Author Topic: Kitab Wahyu by Yohanes  (Read 2358 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 13, 2019, 08:53:08 AM
Reply #40
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3944
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Karena mati harus ditanggung atau dialami atau dijalani atau dilalui oleh manusia, termasuk rasul, maka menurut pendapatku, mati bukan sesuatu yang tidak dapat ditanggung yang dimaksudkan Yesus pada Yoh 16:12. Sebab, dapat atau tidak dapat ditanggung, kematian harus dialami oleh manusia, termasuk dialami rasul.

Berhubung Yesus Kristus tidak merinci apa saja yang dimaksudakan-Nya sebagai hal yang tidak dapat ditanggung oleh rasul, terlalu memaksakan diri jika @Sotardugur Parreva menduga-duga hal yang dimaksudkan Yesus Kristus. Jika ada orang menduga bahwa hal yang dimaksudkan Yesus Kristus sebagai hal yang tidak dapat ditanggung oleh rasul, itu urusan orang tersebut. Dan Yesus Kristus sudah mengatakan bahwa jika seseorang mati karena Yesus Kristus, orang itu akan memperoleh hidupnya kembali. Dengan perkataan Yesus itu, kupikir, Yesus Kristus bukan memaksudkan bahwa mati adalah sesuatu yang tidak dapat ditanggung rasul.

Damai tanpa pentung.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
September 16, 2019, 04:43:09 PM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2403
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Karena mati harus ditanggung atau dialami atau dijalani atau dilalui oleh manusia, termasuk rasul, maka menurut pendapatku, mati bukan sesuatu yang tidak dapat ditanggung yang dimaksudkan Yesus pada Yoh 16:12. Sebab, dapat atau tidak dapat ditanggung, kematian harus dialami oleh manusia, termasuk dialami rasul.

Mati model alami tak terkait ajaran Yesus
Demikian juga dgn mati model duniawi
Puncak ajarannya itu kematian-Nya


Yg kau sodor2-kan itu mati model alami, spt tua, bencana, bala, sakit, hanyut
Yg harus kuat ditanggung oleh anak2 Tuhan itu mati model rohani, spt Yesus
Mungkin org paling banyak mati yg model duniawi, spt perang, nabrak, kesetrum

@MetalRevo mengatakan kematian-Nya itu momen yg terpenting
@Sotardugur mengatakan kematian-Nya di salib adalah pokok perhatian
http://forumkristen.com/index.php?topic=55380.msg1256445#msg1256445

Berhubung Yesus Kristus tidak merinci apa saja yang dimaksudakan-Nya sbg hal yg tidak dapat ditanggung oleh rasul,
terlalu memaksakan diri jika @Sotardugur Parreva menduga-duga hal yang dimaksudkan Yesus Kristus.

Ya!
Sebab "tdk dpt" beda dgn "blm dpt"
Mungkin hanya itu tulalit nalar sehatmu
Bila demikian kau hrs lempengkan pelan2


Jika ada orang menduga bahwa hal yang dimaksudkan Yesus Kristus
sebagai hal yang tidak dapat ditanggung oleh rasul, itu urusan orang tersebut.
Ya!

Dan Yesus Kristus sudah mengatakan bahwa jika seseorang mati karena Yesus Kristus,
orang itu akan memperoleh hidupnya kembali.
Ya! Hidup kembali itu yg belum dpt dipercaya full oleh murid2-Nya
Org2 Farisi percaya, tapi Saduki tidak, lalu Yesus membuktikannya


Dengan perkataan Yesus itu, kupikir,
Yesus Kristus bukan memaksudkan bahwa
mati adalah sesuatu yang tidak dapat ditanggung rasul.


Ya! Bukan "tdk dpt", tapi pd saat itu "blm dpt".
Murid2 belum dpt menanggung ajaran Yesus yg "omdo"
Puncak ajaran-Nya nyata, berbukti demi kesaksian berita baik
Pd puncak itu pun mereka kabur, Petrus menyangkal cari "selamat"

Setelah murid2-Nya percaya lagi kpd Yesus, maka yakin
Bw demikianlah besar kasih Allah kpd manusia pendosa ini
Bw percaya kpd-Nya takkan binasa, melainkan dpt hidup kekal
Maka kemudian Roh-Nya menguatkan dan meneguhkan para rasul

Setelah itu mereka dpt menanggung perintah apa pun dr Yesus, bahkan mengejarnya, spt kata Paulus:
Yg kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya,
di mana aku menjadi serupa dgn Dia dlm kematian-Nya, spy aku akhirnya beroleh kebangkitan dr kematian.
Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau2
aku dpt juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. [Fil 3:10-12]


Salam Damai!
« Last Edit: September 17, 2019, 04:43:56 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 17, 2019, 05:11:07 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2403
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Yoh 16:12 
Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu,
tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

Banyak hal, a.l:
Hal kematian model rohani itu yg terberat menanggungnya
Hal lain adalah meninggalkan keluarga, tanah leluhur, tradisi, dll
Hal sehari2: sandang pangan, makan apa, tidur di mana, kasut, baju, dll

Jika menurutmu masih ada hal yg blm dpt ditanggung oleh para rasul hingga kini
Nyatakanlah itu, spy semua umat manusia sama2 menantikan yg hrs dikatakan-Nya itu
Jika kau dan penerus rasul ydskaz tidak tahu juga, sia2-lah hrs menantikan hal yg tdk tahu

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 23, 2019, 04:08:03 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3944
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Yoh 16:12 
Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu,
tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

Banyak hal, a.l:
Hal kematian model rohani itu yg terberat menanggungnya
Hal lain adalah meninggalkan keluarga, tanah leluhur, tradisi, dll
Hal sehari2: sandang pangan, makan apa, tidur di mana, kasut, baju, dll
Bagaimana Anda memastikan bahwa "masih banyak" yang dimaksudkan Yesus Kristus adalah "hanya" (sola) yang Anda tulis: [1] kematian model rohani, [2] meninggalkan keluarga, [3] meninggalkan tanah leluhur, [4] meninggalkan tradisi, dan Anda menggunakan "dll" pula.  Apa saja yang tercakup dalam "dll" itu?
Lalu, apa dasar Anda menulis bahwa "masih banyak" yang dimaksudkan Yesus pada Yoh 16:12 itu adalah seperti yang Anda maksudkan?

Jika menurutmu masih ada hal yg blm dpt ditanggung oleh para rasul hingga kini
Nyatakanlah itu, spy semua umat manusia sama2 menantikan yg hrs dikatakan-Nya itu
Jika kau dan penerus rasul ydskaz tidak tahu juga, sia2-lah hrs menantikan hal yg tdk tahu
Hal itu sudah diajarkan Gereja yang digembalakan oleh Petrus dan penerus Petrus. Pihak pembelot yang mengeluarkan diri dari kelompok yang digembalakan penerus Petruslah yang mencoba menerjemahkan perkataan Yesus: "masih banyak", dipelesetkan sebagai "semua hal sudah dikatakan oleh Yesus", walaupun tercatat perkataan Yesus mengatakan masih banyak yang harus dikatakan kepada rasul, tetapi rasul belum dapat menanggung.
Luar biasa, bukan?

Domba Kristus yang digembalakan oleh penerus Petrus mewarisi ajaran ketaatan yang diajarkan Yesus Kristus. Tidak protes. Yah... seperti domba yang tidak berisik ketika hendak disembelih. Domba Kristus akan patuh kepada gemalanya. Diperintah oleh gembala memikul salib, domba Kristus akan memilkul salib. Diperintah untuk berdoa bersama orang kudus dan para malaikat, domba Kristus berdoa bersama orang kudus dan para malaikat karena persekutuan para kudus. Dan lain sebagainya.

Salam Damai!
Damai tanpa pentung.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
September 23, 2019, 09:36:17 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Dari perkataan Yesus Kristus di Mat 28:20 itu kutangkap, bahwa jemaat Kristus membutuhkan pengajaran rasul sampai kepada akhir zaman, sehingga Yesus Kristus menugaskan rasul mengajar jemaat sampai kepada akhir zaman.
Sementara itu, dari Yoh 16:12 kutangkap bahwa masih banyak hal yang harus dikatakan Yesus Kristus kepada rasul tetapi belum dikatakan karena rasul belum dapat menanggung. Tidak kutemukan ayat yang menyatakan bahwa semua hal yang belum dikatakan Yesus kepada rasul, akhirnya sudah dikatakan.
Jadi, kutangkap, berdasar Yoh 16:12,

apabila
sudah semua hal yang harus dikatakan Yesus Kristus kepada rasul sudah benar-benar dikatakan,


maka
Yoh 16:12 itu tidak akan dikatakan oleh Yesus Kristus
.
Membaca kronologika ungu-oranye di quote atas, kalo saya milih kronologika-nya kayak gini :

apabila
sudah semua hal yang harus dikatakan Yesus Kristus kepada rasul sudah benar-benar dikatakan,


maka
Mat 28:20 tidak akan dikatakan oleh Yesus


I will be with you always, even until the end of the world

So, Q & A nya:
Q : Mao ngapain Yesus be with para Rasul even until the end of the world (Mat 28:20)?
A : Karena Yesus has much more to say to para Rasul, more than para Rasul can bear at that time (Yoh 16:12)

Pertanyaannya :
Sementara padahal kenyataannya para Rasul sudah pada dut di jaman sekarang, e tanya kenapa kok Yesus bilang menyertai para Rasul sampai akhir jaman ?

Jawab :
Sepertinya Yesus nggak tau bhw para Rasul itu udah pada dut duluan jauh sebelon akhir jaman.

Kesimpulan :
Yesus tidak be with siapapun saat segera para Rasul sudah pada dut... termasuk saat ini.

:D
« Last Edit: September 25, 2019, 11:54:14 AM by odading »
October 15, 2019, 02:50:07 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2766
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Syalom..
Damai Sejahtera bagi kita semua..

terkhusus bagi saudara saudara di ForumKristen ini yang suka belajar Kitab Wahyu,,
berikut adalah Update mengenai penjelasan Nubuatan dalam Kitab Wahyu bersubtitelkan Bahasa Indonesia yang diuraikan oleh Pst. Doug Batchelor, video ini baru saja ditayangkan di Youtube per tanggal 15/10/2019

Pastor Dough Batchelor adalah seorang Yahudi yang mencintai Tuhan Yesus Kristus dan Firman-Nya..

silahkan menyaksikan ya teman teman..
https://www.youtube.com/watch?v=yqTGPr1vOxY

apabila ada pertanyaan dapat kita diskusikan di topik ini..


salam
TYM
« Last Edit: October 15, 2019, 03:00:42 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 23, 2019, 12:47:47 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2766
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Syalom..
Damai Sejahtera bagi kita semua..

terkhusus bagi saudara saudara di ForumKristen ini yang suka belajar Kitab Wahyu,,
berikut adalah Update mengenai penjelasan Nubuatan dalam Kitab Wahyu bersubtitelkan Bahasa Indonesia yang diuraikan oleh Pst. Doug Batchelor, video ini baru saja ditayangkan di Youtube per tanggal 15/10/2019

Pastor Dough Batchelor adalah seorang Yahudi yang mencintai Tuhan Yesus Kristus dan Firman-Nya..

silahkan menyaksikan ya teman teman..
https://www.youtube.com/watch?v=yqTGPr1vOxY

apabila ada pertanyaan dapat kita diskusikan di topik ini..


salam
TYM

berikut adalah video yang masih saling berhubungan dengan Video yang linknya kubagikan diatas..

https://www.youtube.com/watch?v=n31h1ACrUDA

silahkan di tonton ya teman,..
apabila ada yang hendak didiskusikan, ditanyakan, disanggah atau hanya sekedar berkomentar  saya persilahkan, selama masih nyambung dengan topik..


salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 24, 2019, 01:30:48 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2766
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Syalom..
Damai Sejahtera bagi kita semua..

terkhusus bagi saudara saudara di ForumKristen ini yang suka belajar Kitab Wahyu,,
berikut adalah Update mengenai penjelasan Nubuatan dalam Kitab Wahyu bersubtitelkan Bahasa Indonesia yang diuraikan oleh Pst. Doug Batchelor, video ini baru saja ditayangkan di Youtube per tanggal 15/10/2019

Pastor Dough Batchelor adalah seorang Yahudi yang mencintai Tuhan Yesus Kristus dan Firman-Nya..

silahkan menyaksikan ya teman teman..
https://www.youtube.com/watch?v=yqTGPr1vOxY

apabila ada pertanyaan dapat kita diskusikan di topik ini..


salam
TYM

salam sejahtera bagi kita semua,,
sudah 9 hari saya posting Video ini, namun yang melihat masih sangat sedikit dan tidak seorangpun memberikan tanggapan, baik tanggapan membantah atau tanggapan mendukung.

barangkali Berita dalam video tersebut tidak penting bagi beberapa orang,, namun meskipun seandainya ada yang merasa berita dalam video itu kurang penting, sebenarnya Video tersebut sangat penting, karena Keputusan yang diambil pada Pertemuan Tokoh dunia pada video tersebut berimbas kepada semua orang.
 
baiklah saya akan coba jadi yang pertama untuk memberi sedikit tanggapan  mengenai video tersebut,
kebetulan judul topik ini adalah: Kitab Wahyu by Yohanes, dimana isinya adalah Nubuatan Nubuatan mengenai Akhir Zaman.  video yang saya bagikan tersebut bermaterikan 2 Pemimpin Puncak Dunia.
yaitu Paus sebagai Pemimpin Puncak Spiritual Katolik yang berumatkan kurang lebih 2,2 Milyard Manusia di muka bumi ini dan Pemimpin Puncak Spiritual Islam yang beranggotakan 1,7 Milyar manusia muka bumi ini.
topik atau agenda pertemuan tersebut adalah mengenai Isu Perdamaian.

Paus dalam video tersebut juga memberikan Pidato Undangan bukan hanya kepada Pemimpin Umat Islam tapi kepada seluruh pemimpin pemimpin dunia, entah itu Ateis, beragama atau tidak beragama, Paus memberikan paggilan untuk membahas agenda Perdamaian agar semua pemimpin pemimpin dunia hadir di Roma pada tanggal  14 May 2020 untuk membangun "Kesepakatan Global" untuk mengedukasi ulang para pemuda dunia mengenai bagaimana menyelamatkan dunia. Dia merujuk pada ensiklik "Laudato Si" miliknya tahun 2015 yang berbicara tentang Perubahan Iklim.

dalam ensiklik "Laudato Si" tersebut menyebut bahwa salah satu cara untuk selamatkan Iklim dunia adalah Kuduskan hari Minggu, yaitu Sabat hari Pertama.. dst dapat ditonton pada Video itu..


Komentar saya pada video tersebut adalah:
saya menghormati niat baik dari Paus yang menginisiasi perdamaian dunia tersebut, tapi cara yang digunakan untuk mencapai perdamaian Dunia tersebut adalah salah. karena dalam Agenda tersebut paus menyelipkan agenda dan mengajak umat manusia untuk menguduskan hari minggu sebagai salah satu cara memperbaiki iklim dan perdamaian dunia. dengan alasan bahwa pengkudusan Hari Minggu akan memperbaiki hubungan manusia dengan Tuhan, sesama dan Alam sekitar.

solusi yang ditawarkan Paus tersebut menurut saya sangat konyol, sebab tidak mungkin manusia menjadi damai Tuhan, damai dengan sesama manusia dan damai dengan manusia dengan mengkuduskan hari Minggu.

solusi untuk perdamaian umat manusia bukanlah pengkudusan hari Minggu, tetapi:
memelihara Hukum Hukum Allah.
Yes 48:18   
Sekiranya engkau memperhatikan  perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu   akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu   akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,

jadi saudara saudara sekalian, Perdamaian sejati, Berdamai dengan Tuhan, berdamai dengan sesama manusia, berdamai dengan diri sendiri, berdamai dengan lingkungan dapat dicapai hanya dengan Taat kepada Hukum Allah. bukan dengan memelihara dan Kuduskan hari Minggu.

semoga kita semua di Forum Kristen ini, yang membaca tulisanku ini tidak ikut ikutan konyol seperti Paus, jangan mendukung program tersebut,
Damai hanya ada di dalam Tuhan dan Firman-Nya, bukan pada pengkudusan hari Minggu.


apakah ada tanggapan, sanggahan, atau tambahan.. ??? dipersilahkan..

salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
October 29, 2019, 12:24:35 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Perdamaian sejati,
Berdamai dengan Tuhan,
berdamai dengan sesama manusia,
berdamai dengan diri sendiri,
berdamai dengan lingkungan
dapat dicapai hanya dengan Taat kepada Hukum Allah.
bukan dengan memelihara dan Kuduskan hari Minggu.
Saya gak nonton videonya, melainkan cuma baca komentar sima saja.

Menurut saya, apabila undangan tsb fokus point-nya adalah [berdamai dengan lingkungan - saving the environment], maka imho ungu pas pas aja untuk dilaksanakan secara global ... lagian ungu itu kan bisa dikategorikan salah satu dari Hukum Allah... jadi ya bisa2 aja masuk ke Berdamai dengan Tuhan, Berdamai dengan sesama manusia, Berdamai dengan diri sendiri.

:)
« Last Edit: October 29, 2019, 12:46:13 PM by odading »
October 29, 2019, 01:32:25 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2766
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Saya gak nonton videonya, melainkan cuma baca komentar sima saja.

Menurut saya, apabila undangan tsb fokus point-nya adalah [berdamai dengan lingkungan - saving the environment], maka imho ungu pas pas aja untuk dilaksanakan secara global ...

:)

kalau bro @odading berpendapat bahwa Perdamaian dapat dicapai dengan ketaatan kepada Hukum Allah, maka @simatupang123 sangat setuju, sepaham dan seiman.

bahkan sudah pernah diuji dan hasilnya teruji, bahwa negara atau komunitas yang mendasarkan pemerintahan, atau organisasinya dibawah Hukum Allah pastilah akan Damai, Damai dengan Tuhan dan Damai dengan sesama manusia.

contohnya adalah: Bangsa Israel semenjak masuk tanah kanaan dan dipimpin oleh Tuhan, bahkan pernah juga damai ketika dipimpin oleh Raja Salomo.
pada zaman raja Salomo, selama dia taat kepada Firman Allah, dan belum terpengaruh oleh istri istrinya yang tidak seiman, maka bangsa itu mengalami Damai Sejahtera, Damai dengan kerajaan kerajaan disekitarnya , damai dengan Tuhan dan damai dengan sesama umat.

tapi ketika Hukum TUhan ditiadakan atau di nomor duakan, maka bencana, perang, perpecahan dan kebinasaanlah yang datang..

Quote
lagian ungu itu kan bisa dikategorikan salah satu dari Hukum Allah... jadi ya bisa2 aja masuk ke Berdamai dengan Tuhan, Berdamai dengan sesama manusia, Berdamai dengan diri sendiri.

yang Ungu bukanlah hukum Tuhan dan tidak pernah diperintahkan oleh Tuhan Allah.
yang Ungu adalah hukum buatan Manusia.

salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)