Author Topic: Mengapa Adventisme sering dianggap bidat/bukan Kristen?  (Read 9285 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

October 02, 2018, 10:21:16 AM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist

pertanyaan saya, mengapa doktrin solascriptura kok memilih bahwa "PEDOMAN IMAN yang TIDAK BISA SALAH" itu HARUS setebal 66 kitab?

kalau saya pribadi mengapa mengimani ke 66 Kitab itu adalah Firman Allah. adalah karena saya percaya Penulis-Nya adalah para Nabi dan Rasul Tuhan.

maksudku mengimani Para Penulisnya adalah Nabi dan Rasul adalah begini:
sebagai contoh:
saya Imani bahwa Musa, Daniel, dll Yesaya, adalah Nabi.
saya Imani bahwa Petrus, Paulus, Yohanes, adalah Rasul.

mengapa saya Imani ??
karena saya lihat dan rasakan manfaat, Khasiat dan kegunaan-nya: betul bahwa
Tulisan Para Nabi dan Para Rasul itu:
1. bermanfaat untuk mengajar, 2 Tim 3:16
2. menyatakan kesalahan, 2 Tim 3:16
3. memperbaiki kelakuan dan 2 Tim 3:16
4. mendidik orang dalam kebenaran. 2 Tim 3:16
5. dan diatas semuanya Kitab kitab itu (PL dan PB, Tulisan Nabi dan Rasul) semuanya berfokus kepada Tuhan Jesus Kristus. Yohanes 5:39

karena saya mengimani bahwa penulisnya adalah Nabi dan Rasul Tuhan, dan memang saya rasakan Khasiat, Manfaat dan Kegunaannya. maka saya imani tulisan mereka itu bersumber atau diilhami oleh Tuhan.

Quote
kalo nurut saya sih..
alkitab adalah kompilasi dari literatur yang disepakati bersama oleh sekelompok manusia yang juga disepakati untuk dipakai oleh kelompok manusia yang lebih besar sebagai panduan Hidup dan Ber-Iman-nya.

oh begitu...
1. apakah brother @cadangdata percaya bahwa Musa, Daniel, dll Yesaya, adalah Nabi Tuhan. ?
2. apakah brother @cadangdata percaya bahwa Petrus, Paulus, Yohanes, adalah Rasul Tuhan. ?
« Last Edit: October 02, 2018, 12:07:53 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 02, 2018, 10:30:11 AM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
menurut para Pengajar ku di gereja.
ada beberapa cara untuk mengetahui bahwa apakah seseorang itu adalah Nabi atau Rasul Tuhan.
1. meninggikan Yesus Kristus sebagai Pusat Pengajaran.
2. tidak bertentangan dengan Nabi Nabi atau Rasul Rasul yang lain dalam Pengajaran.
3. Nubuatannya di genapi.
4. dll..

1. kalau Perkataan-nya dan Ajaran-nya tidak meninggikan Yesus Kristus sebagai pusat pengajaran dan Keselamatan. maka orang yang mengaku sebagai nabi atau rasul tersebut bukanlah Nabi dan rasul TUhan.
2. kalau perkataan-nya dan Ajaran-nya bertentangan dengan Nabi Nabi dan Rasul Tuhan dia bukanlah Rasul Tuhan.
3. kalau Nubuatan-nya tidak digenapi, atau penipuan. sudah pasti dia itu adalah bukan Nabi Tuhan.

salam
TYM
« Last Edit: October 02, 2018, 11:20:57 AM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 02, 2018, 12:24:36 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10400
kalau saya pribadi mengapa mengimani ke 66 Kitab itu adalah Firman Allah. adalah karena saya percaya Penulis-Nya adalah para Nabi dan Rasul Tuhan.
oh.. begitu ya mas..

jadi Pedoman iman ini ("sy percaya jumlah Firman Tuhan cukup 66 kitab karena penulisnya adalah nabi dan rasul tuhan") adalah hasil pemikiran mas simatupang sendiri, ataukah Pedoman iman mas simatupang ini ada dasar alkitabiahnya?

Quote
maksudku mengimani Para Penulisnya adalah Nabi dan Rasul adalah begini:
sebagai contoh:
saya Imani bahwa Musa, Daniel, dll Yesaya, adalah Nabi.
saya Imani bahwa Petrus, Paulus, Yohanes, adalah Rasul.

mengapa saya Imani ??
karena saya lihat dan rasakan manfaat, Khasiat dan kegunaan-nya: betul bahwa
Tulisan Para Nabi dan Para Rasul itu:
oh.. begitu.. thanks sharing nya..

Kalo boleh tahu, Pedoman Iman mas simat yang berbunyi "saya imani karena saya rasakan manfaat dan khasiatnya" ini apakah hasil pemikiran mas simatupang sendiri ataukah ada dasar alkitabiah nya?


Quote
karena saya mengimani bahwa penulisnya adalah Nabi dan Rasul Tuhan, dan memang saya rasakan Khasiat, Manfaat dan Kegunaannya. maka saya imani tulisan mereka itu bersumber atau diilhami oleh Tuhan.
apakah juga bisa dijelaskan yg ini..

Apakah Pedoman iman mas simatupang ini yg berbunyi "karena saya rasakan manfaatnya + saya anggap nabi&rasul --> maka saya anggap tulisan itu bersumber dari tuhan"... apakah hasil pemikiran mas simatupang sendiri ataukah ada dasar alkitabiahnya?

Quote
oh begitu...
1. apakah brother @cadangdata percaya bahwa Musa, Daniel, dll Yesaya, adalah Nabi Tuhan. ?
2. apakah brother @cadangdata percaya bahwa Petrus, Paulus, Yohanes, adalah Rasul Tuhan. ?
saya sih percaya aja mas...
October 02, 2018, 01:37:59 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Berarti Ellen White bukan nabi?
bukankah nubuatan dia ada yang gagal? :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 02, 2018, 02:15:52 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Berarti Ellen White bukan nabi?
bukankah nubuatan dia ada yang gagal? :)

sependek yang ku tahu tidak ada nubuatan Ny. Ellen White yang gagal broh..
« Last Edit: October 02, 2018, 02:32:30 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 02, 2018, 02:55:49 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
yang jelas2 gagal William Miller sih

tapi bukankah dia meneruskan nubuatan yang gagal itu?
atau mungkin bahasa tepatnya merevisi :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 02, 2018, 08:24:42 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 792
  • Denominasi: Protestan
1. kalau Perkataan-nya dan Ajaran-nya tidak meninggikan Yesus Kristus sebagai pusat pengajaran dan Keselamatan. maka orang yang mengaku sebagai nabi atau rasul tersebut bukanlah Nabi dan rasul TUhan.
Sepakat.

Contoh paling real yang terpikir oleh gue, yaitu SSY.

2. kalau perkataan-nya dan Ajaran-nya bertentangan dengan Nabi Nabi dan Rasul Tuhan dia bukanlah Rasul Tuhan.
Nurut gue sih, ini agak ambigu, bray.

Misalnya, soal kerudung (penutup kepala) ketika beribadah.

3. kalau Nubuatan-nya tidak digenapi, atau penipuan. sudah pasti dia itu adalah bukan Nabi Tuhan.
Ini juga berbau ambigu, bray.

Gimana mau buktiin nubuatan seseorang yang ngomongin apa yang terjadi di hari kiamat (hari terakhir)?
Ya pastinya nunggu pas hari kiamat itu tiba, kan?
« Last Edit: October 02, 2018, 11:39:05 PM by viruskasih »
October 03, 2018, 10:17:24 AM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
oh.. begitu ya mas..

jadi Pedoman iman ini ("sy percaya jumlah Firman Tuhan cukup 66 kitab karena penulisnya adalah nabi dan rasul tuhan") adalah hasil pemikiran mas simatupang sendiri, ataukah Pedoman iman mas simatupang ini ada dasar alkitabiahnya?

tentu saya punya dasar mengatakannya:

1. Dasar Pertama memang memang saya dapatkan dari para Pengajar di gereja. namun demikian Iman yang bertumbuh atau kita peroleh oleh karena Ajaran Para Pengajar Firman tidak lah bertentangan dengan Firman sebab Firman Tuhan berkata: Roma 10:17, Jadi, iman Timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus.

2. Dasar ke dua yaitu oleh karena belajar sendiri Firman tersebut.
saya meyakini isinya adalah Firman Tuhan karena:
1. Isinya dapat dipercaya, Nubuatan di dalamnya digenapi.
* (Nubuatan mengenai Mesir, Asyur, Etiopia) (Yesaya 20, dst),
* Nubuatan mengenai Kerajaan Kerajaan Besar di Bumi Daniel pasal 2 (Babilon, Yunani, Media Persia, Roma, dan Kerajaan Eropa,
* Nubuatan mengenai Kehancuran Jerusalem oleh Tuhan Jesus Kristus sendiri (Mat. 24)
* Nubuatan mengenai Kelahiran, kehidupan, Kematian, Kebangkitan dan Pengantaraan Yesus Kristus sebagai Imam besar disorga. (Daniel pasal 9)
* dan masih sangat banyak nubuatan lagi yang digenapi dengan sangat indah, tepat dan akurat.
2. Isinya memberi Pengetahuan, dengan mempelajari isinya pemahaman kita akan sejarah dimantapkan, dan isinya tidak bertentangan dengan banyak penemuan penemuan arkeolog.
3. Isinya memberi kita Hikmat karena di dalam Firman Allah kita dapat mengenal Allah dan Kasih-Nya.
4. dan diatas segala galanya Firman Allah adalah Ilmu pengetahuan tentang Keselamatan. bahwa Manusia sudah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, tapi oleh Jasa Yesus Kristus Anak Allah dan Anak Manusia, manusia yang hilang itu dapat diperdamaikan lagi dengan Tuhan.
5. dan masih banyak lagi manfaat yang didapat.

3. Dasar yang ketiga untuk meyakini bahwa Alkitab itu adalah Firman Allah adalah karena Pengakuan para penulisnya Sendiri.
Pengakuan Rasul Paulus (Roma 1:1), Pengakuan Nabi Yesaya, Musa, dst...
mereka mengaku bahwa mereka adalah Nabi dan Rasul Tuhan. dan tulisan, ajaran dan perkataan mereka tidak bertentangan saatu dengan yang lain.

4. Firman itu berkuasa mengubah Tabiat. untuk Hidup Kudus.

sebenarnya masih banyak lagi. tapi paling tidak itulah dasarku untuk mengimani bahwa Alkitab itu yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Sabda Allah.

Quote
oh.. begitu.. thanks sharing nya..

sama sama Mas Broh..


salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 03, 2018, 10:55:30 AM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2165
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
yang jelas2 gagal William Miller sih

ini topik yang menarik..
mungkin dapat kita diskusikan secara Khusus, namu kalau tidak keberatan di Topik ini juga boleh karena masih berhubungan dengan keyakinan Adventisme.

saya mau bagikan sedikit saja, kalau tertarik nanti boleh kita bahas lebih lanjut.
menurut yang kupelajari sebenarnya tidak ada yang gagal dari tafsiran William Miller pada tahun 1844.
sebab menurut perhitungan dan penanggalan semuanya memang tepat dan akurat bahwa akhir dari Masa 2300 pagi dan petang dalam Kitab Daniel 8:14, jatuh pada Tahun 1844.

Perhitungan itu di mulai dari 457SM - 1844M = total 2300 tahun.
Perhitungannya tepat dan akurat.
sebelum Wiliam Miller sebenarnya sudah ada beberapa Kelompok Kristen yang rajin mempelajari Firman Tuhan dan memprediksi Kedatangan Tuhan akan terjadi pada tahun 1840an.. diantaranya: ketika dalam Perjalanan Misi Dr. Joseph Wollf menemukan sekelompok Kristen yang tinggal di tempat terpencil di tanah arab.
dapat dilihat di:
https://en.wikipedia.org/wiki/Joseph_Wolff

barulah memang pada Zaman Miller https://en.wikipedia.org/wiki/William_Miller_(preacher)
Khotbah kedatangan Tuhan Jesus yang ke dua kali pada 1844 dikhotbahkan secara luas.
dan perlu dicatat bahwa peristiwa kekecewaan Besar tahun 1844 bukanlah pergerakan satu denominasi Kristen. pergerakan itu adalah pergerakan Interdenominasi. dan dikhotbahkan oleh para Pelajar Kitab Suci dari hampir berbagai denominasi Kristen waktu itu.

Quote
tapi bukankah dia meneruskan nubuatan yang gagal itu?
atau mungkin bahasa tepatnya merevisi :)

setelah Peristiwa yang ditunggu tunggu tidak datang, maka terjadi Hari Kekecewaan Besar diantara orang orang Kristen yang menunggu kedatangan Tuhan Jesus yang ke dua kali.

setelah peritiwa itu banyak orang Kristen meninggalkan keyakinannya namun diantara orang orang Kristen yang kecewa itu ada beberapa Orang yang tetap percaya dan tetap menyelidiki Firman Tuhan:
Kebanyakan dari orang yang telah bergabung dengan pergerakan ini meninggalkanya dengan kekecewaan yang dalam. Namun, sedikit dari antaranya kembali ke Alkitab mereka untuk mencari tahu mengapa mereka harus mengalami kekecewaan. Segera mereka menyadari bahwa tanggal 22 Oktober 1844 sebenarnya adalah tanggal tepat, tetapi ternyata Miller telah meramalkan peristiwa yang salah untuk tanggal itu. Mereka yakin bahwa nubuatan Alkitab tidak meramalkan bahwa Yesus akan datang kembali ke dunia pada tahun 1844, tetapi bahwa pada saat itu, Yesus akan memulai satu pelayanan khusus di surga bagi umat manusia.
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Gereja_Masehi_Advent_Hari_Ketujuh


kalau tertarik untuk membahas Nubuatan 2300 pagi dan petang yang jatuh pada tahun 1844. saya akan dengan senang hati membagikannya.


salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 03, 2018, 11:17:02 AM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9062
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Bro Simatupang, bikin thread khusus aja mengenai ini :)

saya tertarik mendiskusikannya

asal bro tahu saja, khusus William Miller, semua sudah setuju dia gagal, karena dia memprediksikan Tuhan akan datang gak lebih dari tahun 1844 :)
khusus soal ini saya berani bilang dia salah, kenapa? karena dia minta maaf kok :)
ngapain orang minta maaf kalo dia gak salah?

setelah tahu itu salah, barulah "disempurnakan" oleh Ellen

tentu saya gak perlu lampirkan tulisannya kan :)

itu yang commonly dimengerti oleh saya dan teman2 sy setidaknya, karena semua tulisan yang ada mengarah kesitu kok

nah kalo bro bisa punya argumen yang baik, disertai dengan literatur pendukung, tentulah akan jadi pembelajaran untuk kita semua disini
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)