Author Topic: Mengapa Adventisme sering dianggap bidat/bukan Kristen?  (Read 9288 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 15, 2014, 09:27:16 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Kalau Alkitab saya ada dan kitab nubuat saya ketemui di kitab Wahyu ditulis oleh Rasul Yohanes.

Kalau buku Roh Nubuat itu kitab atau buku Elen ya ? tolong jangan saya katakan nafsir si Nenek tua menjadi bangkai dikuburan itu ya. Geli dan bulu berdiri rasanya jika anda ucapkan lagi.

alkitab ya 66 buku.

buku tulisan Ny. Ellen Gould white terdiri dari Buku Buku: rumah tangga, kesehatan, rohani, pendidikan, dll 

itu bukan buku sakti mandraguna yang sangat dikultuskan,,,,,

buku bukunya itu sangat ilmiah dan masih sangat relevan jaman kita ini.. walaupun di tulis 150 tahun yang lalu,,,  :afro:

mau buktinya ???

salam
« Last Edit: August 31, 2018, 05:11:38 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
August 30, 2018, 09:20:21 AM
Reply #31
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
  • Denominasi: Protestan
Saya bukan seorang Adventis dan banyak ajaran Adventis yang tidak saya setujui. Namun seringkali di kalangan Kristen lain, baik Protestan maupun Katolik, yang menganggap Adventisme sebagai bidat, bahkan dianggap sama sekali bukan Kristen.

Beberapa argumen di antaranya:
1. Adventis tidak percaya Yesus sudah datang ke dunia.
2. Adventis berpegang pada Perjanjian Lama, seperti Sabat, makanan halal, dsb.
3. Adventis menganggap Ellen G. White sebaga nabiah akhir jaman.
4. Adventis mengajarkan kalau orang ingin selamat harus menuruti hukum Taurat.
5. Adventis melarang transfusi darah.

Banyak lagi argumen yang dipakai untuk menyerang Adventisme. Meskipun saya bukan Adventis, saya rasa banyak argumen tersebut tidak sesuai kenyataan. Misalnya, Adventis percaya kok bahwa Yesus itu sudah datang. Banyak yang menganggap demikian karena Adventis tidak merayakan hari Natal. Ini kan sesuatu yang tidak tepat, hanya karena tidak merayakan Natal (pada tanggal tertentu) bukan berarti tidak percaya Yesus sudah datang.

Begitu juga larangan transfusi darah, itu merupakan ajaran SSY, bukan Adventis. Di RS Advent, misalnya, donor darah merupakan hal yang biasa dilakukan.

Maksud saya dari thread ini ingin menggugah para FKers yang tidak setuju dengan Adventisme (seperti saya sendiri) agar tidak men-judge kaum Adventis berdasarkan asumsi sendiri tanpa mengkonfirmasi hal tersebut kepada mereka. Karena itu saya tunggu tanggapan kaum Adventis di antara FKers tentang hal ini dan juga tanggapan para non-Adventis. Tidak lain, tujuan saya agar tidak terjadi kesalahpahaman yang konyol di antara kita.

O ya, perlu saya garis bawahi, yang saya maksud dengan kaum Adventis di sini adalah mereka yang termasuk ke dalam GMAHK (Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh) karena sebenarnya ada beberapa aliran Advent yang tidak termasuk GMAHK, tetapi yang paling besar memang GMAHK.

Ada Referensi ya bro?
August 31, 2018, 09:47:37 AM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Ada Referensi ya bro?

syalom brother @Ronalto

salam kenal..
kebetulan saya Penganut Ajaran Gereja Advent..

Referensi apakah yang brother @Ronalto butuhkan ??
barangkali saya dapat membantu menunjukkan referensi yang sedang dicari..



salam kenal
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
September 09, 2018, 08:42:38 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
alkitab ya 66 buku.

buku tulisan Ny. Ellen Gould white terdiri dari Buku Buku: rumah tangga, kesehatan, rohani, pendidikan, dll 

itu bukan buku sakti mandraguna yang sangat dikultuskan,,,,,

buku bukunya itu sangat ilmiah dan masih sangat relevan jaman kita ini.. walaupun di tulis 150 tahun yang lalu,,,  :afro:

mau buktinya ???

salam

saya mau dong mas buktinya... apa buktinya bahwa Tuhan berfirman bahwa "alkitab itu ya 66 buku"..

September 25, 2018, 01:17:33 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
saya mau dong mas buktinya... apa buktinya bahwa Tuhan berfirman bahwa "alkitab itu ya 66 buku"..


saya gak punya bukti bro..

yang saya pernah pelajari dari Buku ini: http://forumkristen.com/index.php

bab I:
isinya adalah sebagai berikut:


Alam dan Wahyu (Firman Tuhan) sama sama menyaksikan Kasih Allah.
Pandanglah kepada: 1. Benda Benda Alam yang indah dan menakjubkan. 2. Sinar Matahari dan Hujan yang menerangi dan menyegarkan bumi, 3. Bukit bukit serta lembah lembah, semuanya berbicara kepada kita tentang Kasih Allah kepada makhluk ciptaannya. Maz 145:15, 16

Allah itu Kasih adanya, demikianlah yang tertulis dalam tiap tiap Kuntum yang mekar, pada setiap pucuk rerumputan yang bertumbuh. burung burung yang cantik memenuhi udara dengan kicauannya yang penuh bahagia, serta kembang yang menebarkan bau harum semerbak di udara, pohon pohon yang menjulang tinggi di hutan dengan daun daunnya yang rimbun menghijau---semuanya menyaksikan akan kelemahlembutan Pemeliharaan Allah Bapa kita serta kerinduan-Nya membuat anak anak-Nya Bahagia.
Kebahagian Sejati Hal. 10


dari kutipan yang terdapat di dalam buku itu, saya mendapat pelajaran bahwa Tuhan mempunya Banyak cara dalam berkomunikasi dengan anak anak manusia, selain melalui Wahyu (Firman Tuhan Perjanjian Lama dan Perjanjian baru yang ke 66 Kitab itu) Tuhan juga dapat menggunakan banyak media untuk berbicara kepada anak anak manusia, yaitu:
Alam.. suara siulan burung burung, segarnya udara bersih, kuntum kuntum bunga, bukit bukit dan pegunungan, air terjun, sungai dan lautan, kupu kupu semuanya,,, mengkomunikasikan bahwa Allah adalah Kasih.


selain itu Tuhan juga tetap dapat berkomunikasi kepada manusia melalui Pengalaman Pribadi.
1. Mimpi,
2. Inspirasi.
3. Perenungan.
4. Pengalaman.
5. Nasehat orang Rohaniawan yang baik di sekitar kita.
6. khotbah khotbah.
7. musik musik lembut yang memuji keagungan Tuhan.

semuanya itu dapat digunakan oleh Tuhan untuk berkomunikasi dengan manusia.


salam
TYM
 :)
« Last Edit: September 25, 2018, 02:27:03 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
September 25, 2018, 04:04:58 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
saya gak punya bukti bro..

yang saya pernah pelajari dari Buku ini: http://forumkristen.com/index.php

bab I:
isinya adalah sebagai berikut:


Alam dan Wahyu (Firman Tuhan) sama sama menyaksikan Kasih Allah.
Pandanglah kepada: 1. Benda Benda Alam yang indah dan menakjubkan. 2. Sinar Matahari dan Hujan yang menerangi dan menyegarkan bumi, 3. Bukit bukit serta lembah lembah, semuanya berbicara kepada kita tentang Kasih Allah kepada makhluk ciptaannya. Maz 145:15, 16

Allah itu Kasih adanya, demikianlah yang tertulis dalam tiap tiap Kuntum yang mekar, pada setiap pucuk rerumputan yang bertumbuh. burung burung yang cantik memenuhi udara dengan kicauannya yang penuh bahagia, serta kembang yang menebarkan bau harum semerbak di udara, pohon pohon yang menjulang tinggi di hutan dengan daun daunnya yang rimbun menghijau---semuanya menyaksikan akan kelemahlembutan Pemeliharaan Allah Bapa kita serta kerinduan-Nya membuat anak anak-Nya Bahagia.
Kebahagian Sejati Hal. 10


dari kutipan yang terdapat di dalam buku itu, saya mendapat pelajaran bahwa Tuhan mempunya Banyak cara dalam berkomunikasi dengan anak anak manusia, selain melalui Wahyu (Firman Tuhan Perjanjian Lama dan Perjanjian baru yang ke 66 Kitab itu) Tuhan juga dapat menggunakan banyak media untuk berbicara kepada anak anak manusia, yaitu:
Alam.. suara siulan burung burung, segarnya udara bersih, kuntum kuntum bunga, bukit bukit dan pegunungan, air terjun, sungai dan lautan, kupu kupu semuanya,,, mengkomunikasikan bahwa Allah adalah Kasih.


selain itu Tuhan juga tetap dapat berkomunikasi kepada manusia melalui Pengalaman Pribadi.
1. Mimpi,
2. Inspirasi.
3. Perenungan.
4. Pengalaman.
5. Nasehat orang Rohaniawan yang baik di sekitar kita.
6. khotbah khotbah.
7. musik musik lembut yang memuji keagungan Tuhan.

semuanya itu dapat digunakan oleh Tuhan untuk berkomunikasi dengan manusia.


salam
TYM
 :)


oh gitu ya mas..
terima kasih atas sharingnya yang indah..


btw,
kalo begitu.. ATAS DASAR APA mas simatupang kok mau-maunya percaya bahwa "alkitab itu ya 66 buku"?
September 27, 2018, 12:48:39 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
oh gitu ya mas..
terima kasih atas sharingnya yang indah..


btw,
kalo begitu.. ATAS DASAR APA mas simatupang kok mau-maunya percaya bahwa "alkitab itu ya 66 buku"?

karena ke 66 Kitab itu Pesannya adalah sama yaitu:
1. Tuhan mengasihi Manusia,
2. Tuhan mau manusia semua selamat.
3. melalui Jasa Tuhan Yesus anak anak manusia dapat diselamatkan, disucikan dan dimuliakan.


salam
TYM



" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
September 28, 2018, 03:41:08 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
karena ke 66 Kitab itu Pesannya adalah sama yaitu:
1. Tuhan mengasihi Manusia,
2. Tuhan mau manusia semua selamat.
3. melalui Jasa Tuhan Yesus anak anak manusia dapat diselamatkan, disucikan dan dimuliakan.


salam
TYM
Hi mas..

thanks atas jawabannya..

1. kalo misal ada kitab ke 67, 68, dst yang pesannya sama, apakah mas simat mau percaya bahwa itu adalah alkitab juga?

2. apakah ini berarti memang TUHAN sendiri yang berfirman/berkehendak bahwa "Alkitab jumlahnya harus 66 buku" ?
October 01, 2018, 12:34:35 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
thanks atas jawabannya..

ya bro..
sama sama..

Quote
1. kalo misal ada kitab ke 67, 68, dst yang pesannya sama, apakah mas simat mau percaya bahwa itu adalah alkitab juga?

kalau saya pribadi, bisa saja menerima Kitab itu..

tapi saya senang sekali mau berbagi kepada Bro @Cadangdata mengenai sedikit tulisan di bawah ini, Saya Copas dari salah satu member di FK.
Doktrin Sola Scriptura adalah doktrin yang menyatakan bahwa Alkitab adalah satu-satunya pedoman iman yang tidak bisa salah (infallible). Sola Scriptura merupakan hal utama yang menyebabkan terjadinya reformasi di abad 16 yang dimulai oleh Luther dan para reformer lainnya.

Banyak yang menyangka bahwa Sola Scriptura adalah doktrin yang hanya dianut oleh umat Protestant dan bukan oleh Gereja awal. Hal ini adalah tidak benar, sebab baik dalam Alkitab maupun Gereja awal, doktrin ini dapat ditemukan dan diajarkan.

Ada 4 hal yang harus diingat sebelum seseorang mengerti akan ajaran Sola Scriptura.

1) Sola Scriptura tidak berkata bahwa Alkitab memuat semua ilmu pengetahuan yang ada. Yang diajarkan oleh doktrin ini adalah bahwa Alkitab memuat seluruh hal yang manusia perlu ketahui untuk mengenal Allah dengan benar dan untuk memperoleh keselamatan.

2) Sola Scriptura tidak mengajarkan bahwa Firman Tuhan tidak pernah diutarakan secara lisan. Firman Tuhan memang pernah disampaikan secara lisan oleh Tuhan Yesus, para nabi dan rasul pada saat mereka ada di dunia, namun setelah kitab-kitab Alkitab tertulis dengan lengkap, maka yang ada hanyalah Firman yang berbentuk secara tertulis dan bukan lisan lagi

3) Sola Scriptura bukan berarti bahwa Gereja tidak punya otoritas apapun terhadap umat Tuhan. Yang menjadi permasalahan adalah bahwa Gereja, yang adalah mempelai Kristus, mempunyai otoritas tapi tidak sebanding dengan Firman Tuhan (Holy Scripture)yang adalah hembusan nafas Allah sendiri

4) Sola Scriptura bukanlah suatu ajaran yang menyangkal bahwa ROH KUDUS bekerja didalam GerejaNya dengan memberikan penerangan dan bimbingan.

Jadi secara positif, Sola Scriptura mengajarkan bahwa Alkitab adalah satu-satunya pedoman yang manusia perlukan untuk memperoleh keselamatan. Ini bukan berarti kita tidak boleh mempunyai pedoman lainnya, tapi melainkan bahwa setiap pedoman lainnya harus disesuaikan oleh Firman Tuhan yang adalah Alkitab. Alkitab merupakan otoritas tertinggi bagi umat Tuhan, dan apa yang tidak terdapat didalamnya tidak bisa dijadikan sebagai sesuatu yang mengikat hati nurani manusia.

Perhatikan No.1 yang kutandai merah di atas.
Alkitab memuat seluruh hal yang manusia perlu ketahui untuk mengenal Allah dengan benar dan untuk memperoleh keselamatan.

Quote
2. apakah ini berarti memang TUHAN sendiri yang berfirman/berkehendak bahwa "Alkitab jumlahnya harus 66 buku" ?
TIDAK..

kalau bro @Cadangdata sendiri, apakah percaya bahwa Alkitab PL dan PB ke 66 Kitab itu adalah Firman Allah ?
1. apakah bro@Cadangdata percaya bahwa Penulis dari Kitab kitab itu adalah Para Nabi, Bapa dan Rasul Tuhan ?

« Last Edit: October 01, 2018, 12:39:45 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 01, 2018, 02:34:00 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
ya bro..
sama sama..

kalau saya pribadi, bisa saja menerima Kitab itu..
oh... ada sekelompok orang yang berpendapat misalnya bahwa alkitab itu jumlahnya 74 kitab..
sedangkan mas simatupang memilih yg 66 kitab?

mengapa mas simat memilih untuk tidak menerima kitab yg ke 67 68 69 dll?


Quote
tapi saya senang sekali mau berbagi kepada Bro @Cadangdata mengenai sedikit tulisan di bawah ini, Saya Copas dari salah satu member di FK.
Doktrin Sola Scriptura adalah doktrin yang menyatakan bahwa Alkitab adalah satu-satunya pedoman iman yang tidak bisa salah (infallible). Sola Scriptura merupakan hal utama yang menyebabkan terjadinya reformasi di abad 16 yang dimulai oleh Luther dan para reformer lainnya.
iya mas..
pertanyaan saya, mengapa doktrin solascriptura kok memilih bahwa "PEDOMAN IMAN yang TIDAK BISA SALAH" itu HARUS setebal 66 kitab?

Pedoman Iman apakah yang digunakan ketika memutuskan bahwa "solascriptura milih yg 66 aja deh"

Quote
Banyak yang menyangka bahwa Sola Scriptura adalah doktrin yang hanya dianut oleh umat Protestant dan bukan oleh Gereja awal. Hal ini adalah tidak benar, sebab baik dalam Alkitab maupun Gereja awal, doktrin ini dapat ditemukan dan diajarkan.

Ada 4 hal yang harus diingat sebelum seseorang mengerti akan ajaran Sola Scriptura.

1) Sola Scriptura tidak berkata bahwa Alkitab memuat semua ilmu pengetahuan yang ada. Yang diajarkan oleh doktrin ini adalah bahwa Alkitab memuat seluruh hal yang manusia perlu ketahui untuk mengenal Allah dengan benar dan untuk memperoleh keselamatan.

2) Sola Scriptura tidak mengajarkan bahwa Firman Tuhan tidak pernah diutarakan secara lisan. Firman Tuhan memang pernah disampaikan secara lisan oleh Tuhan Yesus, para nabi dan rasul pada saat mereka ada di dunia, namun setelah kitab-kitab Alkitab tertulis dengan lengkap, maka yang ada hanyalah Firman yang berbentuk secara tertulis dan bukan lisan lagi

3) Sola Scriptura bukan berarti bahwa Gereja tidak punya otoritas apapun terhadap umat Tuhan. Yang menjadi permasalahan adalah bahwa Gereja, yang adalah mempelai Kristus, mempunyai otoritas tapi tidak sebanding dengan Firman Tuhan (Holy Scripture)yang adalah hembusan nafas Allah sendiri

4) Sola Scriptura bukanlah suatu ajaran yang menyangkal bahwa ROH KUDUS bekerja didalam GerejaNya dengan memberikan penerangan dan bimbingan.

Jadi secara positif, Sola Scriptura mengajarkan bahwa Alkitab adalah satu-satunya pedoman yang manusia perlukan untuk memperoleh keselamatan. Ini bukan berarti kita tidak boleh mempunyai pedoman lainnya, tapi melainkan bahwa setiap pedoman lainnya harus disesuaikan oleh Firman Tuhan yang adalah Alkitab. Alkitab merupakan otoritas tertinggi bagi umat Tuhan, dan apa yang tidak terdapat didalamnya tidak bisa dijadikan sebagai sesuatu yang mengikat hati nurani manusia.

Perhatikan No.1 yang kutandai merah di atas.
Alkitab memuat seluruh hal yang manusia perlu ketahui untuk mengenal Allah dengan benar dan untuk memperoleh keselamatan.
TIDAK..
iya mas..
pertanyaan saya itu maksudnya:
Pedoman Iman apakah yang digunakan ketika akhirnya memilih bahwa "Alkitab yang memuat SELURUH HAL" itu kok HANYA 66 buku?

atau pertanyaan lain misalnya: Pedoman Iman apakah yang digunakan ketika memilih untuk percaya bahwa "Allah itu SELURUHNYA CUMA setebal 66 buku"?

Quote
kalau bro @Cadangdata sendiri, apakah percaya bahwa Alkitab PL dan PB ke 66 Kitab itu adalah Firman Allah ?
1. apakah bro@Cadangdata percaya bahwa Penulis dari Kitab kitab itu adalah Para Nabi, Bapa dan Rasul Tuhan ?
kalo nurut saya sih..
alkitab adalah kompilasi dari literatur yang disepakati bersama oleh sekelompok manusia yang juga disepakati untuk dipakai oleh kelompok manusia yang lebih besar sebagai panduan Hidup dan Ber-Iman-nya.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)