Author Topic: MENGAPA PETRUS YG DIPILIH SEBAGAI GEMBALA?  (Read 12633 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 30, 2019, 02:10:17 PM
Reply #50
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10923
Kupikir juga tak da guna bukti2 itu!

Utk omong2, bagai mana nanti2 kita menjelaskan analogi gembala?
Anak2 kota tak paham apa kompetensi gembala, heroik-nya, tabah-nya.
Yg mereka tahu model yg seperti itu disebut peternak, apa tak keliru nanti?

Misalnya:
Dulu film koboi masih enak ditonton,
Kini tak laku, apakah nanti2 akan laku lagi?

Salam Damai!


oo...
jadi selama ini pendetongmu itu adalah PETERNAK JEMAAT ya?

terima kasih atas ilmu baru nya
April 01, 2019, 08:59:47 AM
Reply #51
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2154
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
jadi selama ini pendetongmu itu adalah PETERNAK JEMAAT ya?
Wah! Otong-mu masih sering kabuh terus, ya, dang!
Saranku, jangan lagi mem-verifikasi roh-Wedus
Mungkin itu sebab ingin mu sedap2an mulu

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
April 03, 2019, 11:19:13 AM
Reply #52
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3548
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Wew, sebelum jatuh menjadi debat yang tidak saling membangun, kuusulkan, ditutup saja trit ini.
Mengapa Petrus yang dipilih menjadi gembala, ialah:
1. Karena itu kehendak Yesus Kristus;
2. Karena Yesus Kristus mengenal Petrus tampilan luar dan tampilan dalam;
3. Karena Petrus diberi keutamaan yang lebih dibanding rasul lainnya;
Silahkan ditambahkan alasan lainnya.
Apapun alasannya, sudah nyata bahwa hanya kepada Petruslah Tuhan Yesus Kristus mengatakan, "Gembalakanlah domba-domba-Ku".

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
April 04, 2019, 05:08:39 PM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2154
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Silahkan ditambahkan alasan lainnya.
Apapun alasannya, sudah nyata bahwa hanya kepada Petruslah
Tuhan Yesus Kristus mengatakan, "Gembalakanlah domba-domba-Ku".

Sudah kutambahkan alasanku bahwa:
Sbg gembala bukan itu yg utama, tapi kebersamaan-nya
Mungkin Petrus paling sering off-side, kenceng sendirian
Paling agresif, paling banyak nabrak, banyak "direparasi"

Lalu kata Yesus:
"Gembalakanlah domba-domba-Ku." 3x [Yoh 21:15-17]
Maka Petrus hrs pikir 3x utk ide kenceng sendirian

Namun setelah itu masih komplain juga di ayat berikutnya
Ketika Petrus melihat Yohanes, ia berkata kpd Yesus:
"Tuhan, apakah yg akan terjadi dengan dia ini?"

Jawab Yesus:
"Jikalau Aku menghendaki, spy ia tinggal hidup sampai Aku datang,
itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku." [Yoh 21:21-22]


Ini terulang spt saat ia berkata briliant, "Engkau Mesias", saat ditanya ttg siapa Yesus [Mar 8:29]
Tapi tak lama setelah itu Yesus memarahinya di depan murid2-Nya, "Enyahlah Iblis!" [Mar 8:33]

Memang Yesus melihat gairahnya yg kuat ketika ia ingin mendirikan kemah bagi-Nya [Mat 17:4]
Mungkin gairah ini muncul setelah nama Simon bin Yunus "direparasi" menjadi Petrus [Mat 16:18]

Dan pd akhirnya Petrus pun sungguh mengikuti Yesus
Dia tidak perlu hrs mendirikan kemah utk Musa dan Elia
Petrus pun memberi nasihat yg sama kpd para penatua:
Gembalakanlah kawanan domba Allah yg ada pd-mu,

Jgn dgn paksa, tapi dgn sukarela sesuai dgn kehendak Allah,
Jgn karena mau mencari keuntungan, tetapi dgn pengabdian diri.
Hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu [1Pet 5:1-3]

Salam Damai!
« Last Edit: April 04, 2019, 06:08:58 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
April 04, 2019, 06:16:14 PM
Reply #54
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 943
  • Denominasi: Protestan
Ya!
Paulus terpelajar, murid Gamaliel
Petrus nelayan tulen, murid Yesus

Sbg gembala bukan itu yg utama, tapi kebersamaan-nya
Mungkin Petrus paling sering off-side, kenceng sendirian
Paling agresif, paling banyak nabrak, banyak "direparasi"
Masih MUNGKIN kan, bray.

Lalu kata Yesus:
"Gembalakanlah domba-domba-Ku." 3x
Maka Petrus hrs pikir 3x utk ide kenceng sendirian
Lho kok jadi PASTI ?

Please don't put your words on someone's mouth.
Udah jelas, itu gak bikin damai.
April 04, 2019, 08:06:11 PM
Reply #55
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3548
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Oopss... @sotardugur Parreva tidak melayani diskusi berwarna merah. Jika menulis warna merah sekedar menekankan arti, masih berterima. Tapi kalo keseluruhan berwarna merah, tidak kutangkap manfaatnya, dengan kata lain, tidak bermanfaat.

Salam damai (tanpa pentung).
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
April 05, 2019, 08:55:58 AM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2154
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
@SP

Mulai sekarang biru sudah!

Silahkan ditambahkan alasan lainnya.
Apapun alasannya, sudah nyata bahwa hanya kepada Petruslah
Tuhan Yesus Kristus mengatakan, "Gembalakanlah domba-domba-Ku".

Sudah kutambahkan alasanku bahwa:
Sbg gembala bukan itu yg utama, tapi kebersamaan-nya
Mungkin Petrus paling sering off-side, kenceng sendirian
Paling agresif, paling banyak nabrak, banyak "direparasi"

Lalu kata Yesus:
"Gembalakanlah domba-domba-Ku." 3x [Yoh 21:15-17]
Maka Petrus hrs pikir 3x utk ide kenceng sendirian

Namun setelah itu masih komplain juga di ayat berikutnya
Ketika Petrus melihat Yohanes, ia berkata kpd Yesus:
"Tuhan, apakah yg akan terjadi dengan dia ini?"

Jawab Yesus:
"Jikalau Aku menghendaki, spy ia tinggal hidup sampai Aku datang,
itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku." [Yoh 21:21-22]


Ini terulang spt saat ia berkata briliant, "Engkau Mesias", saat ditanya ttg siapa Yesus [Mar 8:29]
Tapi tak lama setelah itu Yesus memarahinya di depan murid2-Nya, "Enyahlah Iblis!" [Mar 8:33]

Memang Yesus melihat gairahnya yg kuat ketika ia ingin mendirikan kemah bagi-Nya [Mat 17:4]
Mungkin gairah ini muncul setelah nama Simon bin Yunus "direparasi" menjadi Petrus [Mat 16:18]

Dan pd akhirnya Petrus pun sungguh mengikuti Yesus
Dia tidak perlu hrs mendirikan kemah utk Musa dan Elia
Petrus pun memberi nasihat yg sama kpd para penatua:
Gembalakanlah kawanan domba Allah yg ada pd-mu,

Jgn dgn paksa, tapi dgn sukarela sesuai dgn kehendak Allah,
Jgn karena mau mencari keuntungan, tetapi dgn pengabdian diri.
Hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu [1Pet 5:1-3]

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
April 05, 2019, 09:01:33 AM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2154
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Masih MUNGKIN kan, bray.
Lho kok jadi PASTI ?

Please don't put your words on someone's mouth.
Udah jelas, itu gak bikin damai.
Doyanmu nyari-in yg blunder mulu, bray!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
April 05, 2019, 10:43:01 AM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2988

Gembala itu adalah jabatan gerejawi yang bersifat jamak bukan monopoli Petrus saja.

Janganlah suka mengkultuskan manusia.



April 05, 2019, 01:00:34 PM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2154
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Bro!
Kita hrs respon pertanyaannya
Bukan tendensi SP yg kita jelaskan

Mengapa Petrus yg di-wanti2 sampai 3x
Apa karna budeg rohani atau gimana-gitu
Atau karna ia nelayan selalu kritis hidupnya

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)