Author Topic: Mengapa Adventisme sering dianggap bidat/bukan Kristen?  (Read 13653 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 05, 2018, 09:29:41 AM
Reply #90
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2395
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Thx Lae atas tanggapannya...Cuma saya mau nambahin dikit aja nih...sebaiknya kalian (kita) fokus aja kepada "Berjaga jaganya", sebaiknya ga usah ngotot mempelajari "Tanda tandanya" Kalau ngotot mau cari tanda"nya secara ga sadar sudah meragukan kalimat Yesus : Seperti Pencuri di waktu malam....

Menurutku,
Kita hrs senantiasa waspada dan ber-jaga2
Waspada bagai telah tampak di cakrawala
Ber-jaga2 lah jikalau malam mulai tiba

Ngotot itu memang mubajir
Otot jadi gede otak tak mengalir
Mampet dia di suatu ttk yg diototin
Ya ... bengkak-lah, kan?
 
Quote
Ada batasan" kita untuk berusaha memahami Kehendak-Nya....jangan melebihi apa yang hanya menjadi Hak Prerogatif-Nya...apalagi secara jelas sudah tertulis di Alkitab (Pencuri di waktu malam, semua manusia tidak ada yang tahu)

Memang, "Segala sesuatu diperbolehkan." Itu benar!
Tapi bukan segala sesuatu berguna utk membangun

Sebaiknya kita hrs berusaha  mengatur
Apa yg mendatangkan damai sejahtera
Apa yg berguna utk saling membangun.

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 05, 2018, 09:31:03 AM
Reply #91
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2763
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Thx Lae atas tanggapannya...

sama sama..

Quote
Cuma saya mau nambahin dikit aja nih...sebaiknya kalian fokus aja kepada "Berjaga jaganya", sebaiknya ga usah ngotot mempelajari "Tanda tandanya"

sebenarnya berjaga jaga, melayani, belajar (termasuk mempelajari tanda tanda zaman)
adalah sejalan dan tidak bertentangan dengan Firman Tuhan.

sebab Tuhan kita Yesus Kristus sudah memberi kita tanda tanda kedatangan-Nya. tentu Tuhan memberi tahu manusia tanda tanda kedatangan Tuhan adalah supaya manusia mempelajarinya dan selalu dalam keadaan siap. tanda tanda tersebut Tuhan Jesus sampaikan dalam Matius pasal 24.

Quote
(Khan ada ayat di Alkitab, saya lupa)

bukan lupa.. tapi memang tidak ada ayat di dalam Firman Tuhan yang menyuruh agar tidak mempelajari tanda tanda yang sudah disampaikan TUhan...  :happy0025: :happy0025:

Quote
Salam Damai Bro...
Tuhan Memberkati...

salam damai juga
Tuhan memberkati.
« Last Edit: October 05, 2018, 09:34:31 AM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 05, 2018, 09:46:57 AM
Reply #92
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2395
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Waspadalah!

Aku juga suka melihat genderang perang
Yg terus ditabuh di cakrawala Timur Tengah
Kerajaan Utara telah turun mendekat ke Selatan

[Zak.12:1-3]
Ucapan ilahi. Firman Tuhan ttg Israel:
Demikianlah Firman Tuhan yg membentangkan langit
dan yg meletakkan dasar bumi dan yg menciptakan roh dlm diri manusia:

"Sesungguhnya Aku membuat Yerusalem menjadi pasu yg menyebabkan segala bangsa di sekeliling menjadi pening; juga Yehuda akan mengalami kesusahan ketika Yerusalem dikepung. Maka pd waktu itu Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu utk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yg mengangkatnya pastilah mendapat luka parah. Segala bangsa di bumi akan berkumpul melawannya

Salam Damai!
http://forumkristen.com/index.php?topic=62588.msg1218977#msg1218977
« Last Edit: October 05, 2018, 09:53:20 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
October 05, 2018, 10:02:21 AM
Reply #93
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9610
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Jadi pak HenHen, berhentilah mencibir apabila anda tidak memahaminya. Saya bukanlah dari gereja Advent. Hanya memantau saja. Bapak saja tidak bisa membedakan mana Adventism mana pengikut William Miller.
Advent percaya tidak ada lagi waktu nubuatan waktu setelah 1844. Hanya membilang waktunya sudah dekat.

hehehe

mohon maaf kalo dari persepsi bapak saya terkesan mencibir :)
tp sy gak bermaksud kesitu

sepengetahuan saya, Adventist itu ya asalnya dari William Miller kok
lihat saja bro Simatupang itu, jemaat adventist dia, hormat sekali dengan pak William Miller :)

ya memang pertama kali mereka disebut 7th day adventist itu dari eranya Ellen
Ellen itu ya keluarganya Miller, suaminya adalah pengikut Miller, so gimana kita bisa bilang tidak berasal dari Miller?
tetap saja akarnya dari situ :)

kalau cuma bilang Miller bukan nabi karena dia pernah bernubuat dan salah itu artinya mencibir ya..... ketawa aja deh ;D
October 05, 2018, 10:06:25 AM
Reply #94
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9610
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
memang berjaga jaga..tapi belajar kitab Danielnya jangan pula diabaikan bah...kalau mau diabaikan, hapus aja kata kata itu dari buku Matius. Bagaimana dikatakan berjaga jaga apabila tidak mempelajari tanda tanda?

Mat 24:32 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.


Lagipula saya tidak yang melabeli kelompok. Dan saya tidak perlu minta maaf kepada Yesus apabila belajar kitab Daniel.

Saya rasa kamu yang perlu minta maaf kepada Yesus karna mencibir orang yang belajar kitab Daniel

gak ada yang mengabaikan broh

kalo soal melabeli kelompok bro tidak termasuk ya gak usah tersindir juga ;D

kalo anda baca2 tentang perhitungan2 tersebut, disitu ada label2nya kok :)
ato pura2 gak tau?
wkwkwkwk

saya sih gpp bro mau belajar tentang nubuatan gmn2, tau persis detil gmn2, silahkaaaan

sy cuma ingatkan saja, tolong jgn abaikan yang ini  karena itu berjaga2lah

karena kamu sudah tau waktunya dekat (dan mungkin kamu sudah tahu sampe jam2nya misalkan)
berjaga-jagalah senantiasa :)
October 05, 2018, 10:29:24 AM
Reply #95
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9610
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
urun rembug ye

kalo buat saya, point2 ini adalah ekstrim/berpotensi jadi ekstrim :

dalam GMAHK yang ditanya kepada orang yang hendak dibabtis biasanya adalah ini:
saya ambil dari https://en.wikipedia.org/wiki/Adventist_Baptismal_Vow

Baptismal vows

6. Do you accept the Ten Commandments as still binding upon Christians; and is it your purpose, by the power of the indwelling Christ, to keep the law of God, including the fourth commandment, which calls us to keep the seventh day of the week as the Sabbath of the Lord?

hny saya bisa mengerti,ini berdasarkan penglihatan founder SDA
gak apa2 kalau mau menuruti ini benernya
hanya akan jadi ekstrim kalo sana menganut orang yang beribadah diluar hari Sabtu itu adalah salah dan tak berkenan pada Tuhan :)

saya berani bilang, semua hari adalah harinya Tuhan, mau ibadah Senin juga gpp :)

8. Do you believe the Biblical teaching of spiritual gifts, and do you believe that the gift of prophecy is one of the identifying marks of the remnant church?
13. Do you believe that the Seventh-day Adventist Church is the remnant church of Bible prophecy, Rev. 12:17, and that people of every nation, race, and language are invited and accepted into its fellowship? Do you desire to be a member of this local assembly of the world church?

jadi, kalo ada gereja yang tidak dapat gift of prophecy, bukan remnant church?
atau kalau gak masuk ke gereja SDA, bukan termasuk remnant church? sebagaimana dalam Wahyu 12:17 itu?

:)

-----

howeer, I found this one is unique and good

10. Do you believe that your body is the temple of the Holy Spirit and that you are to honor God by caring for your body, avoiding the use of that which is harmful? To abstain from all unclean foods, and from the use of all alcoholic beverages, tobacco, narcotics or any other type of drugs?

quite extreme
but good

kayaknya SDA ni cuma satu2nya gereja yang peduli sama "diet" jemaatnya :)

October 05, 2018, 12:33:22 PM
Reply #96
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2763
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
urun rembug ye

kalo buat saya, point2 ini adalah ekstrim/berpotensi jadi ekstrim :

hny saya bisa mengerti,ini berdasarkan penglihatan founder SDA
gak apa2 kalau mau menuruti ini benernya
hanya akan jadi ekstrim kalo sana menganut orang yang beribadah diluar hari Sabtu itu adalah salah dan tak berkenan pada Tuhan :)

saya berani bilang, semua hari adalah harinya Tuhan, mau ibadah Senin juga gpp :)

mari kita coba analisa janji Babtisan no. 6 yang bro kutip..
6. Do you accept the Ten Commandments as still binding upon Christians; and is it your purpose, by the power of the indwelling Christ, to keep the law of God, including the fourth commandment, which calls us to keep the seventh day of the week as the Sabbath of the Lord?

salah satu Sumpah/Janji babtisan bagi seseorang sebagai bukti pernyataan Iman dan Pertobatannya dalam gereja Advent adalah menerima 10 Hukum Tuhan termasuk di dalamnya Pengudusan Sabat hari ke 7.
tentu Sabat di dalam Firman Tuhan bukanlah setiap hari, tetapi sabat yang dimaksud adalah Sabat hari ke 7 sesuai dengan hukum Tuhan yang ke 4.

apa yang saya mau tekankan adalah, kalimat yang saya beri tanda warna merah. semua hukum Tuhan yaitu 10 Hukum.
yang di dalamnya menuntun manusia untuk:
1. Mengasihi Allah sebagai yang pertama dan terutama --- Hukum 1-4
2. Mengasihi Sesama Manusia sama seperti diri sendiri --- Hukum 5-10

atau semua hukum tersebut dirangkum menjadi 1 Hukum yaitu "HUKUM KASIH"

Kalimat yang kuberi tanda warna merah diatas untuk menyatakan dengan tegas, bahwa tidak seorangpun manusia dapat menuruti Hukum Tersebut dengan sempurna dengan kekuatannya sendiri.
tetapi APABILA KUASA KASIH TUHAN KITA YESUS KRISTUS BERDIAM DALAM HATI. apakah penurutan itu mustahil.
saya imani, janji Tuhan adalah TIDAK ada yang mustahil bagi Tuhan. Lukas 1:37

* apakah brother @Henhen percaya kepada Janji Tuhan tersebut ?
* apakah brother @Henhen percaya kalau Kasih Tuhan ada di dalam hati kita, maka penurutan hukum Tuhan bukanlah suatu beban atau kuk yang berat. ?

saya percaya kalau kita mengasihi orang tua kita di dunia ini, kita akan senang melakukan perintah orang tua kita, apalagi kalau Kasih Tuhan ada di dalam hati kita, maka saya sangat imani Penurutan kepada Firman Tuhan, Sabda Tuhan, bahkan seluruh perintah-Nya termasuk pengudusan Sabat Tuhan, sabat hari ke 7 bukanlah suatu beban dan kuk yang menyiksa.

kalau brother @Henhen percaya kepada Janji Tuhan tersebut yaitu "Bagi Tuhan tidak ada yang  Mustahil" maka menurutku brother @Henhen tidak perlu berkata bahwa Janji tersebut sangat exstreem.

sebab bukan kuasa manusia yang membuat kita menjadi penurut Firman tapi Kuasa Tuhan sendirilah menjadikan kita anak anak penurut.





1 Yohanes 5:3
sebab inilah Kasih kepada Allah, yaitu bahwa kita menuruti perintah perintah-Nya. perintah perintah-Nya itu tidak berat.

salam
TYM
« Last Edit: October 05, 2018, 12:59:19 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 05, 2018, 01:25:14 PM
Reply #97
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
mari kita coba analisa janji Babtisan no. 6 yang bro kutip..
6. Do you accept the Ten Commandments as still binding upon Christians; and is it your purpose, by the power of the indwelling Christ, to keep the law of God, including the fourth commandment, which calls us to keep the seventh day of the week as the Sabbath of the Lord?

salah satu Sumpah/Janji babtisan bagi seseorang sebagai bukti pernyataan Iman dan Pertobatannya dalam gereja Advent adalah menerima 10 Hukum Tuhan termasuk di dalamnya Pengudusan Sabat hari ke 7.
tentu Sabat di dalam Firman Tuhan bukanlah setiap hari, tetapi sabat yang dimaksud adalah Sabat hari ke 7 sesuai dengan hukum Tuhan yang ke 4.

apa yang saya mau tekankan adalah, kalimat yang saya beri tanda warna merah. semua hukum Tuhan yaitu 10 Hukum.
yang di dalamnya menuntun manusia untuk:
1. Mengasihi Allah sebagai yang pertama dan terutama --- Hukum 1-4
2. Mengasihi Sesama Manusia sama seperti diri sendiri --- Hukum 5-10

atau semua hukum tersebut dirangkum menjadi 1 Hukum yaitu "HUKUM KASIH"

Kalimat yang kuberi tanda warna merah diatas untuk menyatakan dengan tegas, bahwa tidak seorangpun manusia dapat menuruti Hukum Tersebut dengan sempurna dengan kekuatannya sendiri.
tetapi APABILA KUASA KASIH TUHAN KITA YESUS KRISTUS BERDIAM DALAM HATI. apakah penurutan itu mustahil.
saya imani, janji Tuhan adalah TIDAK ada yang mustahil bagi Tuhan. Lukas 1:37

Hi Bro,

Respon quotation dari Bro Simatupang di atas adalah dibuat untuk mengomentar respon Bro HenHen, tapi saya tanggapi.

Kenapa saya bilang di komentar saya, bahwa SDA cenderung lebih ekstrim adalah karena ketika pendapatnya berbeda dengan pendapat gereja lain, sebagai institusi SDA menyatakan bahwa dirinya benar dan sebagai konsekuensinya yang lain tidak benar.   

"The Sunday Sabbath is purely a child of the Papacy. It is the mark of the beast." (Advent Review, Vol. I, No. 2, August, 1850.)

"The change of the Sabbath is the sign or mark of the authority of the Romish church." ... "The keeping of the counterfeit Sabbath is the reception of the mark." (Ellen G. White, Great Controversy, Vol. 4, page 281.)

"Sunday-keeping must be the mark of the beast." ... "The reception of his mark must be something that involves the greatest offense that can be committed against God." (The Marvel of Nations, Elder U. Smith pages 170, 183)

"Sunday-keeping is an institution of the first beast, and ALL who submit to obey this institution emphatically worship the first beast and receive his mark, 'the mark of the beast.' .... Those who worship the beast and his image by observing the first day are certainly idolaters, as were the worshippers of the golden calf." (Advent Review Extra, pages 10 and 11, August, 1850)

"In accordance with God’s uniform dealing with mankind, warning them of coming events that will vitally affect their destiny, He has sent forth a proclamation of the approaching return of Christ. This preparatory message is symbolized by the three angels’ messages of Revelation 14, and meets its fulfillment in the great Second Advent Movement today. This has brought forth  the remnant, or Seventh-day Adventist Church, keeping the commandments of God and the faith of Jesus." SDA Church Manual 17th Edition, revised 2005.


Salam


 
« Last Edit: October 05, 2018, 01:28:32 PM by melangkahpasti »
October 05, 2018, 01:48:00 PM
Reply #98
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 24
  • Denominasi: Gereja di Padang Belantara
hehehe

mohon maaf kalo dari persepsi bapak saya terkesan mencibir :)
tp sy gak bermaksud kesitu

sepengetahuan saya, Adventist itu ya asalnya dari William Miller kok
lihat saja bro Simatupang itu, jemaat adventist dia, hormat sekali dengan pak William Miller :)

ya memang pertama kali mereka disebut 7th day adventist itu dari eranya Ellen
Ellen itu ya keluarganya Miller, suaminya adalah pengikut Miller, so gimana kita bisa bilang tidak berasal dari Miller?
tetap saja akarnya dari situ :)

kalau cuma bilang Miller bukan nabi karena dia pernah bernubuat dan salah itu artinya mencibir ya..... ketawa aja deh ;D

Ya memang Adventist berasal dari gerakan William Miller. Tetapi pengajaran adventist tidak sama dengan pengajaran william Miller. Ini yang tidak kamu mengerti. Bedanya apa? Banyak sekali.

Bukan hanya James White yang pengikut Miller, tetapi Ellen Harmon juga.
October 05, 2018, 01:51:54 PM
Reply #99
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 24
  • Denominasi: Gereja di Padang Belantara
gak ada yang mengabaikan broh

kalo soal melabeli kelompok bro tidak termasuk ya gak usah tersindir juga ;D

kalo anda baca2 tentang perhitungan2 tersebut, disitu ada label2nya kok :)
ato pura2 gak tau?
wkwkwkwk

saya sih gpp bro mau belajar tentang nubuatan gmn2, tau persis detil gmn2, silahkaaaan

sy cuma ingatkan saja, tolong jgn abaikan yang ini  karena itu berjaga2lah

karena kamu sudah tau waktunya dekat (dan mungkin kamu sudah tahu sampe jam2nya misalkan)
berjaga-jagalah senantiasa :)

Sebenarnya tidak usah banyak argumen-argumen kosong. Bahas saja dimana kesalahan perhitungan William Miller sesuai dengan Daniel 8:14 itu.

Tidak ada yang mengabaikan. Justru saya lihat adventist sangat berjaga jaga, bukan seperti aliran kharismatic pantekosta yang mengajarkan teori kemakmuran, Orang Yang mengikut Tuhan pasti diberikan kekayaan, makmur, kesembuhan palsu dlsb.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)