Author Topic: Mengapa Adventisme sering dianggap bidat/bukan Kristen?  (Read 10037 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 03, 2018, 12:05:04 PM
Reply #50
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2262
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist

asal bro tahu saja, khusus William Miller, semua sudah setuju dia gagal, karena dia memprediksikan Tuhan akan datang gak lebih dari tahun 1844 :)
khusus soal ini saya berani bilang dia salah, kenapa? karena dia minta maaf kok :)
ngapain orang minta maaf kalo dia gak salah?

menurut Literature yang ku baca..
William Miller memang kecewa ketika Nubuatan yang dikhotbahkannya tidak terjadi seperti yang diharapkan.
namun demikian dia tidak menemukan kesalahan dalam perhitungan Nubuatan tersebut inilah Perkataan William Miller setelah Masa Kekecewaan tahun 1844

"Sekiranya saya bisa mengulangi hidupku kembali, dengan bukti yang sama yang saya punyai kemudian, saya mengakui secara jujur kepada Allah dan kepada manusia, bahwa saya akan berbuat seperti apa yang telah saya perbuat." "Memoirs Wm. Miller," pp. 256,255,277,280,281. https://archive.org/details/memoirsofwilliam00blis/page/n3

"Sekiranya saya bisa mengulangi hidupku kembali, dengan bukti yang sama yang saya punyai kemudian, saya mengakui secara jujur kepada Allah dan kepada manusia, bahwa saya akan berbuat seperti apa yang telah saya perbuat." "Aku harap aku telah membasuh jubahku dari darah orang-orang. Aku merasa bahwa aku telah membebaskan diriku sendiri dari semua kesalahan dan tuduhan, sejauh itu berada dalam kuasaku." "Meskipun aku telah dua kali kecewa," [/b] "Memoirs Wm. Miller," pp. 256,255,277,280,281. [/i][/b] https://archive.org/details/memoirsofwilliam00blis/page/n3

"aku belum ambruk atau tawar hati . . . . Harapanku dalam kedatangan Kristus tetap sekuat yang biasanya. Aku telah lakukan hanya apa yang aku rasa adalah tugasku untuk melakukannya, setelah mempertimbangkan selama bertahun-tahun. Jikalau aku salah, itu hanyalah dalam bidang kedermawanan, kasih kepada sesama manusia, dan keyakinan tugas kepada Allah." "Satu perkara aku tahu, aku telah menyiarkan yang kupercayai, dan Allah telah menyertai aku. Kuasanya telah dinyatakan dalam pekerjaanku, sehingga menghasilkan banyak kebaikan." "Ribuan orang dalam segala rupa manusia telah mempelajari Alkitab oleh mengkhotbahkan waktu, dan oleh itu, melalui iman dan siraman darah Kristus, telah diperdamaikan kepada Allah." -- Bliss, "Memoirs Wm. Miller," pp. 256,255,277,280,281. [/i][/b] https://archive.org/details/memoirsofwilliam00blis/page/n3

"Aku tidak pernah meramahi senyum orang sombong, atau merasa takut bilamana dunia ini bermuka masam. Aku tidak mau membeli persetujuan mereka, dan juga tidak mengundang kebencian mereka. Aku tidak akan pernah mencari hidupku di tangan mereka, atau merasa takut kalau kehilangan hidupku, saya harap jika Allah dalam pemeliharaan-Nya menghendaki demikian." -- "Life of William Miller," p. 315.


Quote

tentu saya gak perlu lampirkan tulisannya kan :)


kalau tidak keberatan boleh dilampirkan bro, permintaan maaf William Miller tersebut..
karena saya sendiri belum mengetahuinya..  :)


salam
TYM
« Last Edit: October 03, 2018, 12:23:46 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 03, 2018, 12:33:39 PM
Reply #51
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
https://en.wikipedia.org/wiki/Great_Disappointment

The Great Disappointment in the Millerite movement was the reaction that followed Baptist preacher William Miller's proclamations that Jesus Christ would return to the Earth by 1844

https://en.wikipedia.org/wiki/Investigative_judgment

While no specific date is given in official belief statements, many Adventists hold October 22, 1844 as the starting date for the investigative judgment. Originally Miller set the end of the 2300 days between March 21, 1843 and March 21, 1844. In mid-1844, Miller stated "I confess my error, and acknowledge my disappointment: Yet I still believe that the day of the Lord is near." In February

itu aja dulu sebelum lebih lanjut

ini belum masuk ke spirit of prophecy yang katanya "diwariskan" dari Miller ke Ellen :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 03, 2018, 12:52:37 PM
Reply #52
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10529
tentu saya punya dasar mengatakannya:

1. Dasar Pertama memang memang saya dapatkan dari para Pengajar di gereja. namun demikian Iman yang bertumbuh atau kita peroleh oleh karena Ajaran Para Pengajar Firman tidak lah bertentangan dengan Firman sebab Firman Tuhan berkata: Roma 10:17, Jadi, iman Timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus.
a. apakah ini berarti yang (misalnya) 74 atau 76 atau brppun kitab nya BERTENTANGAN dengan Firman Tuhan?
b. ini pertanyaan saya mas.. "Firman Kristus" nya ini kok bisa jumlahnya 66 buku kenapa?
    Apa benar Kristus menghendaki bahwa jumlah firman-Nya itu 66 buku?

Quote
2. Dasar ke dua yaitu oleh karena belajar sendiri Firman tersebut.
saya meyakini isinya adalah Firman Tuhan karena:
1. Isinya dapat dipercaya, Nubuatan di dalamnya digenapi.
* (Nubuatan mengenai Mesir, Asyur, Etiopia) (Yesaya 20, dst),
* Nubuatan mengenai Kerajaan Kerajaan Besar di Bumi Daniel pasal 2 (Babilon, Yunani, Media Persia, Roma, dan Kerajaan Eropa,
* Nubuatan mengenai Kehancuran Jerusalem oleh Tuhan Jesus Kristus sendiri (Mat. 24)
* Nubuatan mengenai Kelahiran, kehidupan, Kematian, Kebangkitan dan Pengantaraan Yesus Kristus sebagai Imam besar disorga. (Daniel pasal 9)
* dan masih sangat banyak nubuatan lagi yang digenapi dengan sangat indah, tepat dan akurat.
2. Isinya memberi Pengetahuan, dengan mempelajari isinya pemahaman kita akan sejarah dimantapkan, dan isinya tidak bertentangan dengan banyak penemuan penemuan arkeolog.
wah menarik nih... jadi Fosil Adam dan Hawa udah ketemu ya mas?

Quote
3. Isinya memberi kita Hikmat karena di dalam Firman Allah kita dapat mengenal Allah dan Kasih-Nya.
4. dan diatas segala galanya Firman Allah adalah Ilmu pengetahuan tentang Keselamatan. bahwa Manusia sudah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, tapi oleh Jasa Yesus Kristus Anak Allah dan Anak Manusia, manusia yang hilang itu dapat diperdamaikan lagi dengan Tuhan.
5. dan masih banyak lagi manfaat yang didapat.

3. Dasar yang ketiga untuk meyakini bahwa Alkitab itu adalah Firman Allah adalah karena Pengakuan para penulisnya Sendiri.
Pengakuan Rasul Paulus (Roma 1:1), Pengakuan Nabi Yesaya, Musa, dst...
mereka mengaku bahwa mereka adalah Nabi dan Rasul Tuhan. dan tulisan, ajaran dan perkataan mereka tidak bertentangan saatu dengan yang lain.

4. Firman itu berkuasa mengubah Tabiat. untuk Hidup Kudus.

sebenarnya masih banyak lagi. tapi paling tidak itulah dasarku untuk mengimani bahwa Alkitab itu yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Sabda Allah.

sama sama Mas Broh..


salam
TYM
oh... begitu..

Artinya itu semua adalah hasil Pemikiran mas simatupang setelah menerima Kebenaran dari hasil kesepakatan beberapa orang tentang jumlah kitab, dan dengan menyambungkan ayat satu dan ayat lain dalam 66 buku itu sendiri, untuk menyimpulkan bahwa Tuhan cuma berfirman setebal 66 buku..

walaupun Tuhan tidak pernah berfirman bahwa "firmanKu setebal 66 buku" ya mas?


jadi bisa dibilang bahwa:
Mas Simatupang Menggunakan PEDOMAN IMAN diluar 66 kitab itu (hasil kesepakatan manusia) untuk meyakini bahwa "Firman Tuhan hanya setebal 66 kitab, dan jika lebih atau kurang dari itu adalah Bukan Firman Tuhan" itu aja ya...

oke.. teriima kasih klarifikasinya ya mas..
October 03, 2018, 01:22:21 PM
Reply #53
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 21
  • Denominasi: Gereja di Padang Belantara
https://en.wikipedia.org/wiki/Great_Disappointment

The Great Disappointment in the Millerite movement was the reaction that followed Baptist preacher William Miller's proclamations that Jesus Christ would return to the Earth by 1844

https://en.wikipedia.org/wiki/Investigative_judgment

While no specific date is given in official belief statements, many Adventists hold October 22, 1844 as the starting date for the investigative judgment. Originally Miller set the end of the 2300 days between March 21, 1843 and March 21, 1844. In mid-1844, Miller stated "I confess my error, and acknowledge my disappointment: Yet I still believe that the day of the Lord is near." In February

itu aja dulu sebelum lebih lanjut

ini belum masuk ke spirit of prophecy yang katanya "diwariskan" dari Miller ke Ellen :)

Yang saya mengerti, Kesalahan Miller adalah menentukan bahwa Yesus akan datang kembali ke Dunia pada tanggal 22 Oktober 1844, yang kita ketahui tidak terjadi.

Seventh day adventist adalah 50an orang tersisa dari pengikut William Miller, mengakui bahwa ada kesalahan intepretasi apa yang terjadi pada tanggal 22 oktober 1844 itu. Bila William Miller menganggap bahwa tanggal itu adalah tanggal kedatangan Tuhan Yesus, maka Seventh Day Adventist mengintepretasikan bahwa tanggal itu adalah tanggal dimulainya investigative judgement (pengadilan pemeriksaan). Perhitungan tanggal tidak ada yang salah, hanya event yang terjadi pada tanggal tersebut bukanlah kedatangan Yesus yang kedua kali ke dunia.

Dasar Ayatnya mereka dari sini :

Daniel 8:13 & 14 (TB) Kemudian kudengar seorang kudus berbicara, dan seorang kudus lain berkata kepada yang berbicara itu: "Sampai berapa lama berlaku penglihatan ini, yakni korban sehari-hari dan kefasikan yang membinasakan, tempat kudus yang diserahkan dan bala tentara yang diinjak-injak?"
Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar.
October 03, 2018, 01:28:00 PM
Reply #54
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Yes bro Tamir

makanya saya bilang, sesuai dengan kriteria yang disebutkan oleh bro Simatupang sendiri (yang sy ketahui beliau adalah jemaat adventis), maka Miller seharusnya bukan nabi :)

apakah kita setuju sampai sini?

nanti kalau ini sudah, kita akan lanjutkan ke Ellen, dimana dia diakui sebagai orang yang dapat "warisan" nabi tersebut dari Miller :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 03, 2018, 01:32:11 PM
Reply #55
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 21
  • Denominasi: Gereja di Padang Belantara
Lagi pula permintaan maaf yang ditunjukkan diatas adalah permintaan maaf atas kesalahan perhitungan William Miller. Sebelumnya William Miller beberapa kali merevisi perhitungannya, diantaranya dia pernah memperkirakan Yesus datang tahun 1843. Kalau kita perhatikan tulisan diatasnya sbb:

On May 2, six weeks after the fateful March 21, Miller felt that the time had come to make a frank
statement that there was an error in his preaching. He addressed a communication “to Second Advent
believers,” in which he said:
 “Were I to live my life over again, with the same evidence that I then had, to be honest with God
and man I should have to do as I have done. Although opponents said it would not come, they produced no
weighty arguments. It was evidently guesswork with them; and I then thought, and do now, that their denial
was based more on an unwillingness for the Lord to come than on any arguments leading to such a
conclusion.

Kita bisa lihat bahwa tulisan itu dituliskan sebelum 22 Oktober 1844, yaitu tanggal 2 May 1844.

Mengenai Spirit of Prophecy, Seventh Day Adventist tidak menganggap bahwa yang didapatkan Ellen berasal dari William Miller, melainkan mereka percaya bahwa Ellen White mendapatkan ilham berupa penglihatan.
October 03, 2018, 01:47:25 PM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2262
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Lagi pula permintaan maaf yang ditunjukkan diatas adalah permintaan maaf atas kesalahan perhitungan William Miller. Sebelumnya William Miller beberapa kali merevisi perhitungannya, diantaranya dia pernah memperkirakan Yesus datang tahun 1843. Kalau kita perhatikan tulisan diatasnya sbb:

On May 2, six weeks after the fateful March 21, Miller felt that the time had come to make a frank
statement that there was an error in his preaching. He addressed a communication “to Second Advent
believers,” in which he said:
 “Were I to live my life over again, with the same evidence that I then had, to be honest with God
and man I should have to do as I have done. Although opponents said it would not come, they produced no
weighty arguments. It was evidently guesswork with them; and I then thought, and do now, that their denial
was based more on an unwillingness for the Lord to come than on any arguments leading to such a
conclusion.

Kita bisa lihat bahwa tulisan itu dituliskan sebelum 22 Oktober 1844, yaitu tanggal 2 May 1844.

Mengenai Spirit of Prophecy, Seventh Day Adventist tidak menganggap bahwa yang didapatkan Ellen berasal dari William Miller, melainkan mereka percaya bahwa Ellen White mendapatkan ilham berupa penglihatan.

syalom bro Tamir..
salam kenal.
CC: bro@henhen

terima kasih sudah berbagi..
dan dibandingkan dengan tulisan dari buku ini:

https://archive.org/details/memoirsofwilliam00blis/page/n5,
"Sekiranya saya bisa mengulangi hidupku kembali, dengan bukti yang sama yang saya punyai kemudian, saya mengakui secara jujur kepada Allah dan kepada manusia, bahwa saya akan berbuat seperti apa yang telah saya perbuat." "Memoirs Wm. Miller," pp. 256,255,277,280,281.


dapat saya simpulkan bahwa:
Permintaan Maaf yang disampaikan William Miller adalah disebabkan karena Nubuatan itu tidak terjadi seperti yang diharapkan yaitu Tuhan Jesus akan datang ke dunia ini dalam kemuliaan-Nya pada tahun 1844.

tapi kalau dari perhitungan nubuatan, tahun tahun dan tanggal tanggal, dia tidak dapat sangkal dan tidak menarik kesimpulan dari keakuratan perhitungan tanggal tanggal yang dikhotbahkannya.
terbukti dari pengakuan William Miller pada kutipan ini:

"Sekiranya saya bisa mengulangi hidupku kembali, dengan bukti yang sama yang saya punyai kemudian, saya mengakui secara jujur kepada Allah dan kepada manusia, bahwa saya akan berbuat seperti apa yang telah saya perbuat." "Memoirs Wm. Miller," pp. 256,255,277,280,281.


salam
TYM
« Last Edit: October 03, 2018, 01:50:53 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 03, 2018, 01:57:40 PM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2262
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Yes bro Tamir

makanya saya bilang, sesuai dengan kriteria yang disebutkan oleh bro Simatupang sendiri (yang sy ketahui beliau adalah jemaat adventis), maka Miller seharusnya bukan nabi :)

apakah kita setuju sampai sini?

saya setuju bro bahwa William Miller bukanlah seorang Nabi. namun Meskipun William Miller bukanlah seorang Nabi beliau adalah Seorang Pendeta, Pengkhotbah dan Pelajar Alkitab yang sungguh sungguh.

Quote
nanti kalau ini sudah, kita akan lanjutkan ke Ellen, dimana dia diakui sebagai orang yang dapat "warisan" nabi tersebut dari Miller :)

ok bro..
lanjut..
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 03, 2018, 01:59:29 PM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Lagi pula permintaan maaf yang ditunjukkan diatas adalah permintaan maaf atas kesalahan perhitungan William Miller. Sebelumnya William Miller beberapa kali merevisi perhitungannya, diantaranya dia pernah memperkirakan Yesus datang tahun 1843. Kalau kita perhatikan tulisan diatasnya sbb:

On May 2, six weeks after the fateful March 21, Miller felt that the time had come to make a frank
statement that there was an error in his preaching. He addressed a communication “to Second Advent
believers,” in which he said:
 “Were I to live my life over again, with the same evidence that I then had, to be honest with God
and man I should have to do as I have done. Although opponents said it would not come, they produced no
weighty arguments. It was evidently guesswork with them; and I then thought, and do now, that their denial
was based more on an unwillingness for the Lord to come than on any arguments leading to such a
conclusion.

Kita bisa lihat bahwa tulisan itu dituliskan sebelum 22 Oktober 1844, yaitu tanggal 2 May 1844.

ya intinya Miller melakukan kesalahan nubuatan :)

Mengenai Spirit of Prophecy, Seventh Day Adventist tidak menganggap bahwa yang didapatkan Ellen berasal dari William Miller, melainkan mereka percaya bahwa Ellen White mendapatkan ilham berupa penglihatan.

https://en.wikipedia.org/wiki/Prophecy_in_the_Seventh-day_Adventist_Church#William_Foy

Seventh-day Adventists arose out of the Millerite movement, the followers of William Miller who expected the end of the world around 1843 or 1844. A number of the Millerites claimed the gift of prophecy.

Two Millerites claimed to have had visions prior to Ellen White – William Ellis Foy (1818–1893), and Hazen Foss (1818?–1893), Ellen White's brother-in-law. Adventists believe the gift offered to these two men was instead passed on to White.[8]


bgtlah yang sy pahami :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
October 03, 2018, 02:00:41 PM
Reply #59
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9134
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
dapat saya simpulkan bahwa:
Permintaan Maaf yang disampaikan William Miller adalah disebabkan karena Nubuatan itu tidak terjadi seperti yang diharapkan yaitu Tuhan Jesus akan datang ke dunia ini dalam kemuliaan-Nya pada tahun 1844.

ya klop toh :)

artinya William Miller bukan nabi
sesuai dengan kriteria yang pengajar anda buat sendiri :)
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)