Author Topic: menyembah berhala  (Read 15654 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 14, 2012, 06:12:06 AM
Reply #100
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6769
  • Gender: Male
  • Tuhanku Memberkatimu
  • Denominasi: Baptis
Sebenarnya kalau saudara-saudara yang mengaku Kristen disini berpikiran jernih, membaca dengan seksama pertanyaan TS dan memiliki kasih sebab kasih itu lemah lembut, saya rasa tidak perlu sampai mengeluarkan pernyataan yang kasar seperti itu. Katanya Kristen tapi kok tidak kelihatan lemah lembutnya. Semua sudah dewasa dan bukan anak anak lagi.

Susah sangatkah kalian mengerti satu pertanyaan sederhana untuk dijawab secara sederhana tanpa mengeluarkan pernyataan-pernyataan jelek terhadap TS. Kalian mempermalukan diri kalian sendiri serta umat Tuhan lainnya atas pernyataan kasar kalian terhadap TS. Mari berilah contoh yang baik dari tutur sapa kita.

Jika seorang bertanya tentang A maka berikanlah jawaban A, kok susah banget dimengerti,
 

TS tidak mengerti dan ingin mengetahui kebenaran sebab dari umat Kristen menyebut umat Buddha itu menyembah berhala, susah sangatkah tuk dimengerti?

Kalau saudara sekalian tahu jawabannya yah berikan ! Kalau gak tahu yah diam aja tanpa cetus kata-kata yang gak berhubungan dengan pertanyaannya. Kan selesai. Sederhana. Jadi gak ada mengeluarkan pernyataan yang saling menyakiti. Mari jadikan ini forum yang baik dan saling menghargai serta menghormati perbedaan yang ada.

Ingat hati-hati atas ucapan kita, oleh sebab perkataan kita maka kita akan dihakimi dan oleh sebab perkataan kita maka kita akan dihukum. Ingat jangan mengeluarkan perkataan yang sia-sia.

Semoga dapat membantu.

Betul sekali bro, tapi saya rasa rekan-rekan Kristen disini berusaha menjelaskannya kepada netter Rilna, walopun saya tau dia cuma mau cari gara-gara di forum ini, harusnya TS bertanya dengan lengkap, lantas dasar apa yg membuat dia berpikiran seperti itu. Bukan sekadar melempar pertanyaan dan menunggu para rekan menyanggah.

Pada akhirnya kita akan debat antar agama disini, saudara jinaraga pun cukup baik penjelasannya disini, tapi jika beliau di forum sebelah maka akan berubah kelakuannya, karena di forum sebelah moderatornya tidak akan banned dia jika mulai "ngawur". Berbeda dengan disini.


Makanya saya terbiasa kritis dengan siapapun, dan memang umat buddhist theravada memiliki kepahitn dengan Kristen, dan saya sudah buktikan itu di thread yg saya buat setelah saya survey langsug ke frum mereka.

Semoga berkenan...
-- Savaka-Buddha --
November 14, 2012, 11:18:28 AM
Reply #101
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 60
  • Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia ti
  • Denominasi: protestant
Terima kasih atas respon saudara Rennati. Merespon tanggapan saudara,
Terus terang saya melihat hanya pada bentuk pertanyaan yang diajukan. Dan saya cukup fair dengan pertanyaan yang diajukan karena saya juga pernah  mengatakan bahwa umat Buddha itu menyembah berhala. Tidak tahu yah kalau saudara-saudara kristiani lainnya bingung atas  dasar apa  yang digunakan TS mengajukan pertanyaan tersebut.  Saya dengan mudah memahami inti pertanyaan tersebut, saya tidak menemukan adanya unsur bermain-main atau mencari gara-gara dengan umat kristiani atau melecehkan umat kristiani sejauh ini.

Saya tidak mengikuti topik lainnya yang dibuat TS dan saya tidak tahu karakternya. Saya juga tidak mengikuti topik yang dibuat umat Buddha di di forum ini atau forum lainnya.

Tapi satu hal yang pasti kita tahu Forum bagi non kristiani ini dibuat khusus bagi mereka yang non kristiani dan mereka berhak mengajukan pertanyaan apa-pun itu tentang kebenaran Kekristenan  yang mereka ingin cari tahu kebenarannya, tentu dengan cara yang sopan. Meraka berhak mengajukan pertanyaan dari sudut manapun sebab mereka tidak tahu sama sekali atau banyak  tentang Kekristenan. Karena forum ini dibuat oleh umat kristiani maka tugas kitalah menjawab pertanyaan tersebut secara Kasih, dewasa dan intelek. Mudah-mudahan kesaksian kita ini dengan menjawab pertanyaan mereka akan menjadi kesaksian kepada mereka yang dapat menuntun mereka tuk dapat mengenal Yesus sehingga mereka berubah jalan dan diselamatkan. Coba bayangkan diantara 100 orang non kristiani yang masuk ke Forum ini setiap hari, satu diantaranya diselamatkan kan bagus. Artinya kita turut andil dalam menuntun orang berpindah dari dalam kegelapan ke dalam terang di dalam Yesus.

Satu hal yang pasti sisi positif dari forum ini yang harus kita ambil ialah:
Kita diberikan kesempatan bersaksi kepada mereka yang  belum mengenal  TUhan Yesus agar mereka mengenal Tuhan Yesus dan boleh diselamatkan, oleh sebab Iman timbul oleh pendengaran dan pendengaran akan Firman Tuhan. Semakin sering mereka mendengar tentang Tuhan Yesus dan Firman Tuhan maka ada kesempatan mereka mengenal jalan keselamatan itu.
Jika kita berbuat demikian ini artinya kita berbuah bagi Tuhan dan perbuatan kita ini saya yakin dicatat di sorga. Ayo bersemangatlah untuk bersaksi secara bernar kepada manusia dihadapan Tuhan. Mari kita memandang upah yang akan kita terima.

Tentu saja akan ada banyak respon balik dari mereka baik yang berupa respon baik; biasa saja; dan kurang ajar. Bagi saya itu normal. Itu terserah mereka mau memberikan respon apa,  lah mereka kan gak kenal Yesus. Itu bergantung kepada kita bagaimana kita akan merespon balik terhadap respon mereka itu. Kunci ditangan kita, jangan lupa itu. Jangan lupa akan kata "kasih" kasih itu lemah lembut, kita harus lemah lembut dalam meladeni mereka, sekalipun mereka kasar. Ini hanyalah permainan kata, mental  bukan fisik.  Jangan lupa juga "cerdiklah seperti ular dan tuluslah seperti merpati"

Marilah kita semua menunjukkan sikap yang dewasa didalam iman dalam merespon pertanyaan-pertanyaan saudara kita yang bukan Kristen, tak perduli apa alasan mereka. Jika mereka sudah terlalu kurang ajar dan melecehkan kita gak usah ladeni, kan selesai. Wong gereja aja di Bomb kita gak boleh balas. Tuhan Yesus aja ngajar kita gak boleh balas kejahatan orang lain. Inilah beratnya jadi pengikut Tuhan Yesus dan kita sama-sama sudah tahu itu. JIka mereka melecehkan Kristen, emangnya saudara yang dilecehkan atau Tuhan Yesus? Kalau ia, trus apa saudara juga mau melecehkan mereka? Saudara mau melanggar printah Tuhan?

Yang penting kebenaran Firman Tuhan sudah diberitakan kepada mereka, dan mereka telah mendengarnya dari kita, kalau mereka gak mau percaya dan ngejek yah terserah mereka, kalau mereka percaya yah bagus. Yang penting kita sudah melakukan bagian kita yaitu bersaksi dan memberitakan Firman Tuhan. Selebihnya itu urusan Tuhan. Kesaksian kita itu akan Firman Tuhan dan tentang Yesus Kristus  kepada mereka suatu saat nanti akan saling menuduh dalam hati mereka khususnya dihadapan penghakiman Allah. Jadi tersenyum sajalah terhadap segala respon buruk, toh Tuhanlah yang akan menjadi lawan mereka bukan kita. Lagi pula kalau kita balik berkata kasar kepada mereka wah iblis tertawa, katanya anak Tuhan, kok berkata kasar itu kan melanggar kehendak Allah. Iblis malah senang.

Jangan lupa, hak menghakimi adalah hak Tuhan bukan hak kita. Jangan melewati batas.

Semoga dapat membantu
« Last Edit: November 14, 2012, 11:26:08 AM by Kasih1 »
November 14, 2012, 11:37:20 AM
Reply #102
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 60
  • Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia ti
  • Denominasi: protestant
@Rilna
Apakah jawaban yang saya berikan sudah menjawab pertanyaan saudara?
Tolong direspon ya.
November 15, 2012, 05:18:06 AM
Reply #103
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6769
  • Gender: Male
  • Tuhanku Memberkatimu
  • Denominasi: Baptis
Terima kasih atas respon saudara Rennati. Merespon tanggapan saudara,
Terus terang saya melihat hanya pada bentuk pertanyaan yang diajukan. Dan saya cukup fair dengan pertanyaan yang diajukan karena saya juga pernah  mengatakan bahwa umat Buddha itu menyembah berhala. Tidak tahu yah kalau saudara-saudara kristiani lainnya bingung atas  dasar apa  yang digunakan TS mengajukan pertanyaan tersebut.  Saya dengan mudah memahami inti pertanyaan tersebut, saya tidak menemukan adanya unsur bermain-main atau mencari gara-gara dengan umat kristiani atau melecehkan umat kristiani sejauh ini.

Saya tidak mengikuti topik lainnya yang dibuat TS dan saya tidak tahu karakternya. Saya juga tidak mengikuti topik yang dibuat umat Buddha di di forum ini atau forum lainnya.

Tapi satu hal yang pasti kita tahu Forum bagi non kristiani ini dibuat khusus bagi mereka yang non kristiani dan mereka berhak mengajukan pertanyaan apa-pun itu tentang kebenaran Kekristenan  yang mereka ingin cari tahu kebenarannya, tentu dengan cara yang sopan. Meraka berhak mengajukan pertanyaan dari sudut manapun sebab mereka tidak tahu sama sekali atau banyak  tentang Kekristenan. Karena forum ini dibuat oleh umat kristiani maka tugas kitalah menjawab pertanyaan tersebut secara Kasih, dewasa dan intelek. Mudah-mudahan kesaksian kita ini dengan menjawab pertanyaan mereka akan menjadi kesaksian kepada mereka yang dapat menuntun mereka tuk dapat mengenal Yesus sehingga mereka berubah jalan dan diselamatkan. Coba bayangkan diantara 100 orang non kristiani yang masuk ke Forum ini setiap hari, satu diantaranya diselamatkan kan bagus. Artinya kita turut andil dalam menuntun orang berpindah dari dalam kegelapan ke dalam terang di dalam Yesus.

Satu hal yang pasti sisi positif dari forum ini yang harus kita ambil ialah:
Kita diberikan kesempatan bersaksi kepada mereka yang  belum mengenal  TUhan Yesus agar mereka mengenal Tuhan Yesus dan boleh diselamatkan, oleh sebab Iman timbul oleh pendengaran dan pendengaran akan Firman Tuhan. Semakin sering mereka mendengar tentang Tuhan Yesus dan Firman Tuhan maka ada kesempatan mereka mengenal jalan keselamatan itu.
Jika kita berbuat demikian ini artinya kita berbuah bagi Tuhan dan perbuatan kita ini saya yakin dicatat di sorga. Ayo bersemangatlah untuk bersaksi secara bernar kepada manusia dihadapan Tuhan. Mari kita memandang upah yang akan kita terima.

Tentu saja akan ada banyak respon balik dari mereka baik yang berupa respon baik; biasa saja; dan kurang ajar. Bagi saya itu normal. Itu terserah mereka mau memberikan respon apa,  lah mereka kan gak kenal Yesus. Itu bergantung kepada kita bagaimana kita akan merespon balik terhadap respon mereka itu. Kunci ditangan kita, jangan lupa itu. Jangan lupa akan kata "kasih" kasih itu lemah lembut, kita harus lemah lembut dalam meladeni mereka, sekalipun mereka kasar. Ini hanyalah permainan kata, mental  bukan fisik.  Jangan lupa juga "cerdiklah seperti ular dan tuluslah seperti merpati"

Marilah kita semua menunjukkan sikap yang dewasa didalam iman dalam merespon pertanyaan-pertanyaan saudara kita yang bukan Kristen, tak perduli apa alasan mereka. Jika mereka sudah terlalu kurang ajar dan melecehkan kita gak usah ladeni, kan selesai. Wong gereja aja di Bomb kita gak boleh balas. Tuhan Yesus aja ngajar kita gak boleh balas kejahatan orang lain. Inilah beratnya jadi pengikut Tuhan Yesus dan kita sama-sama sudah tahu itu. JIka mereka melecehkan Kristen, emangnya saudara yang dilecehkan atau Tuhan Yesus? Kalau ia, trus apa saudara juga mau melecehkan mereka? Saudara mau melanggar printah Tuhan?

Yang penting kebenaran Firman Tuhan sudah diberitakan kepada mereka, dan mereka telah mendengarnya dari kita, kalau mereka gak mau percaya dan ngejek yah terserah mereka, kalau mereka percaya yah bagus. Yang penting kita sudah melakukan bagian kita yaitu bersaksi dan memberitakan Firman Tuhan. Selebihnya itu urusan Tuhan. Kesaksian kita itu akan Firman Tuhan dan tentang Yesus Kristus  kepada mereka suatu saat nanti akan saling menuduh dalam hati mereka khususnya dihadapan penghakiman Allah. Jadi tersenyum sajalah terhadap segala respon buruk, toh Tuhanlah yang akan menjadi lawan mereka bukan kita. Lagi pula kalau kita balik berkata kasar kepada mereka wah iblis tertawa, katanya anak Tuhan, kok berkata kasar itu kan melanggar kehendak Allah. Iblis malah senang.

Jangan lupa, hak menghakimi adalah hak Tuhan bukan hak kita. Jangan melewati batas.

Semoga dapat membantu

Baiklah jika memang anda berniat demikian adanya, semoga saja berkenan untuk rilna...
-- Savaka-Buddha --
November 16, 2012, 09:53:09 PM
Reply #104
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 17
Kitab Keluaran 20 ayat 1 sampai 6
20:1. Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
20:2 "Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
20:3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
20:4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,

20:6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

catatan: perbedaan
Allah = Tuhan umat kristiani
allah = yang diakui sebagai tuhan oleh umat manusia yang berasal dari kreasi ciptaan manusia.

Bukannya hukum taurat telah dibatalkan ?

Efesus 2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,  untuk menciptakan keduanya menjadi satu  manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,
Galatia 2:21 Saya bukan orang yang menganggap bahwa kematian Kristus tidak ada artinya. Seandainya keselamatan dapat diperoleh dengan menaati Hukum Taurat, maka Kristus mati dengan sia-sia.

Atau bolehkah Kristen memilih2 perintah Tuhan Kristen; ini berlaku, itu batal sesukanya ?
Batal satu, Batal semua.. berlaku satu berlaku semua... konsisten.

Perintah Tuhan Kristen; jangan membuat patung/image yg menyerupai apapun yg ada dilangit dan bumi...
tapi banyak bikin patung Yesus, salib... doa sambil memandang patung, ada juga yg bersujud...
boleh ?
Apa bedanya sm agama Budha Hindu ?
Karena Yesus menurut umat Kristen adalah Tuhan Allah yg benar ?
Nah bagi umat Budha, Tuhan yg benar2 Tuhan itu invisible but exist. tak ikut campur urusan dunia.
Menurut mereka konsep mereka, itulah yg benar.

Apa yg dianggap benar oleh umat Kristen adalah konsep pemahaman umat ttg ajaran nabi/Tuhannya.
Apa yg dianggap benar oleh umat Budha/Hindu/Islam adalah konsep pemahaman umat ttg ajaran nabi/Tuhannya.
Menurut agama Islam, Yesus itu bukan Tuhan Allah yg menciptakan alam semesta... yg disalib itu bukan Yesus.
menurut mereka itulah yg benar.

Kalau merasa diri sendiri yg paling bener, lalu tuding umat agama lain... padahal TIDAK MEMAHAMI INTISARI ajaran agama mereka.. itu namanya cuma mau menang sendiri.
Quote
Nah, hubungannya mengapa umat Buddha disebut menyembah berhala sebab umat Buddha tidak menyembah Tuhan Allah serta umat Buddha sujud menyembah dan percaya kepada hasil kreasi ciptaan tangan manusia yang dibuat menyerupai bentuk tertentu.  Coba saudara perhatikan secara teliti perkataan Tuhan Allah yang dicetak tebal dan sudah saya merahi itu. Coba saudara perhatikan apa maknanya, maka saudara akan paham.
Bukankah sudah dijelaskan oleh umat Budha, bahwa menurut mereka... itu bukan menyembah worship idolize patung... itu menghormati sebagaimana tata istiadat orang tiongkok.... kenapa ga mau menerima penjelasan mereka ? kenapa "pokoknya mereka harus salah karena ga sesuai dgn konsep Kristen ?"
November 17, 2012, 06:43:43 PM
Reply #105
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2533
  • Gender: Male
Bukannya hukum taurat telah dibatalkan ?

Efesus 2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,  untuk menciptakan keduanya menjadi satu  manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,
Galatia 2:21 Saya bukan orang yang menganggap bahwa kematian Kristus tidak ada artinya. Seandainya keselamatan dapat diperoleh dengan menaati Hukum Taurat, maka Kristus mati dengan sia-sia.


surat siapa ini ya??????? Paulus?????

Coba saudara baca surat siapa ini ya????? Paulus?????

3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.
3:29 Atau adakah Allah hanya Allah orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain? Ya, benar. Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain!
3:30 Artinya, kalau ada satu Allah, yang akan membenarkan baik orang-orang bersunat karena iman, maupun orang-orang tak bersunat juga karena iman.
3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.

Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;

Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka.
November 17, 2012, 07:31:19 PM
Reply #106
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 17
surat siapa ini ya??????? Paulus?????

Coba saudara baca surat siapa ini ya????? Paulus?????
ya surat paulus. nape ? anda mao bilang, omongan paulus invalid ? nape tercatat di kitab suci Kristen kalo emang invalid ?
-------------------

3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.
meneguhkan = mematuhi/melakukan, paulus ngajarin Kristen taat hukum taurat ?

Efesus 2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,
yg MEMBATALKAN hukum taurat dgn SEGALA PERINTAH dan KETENTUANNYA adalah kematian Yesus ?

=

Galatia 2:21 Saya bukan orang yang menganggap bahwa kematian Kristus tidak ada artinya. Seandainya keselamatan dapat diperoleh dengan menaati Hukum Taurat, maka Kristus mati dengan sia-sia.
+
3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

vs

5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.
ora ada tulisan ; taurat berlaku cuma sampe pas Yesus meninggal dunia

2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

--
1 Korintus 12:3
Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "TERKUTUKLAH YESUS!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh ROH KUDUS.

Galatia 3:13
"Kristus telah menebus kita dari kutukan hukum taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "TERKUTUKLAH ORANG YANG DIGANTUNG PADA KAYU SALIB!"


Terus omongan sape neh yg bener ?
Terus nape omongan Paulus plin plan ?
----------------------------------------------

memahami ajaran agama sendiri aja belum pasti benar, yg mana benar saja ora pasti kok nuding agama lain yg inilah itulah.  :mad0261:
November 17, 2012, 10:11:19 PM
Reply #107
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 60
  • Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia ti
  • Denominasi: protestant
@Hyprocrite lala
Terima kasih atas respon saudara.
Pertama tama saya ingin saudara paham bahwa forum ini adalah forum dimana non Kristen BERTANYA kepada umat kristiani tentang hal yang mereka ingin ketahui. Mohon saudara perhatikan BERTANYA, yah :)
JIka pertanyaan diajukan maka umat kristiani berhak untuk menjawab, perhatikan MENJAWAB ,yah :)
JIka pertanyaan diajukan  kepada umat kristiani dan kemudian umat kristiani menjawab pertanyaan itu apakah ini berarti umat kristiani disebut menghina umat yang bertanya?
Biar saya jernihkan situasinya agar saudara paham, begini:

TS adalah umat buddha bertanya kepada umat kristiani tentang alasan mengapa umat kristiani mengatakan umat buddha itu menyembah berhala?
Inisiatif datangnya dari TS bukan dari umat kristiani.
Apakah saudara sudah paham?
Apakah ini berarti umat kristiani menghina umat buddha ?

Trus sebagai umat kristiani saya menjawab pertanyaan TS tersebut dari sudut pandang kristiani yang saya pahami.
Apakah ini saya berarti menghina umat buddha karena menjawab pertanyaan TS.
Aoakah nada jawaban saya terdengar seperti menghina umat buddha?

Makanya jangan asal emosi dan ceplas-ceplos, baca dulu isi jawaban saya, pointnya apa dan bahasa yang saya gunakan, apakah itu fakta atau apakah itu menghina.
Saya menjawab menurut apa yang saya pahami tentang umat buddha sebab saya tidak mendalami umat buddha tetapi walaupun saya tidak mendalami ajaran umat buddha bukan berarti saya tidak tahu apa-apa.  Acara di tv sering memunculkan cerita tentang ajaran umat buddha baik filem dan hal-hal lainnya.
Apakah jawaban saya menghina umat buddha atau fakta?

Bukankah umat buddha SUJUD menyembah terhadap patung yang dibuat oleh manusia? Apa pun tujuannya jika hal tersebut dihubungkan dengan umat kristiani tentu bertolak belakang.  Hal ini akan BERTOLAK BELAKANG jika di HUBUNGKAN dan DITANYAKAN dengan iman kristiani. TETAPI jika tidak ditanyakan atau tidak dihubungkan dengan umat kristiani maka tidak akan ada perselisihan kan.

Jawaban telah saya berikan kepada TS atas pertanyaannya, sesungguhnya TS lah yang harus berkomentar balik atas tulisan saya BUKAN saudara. TS aja belum merespon saudara udah marah-marah. Ini antara saya dan TS bukan dengan saudara.

Apapun jawaban saya kepada TS itulah faktanya, itulah dasarnya, itulah jawabannya. Nah sekarang TS sudah tahu apa dasar /alasan umat kristiani memanggil umat buddha menyembah berhala. Jadi jika jawaban saya itu tidak berkenan kepada siapa pun baik terhadap TS atau saudara sebagai umat buddha, saya tidak salah. Sebab saya hanya menjawab atas apa yang ditanyakan kepada saya sebagai umat kristiani. JANGAN salahkan umat kristiani dengan berbagai macam perkataan kasar dan kurang ajar.

Nah yang menghubungkan dan mempertanyakan hal tersebut dengan iman kristiani ialah TS, bukan Inisiatif umat kristiani.
APAKAH saudara sudah paham?

Jadi jangan marah-marah dan mencaci umat kristiani, yah. Coba kepala dingin jika ingin tukar pendapat / diskusi dalam mengikuti forum. Perhatikan bahasa saudara dan perhatikan bahasa saya siapa yang mengeluarkan nada kasar dan mencaci dan marah-marah!
Ingat saudara mengutip tulisan saya bukan tulisan orang lain, jadi jangan ikutkan tulisan orang lain disini.

Saudara mengutip ayat Alkitab dan berkomentar buruk tentang ayat tersebut dan menjelek-jelekkan semuanya.

Adakah saya mengutip dan berkomentar buruk tentang ayat yang terdapat dalam Kitab suci saudara?
TIDAK KAN!
Nah jika demikian, siapakah yang menjelek-jelekan dan menghina agama siapa disini.?
Saudara sebagai umat buddha menghina dan menjelek-jelek umat Kristen kan! sebab saya tidak mengutip ayat kitab suci saudara.
November 17, 2012, 10:22:52 PM
Reply #108
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 60
  • Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia ti
  • Denominasi: protestant
@Hyprocrite lala

Segala Pertanyaan saudara tidak relevan di forum yang diciptakan oleh TS, saya sarankan saudara membuka topik baru mengenai segala pertanyaan saudara, hal ini baru tepat, maka segala pertanyaan saudara akan dijawab di forum yang lain. Ini supaya setiap  topik terarah dan tidak melenceng kesana kemari atau tidak tumpang tindih.
November 17, 2012, 11:07:58 PM
Reply #109
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 17
@Hyprocrite lala
Terima kasih atas respon saudara.
Pertama tama saya ingin saudara paham bahwa forum ini adalah forum dimana non Kristen BERTANYA kepada umat kristiani tentang hal yang mereka ingin ketahui. Mohon saudara perhatikan BERTANYA, yah :)
JIka pertanyaan diajukan maka umat kristiani berhak untuk menjawab, perhatikan MENJAWAB ,yah :)
JIka pertanyaan diajukan  kepada umat kristiani dan kemudian umat kristiani menjawab pertanyaan itu apakah ini berarti umat kristiani disebut menghina umat yang bertanya?
Biar saya jernihkan situasinya agar saudara paham, begini:

TS adalah umat buddha bertanya kepada umat kristiani tentang alasan mengapa umat kristiani mengatakan umat buddha itu menyembah berhala?
Inisiatif datangnya dari TS bukan dari umat kristiani.
Apakah saudara sudah paham?
Apakah ini berarti umat kristiani menghina umat buddha ?

Trus sebagai umat kristiani saya menjawab pertanyaan TS tersebut dari sudut pandang kristiani yang saya pahami.
Apakah ini saya berarti menghina umat buddha karena menjawab pertanyaan TS.
Aoakah nada jawaban saya terdengar seperti menghina umat buddha?

Makanya jangan asal emosi dan ceplas-ceplos, baca dulu isi jawaban saya, pointnya apa dan bahasa yang saya gunakan, apakah itu fakta atau apakah itu menghina.

Panjang amat responnya... kalo dihitung kata "menghina" kayaknya lebih dari 10 dech...
Trus apa hubungannya dgn posting aye: COPAS SATU KALIMAT AYE MENGATAKAN ENTE MENGHINA UMAT BUDHA, ADA ? KAGA ? YG NGANGGEP ENTE MENGHINA UMAT BUDHA TUH LHA SOPO ??? sensy aje lo   :2funny:

Quote
Acara di tv sering memunculkan cerita tentang ajaran umat buddha baik filem dan hal-hal lainnya.
Apakah jawaban saya menghina umat buddha atau fakta?
Begitu pula acara di tv sering memunculkan cerita tentang ajaran umat Kristen baik filem dan hal-hal lainnya.
Lagi lagi kata "menghina" wokokokoko.....

Peraturan Forum:
-. Disini bukan tempat belajar agama lain, selain Kristen. Jika punya pertanyaan mengenai agama lain, silahkan ke forum lain. Google atau cari sendiri. Disini tempat belajar mengenai Kekristenan. Dan board ini khususnya, dibuat bagi para member non-Kristen yang punya pertanyaan atau ingin belajar lebih jauh mengenai iman Kristen. Jadi, topik-topik seperti Muhammad, Quran, yang tidak ada kaitan sama sekali dengan Kekristenan akan ditindak keras.

Sub Forum: Pertanyaan Dari Member Non-Kristen
Board khusus bagi member non-Kristen yang ingin menyampaikan kritikan atau pertanyaannya mengenai iman Kristen

PAHAM ?
KONSEKWEN DGN STATEMEN ?


sambung..
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)