Author Topic: menyembah berhala  (Read 11825 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 03, 2009, 09:16:18 AM
Reply #10
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2739
  • me , just moe without 'o'
Ketahuilah bahwa umat Buddha tidak menyembah patung2,patung hanya dijadikan sebagai objek untuk direnungkan.Dan umat Buddha juga tidak menyembah Dewa-Dewi,melainkan melakukan penghormatan,karena mereka adalah makhluk suci yang telah mampu melenyapkan kekotoran bathin.--

Saya fokus pada yg red saja ya

Question
Standar kesucian manakah atau siapakah yang anda terapkan?

Bagaimana anda bisa katakan dia [mereka] itu suci, yang sudah bisa melenyapkan semua kotoran batin?

Standar adalah sesuatu yg bersifat mutlak [absoulute], bukan yg relatif, bahkan sesuatu yg relatif pun memerlukan sesuatu yg mutlak untuk menentukan relativitas itu sendiri.

Ketika saya membaca pengumuman syarat minimal tinggi seorang calon pramugari adalah 17 kepalan tangan, maka saya akan bingung : ini pake kepalan tangan sapa?

Lain halnya kalau ada standar mutlak : kepalan tangan Chris John, misalnya

Salah satu cara menuju kebersiahn batin budha [cmiiw] adalah dg mematikan rasa [keinginann]

Menarik sekali bahwa ketika umat budha melakukan : mematikan rasa, adalah tindakan mematikan rasa itu sendiri merupakan sebuah rasa atau keinginan baru


Salam

Perhatikan kalimat yang saya warnai,Buddha tidak pernah mengajarkan mematikan rasa,sumber darimanakah anda bisa mengatakan bahwa cara membersihan kekotoran bathin adalah dengan mematikan rasa??

suci akan saya jelaskan secara singkat saja,yaitu telah melepaskan keduniawian dan melaksanakan 8 jalan utama.dan tentu saja bukan hanya itu yang dijelaskan,tetapi tidak mungkin saya menjelaskan panjang lebar disini karena tidak akan ada gunanya.

OK thx atas infonya

ps: cmiiw = correct me if i am wrong ;)
[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
January 03, 2009, 09:33:08 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 535
  • Gender: Male
    • Integrated IT Solutions
gini aja d, kalo u males debat, gua cuma pengen tanya aja.

apakah perlakuan umat Buddha ke patung Buddha sama dengan perlakuan Kristen katolik ke patung Yesus dan Bunda Maria?
January 03, 2009, 12:56:47 PM
Reply #12
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12106
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
Tapi ajaran2 Buddha (menurut saya lho...) bagus kok.
Ajaran yang menekankan juga CINTA KASIH.

Nah bagi saya....apapun yang kalian percayai.... terserah, yang penting tidak bikin rusuh  :wink:

setuju.......
mungkin definisi&praktek CINTA KASIHnya saja yang mestinya dibenahi kali ya?
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
January 03, 2009, 04:05:16 PM
Reply #13
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 42
gini aja d, kalo u males debat, gua cuma pengen tanya aja.

apakah perlakuan umat Buddha ke patung Buddha sama dengan perlakuan Kristen katolik ke patung Yesus dan Bunda Maria?

gw mau berdebat,tetapi BUKAN DENGAN ORANG YANG NGAK TAU APA2 DAN SEMBARANGAN MENGELUARKAN TEORI BARU.

TENTU SAJA BEDA!!namanya juga agama.Mempersembahkan sesuatu di altar hanyalah sebagai wujud penghormatan/pemberkatan,toh nantinya makanan tsb kita makan sendiri,dan bukannya kita mempersembahkan makanan di depan altar untuk dimakan Buddha.Makanya kalau ngak tau apa2 jangan sembarangan ngomong.

Quote
kalo malas berdebat, kenapa posting di forum Kristen? aneh2 aja...

Saya mempostingkan topik ini di FK ya karena saya ingin MEMPERTANYAKAN hal ini pada para umat Kristen,BUKAN untuk MEMPERDEBATKAN.Teman2 FK yang lain menjawabnya dan mempertanyakan dengan sopan,saya sangat menghargai teman2 yang sudah menjawab thread ini maupun yang mempertanyakan dengan sopan.Tapi lain dengan ANDA yang langsung men-JUDGE sesuatu tanpa mengetahui kebenaran.JANGAN MENGHINA2 AGAMA LAIN,HARGAILAH ORANG YANG BERBEDA AGAMA!AJARAN AGAMA MASING2 TENTUNYA BERBEDA!BAGAIMANA PERASAAN ANDA SENDIRI BILA ORANG LAIN MENGHINA AGAMA ANDA??JIKA YANG DIHINA ADALAH HAL YANG BENAR MASIH BISA DITERIMA,TAPI SANGAT TIDAK BISA DITERIMA APABILA YANG DIHINA ADALAH SESUATU YANG TIDAK BENAR
January 03, 2009, 05:01:23 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 637
teman2,mengapa banyak umat Kristen banyak yang mengatakan bahwa umat Buddha menyembah berhala?

Alasan pertama karena ada patung Buddha-nya, dan ada ritual yang dilakukan di hadapan patung Buddha.
Sedangkan mengenai ajaran Buddha cukup baik, dan pada umumnya menyejukkan pegajarannya untuk didengar (karena saya pernah mendengar dalam suatu tayangan tv, yang dibawakan oleh  seorang bikshu perempuan).

Alasan yang kedua yaitu menyembah patung Buddha dengan ritualnya itu, walaupun menurut pengertian umat Buddha itu adalah merupakan suatu penghormatan, juga selain dengan menyembah kadangkala meminta sesuatu dihadapan patung Buddha (entah ini benar atau tidak, ada mengajukan permohonan kepada Buddha melalui patung Buddha, mungkin hal ini bisa dijelaskan oleh Rilna), hal seperti itu menurut orang Kristen merupakan penyembahan kepada berhala)

Kira-kira itu menurut saya. Syalom...
January 03, 2009, 05:22:25 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
Sis Rilna, bersediakah Anda mengurai ajaran-ajaran pokok/pengakuan iman penganut Buddha? Dengan topik tersendiri labih baik.  Judulnya misalnya:"Pandangan Kristen terhadap pengakuan iman penganut Buddha". Di dalam topik tersebut Anda bisa mengurai dasar-dasar iman penganut Buddha, mulai dari keselamatan, sorga, neraka, hidup kekal, yang disembah, dll yang menyangkut pengakuan iman penganut Buddha. Jadi, topik tersebut bisa mengulas secara menyeluruh mengenai hal-hal yang Anda ingin tahu dari forum ini. Saya harap Anda bersedia.

Terima kasih
GBU
Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
January 03, 2009, 08:09:40 PM
Reply #16
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 42
Sis Rilna, bersediakah Anda mengurai ajaran-ajaran pokok/pengakuan iman penganut Buddha? Dengan topik tersendiri labih baik.  Judulnya misalnya:"Pandangan Kristen terhadap pengakuan iman penganut Buddha". Di dalam topik tersebut Anda bisa mengurai dasar-dasar iman penganut Buddha, mulai dari keselamatan, sorga, neraka, hidup kekal, yang disembah, dll yang menyangkut pengakuan iman penganut Buddha. Jadi, topik tersebut bisa mengulas secara menyeluruh mengenai hal-hal yang Anda ingin tahu dari forum ini. Saya harap Anda bersedia.

Terima kasih
GBU


sebelumnya,apalah yang saya dapatkan dari menguraikan ajaran2 pokok Buddha?menguraikan panjang lebar pun jika ada umat Kristen yang menganggap tidak benar juga akan sia2.selain itu apabila saya menguraikan panjang lebar tentang agama Buddha disini,saya dikira mengajak para umat Kristen untuk beralih agama pulak.
dan apakah saya tidak melanggar aturan di FK apabila saya menguraikan ajaran2 Buddha?
dan jika sesudah saya menguraikan ajaran2 Buddha,pasti akan ada umat Kristen yang mengkritiknya yang pada akhirnya akan terjadi perdebatan.
tetapi jika hal2 tsb tidak terjadi,akan saya pertimbangkan untuk membuat thread baru tentang itu.

tentang iman kita terhadap Buddha,singkat saya jelaskan bahwa Buddha tidak memaksa kita untuk mempercayainya,melainkan kita yang ber-Ehipassiko yaitu datang,lihat dan buktikan.

bagaimana kalau anda sendiri yang mempertanyakan apa yang ingin anda ketahui?karena tidak semua umat Kristen akan menerima perbedaan yang ada jika saya membuat thread baru tentang itu.
« Last Edit: January 03, 2009, 08:12:19 PM by Rilna »
January 03, 2009, 08:18:12 PM
Reply #17
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 42
teman2,mengapa banyak umat Kristen banyak yang mengatakan bahwa umat Buddha menyembah berhala?

Alasan pertama karena ada patung Buddha-nya, dan ada ritual yang dilakukan di hadapan patung Buddha.
Sedangkan mengenai ajaran Buddha cukup baik, dan pada umumnya menyejukkan pegajarannya untuk didengar (karena saya pernah mendengar dalam suatu tayangan tv, yang dibawakan oleh  seorang bikshu perempuan).

Alasan yang kedua yaitu menyembah patung Buddha dengan ritualnya itu, walaupun menurut pengertian umat Buddha itu adalah merupakan suatu penghormatan, juga selain dengan menyembah kadangkala meminta sesuatu dihadapan patung Buddha (entah ini benar atau tidak, ada mengajukan permohonan kepada Buddha melalui patung Buddha, mungkin hal ini bisa dijelaskan oleh Rilna), hal seperti itu menurut orang Kristen merupakan penyembahan kepada berhala)

Kira-kira itu menurut saya. Syalom...

terima kasih telah menjelaskan kepada saya dengan sopan.

saya akan mengatakan bahwa patung Buddha hanyalah sebagai wujud/lambang yang kita hormati.sedangkan ritual2 tsb mendapat pengaruh dari tiongkok yakni aliran Tao/konghucu,jadi agama Buddha asli tidak ada ritual2 gitu,dan Buddha sendiri juga tidak mengajarkan kepada kita untuk melakukan ritual didepan patungnya.dan masalah meminta sesuatu didepan Buddha jelas2 juga tidak di ajarkan oleh Sang Buddha,hal ini sering dilakukan oleh umat Buddha yang tidak mengerti benar ajaran Sang Buddha (mis.beragama Buddha karena ikut agama ortu) .seharusnya kita didepan patung adalah merenungkan ajaranNya.
January 03, 2009, 08:56:09 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 637
teman2,mengapa banyak umat Kristen banyak yang mengatakan bahwa umat Buddha menyembah berhala?

Alasan pertama karena ada patung Buddha-nya, dan ada ritual yang dilakukan di hadapan patung Buddha.
Sedangkan mengenai ajaran Buddha cukup baik, dan pada umumnya menyejukkan pegajarannya untuk didengar (karena saya pernah mendengar dalam suatu tayangan tv, yang dibawakan oleh  seorang bikshu perempuan).

Alasan yang kedua yaitu menyembah patung Buddha dengan ritualnya itu, walaupun menurut pengertian umat Buddha itu adalah merupakan suatu penghormatan, juga selain dengan menyembah kadangkala meminta sesuatu dihadapan patung Buddha (entah ini benar atau tidak, ada mengajukan permohonan kepada Buddha melalui patung Buddha, mungkin hal ini bisa dijelaskan oleh Rilna), hal seperti itu menurut orang Kristen merupakan penyembahan kepada berhala)

Kira-kira itu menurut saya. Syalom...

terima kasih telah menjelaskan kepada saya dengan sopan.

saya akan mengatakan bahwa patung Buddha hanyalah sebagai wujud/lambang yang kita hormati.sedangkan ritual2 tsb mendapat pengaruh dari tiongkok yakni aliran Tao/konghucu,jadi agama Buddha asli tidak ada ritual2 gitu,dan Buddha sendiri juga tidak mengajarkan kepada kita untuk melakukan ritual didepan patungnya.dan masalah meminta sesuatu didepan Buddha jelas2 juga tidak di ajarkan oleh Sang Buddha,hal ini sering dilakukan oleh umat Buddha yang tidak mengerti benar ajaran Sang Buddha (mis.beragama Buddha karena ikut agama ortu) .seharusnya kita didepan patung adalah merenungkan ajaranNya.

Terima kasih kembali bro.../sis...(maaf saya belum tahu bro atau sis).
Juga terima kasih atas penjelasannya, saya mengucap syukur apabila Rilna merenungkan ajaranNya dengan tidak meminta sesuatu di hadapan patung Buddha, karena kita meminta/memohon sesuatu, memanjatkan doa hanya kepada Allah Yang Maha Kuasa.
Dulu papa saya pun menganut ajaran Khonghucu, dan papa juga turut ambil bagian dalam mengajarkan agama yang dianutnya itu, dan saya dapat melihat bahwa mereka pun menghormati Kongtju-nya, walaupun dalam bentuk photo. Ketika papa meninggal, mereka semua datang (dari dalam kota maupun luar kota, meskipun mereka bukan saudara/famili papa), dan begitu khusuk penghormatan mereka di hadapan peti jenazah. Saya sangat menghormati mereka, dan semua yang diajarkan Kongcu sangat mendalam di kehidupan mereka. Mereka tidak menyembah tetapi mereka menghormati.
Ya ini saya share untuk Rilna..., alangkah damainya dunia bila Syalom dan Omitohud/Amitaba (maaf kalau salah ya) saling menyapa dan saling menyalami
Syalom... :)
January 03, 2009, 10:15:57 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 516
  • Gender: Male
  • I'm a 5 Point Ryukoreaism !
  • Denominasi: Westminster Young Man !
walaupun pernyataan saya dibawah ini memang semuanya berpulang kembali (tergantung) kepada Tuhan saja, tapi saya mau mengatakan sesuatu :


Tuhan Yesus Kristus sedang mencari dan mengasihi Rilna  :)  :wink:
When Pope wrote bull to excommunicate Martin Luther, then Martin Luther answered it with a tract : Against the Execrable Bull of Antichrist !
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)