Author Topic: MARTIN LUTHER SANG PESAING TUHAN YESUS  (Read 7543 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 07, 2014, 06:33:09 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3600
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika
Nyatanya ada "Skisma", kalau dari pandangan golongan Timur, mereka merasa lebih origin :)

Iitu menurut pandangan mereka, tetapi yg tidak bisa dipungkiri adalah bahwa ketetapan TUHAN tidak bisa diubah oleh manusia. Bahwa TUHAN telah menetapkan GEREJANYA DIBANGUN DIATAS PETRUS itu tidak akan diubah hingga akhir zaman sebagaimana Yg IA JANJIKAN. Sebagai PENDIRI GEREJA, TUHAN kita menjanjikan PENYERTAANNYA HINGGA AKHIR JAMAN. Sebagaimana mana TUHAN memberkati ISRAEL meski bangsa itu telah sering kali serong kepada TUHAN namun berkat tersebut tidak pernah Ia batalkan. Persoalan bahwa Gereja Katolik pernah dituduh begini atau begitu, atau Paus yg dituduh begini atau begitu tidak serta merta akan mengahancurkan GEREJA TUHAN, tunggu saja waktunya, Dia telah berfirman akan MENYERTAI HINGGA AKHIR JAMAN, maka sebelum akhir jaman GEREJA KATOLIK AKAN TETAP KOKOH BERDIRI. Di awal threat saya menuliskan:

Gereja Katolik, ketika diterima sebagai institusi, adalah .kudus  dan sempurna seperti pendirinya, Yesus Kristus, tetapi ketika diterima sebagai kelompok orang Gereja mencakup semua kesalahan dan kelemahan karakteristik manusia. Gereja tidak pernah mengeklaim bahwa semua anggotanya suci. Kenyataannya, Gereja mengakui bahwa banyak anggotanya benar-benar runyam. Banyak unsur yang tidak menyenangkan ada dalam hierarki, tidak berarti bahwa Gereja itu sendiri dirusak, atau bahwa Gereja digulingkan. Amerika Serikat tidak mungkin meniadakan jabatan presiden hanya karena beberapa kepala negara tidak patuh, maka kita tidak berharap Gereja Katolik menghapus jabatan paus atau hierarki sebab tindakan-tindakan jahat itu lebih menyangkut para anggotanya.

Sekalipun janji perlindungan Kristus diberikan bagi Gereja Katolik, sepanjang sejarah banyak orang anti-Katolik menyebutkan dan/atau membayangkan penyalahgunaan dalam hierarki kepausan dan imani sebagai pembenaran atas pemberontakan melawan autoritas Gereja dan doktrin Gereja. Seperti kasus dua pelopor pemberontak Protestan,  John Wycliff dan Jan Hus.

TUHAN telah memberikan kepada kita Gereja-NYA sudah sepatutnya kita menerima pemberian TUHAN ini dengan taat dan tidak berupaya untuk mencoba mendirikan gereja. Sebab hanya TUHAN lah yang mampu mendirikan gereja bukan manusia. Karena YESUS mendirikan gereja diatas PETRUS dan penerusn-Nya, maka sebagai pendiri YESUS  mampu memberikan perlindungan bagi gereja yang ia bangun hingga akhir jaman.  Apa yang bisa Martin Luther berikan kepada gereja yang ia bangun? Janji perlindungan hingga akhir jaman kah? Sejarah telah mencatat bahwa gereja yang ia bangun terpecah berkeping-keping hingga puluhan ribu, sebab Martin Luther TIDAK PUNYA KUASA untuk memberikan perlindungan bagi gerejanya hingga akhir jaman. Seharusnya kita menerima Gereja yang didirikan TUHAN bukan malah mendirikan gereja sendiri sebab ...

Ada banyak manusia2 yang mencoba menyaingi TUHAN dengan mencoba membangun Rumah-Nya (Gereja-Nya) namun ingat ada tertulis: Jikalau bukan TUHAN yang membangun  rumah , sia-sialah usaha orang yang membangunnya (Mazmur 127:1)

Oleh karena itu kita harus ingat TUHAN kita telah turun ke dunia dan memberikan kepada kita GEREJA-NYA yang Ia bangun diatas PETRUS sebagai tanda bahwa hanya gereja yang dibangun diatas Petruslah yang Ia sertai sampai akhir Jaman. Sebagai Allah yang maha tahu, TUHAN mengetahui pada akhirnya nanti jemaatnya akan terpecah karena sebagaimana Penyesatan harus ada (lih Matius 18:7) Oleh karena itu TUHAN  telah meninggalkan kepada kita sebuh tanda bahwa gereja manakah yang Ia sertai, dan tanda itu adalah PETRUS!!   Jika hari ini kita menemukan banyak sekali gereja ingatlah TANDA yang diberikan TUHAN kepada kita, adakah Gereja itu dibangun di-atas PETRUS dan para penerusnya? Jika demikian, maka Gerejamu adalah Gereja yang didirikan oleh KRISTUS!
« Last Edit: February 09, 2014, 12:06:54 PM by CLAY »
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
February 07, 2014, 07:08:37 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

Iitu menurut pandangan mereka, tetapi yg tidak bisa dipungkiri adalah bahwa ketetapan TUHAN tidak bisa diubah oleh manusia. Bahwa TUHAN telah menetapkan GEREJANYA DIBANGUN DIATAS PETRUS itu tidak akan diubah hingga akhir zaman sebagaimana Yg IA JANJIKAN. Sebagai PENDIRI GEREJA, TUHAN kita menjanjikan PENYERTAANNYA HINGGA AKHIR JAMAN. Sebagaimana mana TUHAN memberkati ISRAEL meski bangsa itu telah sering kali serong kepada TUHAN namun berkat tersebut tidak pernah Ia batalkan. Persoalan bahwa Gereja Katolik pernah dituduh begini atau begitu, atau Paus yg dituduh begini atau begitu tidak serta merta akan mengahancurkan GEREJA TUHAN, tunggu saja waktunya, Dia telah berfirman akan MENYERTAI HINGGA AKHIR JAMAN, maka sebelum akhir jaman GEREJA KATOLIK AKAN TETAP KOKOH BERDIRI.



Kajian negatif kepada Luther tidak ngefek sama teman2 disini yg sering ngejek Katolik. Kalau Anda merasa tersakiti, malah akan lebih efektif jika Anda mengkritisi mereka misalnya soal manifestasi ROH KUDUS, persepuluhan, nubuat, soal paham "second coming" dll... Mereka akan bereaksi deh... :D


Tentang SKISMA:

Alkitab melarang SKISMA, tetapi sejarah berkata lain: SKISMA itu ada, terjadi nyata.
Alkitab justru tidak melarang "HERESY."


Saya mengakui bahwa Protestan itu asalnya dari gereja Katolik Roma, saya mengerti bahwa Luther itu bagai anak yg mbalelo. Tetapi harap Anda tahu bahwa orang2 non Katolik tidak selalu menganggap diri Protestan, ataupun lebih khusus seorang "Lutheran".


SKISMA itu ada, dan itu sejarah, dan itu tidak bisa dilupakan, tidak dapat dihapus.


YANG MANAKAH GEREJA YANG SATU, KUDUS & APOSTOLIK?

Pijakannya harus dimulai dari Sebelum SKISMA BESAR, dan sesudah SKISMA BESAR, yang manakah Gereja yang Katolik/Am itu?




Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
February 07, 2014, 08:48:51 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 972
  • Ad Majorem Dei Gloriam
  • Denominasi: Katolik!
Sebenarnya seorang dari kalangan gereja-gereja pentakosta, kharismatik dll... tidak menganggap dirinya "Protestan", dan tidak menganggap dirinya "pengikut Luther."

Protestan dalam pengertian "masa kini" itu umumnya dari kalangan gereja Lutheran, kalau di Indonesia ini misalnya HKBP (Huria Kristen Batak Protestan);  GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia), dll...
Gereja Protestan dari golongan "Reformed"-pun tidak menganggap dirinya seorang Lutheran, tetapi Calvinis. Gereja2 Baptis juga protestan, tetapi mereka tidak menganggap diri seorang Lutheran, sebab mereka turunan dari Anabaptis.

Jadi kalau ada thread yg "menjelekkan" Luther, itu nggak ngaruh disini.
Kayaknya jarang banget member FK dari denom Lutheran di FK ini.
Yg sering "buka front" ngecam Katolik disini, sebenarnya mereka2 bukan Lutheran, dan saya melihat mereka datang dari denom-denom baru, yang jauh lebih muda dari gereja2 Protestan... :)
iya bro.. sepakat.. dari beberapa pengalaman dilapangan, memang begitulah faktanya.. ada dinamika didalam protestanisme (terhadap katolik) sejak jaman luther hingga sekarang.. banyak pembaharuan secara sporadis dan bersifat lokal, spesifik, dan subyektif.

oleh sebab itu berdialog dengan lutheran jauh lebih mudah nyambungnya, karena jelas masih banyak ditemukan benang merahnya.. . kalau dengan yang keluaran baru sekarang ini, apalagi yang tanpa standar SNI, alias "home industri" aduhh... mereka ini kadang2 "bertheologi tiba2" yang tentu saja menafikan sejarah pemikiran dan perkembangan theologis Kekristenan itu sendiri.
adalah contoh nyata para pengeritik Gereja Katolik tapi mereka sendiri tidak tahu apa yang mereka telah dan sedang kritik.
February 07, 2014, 05:14:30 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6769
  • Gender: Male
  • Tuhanku Memberkatimu
  • Denominasi: Baptis

Kajian negatif kepada Luther tidak ngefek sama teman2 disini yg sering ngejek Katolik. Kalau Anda merasa tersakiti, malah akan lebih efektif jika Anda mengkritisi mereka misalnya soal manifestasi ROH KUDUS, persepuluhan, nubuat, soal paham "second coming" dll... Mereka akan bereaksi deh... :D

Ya tergantung jemaatnya om, kalau memang cuek mah ga bakal bereaksi, lah orang yang dibahas juga sudah mati ratusan tahun lalu. Kalau cuma ingin menjatuhkan sebuah organisasi melalui tokoh nampaknya sudah tidak efektif.

Salam... :D
-- Savaka-Buddha --
February 07, 2014, 07:48:19 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3600
  • Gender: Male
  • Gereja Katolik Roma
    • [b][i]Allah, demi menyatakan DiriNya kepada manusia dalam bentuk yang baru dan utuh, yang memulai era Penebusan, tiada memilih bagi tahta-Nya sebuah bintang di langit, pun istana dari seorang yang berkuasa. Pula Ia tak menghendaki sayap-sayap para malaika

Kajian negatif kepada Luther tidak ngefek sama teman2 disini yg sering ngejek Katolik. Kalau Anda merasa tersakiti, malah akan lebih efektif jika Anda mengkritisi mereka misalnya soal manifestasi ROH KUDUS, persepuluhan, nubuat, soal paham "second coming" dll... Mereka akan bereaksi deh... :D


Saya tidak bermaksud menyakiti Protestan selain mengungkapkan fakta sejarah Bidah Bidah dalam sejarah Gereja Katolik, termasuk didalamnya yang dibawakan oleh Martin Luther dan Gerombolannya. Karena threat ini sekali lagi kelanjutan dari threat  sebelumnya:
Bidah-Bidah Menyerang Gereja Awal, Silahkan klik: http://forumkristen.com/index.php?topic=51698.msg980282#msg980282

Topik tentang Bidah belum selesai karena berikutnya akan dibahas tentang Raja Henry VIII



Tentang SKISMA:

Alkitab melarang SKISMA, tetapi sejarah berkata lain: SKISMA itu ada, terjadi nyata.
Alkitab justru tidak melarang "HERESY."


Saya mengakui bahwa Protestan itu asalnya dari gereja Katolik Roma, saya mengerti bahwa Luther itu bagai anak yg mbalelo. Tetapi harap Anda tahu bahwa orang2 non Katolik tidak selalu menganggap diri Protestan, ataupun lebih khusus seorang "Lutheran".


SKISMA itu ada, dan itu sejarah, dan itu tidak bisa dilupakan, tidak dapat dihapus.


YANG MANAKAH GEREJA YANG SATU, KUDUS & APOSTOLIK?

Pijakannya harus dimulai dari Sebelum SKISMA BESAR, dan sesudah SKISMA BESAR, yang manakah Gereja yang Katolik/Am itu?




Bagi saya SKISMA dapat terjadi selalu karena ada unsur manusiawi yang lebih dominan dibanding unsur  Rohani. Karena itu saya tidak mau berkomentar lebih jauh tentang itu. Tetapi pendapat saya tetap bahwa KETETAPAN TUHAN TIDAK DAPAT DIUBAH.  Kristus menghendaki agar semua orang yang percaya kepada-Nya menjadi satu (lih. Yoh 17:20-23). “Supaya mereka semua menjadi satu….(ay. 21)…. supaya mereka menjadi satu (ay.22) …. supaya mereka sempurna menjadi satu (ay.23). Maka Tuhan Yesus menghendaki persatuan yang sempurna, termasuk dalam hal ajaran maupun kepemimpinannya. Tuhan Yesus tidak menghendaki persatuan yang semu, di mana ada sebagian anggota yang protes terhadap yang lainnya dalam hal ajaran iman. Maka adalah menjadi tugas semua anggota Gereja untuk sama-sama mencari kepenuhan kebenaran, agar tercapailah kesatuan yang sempurna, baik dari segi ajaran maupun kepemimpinan, sebagaimana dikehendaki oleh Kristus pada saat Ia mendirikan Gereja-Nya di atas Rasul Petrus (lih. Mat 16:18-19).

Salam
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena Iman didalam YESUS KRISTUS (Galatia 3:25)
February 07, 2014, 09:36:33 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
SKISMA dalam pandangan GEREJA ORTODOKS TIMUR, merekalah root yang asli, tabelnya sbb:



Reff: http://orthodox-standard.blogspot.com/2011/12/problem-of-canonical-authority-and.html
Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
February 07, 2014, 10:13:35 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1952
  • Denominasi: Hanya akui Firman Tuhan
Membersihkan suara hati yang jahat di samping keinginan-keinginan hawa nafsunya, Luther mengarang teologi baru tentang keselamatan: keselamatan tanpa ketaatan kepada Sepuluh Perintah Allah; orang akan membenarkan nafsu dan tindakan asusila tanpa takut hukuman. Suatu hari sementara dia berada di cloaca (toilet). tiba-tiba Luther dihentakkan oleh bagian surat kepada orang Ibrani yang berbunyi, "Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman,"! ( Ibrani 10:38) di mana Luther menambahkan satu kata kunci yang tidak ditemukan dalam teks asli, satu kata yang secara signiflkan mengubah arti bagian itu. Kata kunci yang ditambahkan Luther adalah hanya. Sekarang, dari "Tetapi orang- Ku yang benar akan hidup oleh iman", menjadi "Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup hanya oleh iman". Dengan sisipan satu kata lain dari  Luther lahirlah Protestan, yakni sola fide atau "hanya iman". Tidak diperlukan perbuatan-perbuatan baik, ketaatan kepada Sepuluh Perintah Allah, atau mematikan keinginan daging demi keselamatan - hanya iman kepada Yesus Kristus yang menjarnin masuk surga.

Percaya bahwa dia telah menemukan kembali jalan yang benar ke surga, Luther mempersiapkan dirinya secara mental untuk menantang Gereja Katolik berkaitan dengan doktrin tentang keselamatan melalui iman dan perbuatan-perbuatan baik. Dia segera melakukannya.

Pada malam tanggal 31 Oktober 1517, yang bersamaan dengan perayaan Pesta Halloween, Martin Luther, berusia 33 tahun, sama dengan usia Kristus ketika Dia dipaku di kayu salib, memakukan daftar 95 tesis di pintu gereja Kastil Wittenberg.


Kastil Wittenberg menuntut supaya Uskup Agung Albrecht dari Mainz mengakhiri penjualan indulgensi ( uang yang diberikan untuk  mengampuni hukuman sementara atau mengangkat orang keluar dari api penyucian), yang dilakukan oleh rahib Dominikan, Yohanes Tetzel, di wilayah Brandenburg dekat Wittenberg untuk pembangunan Basilika St. Petrus di Roma. Bersikeras bahwa keselamatan jiwa-jiwa hanya melalui sola fide, Luther menolak dengan keras cara-cara Tetzel yang  terlalu bersemangat menjual keselamatan dengan menetapkan harga. Luther yakin bahwa paus akan mendukung 95 tesisnya itu, tetapi ketika dia mengetahui hahwa paus telah menginterpretasikan tesis-tesisnya sebagai serangan terhadap autoritas paus dan telah berpihak kepada Tetzel dan Uskup Agung Albrecht, dia mengetahui bahwa dia  berada dalam bahaya dihukum sebagai seorang bidah. Martin Luther  dipanggil para superiornya agar mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya. Dalam mempertahankan 95 tesis itu di hadapan para superiornya, Luther, seperti Wycliff, berpendapat bahwa autoritas Kitab Suci melebihi autoritas paus dan konsili-konsili Gereja.

Luther berpendapat bahwa Kitab Suci adalah autoritas yang utarna; bukan para imam, para uskup, para kardinal, para bapa gereja, para pujangga gereja, ajaran magisterium, konsili-konsili ekumenis, atau para paus.
-------------
----------------


Ah Martin Luther kek, J.Calvin kek, Sri Paus kek, Romo Kek, Pendeta kek, semuanya tulisan2, kotbah2, Fatwa2 dll harus dan diharuskan di cross chek dengan Alkitab keseluruhannya, bukan pilih2 kasih ayat yang mana cocok lalu dikatakan pernyataan itu sudah sesuai Firman Tuhan.

Waspadalah teolog demikian yang hanya memenuhi nafsu teolognya.

Anak2 TUHAN sekarang sangat berhak mengontrol mana sesuai FT seluruhnya yang bukan potong memotong, Jelas ?

Kalau gak jelas silahkan tanya ?
February 08, 2014, 05:33:34 AM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 757
  • Gender: Male
  • Denominasi: Pentakosta
Ah Martin Luther kek, J.Calvin kek, Sri Paus kek, Romo Kek, Pendeta kek, semuanya tulisan2, kotbah2, Fatwa2 dll harus dan diharuskan di cross chek dengan Alkitab keseluruhannya, bukan pilih2 kasih ayat yang mana cocok lalu dikatakan pernyataan itu sudah sesuai Firman Tuhan.

Waspadalah teolog demikian yang hanya memenuhi nafsu teolognya.

Anak2 TUHAN sekarang sangat berhak mengontrol mana sesuai FT seluruhnya yang bukan potong memotong, Jelas ?

Kalau gak jelas silahkan tanya ?

Benar.  :afro: Semua itu harus sesuai Alkitab.

GBU.
Mazmur 119:105
Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.
February 08, 2014, 10:27:31 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9216
Bro Clay, lepas dari keterangan yang miring dari kamu.

Saya  hendak mengatakan bahwa seperti jaman Perjanjian Lama, setiap penyelewengan bangsa Israel PASTI Tuhan bangkitkan seorang utusan atau nabi untuk dipakai menegor jemaatnya.

Jadi bagi saya Martin Luther disampaing kemanusiaannya, dipakai oleh Tuhan menunjukkan ajaran yang telah menyimpang jauh dari ALKITAB , YAITU WAHYU ALLAH yang diberikan unutk mengajar dan menunjukkan kesalahan.

Satu saja , tentang penjualan surat pengampunan, itu sudah jelas bertentangan dengan Firman Tuhan, dimana DOSA HANYA DAPAT DISUCIKAN OLEH DARAH KRISTUS YANG MAHAL

Masih banyak lagi yang di pakukan oleh Martin Luther tentang penyelewengan dari Firman Tuhan.

Dan mengingat begitu BERKUASANYA PAUS, dari mana KEBERANIAN Martin ?????????

Dari Tuhanlah yang memberi dia kekuatan untuk menunjukkan penyelewengan .

BTW, kanonisasi bukan oleh Gereja Katolik.

Tetapi oleh gereja mula2 sebelum raja Konstantin,yang menyebut gereja Kristen menjadi katolik , sehingga bukanlah gereja katolik yang mengkanon ALKITAB.

Kisah Para Rasul 11:26   
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang.
Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.


Ini hanya kenyataan yang kita pelajari dari sejarah.

Gereja
berasal dari bahasa Yunani: εκκλησία (ekklêsia) yang berarti dipanggil keluar (ek= keluar; klesia dari kata kaleo= memanggil);
kumpulan orang yang dipanggil ke luar dari dunia)

http://www.ianpaisley.org/article.asp?ArtKey=jesuit

Gereja Katolik Roma bukan mengkanon ALKITAB  karena :

1.Kitab kitab suci ditulis oleh nabi dan Rasul jauh sebelum ada  Gereja Katolik Roma.

2.Kanonisasi PL oleh bangsa Yahudi sudah ada sebelum ada gereja Kristen awal di Yerusalem.

3.  sudah ada proses kanonisasi PB, Sebelum ada  Gereja Roma Katolik


The Roman Catholic Church did not give the world the Bible!

http://www.bible.ca/b-canon-church-did-not-give-world-bible.htm
February 08, 2014, 11:43:45 AM
Reply #29
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 47
  • Denominasi: Katolik
Salam Rita,

Saya ikut nimbrung ya..

BTW, kanonisasi bukan oleh Gereja Katolik.

Tetapi oleh gereja mula2 sebelum raja Konstantin,yang menyebut gereja Kristen menjadi katolik , sehingga bukanlah gereja katolik yang mengkanon ALKITAB.


saya memahami "Tetapi oleh gereja mula2 sebelum raja Konstantin,yang menyebut gereja Kristen menjadi katolik , sehingga bukanlah gereja katolik yang mengkanon ALKITAB." tidak linear...
lihat analogi ini "Awalnya Kota Sorong terletak di Provinsi Irian Jaya sebelum Presiden GusDur, yang menyetujui Irian Jaya menjadi Papua, sehingga bukanlah Provinsi Papua yang menjadi Provinsi bagi Kota Sorong.
tidak linier.. maaf, seharusnya Kota Sorong terletak di Provinsi Papua.

Mungkin mbak rita mengambil sumber data dari http://www.bible.ca, sah-sah saja, tapi untuk menjaga kenetralan diskusi sy lebih memilih sumber yang netral, yaitu www.wikipedia.org. kalau ada yang keberatan dengan sumber itu silahkan beri masukan.

namun untuk melanjutkan diskusi saya juga melampirkan sumber dari wikipedia.org
Quote
The term "catholic" is derived from the Greek word καθολικός (katholikos) meaning "universal" and was first used to describe the Church in the early 2nd century. The term katholikos is equivalent to καθόλου (katholou), a contraction of the phrase καθ' ὅλου (kath' holou) meaning "according to the whole". "Catholic Church" (he katholike ekklesia) first appears in a letter of St Ignatius written in about 110. In the Catechetical Discourses of St. Cyril of Jerusalem, "Catholic Church" is used to distinguish it from other groups that also call themselves the church.
http://en.wikipedia.org/wiki/Catholic_Church#History

dari kutipan itu, Katolik telah dikenal pada awal abad ke-2 (tahun 107) sebagai suatu istilah merujuk ke gereja-gereja di Yudea, Galilea dan Samaria, untuk membedakan kelompok jemaat lain yang juga menyebut kelompok mereka gereja namun mempunyai perbedaan pemahaman yang menolak bahwa Yesus adalah Allah yang sungguh-sungguh menjelma menjadi manusia.

Jadi untuk menjelaskan hubungan Raja Konstantin dengan Gereja Katolik adalah seperti kutipan berikut:
Quote
In 313, Emperor Constantine I's Edict of Milan legalised Christianity, and in 380 the Edict of Thessalonica made Catholic Christianity the state church of the Roman Empire which would persist until the empire itself ended with the Fall of Constantinople. During this time (the period of the Seven Ecumenical Councils) five primary sees emerged, an arrangement formalized by Emperor Justinian I as the pentarchy of Rome, Constantinople, Antioch, Jerusalem and Alexandria. On 11 May 330, Constantine moved the imperial capital to Constantinople, modern Istanbul, Turkey, and in 451 the Council of Chalcedon, in a canon of disputed validity, elevated the see of Constantinople to a position "second in eminence and power to the bishop of Rome". But from c. 350 to c. 500, in spite of these developments, the bishops, or popes, of Rome, a city no longer the capital of the empire, steadily increased in authority.


Yang menurut pemahaman saya pada abad ke-3 dan ke-4  Raja Konstantin mengenakan Gereja Katolik sebagai Gereja untuk kekaisaran Roma. Bukan mendirikan. Bukan memberi nama Katolik.

Salam Damai
« Last Edit: February 08, 2014, 01:42:29 PM by canonmr »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)