah dikatakan oleh @Raja888 ialah orang buta menuntut orang buta ! yang :

1. ( Beda ) @hayatek Abba adalah YAHWEH, tapi Sizbentarian bukan melainkan YAHWEH adalah Yesus yakni ha ELOHIM berwujud berhala.

2. ( Sama ) @hayatek dan @Sizbentarian sama2 menunjukan YESUS adalah ilah2 / berhala hala yang dimana berhalanya / ilah2nya disayangi oleh masing2 beda Abba yakni Abba nama bapanya Sizbentarian dan Abba bernama YAHWEH oleh @hayatek !

Inilah yang dimaksud oleh @Raja888 :

orang buta menuntu orang buta...keduanya akan jatuh dilubang yang sama ;D

Semoga lebih jelas Bro.

GJBU
February 06, 2014, 10:30:11 PM
Reply #118
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Supaya saya bisa ngerti dan bisa nyama-in persepsi dgn vbn, apakah penangkepan saya pada quote diatas sbb, benar vbn ? Yakni :

Materi = juga kekal (btw, saya teringat pernah diskusi ttg hal ini dgn temen FK saya yg lain) ... materi tidak diciptakan.... tidak ada creation ex nihilo.

Please CMIIW ungu, vbn.
Benar.... bahwa materi bahan-bahan langit dan bumi tidak diciptakan; yang dimaksud --langit-bumi-- "diciptakan" pada mulanya itu adalah sehubungan dengan 'kreasi' dari materi bahan-bahan dasar yang sudah ada.

Ibaratnya, musuh si Susi mengkhayalkan sebuah kue - Susi membuat kue tsb.

Please CMIIW.
Saya tidak nangkep maksud bro.oda..... diperjelas lagi dong :)

Berdasarkan bold, lah kalo gitu LAW (Causal) Sistem itu BUKAN para ĕ·lō·hîm yang buat donk, vbn melainkan Bokap ?
Berontak yang = jahat itu timbul dari satu pihak, yakni pihaknya 'ELOHIM; Bapa hanya meresponsnya dengan "mewujud-nyatakan" pemberontakannya melalui perwujudan ciptaannya sendiri.

Persoalannya kemudian adalah manusia --yang dijadikan sarana oleh TUHAN untuk "mewujud-nyatakan" pemberontakannya--- eh, malah tidak mendengarkan Perintah-Nya.... itupun hasil usaha si 'ular-tua-
.
Artinya, hukum sebab akibat itu bermuara dari satu sisi, yaitu dari Pemberontakan si Pemberontak alias si jahat.

"pemberontakan adalah jahat".
So, dari pov vbn : SEBELUMnya pernah ada ketiadaan pemberontakan ?
Dengan kata lain : para makhluk kekal ini dulu pernah hidup saling rukun dgn Bokap sbg pemimpin mereka yang mana pada suatu ketika (kok di kekekalan ada krono waktu yah ? hehehe ...  :char11:) SEMUA para ĕ·lō·hîm mengadakan kudeta thdp Bokap. Bokap nelangsa sendirian, tidak punya siapa2 lagi karena SEMUA para ĕ·lō·hîm memberontak.

Please CMIIW.
Pemberontakannya itu --sebenarnya-- sudah ada dari sejak ketiadaan, namun belum dinyatakan dalam ide penciptaan langit bumi.
Situasi itu tidak bisa dipandang dari sisi waktu, sebab, di dalam masa ketiadaan tidak ada batasan waktu.

Bapa tidak sendiri..
Bapa mempunyai Anak dan para roh yang tetap setia melayani-Nya.

Lalu yang Ha ELOHIM itu si Bokap ato si Anak, vbn ?

Ha'ELOHIM itu Anak, bro...

Pada bold, agar lebih mudah dimengerti ... kalimatnya yang lebih pas adalah sbb :

Semua yang DIKHAYALKAN (di-ide-kan) oleh 'ELOHIM itu 'hidup', hanya saja tidak/belum berwujud/diwujudkan --- karena para ’ĕ·lō·hîm ini tidak mampu utk mewujud-nyatakan-nya ... para ’ĕ·lō·hîm ini butuh Ha ELOHIM sbg pelaksana perwujudan-nyata-nya.

Please CMIIW.
Boleh juga penjelasannya bro :)

Tapi, kalo dikatakan bahwa 'ELOHIM membutuhkan Ha'ELOHIM untuk mewujudkannya, saya pikir tidak begitu; Sebab jika begitu maka boleh dikata bahwa 'ELOHIM bekerja sama dengan Ha'ELOHIM pada masa penciptaan.... ya tidak begitu bro.

Mewujud-nyatakan ciptaan 'ELOHIM merupakan inisiatif Bapa (satu pihak) yang dikerjakan oleh Anak-Nya  (Ha'ELOHIM) sendiri dengan maksud supaya 'ELOHIM Pencipta itu tetap mengakui Kebesaran-Nya melalui Anak-Nya.
Namun, pada kenyataannya, 'ELOHIM tidak mau mengakui itu; 'ELOHIM lebih suka keluar dari penguasaan Bapa dan menghendaki berkuasa sendiri di dalam ciptaan yang sudah diwujud-nyatakan-Nya melalui Anak-Nya.

bersambung....
« Last Edit: February 06, 2014, 10:37:22 PM by sizxbn »
February 06, 2014, 10:30:24 PM
Reply #119
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Sekarang kita ke ttg khayalan/ide makhluk jin dari para ’ĕ·lō·hîm dimana Ha ELOHIM si pengwujudnya : Secara bumi ada materi-nya - manusia/hewan juga ada materinya (ada bahan materi dasarnya) .... nah pake bahan dasar apa Ha ELOHIM ini mewujud-nyatakan jin, vbn ? Kan nggak ada creation ex nihilo ?
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa semua ciptaan 'ELOHIM itu hidup.... hanya saja tidak/belum semuanya berwujud/diwujudkan..... contohnya "Naga Besar" yang di laut dan semua yang berkeriapan dalam air; tidak pernah diwujudkan oleh Ha'ELOHIM

Adanya makhluk jin itu merupakan bukti dari penjelasan saya di atas, bahwa apa yang sudah diciptakan oleh 'ELOHIM itu hidup, ada dan bergerak, sekalipun dalam alam yang berbeda dengan semua makhluk yang dijadikan oleh Ha'ELOHIM.

(20) And ’ĕ·lō·hîm said, Let the waters bring forth abundantly and swarm with living creatures, and let birds fly over the earth in the open expanse of the heavens. (21) ’ĕ·lō·hîm created the great sea monsters and every living creature that moves, which the waters brought forth abundantly, according to their kinds, and every winged bird according to its kind. And ’ĕ·lō·hîm saw that it was good and He approved it.

Jadi secara pov vbn, kalimat2 pada ayat diatas .... sebenernya BELUM terjadi perwujudannya ya ? Ayat 20 itu semua masih di angan2/khayalan/ide para ’ĕ·lō·hîm. Dengan kata lain :

ĕ·lō·hîm said = didalam pikiran (masih baru berupa ide)
ĕ·lō·hîm created = didalam pikiran (masih baru berupa ide)
’ĕ·lō·hîm saw = didalam pikiran (masih baru berupa ide)

Please CMIIW.

And ’ĕ·lō·hîm saw that it was good and He approved it
Sedangkan pada kalimat diatas, secara pov vbn maksudnya ibarat : "wah... kayaknya ide kita orang mantep juga nih" yg dimana ide itu sendiri belum diwujud-nyatakan oleh Ha ELOHIM ketika ayat 20 tsb berbunyi

Please CMIIW.

:)
salam.
Penjelasannya kurang-lebih sama dengan yang di atas bro...


Salam,
« Last Edit: February 06, 2014, 10:39:55 PM by sizxbn »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)