Author Topic: Solascriptura tidak dikenal oleh para Rasul, Bapa Gereja dan Alkitab  (Read 37412 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 29, 2014, 12:01:57 PM
Reply #40
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 364
  • Iesus Homini Salvator
  • Denominasi: jelas katolik
Dari zaman rasul pedomannya adalah kitab yang tertulis dan ajaran lisan, yang kesemuanya menunjuk kepada Kristus. Setelah semua ajaran dibukukan dan dikanon, itu semua dianggap cukup untuk membawa orang mengenal Kristus. Maka muncullah Sola Scriptura, karena institusi gereja waktu itu sudah menyimpang, bukan lagi menunjuk kepada Kristus, tapi malah membuat aturan-aturan yang menyimpang dari ajaran rasul.
itu cuma teori spekulasi saja bro.. opini yang dasarnya lemah sekali, bahkan hampir ga ada... dasar bro.. dasar.... silahkan mau dari perpektif mana saja, tidak ada indikasi seperti itu...

institusi gereja menyimpang? sebenernya lebih tepat kepada putra-puteri gereja yang menyimpang.... mereka itulah yang justru malah meyimpang dari ajaran katolik.

soalscriptura itu konsep tidak nyata.. tidak ada satu manusia pun dibumi ini yang menrapkan solascriptura.
soascriptura muncul karena wibawa si pemprotes tidak cukup untuk diversuskan dengan wibawa ajaran gereja.. maka, di buatlah istilah fiktif: "SolaScriptura" istilah yang gelap... karena paradox.. namun seyogyanya ketika sudah ratusan taun "euforia" keributan jaman reformasi berlalu, seharusnya manusia sekarang sudah dapat melihat dengan terang, dan tidak lagi menggunakan slogan2 fiktif jaman dulu... menjadi protestan dengan tetep berada di jalur akal sehat... itu justru baik untuk kelangsungan hidup spesies protestanisme.  :D
Katolik pasti Kristen, tapi Kristen belum tentu katolik. ada Bunda Maria, Pasti ada pengabdian sempurna kepada Yesus, namun ada Yesus, belum tentu ada Bunda Maria. ada yang perpfect, komplit, full version.. dan ada yang versi extended saja
March 29, 2014, 12:15:58 PM
Reply #41
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 364
  • Iesus Homini Salvator
  • Denominasi: jelas katolik

tidak semua protestan mengakui  doktrin SOLA SOLAAN

ajaran sola solaan, contohnya sola scriptura , dll, itu kebanyakan dianut oleh golongan calvinis (yg paling sering menyerang katolik).

gw mah kagak percaya dengan sola scriptura, sola fide, sola sido lainnya

bayangkan aja, kauam kalpinis mengatakan sola scriptura, tetapi dlm prakteksnya, isi alkitab di putar balik dan di tunggang balikkan menurut kemauan si kalpin..... bah ini namanya ngawur bin ancur

sola fide, hanya iman saja, tetapi perbuatan busuk, nyolong duit kantor, dll, yah ujung ujungnya ya ke neraka juga 


kesimpulan : tidak semua protestan mempercayai ajaran SOLA SIDO MISOL
wah ini... ini baru era baru protestanisme.. ini kemajuan berarti dalam dunia protestanisme... berhasil keluar dari jeratan mitos.. sola-sola itu semua hanya mitos, tidak nyata, bahkan penganutnya pun secara nalar sebenernya tidak dapat melaksanakannya.. sungguh tidak make sense bgt sola-sola itu, apalagi solascriptura.

great! alhamdulillah... haleluya... !
kalau udah bisa nalar begini baru bisa enak dialognya... kalau masih terjerat mitos SOla, wah... diajak diskusi tentang alkitab,

cintailah Tuhan Allah mu dengan segenap akal budimu... sip!  :afro:


Ajaran sola solaan, sebenarnya dalam teknik marketing, disebut dengan DIFERENSIASI

kalau grj kalpinis tidak berbeda ajaran dengan katolik, lalu gimana bisa mendapatkan domba domba yang gemuk gemuk  ?? (domba kerempeng, katanya emooohhh, gatk butuh yg kerempeng.  buat katolik aja, hehehe)


kalau mau laku, harus ada diferensiasi. hebat yah


iya itu sebenernya memang bahasa politik yang paling mungkin dimunculkan kala itu...

sebenernya yang terjadi kan:

tafsir si luther tentang FT VS tafsir Magisterium Gereja tentang FT.
wong dulu masih sama2 pake kitab yang sama kok... luther belum punya kitab 66 kala itu.. :D

tapi kok jadi solascriptura? luther bersembunyi dari konsepsi yang sebenrnya... kemudian secara politis Magisterium Gereja diposisikan VS dengan Alkitab.. padahal kan Alkitab tafsir Luther..

tapi kalau konsepsi sesungguhnya yaitu Luther VS Magisterium yang di munculkan, bakalan ga laku gerakan Luther kala itu, emang siapa luther...

tapi sekali lagi, konsepnya si luther (Solascriptura) itu fiktif, tidak nyata, tidak bisa di aplikasikan dalam kehidupan nyata.. hanya sebuah slogan, slogan fiktif. dengan definisi abstak, dan inkoheren
Katolik pasti Kristen, tapi Kristen belum tentu katolik. ada Bunda Maria, Pasti ada pengabdian sempurna kepada Yesus, namun ada Yesus, belum tentu ada Bunda Maria. ada yang perpfect, komplit, full version.. dan ada yang versi extended saja
March 29, 2014, 12:23:29 PM
Reply #42
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2437
iya itu sebenernya memang bahasa politik yang paling mungkin dimunculkan kala itu...

sebenernya yang terjadi kan:

tafsir si luther tentang FT VS tafsir Magisterium Gereja tentang FT.
wong dulu masih sama2 pake kitab yang sama kok... luther belum punya kitab 66 kala itu.. :D

tapi kok jadi solascriptura? luther bersembunyi dari konsepsi yang sebenrnya... kemudian secara politis Magisterium Gereja diposisikan VS dengan Alkitab.. padahal kan Alkitab tafsir Luther..

tapi kalau konsepsi sesungguhnya yaitu Luther VS Magisterium yang di munculkan, bakalan ga laku gerakan Luther kala itu, emang siapa luther...

tapi sekali lagi, konsepnya si luther (Solascriptura) itu fiktif, tidak nyata, tidak bisa di aplikasikan dalam kehidupan nyata.. hanya sebuah slogan, slogan fiktif. dengan definisi abstak, dan inkoheren

kalau Magisterium Gereja diposisikan VS dengan Alkitab, itu namanya perbandingan dengan cara yang licik....

yg benar adalah , Tafsiran Magisterium katolik  atas alkitab VS Tafsiran protestan atas alkitab

 
March 29, 2014, 12:36:34 PM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12356
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
itu cuma teori spekulasi saja bro.. opini yang dasarnya lemah sekali, bahkan hampir ga ada... dasar bro.. dasar.... silahkan mau dari perpektif mana saja, tidak ada indikasi seperti itu...

institusi gereja menyimpang? sebenernya lebih tepat kepada putra-puteri gereja yang menyimpang.... mereka itulah yang justru malah meyimpang dari ajaran katolik.

soalscriptura itu konsep tidak nyata.. tidak ada satu manusia pun dibumi ini yang menrapkan solascriptura.
soascriptura muncul karena wibawa si pemprotes tidak cukup untuk diversuskan dengan wibawa ajaran gereja.. maka, di buatlah istilah fiktif: "SolaScriptura" istilah yang gelap... karena paradox.. namun seyogyanya ketika sudah ratusan taun "euforia" keributan jaman reformasi berlalu, seharusnya manusia sekarang sudah dapat melihat dengan terang, dan tidak lagi menggunakan slogan2 fiktif jaman dulu... menjadi protestan dengan tetep berada di jalur akal sehat... itu justru baik untuk kelangsungan hidup spesies protestanisme.  :D
Gereja dulu menyimpang kok. Sampe sekarang juga banyak yang gak sadar. Contohnya mengaku mengimani alkitab, Tradisi suci dan magisterium, tapi ketika diteliti lebih mendalam akan ketauan bahwa imannya bukan kepada Kristus seperti ajaran rasul. Makanya terjadilah reformasi.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
March 29, 2014, 12:41:42 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
tradisi apa rupanya yang kamu pertahankan, ceritalah dulu, biar mengerti kita sebenarnya tradisi yang kamu maksud itu apa ???
Tradisi (huruf “T” besar) = ajaran2 lisan yang disampaikan para rasul Kristus perdana yang dilestarikan secara turun-temurun oleh Gereja..  tercermin dalam katekismus dan dokumen2 gereja.

tradisi (huruf “t” kecil) = adat-istiadat seperti beberapa tata cara dalam beribadah, kebiasaan2 doa, dll... yang dapat diubah

Tradisi Suci (huruf “T” besar) = Setara nilai kebenarannya dgn Kitab Suci.
tradisi (huruf “t” kecil) = tidak dapat disetarakan dgn Tradisi Suci & Kitab Suci.

Sebab Firman Allah diwahyukan kepada manusia secara lisan (Tradisi lisan para rasul perdana) dan tertulis (alkitab).. jadi bukan hanya Alkitab doang (sola scriptura).

Scripture yang ditafsirkan sendiri, tanpa melihat konteks ajaran lisan rasul perdana (Tradisi), akan menimbulkan banyak sekali interpretasi2 yang berbeda2 dalam kalangan Protestan sendiri.



Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
March 29, 2014, 12:43:07 PM
Reply #45
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 364
  • Iesus Homini Salvator
  • Denominasi: jelas katolik
kalau Magisterium Gereja diposisikan VS dengan Alkitab, itu namanya perbandingan dengan cara yang licik....

yg benar adalah , Tafsiran Magisterium katolik  atas alkitab VS Tafsiran protestan atas alkitab
wah,, salut saya dengan protestan seperti anda... semoga menjadi roda-roda penggerak menajuan peradaban protestanisme..  :afro:

ya itulah.. itu lah politik..

tapi sesungguhnya juga mencerminkan citra diri yang inferior.. merasa ga pede ber VS dengan Magisterium. kenapa harus ga pede... berposisilah untuk tidak katolik dengan pede dan fair dong... kan malah berwibawa kalau gitu... ya to masbro? :D
Katolik pasti Kristen, tapi Kristen belum tentu katolik. ada Bunda Maria, Pasti ada pengabdian sempurna kepada Yesus, namun ada Yesus, belum tentu ada Bunda Maria. ada yang perpfect, komplit, full version.. dan ada yang versi extended saja
March 29, 2014, 05:25:03 PM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2437
Gereja dulu menyimpang kok. Sampe sekarang juga banyak yang gak sadar. Contohnya mengaku mengimani alkitab, Tradisi suci dan magisterium, tapi ketika diteliti lebih mendalam akan ketauan bahwa imannya bukan kepada Kristus seperti ajaran rasul. Makanya terjadilah reformasi.

leph, bukankah penafsiran yang sehingga memunculkan ajaran TULIP adalah produk MAGISTERIUM VERSI CALVIN ???

jadi dalam kasus ini,  ada 2 magisterium, yaitu Magisterium Katolik dan Magisterium ala Calvin ??

sama saja kan leph ???

 
March 29, 2014, 10:07:19 PM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3973
  • Denominasi: Agama Langit: Jalan Tuhan
1. Yohanes 21:25,,  :afro:

2. 2 Tesalonika 2:15 (ngarang abis  :D)
yang benar adalah ini terbitan LAI = 2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

3. 1 Timotius 3:15
3:15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.

dan jemaat yang dimaksud bukanlah gereja katolik, tapi perhatikan ayati 15a, yaitu orang
1. Deal
2. Belajar lagi ya nak, naskah aslinya tertulis "tradisi-tradisi", LAI merobah menjadi ajaran-ajaran, tidak sepenuhnya salah, tetapi tidak jujur
3. Orang Hidup itu ya Gereja, kamu kira Gereja itu batu kayu?
Gerakan reformasi itu terjadi karena gereja waktu itu sudah menyimpang dari iman mula-mula.
Anda pasti protes dibilang sudah menyimpang.
Nah untuk membuktikannya, anda bilang anda beriman pada alkitab, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja...coba anda terangkan apa maksudnya anda mengimani alkitab, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja.
Gereja dulu menyimpang kok. Sampe sekarang juga banyak yang gak sadar. Contohnya mengaku mengimani alkitab, Tradisi suci dan magisterium, tapi ketika diteliti lebih mendalam akan ketauan bahwa imannya bukan kepada Kristus seperti ajaran rasul. Makanya terjadilah reformasi.
Lho, sola scriptura itu dicetuskan zaman reformasi kok.
Lha kok disuruh paksain dikenal oleh Apostles....
sudah kamu jawab sendiri, siapa yang menyimpang, lha wong solascriptura itu tidak dikenal para Rasul dan dicetuskan abad pertengahan
:angel: Kami adalah para Malaikat bersayap satu, yang hanya dapat terbang kalau berpelukan :angel:
March 29, 2014, 10:37:17 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2740
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Quote
Tradisi (huruf “T” besar) = ajaran2 lisan yang disampaikan para rasul Kristus perdana yang dilestarikan secara turun-temurun oleh Gereja..  tercermin dalam katekismus dan dokumen2 gereja.
katekismus tidak ada dalam gereja perdana.

Quote
tradisi (huruf “t” kecil) = adat-istiadat seperti beberapa tata cara dalam beribadah, kebiasaan2 doa, dll... yang dapat diubah
doa itu bukan formalitas bro.. tidak ada aturan baku dalam doa selain doa Bapa kami,,,  :azn:

Quote
Tradisi Suci (huruf “T” besar) = Setara nilai kebenarannya dgn Kitab Suci.
apa contohnya ??


Quote
Scripture yang ditafsirkan sendiri, tanpa melihat konteks ajaran lisan rasul perdana (Tradisi), akan menimbulkan banyak sekali interpretasi2 yang berbeda2 dalam kalangan Protestan sendiri.
namanya aja udah ditafsirkan sendiri,,, ya udah jelas banyaklah artinya ,, :D
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
March 29, 2014, 11:27:47 PM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
katekismus tidak ada dalam gereja perdana.
duuuh kk nyaaaa.....  ;D

jangankan dlm gereja perdana, lah wong di scripture aza ada kok kata (katēchēthēs)..   :azn:


Quote
tradisi (huruf “t” kecil) = adat-istiadat seperti beberapa tata cara dalam beribadah, kebiasaan2 doa, dll... yang dapat diubah
doa itu bukan formalitas bro.. tidak ada aturan baku dalam doa selain doa Bapa kami,,,  :azn:
kok bisa disambung ke doa sich ????

waah... kk masih awam banget ttg Katolik iah ?
cape dech jadinya, tiap ngomong mesti jelasin dari awal pula dech... huhuhuhu

Tradisi (huruf "t" kecil).
Contoh:
- tradisi mencuci tangan sebelum makan,
- tradisi menggunakan tudung kepala untuk para wanita ketika beribadat, walaupun disebutkan dalam Kitab Suci (1 Kor 11:1-16), namun itu lebih berhubungan dengan tradisi berpakaian pada masyarakat pada saat itu.. makanya masuk kategori 'tradisi (huruf "t" kecil).
tradisi (huruf "t" kecil) semacam ini dapat dipertahankan, diubah.

apa contohnya ??
Dogma tentang Tritunggal Maha Kudus; tidak dapat diubah menjadi "tiga allah" de-el-el variasi non-trinitarian yg menolak Tradici Suci.


namanya aja udah ditafsirkan sendiri,,, ya udah jelas banyaklah artinya ,, :D
;D


ya cudah... sakkarepmu dech kk simatupang.... hehehehhe


« Last Edit: March 29, 2014, 11:51:43 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)