Author Topic: Solascriptura tidak dikenal oleh para Rasul, Bapa Gereja dan Alkitab  (Read 37406 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 28, 2014, 08:10:19 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
iya itu masalah lain lagi bray....

yang jelas sesuai topik, pendapat bahwa jaman para rasul sudah memakai prinsip Sola Scriptura belum bisa dipertanggungjawabkan.

gitu bray, salam... silahkan digali lagi...
Dari zaman rasul pedomannya adalah kitab yang tertulis dan ajaran lisan, yang kesemuanya menunjuk kepada Kristus. Setelah semua ajaran dibukukan dan dikanon, itu semua dianggap cukup untuk membawa orang mengenal Kristus. Maka muncullah Sola Scriptura, karena institusi gereja waktu itu sudah menyimpang, bukan lagi menunjuk kepada Kristus, tapi malah membuat aturan-aturan yang menyimpang dari ajaran rasul.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
March 28, 2014, 10:37:46 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2740
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Sepertinya yang anda sampaikan itu justru mengajarkan untuk taat pada firman lisan, lae, bukan tertulis (scripture).

ngajar Firman Tuhan lae,,  :D

salam
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
March 28, 2014, 10:39:21 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2740
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
terimakasih masbro..
atas kutipannya yang dengan demikian memastikan bahwa Tuhan jelas-jelas MELARANG SCRIPTURA dibuat SOLA-SOLA-an...

solascriptura bro, bukan sola solaan....  :D

salam
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
March 28, 2014, 10:47:31 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2740
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Quote
I Korintus  11:2 Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran (paradoseis = traditions) yang kuteruskan kepadamu.
jangan nambah nambahi bro, gak ada bilang tradisi di ayat itu,,,  :D

Quote
Filipi  2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan (logon zōēs), agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.
Firman Kehidupan = alkitab,,,  :D

Quote
Logos = buku ?
Logos = Person Yesus ?
logos = firman.

Quote
II Tesalonika  2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran (paradoseis = traditions) yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.
jangan nambah nambahi bro, gak ada kata tradisi di ayat itu,,,

Quote
Titus  1:9 dan berpegang kepada perkataan (logou) yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.
Firman Tuhanlah ajaran sehat, di luar Firman Tuhan, ajaran tidak bisa dijamin sehat,,,  :D

Quote
Apabila diajukan soalan: Apa gunanya kitab suci bagi org kristian ?
Umumnya majority kristian sama idea:penuntun kehidupan umat Kristen.
:afro:

Quote
Namun, pabila diajukan soalan: dgn metode apa Kitab Suci itu ditafsirkan ?
maka umumnya majority kristian modern akan menjawab 'tidak bole ditafsir nurut kehendak hati (sakkarepe dewek), dibawa dlm doa, tuntunan HS.. tapi ttp aza satu sama lain kontradiksi sendiri masing2 mengklaim diilhami HS.

 ;D

kalau suatu ajaran yang diajar bertentangan dengan ayat lain di Firman Tuhan, yang salah bukan FT tapi ajarannya...  :D
ukuran benar tidaknya suatu ajaran apabila ayat yang lain tidak menentangnya, ajaran tersebut bisa dijelaskan dengan menggunakan ayat lain dalam Firman Tuhan,,,  :D


salam
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
March 28, 2014, 10:55:26 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2740
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Quote
sola scriptura = scripture doang.

kalau kk bilang Tuhan Yesus sorang sola scripturist, konsekwensinya Tuhan Yesus engga mengajarkan apa2 selain OT.
bahasamu tinggi kali coy,, biasa biasa aja,,, apa OT itu ??  :D

kalau kk bilang para rasul sola scripturist, maka engga ada ntu kitab injil... sebab jika benar2 sola scriptura (persepsi waktu mereka) mestinya engga ada kitab baru selain OT.

lagipula, cari dech ada engga Tuhan suruh murid2nya mencatat ?
perhatikan seksama, Tuhan suruh para rasul teaching lisan?
so para rasul mengajarkan mendidik membaptis secara lisan dgn perbuatan kasih plus mujizat2 ?

PL = menceritakan Yesus
PB = ditulis murid murid Yesus, menceritakan Tuhan Yesus juga,,,  :D

salam...
kenapa terlalu keras kau mempertahankan tradisimu itu ?? tradisi apa rupanya yang kamu pertahankan, ceritalah dulu, biar mengerti kita sebenarnya tradisi yang kamu maksud itu apa ???
 :D

salam
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
March 29, 2014, 12:41:10 AM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
I Korintus  11:2 Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran (paradoseis = traditions) yang kuteruskan kepadamu.
II Tesalonika  2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran (paradoseis = traditions) yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.
jangan nambah nambahi bro, gak ada bilang tradisi di ayat itu,,,  :D
jangan nambah nambahi bro, gak ada kata tradisi di ayat itu,,,
sila baca2 dulu terjemahan bahasa inggris... cari tahu definisi paradoseis..  :)
sehingga jelas bahawa pantasnya bukan kk yg nasihati wa agar tidak menambah2i kata 'tradisi' di ayat (I Kor 11:2, 2Tes 2:15), melainkan wa lah yg memberi info (bukan menggurui) kepada kk nya bahawa (paradoseis=tradisi=ajaran) di ayat itu.


Filipi  2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan (logon zōēs), agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.
Firman Kehidupan = alkitab,,,  :D
ceritain duoong, kok bisa kk mengertikan bahawa firman kehidupan (logon zōēs) = buku, dan bukannya Kristus ?
 :wink:

Logos = buku ?
Logos = Person Yesus ?
logos = firman.
nurut kk:
Firman Kehidupan (logon zōēs) = buku
Logos = firman.
 :cheesy:

Firman Tuhanlah ajaran sehat, di luar Firman Tuhan, ajaran tidak bisa dijamin sehat,,,  :D
firman kk = Firman Tuhan ?
beerti firman kk tidak bisa dijamin sehat ?

kalau yg ini dijamin tak?
Mat. 18:18   Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.
Yoh. 20:23   Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."
Mat. 28:20   dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."


kalau suatu ajaran yang diajar bertentangan dengan ayat lain di Firman Tuhan, yang salah bukan FT tapi ajarannya...  :D
ukuran benar tidaknya suatu ajaran apabila ayat yang lain tidak menentangnya, ajaran tersebut bisa dijelaskan dengan menggunakan ayat lain dalam Firman Tuhan,,,  :D
IMO: kalau sola scripturist fanatik anti tradisi.. misalnya bernama mat tingtung.... lojiknya:
kalau suatu ajaran yang diajar si bibi minah bertentangan dengan interpretasi mat tingtung atas ayat lain di bible, yang salah bukan bible dan belum tentu ajarannya si bibi minah itu salah...

 ;D


Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
March 29, 2014, 08:54:32 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2437
That's my point :afro:

Ini berkaitan dengan diskusi semua member protestan, apalagi yang yang mempunyai iman karbitan hybrid (pinjam istilahnya mas bro siip), yang modal beli Alkitab di toko buku lalu dirikan gereja, yang semuanya harus berdasarkan Alkitab, kalau tidak sesat, nah seperti mas bro sampaikan itulah intinya.

Mereka juga mengklaim bahwa Katolik menambahkan ajaran-ajaran yang tidak dikenal oleh para Rasul, para Bapa Gereja dan Gereja Perdana, karena ada yang tidak tertulis didalam Alkitab.

Disemua topik, sebenarnya ingin membuktikan, gerakan "reformasi" versi protestan atau gerakan "pemberontakan" versi Katolik, sebenarnya itu yang mengurangi dan menambahkan ajaran Rasuli adalah pihak protestan atau Katolik?

Silahkan...

Salam

kelihatannya kamu gebyah uyah loh

tidak semua protestan mengakui  doktrin SOLA SOLAAN

ajaran sola solaan, contohnya sola scriptura , dll, itu kebanyakan dianut oleh golongan calvinis (yg paling sering menyerang katolik).

gw mah kagak percaya dengan sola scriptura, sola fide, sola sido lainnya

bayangkan aja, kauam kalpinis mengatakan sola scriptura, tetapi dlm prakteksnya, isi alkitab di putar balik dan di tunggang balikkan menurut kemauan si kalpin..... bah ini namanya ngawur bin ancur

sola fide, hanya iman saja, tetapi perbuatan busuk, nyolong duit kantor, dll, yah ujung ujungnya ya ke neraka juga 


kesimpulan : tidak semua protestan mempercayai ajaran SOLA SIDO MISOL

March 29, 2014, 08:59:02 AM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2437
Ajaran sola solaan, sebenarnya dalam teknik marketing, disebut dengan DIFERENSIASI

kalau grj kalpinis tidak berbeda ajaran dengan katolik, lalu gimana bisa mendapatkan domba domba yang gemuk gemuk  ?? (domba kerempeng, katanya emooohhh, gatk butuh yg kerempeng.  buat katolik aja, hehehe)


kalau mau laku, harus ada diferensiasi. hebat yah

March 29, 2014, 11:32:21 AM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
sola scriptura = scripture doang.

kalau kk bilang Tuhan Yesus sorang sola scripturist, konsekwensinya Tuhan Yesus engga mengajarkan apa2 selain OT.
bahasamu tinggi kali coy,, biasa biasa aja,,, apa OT itu ??  :D

OT (Old Testament) = PL (Perjanjian Lama)

jadi gimana, katanya kk... Yesus sola scripturist (by writing alone) ?
jika Yesus sola scripturist, sedangkan scripture era Yesus inkarnasi ialah Tanakh/OT/PL... gimana ntuu ?


kalau kk bilang para rasul sola scripturist, maka engga ada ntu kitab injil... sebab jika benar2 sola scriptura (persepsi waktu mereka) mestinya engga ada kitab baru selain OT.

lagipula, cari dech ada engga Tuhan suruh murid2nya mencatat ?
perhatikan seksama, Tuhan suruh para rasul teaching lisan?
so para rasul mengajarkan mendidik membaptis secara lisan dgn perbuatan kasih plus mujizat2 ?

PL = menceritakan Yesus
PB = ditulis murid murid Yesus, menceritakan Tuhan Yesus juga,,,  :D

Yoh 5:39-40   (WBTC)  Kamu mempelajari Kitab Suci. Kamu menyangka bahwa Kitab Suci memberikan hidup yang kekal kepada kamu.
Kitab Suci itu pun memberi kesaksian mengenai Aku! Tetapi kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk menerima hidup.


Kitab suci apa ntuuuu maksudnya ? PB ?????  ;D
yg memeri hidup kekal kepada kamu ntu buku atau Yesus ?


Kis 2:42   Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.
2Tim 1:13   Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku sebagai contoh ajaran yang sehat dan lakukanlah itu dalam iman dan kasih dalam Kristus Yesus.
14   Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh ROH KUDUS yang diam di dalam kita.


pengajaran rasul2 = buku NT (Perjanjian Baru) alone ?
segala sesuatu yg telah engkau DENGAR = buku NT alone ?
kk tau tak, kapan ntu kitab2 NT ditulis ? kapan kanon NT ditetapkan ?
para rasul bawa kanon NT dlm mengajar  ???
« Last Edit: March 29, 2014, 12:11:03 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
March 29, 2014, 11:58:16 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
kenapa terlalu keras kau mempertahankan tradisimu itu ??

kitab suci sendiri tercatat ttg:
1. pentingnya pengajaran lisan para rasul (Tradisi Suci); (Kis 2:42, 1 Kor 11:2, 2 Tim 1:14; 2:2)

2. tidak semua ajaran Kristus terekam dalam Kitab Suci; (Yoh 20:30; 21:25)
- baca ntu Act 20:35 contoh pentingnya Tradisi suci > perkataan Yesus yang tidak terekam pada Injil

3. larangan NAFSIR SAKKAREPE UDELE DEWEK (Kis 8:30-31; 2 Pet 1:20-21; 2 Pet 3:15-16) sehingga hendakla kita rendah hati mengakui diatas gunung ada gunung lebih tinggi, banyak org soleh berilmu teologi jauuuh lebih mumpuni dibanding kita sehingga patutnya kita bukan malah bersikap arogan merasa HS berdiam dlm diri lalu waaah anggap tafsirannya pokoknya paling benar sedunia dari ilham HS... LAH ORG2 KUDUS ITU JUGAK HS BERDIAM PADA MEREKA KOK... MAKANYA... justeru dgn mendengar dan membaca catatan teologi, Katekimus mereka, menambah ilmu pemahaman kita...

4. Kristus memberikan otoritas kepada Gereja yang dimulai dari para rasul-Nya untuk mengajar dalam nama-Nya (Luk 10:16, Mat 16:13-20; 18:18). Gereja akan bertahan sampai pada akhir jaman, dan Kristus oleh kuasa ROH KUDUS akan menjaganya dari kesesatan (lih. Mat 16:18; 28:19-20; Yoh 14:16)

5. Tradisi Suci untuk menyelesaikan masalah di dalam jemaat, contohnya dalam hal sunat (Kis 15).
Konsili inilah yang menginterpretasikan kembali Kitab Suci PL yang mengharuskan sunat (lih. Kej 17, Kel12:48) dengan terang ROH KUDUS dan penggenapannya oleh Kristus dalam PB, sehingga ketentuan sunat tidak lagi diberlakukan. Di dalam Konsili itu, Magisterium Gereja: para rasul dan penerusnya, dan pemimpin Gereja lainnya berkumpul untuk memeriksa Sabda Tuhan, yang tertulis atau yang tidak, dan membuat suatu pengajaran apostolik sesuai dengan ajaran Kristus.

6. Gereja/ jemaat (bukan Kitab Suci saja) adalah “tiang penopang dan dasar kebenaran.” (1 Tim 3:15) Kristus mendirikan Gereja, dan bukannya menulis Kitab Suci, tentu juga ada maksudnya, bahwa Gereja-lah yang dipercaya oleh Kristus untuk mengajar dan menafsirkan semua firman-Nya.

7.  Kitab Suci tidak mengatakan bahwa Kitab Suci adalah satu-satunya sumber Sabda/ Firman Tuhan. Kristus itu sendiri adalah Firman Allah (lih. Yoh 1:1, 14) dan dalam 1 Tes 2:13 Rasul Paulus mengatakan bahwa ia telah menyampaikan pemberitaan Firman Allah (“when you received the Word of God which you heard from us“- RSV) dan ini adalah Tradisi Suci.


referensi: http://katolisitas.org/3542/apakah-sola-scriptura-kitab-suci-saja-cukup

*~~~~*

kalau scripture aza tercatat tersirat poin2 diatas, jadi pertanyaannya yg pantas ialah:
a. kk (sola scripturist) bertanya pada adek: kenapa terlalu keras kau mempertahankan Tradisi Suci itu ??
b. adek (non sola scripturist) bertanya pada kk: kenapa terlalu keras kau mempertahankan sola scriptura versi anti Tradisi Suci itu ??


 :D


« Last Edit: March 29, 2014, 12:13:39 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)