Author Topic: Mengapa Adventisme sering dianggap bidat/bukan Kristen?  (Read 13903 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 05, 2018, 01:52:55 PM
Reply #100
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9623
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
mari kita coba analisa janji Babtisan no. 6 yang bro kutip..
6. Do you accept the Ten Commandments as still binding upon Christians; and is it your purpose, by the power of the indwelling Christ, to keep the law of God, including the fourth commandment, which calls us to keep the seventh day of the week as the Sabbath of the Lord?

salah satu Sumpah/Janji babtisan bagi seseorang sebagai bukti pernyataan Iman dan Pertobatannya dalam gereja Advent adalah menerima 10 Hukum Tuhan termasuk di dalamnya Pengudusan Sabat hari ke 7.
tentu Sabat di dalam Firman Tuhan bukanlah setiap hari, tetapi sabat yang dimaksud adalah Sabat hari ke 7 sesuai dengan hukum Tuhan yang ke 4.

apa yang saya mau tekankan adalah, kalimat yang saya beri tanda warna merah. semua hukum Tuhan yaitu 10 Hukum.
yang di dalamnya menuntun manusia untuk:
1. Mengasihi Allah sebagai yang pertama dan terutama --- Hukum 1-4
2. Mengasihi Sesama Manusia sama seperti diri sendiri --- Hukum 5-10

atau semua hukum tersebut dirangkum menjadi 1 Hukum yaitu "HUKUM KASIH"

Kalimat yang kuberi tanda warna merah diatas untuk menyatakan dengan tegas, bahwa tidak seorangpun manusia dapat menuruti Hukum Tersebut dengan sempurna dengan kekuatannya sendiri.
tetapi APABILA KUASA KASIH TUHAN KITA YESUS KRISTUS BERDIAM DALAM HATI. apakah penurutan itu mustahil.
saya imani, janji Tuhan adalah TIDAK ada yang mustahil bagi Tuhan. Lukas 1:37

* apakah brother @Henhen percaya kepada Janji Tuhan tersebut ?
* apakah brother @Henhen percaya kalau Kasih Tuhan ada di dalam hati kita, maka penurutan hukum Tuhan bukanlah suatu beban atau kuk yang berat. ?

saya percaya kalau kita mengasihi orang tua kita di dunia ini, kita akan senang melakukan perintah orang tua kita, apalagi kalau Kasih Tuhan ada di dalam hati kita, maka saya sangat imani Penurutan kepada Firman Tuhan, Sabda Tuhan, bahkan seluruh perintah-Nya termasuk pengudusan Sabat Tuhan, sabat hari ke 7 bukanlah suatu beban dan kuk yang menyiksa.

kalau brother @Henhen percaya kepada Janji Tuhan tersebut yaitu "Bagi Tuhan tidak ada yang  Mustahil" maka menurutku brother @Henhen tidak perlu berkata bahwa Janji tersebut sangat exstreem.

sebab bukan kuasa manusia yang membuat kita menjadi penurut Firman tapi Kuasa Tuhan sendirilah menjadikan kita anak anak penurut.

1 Yohanes 5:3
sebab inilah Kasih kepada Allah, yaitu bahwa kita menuruti perintah perintah-Nya. perintah perintah-Nya itu tidak berat.

salam
TYM

hehe, ini saya mengerti broh
karena dasarnya SDA menjalankan ini atas dari penglihatan founder ya saya gak akan berkomentar lebih lanjut :)
lagipula ini kan yang emang jadi ciri khas SDA

mohon jgn dianggap saya mau mengkoreksi/menyalahkan doktrin ini

ini gak menentang Alkitab kok

ini setara dengan founder gereja saya mengajak semua jemaatnya untuk selalu berbahasa roh dalam setiap doa, bahkan dikatakan dia bangun gereja dengan bahasa roh

hanya saja :
ketika saya bilang, orang yang berbahasa roh itu lebih rendah daripada yang kagak, nah disitulah sy jadi ekstrimist :)
ketika kamu melabeli orang yang beribadah di hari Minggu lebih rendah daripada orang yang beribadah di hari Sabtu ya disitulah kamu jadi ekstrimist :)

smoga dapat dimengerti
ini ciri khas gereja, berdasarkan tuntunan gembalanya
berpotensi, tapi kalau dilakukan dalam koridor yang baik, kita bisa saling belajar :)
October 05, 2018, 02:00:02 PM
Reply #101
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9623
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Ya memang Adventist berasal dari gerakan William Miller. Tetapi pengajaran adventist tidak sama dengan pengajaran william Miller. Ini yang tidak kamu mengerti. Bedanya apa? Banyak sekali.

Bukan hanya James White yang pengikut Miller, tetapi Ellen Harmon juga.

tentunya saya gak ngerti terlalu banyak lah
cuma dari baca2 dan diskusi aja
wong saya bukan jemaat Adventist :)

Sebenarnya tidak usah banyak argumen-argumen kosong. Bahas saja dimana kesalahan perhitungan William Miller sesuai dengan Daniel 8:14 itu.

Tidak ada yang mengabaikan. Justru saya lihat adventist sangat berjaga jaga, bukan seperti aliran kharismatic pantekosta yang mengajarkan teori kemakmuran, Orang Yang mengikut Tuhan pasti diberikan kekayaan, makmur, kesembuhan palsu dlsb.

argumen kosong apa yang saya berikan? boleh coba di quote? :)
kesalahannya udah sangat jelas kan?
kan kamu juga sudah menuliskan kesalahannya sebelumnya?

jadi benernya kamu ini percaya dia salah atau tidak sih? wkwkwkwk kok jadi aneh ini ;D

soal perhitungannya, saya ulangi lagi : saya gak fokus kesitu dan saya gak kurang kerjaan mempelajari orang yang udah salah nubuatannya :)

lah logika sehat aja, outcomenya udah salah, mau perhitungannya dibilang bener jg, peduli apa? wong outcomenya salah kok ;D

ini ibarat kata murid ngerjain soal matematika olimpiade, jawabannya 4 lembar HVS, tapi hasil akhirnya salah, ngapain lagi lihat perhitungannya? ;D

soal kamu lihat ada orang kharismatik mengajarkan teori kemakmuran, ikut Tuhan pasti kaya dan lain sebagainya
yuk kita sesat2in dia bareng2, emang gak bener kok pengajaran begitu ;D
October 05, 2018, 02:10:11 PM
Reply #102
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 24
  • Denominasi: Gereja di Padang Belantara
tentunya saya gak ngerti terlalu banyak lah
cuma dari baca2 dan diskusi aja
wong saya bukan jemaat Adventist :)

argumen kosong apa yang saya berikan? boleh coba di quote? :)
kesalahannya udah sangat jelas kan?
kan kamu juga sudah menuliskan kesalahannya sebelumnya?

jadi benernya kamu ini percaya dia salah atau tidak sih? wkwkwkwk kok jadi aneh ini ;D

soal perhitungannya, saya ulangi lagi : saya gak fokus kesitu dan saya gak kurang kerjaan mempelajari orang yang udah salah nubuatannya :)

lah logika sehat aja, outcomenya udah salah, mau perhitungannya dibilang bener jg, peduli apa? wong outcomenya salah kok ;D

ini ibarat kata murid ngerjain soal matematika olimpiade, jawabannya 4 lembar HVS, tapi hasil akhirnya salah, ngapain lagi lihat perhitungannya? ;D

soal kamu lihat ada orang kharismatik mengajarkan teori kemakmuran, ikut Tuhan pasti kaya dan lain sebagainya
yuk kita sesat2in dia bareng2, emang gak bener kok pengajaran begitu ;D

Ya sebaiknya kalau tidak terlalu memahaminya, lebih baik berdiam diri dan lebih bijak.

Argumen kosong maksud saya menyatakan salah tapi tidak bisa menunjukkan mana yang benar.

kalau menurut kamu William Miller dan Adventist salah, tunjukin dong yang benar makna dari ayat ini, kapan dimulai dan kapan berakhir? apa yang terjadi pada akhir 2300 petang dan pagi?

Daniel 8:12-14 (TB) 8:12 Suatu kebaktian diadakan secara fasik menggantikan korban sehari-hari, kebenaran dihempaskannya ke bumi, dan apa pun yang dibuatnya, semuanya berhasil. Kemudian kudengar seorang kudus berbicara, dan seorang kudus lain berkata kepada yang berbicara itu: "Sampai berapa lama berlaku penglihatan ini, yakni korban sehari-hari dan kefasikan yang membinasakan, tempat kudus yang diserahkan dan bala tentara yang diinjak-injak?" Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar."
October 05, 2018, 02:23:19 PM
Reply #103
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9623
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
loh apakah saya bilang saya memahami adventist?

kamu ini gimana sih broh? bukannya kamu yang ngomong bgitu ke saya?

saya cuma bilang : William Miller bukan nabi karena nubuatannya gagal
kamu pun setuju dengan itu
setelah itu baru saya masuk ke Ellen dengan tulisan2 yang ada, tapi ternyata memang gak dipahami bgt ya sudah, saya sih stop sampe situ kok :)

apakah itu berarti saya bilang saya memahami adventis luar dalam?
kok lucu jadinya broh ;D ;D ;D

nah lalu apakah saya juga pernah bilang saya ngerti maksud Daniel itu?
kalo saya pernah bilang saya ngerti, bolelah kamu pertanyakan itu
lah ini tau2 kamu seolah terkesan maksa buat saya jelasin? ;D
trus kamu suruh saya baca perhitungan Miller? lah ngapain broh? saya gak tertarik kok ;D ;D
kok lucu lagi? ;D ;D ;D

itu dulu dipahami ya
makanya saya bilang kalo cuma menyatakan sperti itu dibilang mencibir
ya..... saya ketawa lagi aja deh ;D
October 05, 2018, 02:28:00 PM
Reply #104
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9623
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Hi Bro,

Respon quotation dari Bro Simatupang di atas adalah dibuat untuk mengomentar respon Bro HenHen, tapi saya tanggapi.

Kenapa saya bilang di komentar saya, bahwa SDA cenderung lebih ekstrim adalah karena ketika pendapatnya berbeda dengan pendapat gereja lain, sebagai institusi SDA menyatakan bahwa dirinya benar dan sebagai konsekuensinya yang lain tidak benar.   

"The Sunday Sabbath is purely a child of the Papacy. It is the mark of the beast." (Advent Review, Vol. I, No. 2, August, 1850.)

"The change of the Sabbath is the sign or mark of the authority of the Romish church." ... "The keeping of the counterfeit Sabbath is the reception of the mark." (Ellen G. White, Great Controversy, Vol. 4, page 281.)

"Sunday-keeping must be the mark of the beast." ... "The reception of his mark must be something that involves the greatest offense that can be committed against God." (The Marvel of Nations, Elder U. Smith pages 170, 183)

"Sunday-keeping is an institution of the first beast, and ALL who submit to obey this institution emphatically worship the first beast and receive his mark, 'the mark of the beast.' .... Those who worship the beast and his image by observing the first day are certainly idolaters, as were the worshippers of the golden calf." (Advent Review Extra, pages 10 and 11, August, 1850)

"In accordance with God’s uniform dealing with mankind, warning them of coming events that will vitally affect their destiny, He has sent forth a proclamation of the approaching return of Christ. This preparatory message is symbolized by the three angels’ messages of Revelation 14, and meets its fulfillment in the great Second Advent Movement today. This has brought forth  the remnant, or Seventh-day Adventist Church, keeping the commandments of God and the faith of Jesus." SDA Church Manual 17th Edition, revised 2005.


Salam

ya, itulah yang saya omong lagi ke bro Simatupang

ekstrim itu ketika saya merasa diri saya benar, pemahaman saya benar, orang lain salah kalo gak ngikutin saya

jangan sampe kita berpandangan seperti itu

sama satu lagi : soal melabel2i kelompok

kalo sampe suatu saat gak bener, jangan kecewa ya, bertobat aja :)
October 05, 2018, 02:30:18 PM
Reply #105
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
yups, betul sekali..

seorang Nabi Tuhan pastilah Nubuatan yang disampaikan-nya akan digenapi,.
kalau perkataan nubuatan yang disampaikan oleh seorang nabi tidak terjadi, atau tidak betul seperti nubuatan yang disampaikannya.
maka dengan yakin kita harus berani dan mantap untuk mengatakan bahwa orang yang mengaku nabi tersebut bukanlah seorang Nabi Tuhan.

Ini tulisan EGW – (silahkan cek sendiri di website yang didedikasikan untuk tulisan2 EGW, seperti gilead.net, di EG White Library)

1. “ I have seen the 1843 chart was directed by the hand of the Lord, and that it should not be altered; that the figures were as he wanted them; that His hand was over and hid a mistake in some of the figures, so that none could see it, until His hand was removed." Early Writings, p. 74.
2. “...and the same evidence which they had presented to show that the prophetic periods closed in 1843, proved that they would terminate in 1844.” Early Writings, p. 236.
3. “ In a view given June 27,1850, my accompanying angel said, “time is almost finished.” “But now time is almost finished, and what we have been years learning, they will have to learn in a few months.” Early Writings, p. 64, 67.
4. “Some are looking to far off for the coming of the Lord. Time has continued a few years longer than they expected; therefore they think it may continue a few years more, and in this way their minds are being led from present truth, out after the world. I saw that the time for Jesus to be in the most holy place was nearly finished and that time can last but a very little longer.” Early Writings, p. 58.
5. "I was shown the company present at the Conference, Said the angel: "Some food for worms, some subjects of the seven last plagues, some will be alive and remain upon the earth to be translated at the coming of Jesus." Ellen G. White, 1 Testimonies, p. 131-132. May 27,1856.

Salam
October 05, 2018, 03:25:11 PM
Reply #106
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2782
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Ini tulisan EGW – (silahkan cek sendiri di website yang didedikasikan untuk tulisan2 EGW, seperti gilead.net, di EG White Library)

1. “ I have seen the 1843 chart was directed by the hand of the Lord, and that it should not be altered; that the figures were as he wanted them; that His hand was over and hid a mistake in some of the figures, so that none could see it, until His hand was removed." Early Writings, p. 74.
2. “...and the same evidence which they had presented to show that the prophetic periods closed in 1843, proved that they would terminate in 1844.” Early Writings, p. 236.
3. “ In a view given June 27,1850, my accompanying angel said, “time is almost finished.” “But now time is almost finished, and what we have been years learning, they will have to learn in a few months.” Early Writings, p. 64, 67.
4. “Some are looking to far off for the coming of the Lord. Time has continued a few years longer than they expected; therefore they think it may continue a few years more, and in this way their minds are being led from present truth, out after the world. I saw that the time for Jesus to be in the most holy place was nearly finished and that time can last but a very little longer.” Early Writings, p. 58.
5. "I was shown the company present at the Conference, Said the angel: "Some food for worms, some subjects of the seven last plagues, some will be alive and remain upon the earth to be translated at the coming of Jesus." Ellen G. White, 1 Testimonies, p. 131-132. May 27,1856.

Salam


ada apa dengan tulisan diatas ??
 :rolleye0014:

ada baiknya dijelaskan letak kesalahan dari tulisan atau kutipan yang bro @melangkahpasti tuliskan diatas
 kemudian...

kita dapat mendiskusikannya disini: http://forumkristen.com/index.php?topic=28584.120
« Last Edit: October 05, 2018, 03:59:38 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 05, 2018, 04:11:30 PM
Reply #107
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
ada apa dengan tulisan diatas ??
 :rolleye0014:

ada baiknya dijelaskan letak kesalahan dari tulisan atau kutipan yang bro @melangkahpasti tuliskan diatas
 kemudian...

kita dapat mendiskusikannya disini: http://forumkristen.com/index.php?topic=28584.120


Mungkin sudah didiskusikan di salah satu post di topik yang dipost, saya belum baca sama sekali topik itu.  Tinggal diarahkan di bagian mana ya.  Supaya singkat saja, saya ambil satu kasus :

"I was shown the company present at the Conference, Said the angel: "Some food for worms, some subjects of the seven last plagues, some will be alive and remain upon the earth to be translated at the coming of Jesus." Ellen G. White, 1 Testimonies, p. 131-132. May 27,1856.

Sebagai nabiah, EGW sedang bernubuat berdasarkan apa yang dia dengar dari malaikat, bahwa orang-orang yang hadir dalam dewan akan masih hidup dan diangkat saat Tuhan Yesus datang.

Salam
October 05, 2018, 04:55:02 PM
Reply #108
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9623
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
kita dapat mendiskusikannya disini: http://forumkristen.com/index.php?topic=28584.120


ah thread lama yg bagus

jadi inget masa lalu :)

bro melangkahpasti

saran aja dari saya, kalo bisa itu pertanyaan tentang nubuatan yang dibuat oleh mrs. Ellen G White didiskusikan aja di thread itu

maksudnya biar ada dalam satu kesatuan :)
« Last Edit: October 05, 2018, 04:57:19 PM by HenHen »
October 05, 2018, 06:24:43 PM
Reply #109
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
ah thread lama yg bagus

jadi inget masa lalu :)

bro melangkahpasti

saran aja dari saya, kalo bisa itu pertanyaan tentang nubuatan yang dibuat oleh mrs. Ellen G White didiskusikan aja di thread itu

maksudnya biar ada dalam satu kesatuan :)

Yup setuju Bro.  Diajarin bagaimana oindahinnya.  Apakah mesti didelete disini atau ada cara move post kah?

Salam
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)