Author Topic: Mengapa Adventisme sering dianggap bidat/bukan Kristen?  (Read 9223 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 12, 2014, 08:46:32 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2088
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
Saya bukan seorang Adventis dan banyak ajaran Adventis yang tidak saya setujui. Namun seringkali di kalangan Kristen lain, baik Protestan maupun Katolik, yang menganggap Adventisme sebagai bidat, bahkan dianggap sama sekali bukan Kristen.

Beberapa argumen di antaranya:
1. Adventis tidak percaya Yesus sudah datang ke dunia.
2. Adventis berpegang pada Perjanjian Lama, seperti Sabat, makanan halal, dsb.
3. Adventis menganggap Ellen G. White sebaga nabiah akhir jaman.
4. Adventis mengajarkan kalau orang ingin selamat harus menuruti hukum Taurat.
5. Adventis melarang transfusi darah.

Banyak lagi argumen yang dipakai untuk menyerang Adventisme. Meskipun saya bukan Adventis, saya rasa banyak argumen tersebut tidak sesuai kenyataan. Misalnya, Adventis percaya kok bahwa Yesus itu sudah datang. Banyak yang menganggap demikian karena Adventis tidak merayakan hari Natal. Ini kan sesuatu yang tidak tepat, hanya karena tidak merayakan Natal (pada tanggal tertentu) bukan berarti tidak percaya Yesus sudah datang.

Begitu juga larangan transfusi darah, itu merupakan ajaran SSY, bukan Adventis. Di RS Advent, misalnya, donor darah merupakan hal yang biasa dilakukan.

Maksud saya dari thread ini ingin menggugah para FKers yang tidak setuju dengan Adventisme (seperti saya sendiri) agar tidak men-judge kaum Adventis berdasarkan asumsi sendiri tanpa mengkonfirmasi hal tersebut kepada mereka. Karena itu saya tunggu tanggapan kaum Adventis di antara FKers tentang hal ini dan juga tanggapan para non-Adventis. Tidak lain, tujuan saya agar tidak terjadi kesalahpahaman yang konyol di antara kita.

O ya, perlu saya garis bawahi, yang saya maksud dengan kaum Adventis di sini adalah mereka yang termasuk ke dalam GMAHK (Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh) karena sebenarnya ada beberapa aliran Advent yang tidak termasuk GMAHK, tetapi yang paling besar memang GMAHK.
March 13, 2014, 06:53:42 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 706
  • Denominasi: Kristen aja
Iya sih, kalo Kristen sdh pasti mengakui Kristus sdh datang ke dunia
Advent lebih mirip Yahudi kali ya, keselamatannya krn perbuatan baik?
March 13, 2014, 09:28:47 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2088
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
Iya sih, kalo Kristen sdh pasti mengakui Kristus sdh datang ke dunia
Advent lebih mirip Yahudi kali ya, keselamatannya krn perbuatan baik?

Bagaimana nih tanggapan FKers yg Advent? Saya sendiri waktu sekolah pernah pacaran (ehmmm, maaf cinta monyet masa lalu, hehe) dengan orang Advent, bahkan pernah ikutan ibadah mereka. Sepanjang saya tahu mereka itu sama2 Kristen juga. Alkitab mereka sama dengan Alkitab Protestan pada umumnya, kecuali di bagian belakangnya ada semacam lampiran berisi pokok2 ajaran Advent Hari ketujuh (yang mereka sendiri tidak menganggapnya sebagai bagian Kitab Suci).

Tatacara ibadahnya pun tidak jauh berbeda dengan kebanyakan aliran Protestan lain. Begitu juga lagu2 pujian, banyak yang sama dengan lagu2 yang sering dinyanyikan di gereja lain. Hanya saja ibadahnya dilakukan hari Sabtu (hari ketujuh/hari Sabat) dan tidak merayakan hari2 peringatan Kristen seperti Natal atau Paskah, meskipun mereka percaya Yesus lahir dari perawan Maria, mati disalib, dan bangkit pada hari ketiga.
March 13, 2014, 12:08:28 PM
Reply #3
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Sptnya topik serupa sudah ada di tmpt lain ya?

Ada debat seru antara sesama member FK yg sudah lama skali.
http://forumkristen.com/index.php?topic=1610.10
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
March 13, 2014, 01:15:07 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2163
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Sptnya topik serupa sudah ada di tmpt lain ya?

Ada debat seru antara sesama member FK yg sudah lama skali.
http://forumkristen.com/index.php?topic=1610.10


 :happy0062: :happy0062:
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
March 13, 2014, 03:28:40 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2088
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
Sptnya topik serupa sudah ada di tmpt lain ya?

Ada debat seru antara sesama member FK yg sudah lama skali.
http://forumkristen.com/index.php?topic=1610.10


Topik tersebut adalah tentang aliran sesat. Topik di thread ini adalah tentang Adventisme.
March 13, 2014, 03:32:22 PM
Reply #6
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Di situ ada debat tkait Advent hari ke-7.

Tp kl mau bahas mdingan di topik yg satu lagi tkait advent.
Coba liat deh debatnya.

Jd ada 2 member (sama-sama protestan), yg satu bpendapat Advent itu sesat, yg satu lagi tidak.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
March 13, 2014, 03:33:58 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2088
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
kalau kamu sudah pernah berteman dengan orang advent dan bahkan ke gereja, ngapai kamu tanya lagi pertanyaanmu ?? apakah advent percaya Yesus atau tidak ???
tentunya kamu sudah tahu jawabannya...  :coolsmiley:

Masalahnya banyak yang belum tahu. Saya juga tidak mengetahui seluruhnya tentang doktrin Advent. Saya bermaksud mengundang member Advent dan non Advent untuk berdiskusi, untuk mengklarifikasi hal-hal yang sering disalahpahami. Saya sendiri bukan Advent dan tidak berniat ingin menjadi Advent. Saya ingin member Advent sendiri yang mengklarifikasi doktrin gerejanya dan tuduhan2 yang sering dialamatkan. Seperti ini:

Iya sih, kalo Kristen sdh pasti mengakui Kristus sdh datang ke dunia
Advent lebih mirip Yahudi kali ya, keselamatannya krn perbuatan baik?

Silakan mas bro.
March 13, 2014, 08:00:20 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2163
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Iya sih, kalo Kristen sdh pasti mengakui Kristus sdh datang ke dunia
Advent lebih mirip Yahudi kali ya, keselamatannya krn perbuatan baik?

Efesus 2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.


berbuat baik gak ada hubungannya dengan keselamatan, kita menjadi Anak anak Allah yang baik karena Ia mau, supaya kita hidup didalamnya.   :wink:
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
March 18, 2014, 06:19:14 PM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1265
  • Gender: Male
kalau kamu sudah pernah berteman dengan orang advent dan bahkan ke gereja, ngapai kamu tanya lagi pertanyaanmu ?? apakah advent percaya Yesus atau tidak ???
tentunya kamu sudah tahu jawabannya...  :coolsmiley:

tuh jawaban orang advent nya kesinggung lho.... :D

Salam
II Timotius 2:25 "dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran,
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)