Author Topic: APA ITU AJARAN MESIANIK?  (Read 8301 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 15, 2014, 04:28:31 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3973
  • Denominasi: Agama Langit: Jalan Tuhan
maunya ya harus melebur kembali menjadi hanya ada satu grj Katolik Roma saja....

tetapi kalau masih ada katolik Roma, ada katolik Ortodoks, itu namanya ya masih PERPECAHAN.....


lalu Patriak2 yg baju item item itu, harus melebur menjadi pakai baju ungu ungu ala Katolik Roma....

itu baru   1 GRJ KATOLIK YANG UTUH
Berarti kamu menuduh para Rasul yang mendirikan Gereja-Gereja tersebut salah donk...

Benarkah?

Salam
:angel: Kami adalah para Malaikat bersayap satu, yang hanya dapat terbang kalau berpelukan :angel:
April 15, 2014, 05:21:42 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA

Skisma tidak diperbolehkan karena bikin bingung Tuhan Yesus. Kan keduanya sama-sama benar?

Kalau Tuhan Yesus bingung, Dia bukan Tuhan.

SKISMA dilarang Alkitab, tapi sejarah bersaksi SKISMA itu terjadi!

Jelas disini ada pelanggaran terhadap perintah.
Kesaksian sejarah tak dapat dibantah, tak dapat dihapus.

Heresy diperbolehkan karena fungsinya untuk nyaring, mana yang dimasukkan lumbung, mana yang dibuang.

Heresy diperbolehkan, Heresy tidak selalu salah.

'SKHISMA' ibarat merobek selembar kertas yang masih utuh, sedangkan 'HAIRESIS' adalah memisahkan diri dengan salah satu alasan misalnya menolak doktrin tertentu. 'SKHISMA' tidak pernah disarankan oleh Alkitab sedangkan 'HAIRESIS' masih diperbolehkan.

Mazhab-mazhab dalam masyarakat Yahudi menggunakan kata 'HAIRESIS' seperti Saduki, Farisi, bahkan orang Kristen pun di era itu dikatakan sebagai 'TÔN NAZÔRAIÔN HAIRESEÔS' (sekte orang Nasrani, Kisah Para Rasul 24:5).

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
April 15, 2014, 05:39:29 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2437
Itu kan menurut pendapatmu yang BUKAN seorang Katolik...
 :D

jadi menurut Katolik Ortodox, Perpecahan adalah sah sah aja kan ?

April 15, 2014, 09:07:34 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1952
  • Denominasi: Hanya akui Firman Tuhan
Berarti kamu menuduh para Rasul yang mendirikan Gereja-Gereja tersebut salah donk...

Benarkah?

Salam

Mula-2 di Alkitab gak ada Gereja.

Muka-2 di Alkitab orang yang percaya disebut Kristen bukan Katholik.
--- Selamat membaca ---
26   Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

11:26   kai <2532> {AND} eurwn <2147> (5631) {HAVING FOUND} auton <846> {HIM} hgagen <71> (5627) {HE BROUGHT} auton <846> {HIM} eiv <1519> {TO} antioceian <490> {ANTIOCH.} egeneto <1096> (5633) de <1161> {AND IT CAME TO PASS} autouv <846> {THEY} eniauton <1763> {A YEAR} olon <3650> {WHOLE} sunacyhnai <4863> (5683) {WERE GATHERED TOGETHER} en <1722> {IN} th <3588> {THE} ekklhsia <1577> {ASSEMBLY,} kai <2532> {AND} didaxai <1321> (5658) {TAUGHT} oclon <3793> {A CROWD} ikanon <2425> {LARGE:} crhmatisai <5537> (5658) te <5037> {AND WERE CALLED} prwton <4412> {FIRST} en <1722> {IN} antioceia <490> {ANTIOCH} touv <3588> {THE} mayhtav <3101> {DISCIPLES} cristianouv <5546> {CHRISTIANS.}

Mula-2 mereka ada di sinagok achirnya mendirikan persekutuan-2 sembunyi-2 yang disebut Bait Allah

Kis2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Kis2:46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
April 15, 2014, 10:15:25 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3973
  • Denominasi: Agama Langit: Jalan Tuhan
SKISMA dilarang Alkitab, tapi sejarah bersaksi SKISMA itu terjadi!
Jelas disini ada pelanggaran terhadap perintah.
Kesaksian sejarah tak dapat dibantah, tak dapat dihapus.

http://en.m.wikipedia.org/wiki/East–West_Schism

Emangnya antara Katolik Orthodox dan Katolik Roma pernah menyebut satu sama lain bahwa terjadi skisma?

Seingat saya, antara para pemimpin melakukan excommunication satu sama lain, dan memang itu dianjurkan St Paulus.

Penyebutan "skisma" itu oleh siapa ya?
Quote
Heresy diperbolehkan, Heresy tidak selalu salah.
'SKHISMA' ibarat merobek selembar kertas yang masih utuh, sedangkan 'HAIRESIS' adalah memisahkan diri dengan salah satu alasan misalnya menolak doktrin tertentu. 'SKHISMA' tidak pernah disarankan oleh Alkitab sedangkan 'HAIRESIS' masih diperbolehkan.
Mazhab-mazhab dalam masyarakat Yahudi menggunakan kata 'HAIRESIS' seperti Saduki, Farisi, bahkan orang Kristen pun di era itu dikatakan sebagai 'TÔN NAZÔRAIÔN HAIRESEÔS' (sekte orang Nasrani, Kisah Para Rasul 24:5).

Pandangan kamu mirip:

James I. McCord teaching: "If you must make a choice between heresy and schism, always choose heresy. As a schismatic, you have torn and divided the body of Christ. Choose heresy every time."

Sedangkan protestan itu RESMI baik skisma maupun heresy:

Heresy is rejection of a doctrine that a Church considered to be essential. Schism is a rejection of communion with the authorities of a Church, and this term has historically been applied to such a break when there was no dispute about doctrine.

"Between heresy and schism, there is this difference, that heresy perverts dogma, while schism, by rebellion against the bishop, separates from the Church."

Hayooo....

Salam
:angel: Kami adalah para Malaikat bersayap satu, yang hanya dapat terbang kalau berpelukan :angel:
April 15, 2014, 10:35:06 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8870
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
Kalau Tuhan Yesus bingung, Dia bukan Tuhan.

SKISMA dilarang Alkitab, tapi sejarah bersaksi SKISMA itu terjadi!

Jelas disini ada pelanggaran terhadap perintah.
Kesaksian sejarah tak dapat dibantah, tak dapat dihapus.

Memang demikian adanya.
Ada yang dilanggar, ada pula yang diperbaiki.
Skisma dilarang, maka ada rekonsiliasi.
Skisma tersebut belum berakhir, namun jalan ke akhir skisma tersebut sudah nampak.

http://en.wikipedia.org/wiki/Catholic-Orthodox_Joint_declaration_of_1965

Heresy diperbolehkan, Heresy tidak selalu salah.

Tentu saja diperbolehkan karena manusia punya freewill.
 ;D

Gal 5:19  Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
Gal 5:20  penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan (Hairesis), iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,


2Pe 2:1  Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

2Pe 2:1  But there were false prophets also among the people, even as there shall be false teachers among you, who privily shall bring in damnable heresies, even denying the Lord that bought them, and bring upon themselves swift destruction. 


Heresy tidak dilarang. Hanya saja orang yang masih punya akal sehat dan hati nurani tidak akan tetap tinggal didalamnya, karena Heresy itu pasti berujung pada kematian.

Tit 3:10  Seorang bidat yang sudah satu dua kali kaunasihati, hendaklah engkau jauhi.

'SKHISMA' ibarat merobek selembar kertas yang masih utuh, sedangkan 'HAIRESIS' adalah memisahkan diri dengan salah satu alasan misalnya menolak doktrin tertentu. 'SKHISMA' tidak pernah disarankan oleh Alkitab sedangkan 'HAIRESIS' masih diperbolehkan.

Tentu saja diperbolehkan karena heresy sudah bukan bagian dari Gereja lagi. Untuk apa dilarang?

1Co 5:12  Sebab dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka, yang berada di luar Gereja? Bukankah kamu hanya menghakimi mereka yang berada di dalam Gereja?
1Co 5:13  Mereka yang berada di luar Gereja akan dihakimi Allah. Usirlah orang yang melakukan kejahatan dari tengah-tengah kamu.


Mazhab-mazhab dalam masyarakat Yahudi menggunakan kata 'HAIRESIS' seperti Saduki, Farisi, bahkan orang Kristen pun di era itu dikatakan sebagai 'TÔN NAZÔRAIÔN HAIRESEÔS' (sekte orang Nasrani, Kisah Para Rasul 24:5).
Tentunya "hairesis" dalam agama Yahudi berbeda dari "hairesis" menurut para Rasul.
Kekristenan dan Yudaisme telah menjadi dua agama yang berbeda, dengan iman yang berbeda pula.

Yang membikin pusing adalah "hairesis" dalam Gereja Roma yang merasa bahwa "hairesis" nya diperbolehkan.
 ;D

Sudah tahu bahwa "hairesis"-nya itu tidak tahan uji, sesat dan membinasakan, serta jelas-jelas perbuatan daging, tapi masih saja dibilang diperbolehkan...
 :'(

Gal 5:21  Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.
April 15, 2014, 10:37:34 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3973
  • Denominasi: Agama Langit: Jalan Tuhan
Mula-2 di Alkitab gak ada Gereja.
Muka-2 di Alkitab orang yang percaya disebut Kristen bukan Katholik.
26   Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen
Mainan anak-anak...

Ini sudah dijelaskan berkali-kali di FK, bahkan diberbagai forum diluar sono...

Umat Gereja Katolik (dalam hal ini Gereja Katolik Orthodox Antiokhia untuk pertama kali) disebut Kristen.

Gereja mereka disebut Gereja Katolik.

31 Selama beberapa waktu Gereja Katolik di Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Gereja itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan ROH KUDUS.

κκλησία καθ’ λης Catholic Church Gereja Katolik

Ini juga disebutkan didalam Surat-surat MURID LANGSUNG para Rasul, seperti Ignatius Antiokhia, Uskup Agung Antiokhia, pemimpin tertinggi "umat Kristen" dalam ayat yang kamu sebutkan, penerus Petrus dan Yohanes, dialah bersama umat lainnya disebut pertama kali sebagai "umat Kristen"!

Dalam suratnya kepada Gereja Smyrnæans, dia menyebutkan bahwa dimana ada Gereja Katolik, disitu ada Kristus.

Ignatius of Antioch: Smyrnæans 8.2 "Where the bishop is there is the community, even as where Christ is there is the Catholic Church".
Quote
Mula-2 mereka ada di sinagok achirnya mendirikan persekutuan-2 sembunyi-2 yang disebut Bait Allah
Mabok?

Modal LAI jang mempertontonkan keanehan disini.

Salam
:angel: Kami adalah para Malaikat bersayap satu, yang hanya dapat terbang kalau berpelukan :angel:
April 15, 2014, 10:50:06 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8870
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".
Mula-2 di Alkitab gak ada Gereja.
Kis 5:11  Maka sangat ketakutanlah seluruh Gereja (ekklesia) dan semua orang yang mendengar hal itu.

Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.
April 15, 2014, 11:48:43 PM
Reply #38
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 105

lohhh kan katanya grj katolik roma dan katolik ortodoks  TIDAK PECAH.....

Kalau tidak pecah, berarti siap melebur menjadi satu grj katolik roma.... siaaappppp ???

-=====

kl grj protestan jelas jelas memecahkan diri dari katolik, tentu jelas tidak mau melebur ke katolik.

----o
nahhh looohhh




Sebelum melebur ke gereja katholik Roma, Protestan saling melebur dulu saja cari kesepakatan jangan banyak perbedaan, jd klo melebur ke gereja katholik, pemimpinnya gak bingung.....orang saling hina sendiri, yg satu bilang gerejanya slow gak ada Roh Kudusnya, yg satu bilang liturgi nya masih mirip katholik, yg lain bilang doa kok munafik pakai nangis2.....aduuhhhh kompak ah dulu deh baru bilang melebur....ada lagi yg kalau kebaktian pakai warna2 khusus tuh yg di Temanggung, Minggu cek saja (kok jd mirip katholik yah, tradisi , di Alkitab gak ada tuh, katanya sola scriptura)
Klo kita mah aku rak popo, kita memang apostolik....ada lagi yg baptis percikan dibilang yg lain gak benar harus di baptis ulang pakai kapal selam, helloooo, sebegitu kuasanya kah sampai gak mengakui baptisan denominasi lain. Ada yg punya patung dipecah2in katanya gak boleh pakai patung, to kalau lukisan gambar Yesus boleh yah??? Halloooo bedanya apa yah, yg satu seni rupa 3dimensi yg satunya seni rupa 2 dimensi, patung katanya bisa diisi roh jahat, memang lukisan gak bisa? Kita aja bisa diisi Roh jahat, salah satunya saat kita mau terpecah, Roh perpecahan yg sdg bekerja dengan sempurna. Merasa yg satu lebih benar dr yg lain, termasuk saat saya mengetik skg ini.

Sekalian nyambung juga ada yg bilang gereja awalnya namanya Kristen bukan katholik...

Bener2 mainan anak2....jgn2 ni forum isinya anak2 yg dibeliin iPad....
Gereja katholik itu sebenarnya  gereja Kristen katholik dan gereja Kristen Protestan
Kristen itu pengikut2 Yesus disebut Kristen
Katholik = umum = Am
Protestan = kalangan yg protes

Syahadat Protestan mengatakan "gereja Am yg Kudus"
Syahadat katholik mengatakan "gereja katholik yg Kudus"

Arti kata Am = Katholik = Umum
Jd tiap Minggu kalian juga menyatakan gereja Am yg KUdus  = Gereja katholik yg Kudus
Mending protes lagi deh dan diganti saja syahadatnya, pecah lagi saja bikin aliran baru yg gak pakai kata Am, ditunggu syukuran Gereja barunya ya....
April 16, 2014, 04:51:05 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2088
  • Gender: Male
  • Denominasi: Sola Scriptura
Bingung neh, thread-nya tentang Mesianik tapi debatnya soal gereja Katolik?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)