Author Topic: Siapakah 'ELOHIM?  (Read 7723 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 06, 2014, 04:35:53 AM
Reply #220
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1526
  • Denominasi: kharismatik
Salam...

hadeh.. malah jadi kata kataan bidat....
siapa yg bidat nih sebenarany...? Standart alkitab apa standar denominasi..??
Di alkitab negara lain.. tulisan ga ada yg gede atau kecil.. . Mereka lebih kpd arti pengertian..
diatas langit ada langit pak...
tulisan kecil bukan alasan

salam...
Hanya orang Indonesia yang bisa menulis dan membaca serta sekolah namun yang tidak mengindahkan tulisan huruf besar dan huruf kecil yang manusia tidak berakal.. :char11:
November 06, 2014, 04:40:01 AM
Reply #221
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1526
  • Denominasi: kharismatik
Pengertian -allah-allah = (ELOHIM---tapi "huruf kecil semua") itu menurut pengertian Kebenaran Kitab Suci atau menurut pengertian bidat mu? :coolsmiley:
Itu bukan sebuah pengertian tapi ada tapi kebenaran..

Bila anda menganggap itu sebuah pengertian itu sebabnya anda  menjadi tidak berakal budi. :char11:
November 06, 2014, 01:32:20 PM
Reply #222
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 68
  • Gender: Male
  • Live by God, Die in God's Name
  • Denominasi: Protestan
Yahwe (Jehova) sama dengan nama Allah dalam perjanjian lama dan lebih lengkap lagi baca aja disini http://www.catholic.org/encyclopedia/view.php?id=6291 Tuhan memberkati
Jesus's Promises will never die
November 07, 2014, 04:48:32 AM
Reply #223
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Pengertian kata ELOHIM sudah saya jelaskan... yaitu sama dengan "Tuan"

Salah. ELOHIM bukan berarti tuan, ELOHIM ialah sesembahan secara umum! Adon atau Adunay artinya 'tuan'. Hal gampang jangan dibuat susah!

Quote
Baca Mzm. 82:6

Karena ELOHIM berarti sesembahan, maka ELOHIM bisa mengacu kepada siapa saja, YHWH, Iblis, berhala, dewa, ilah2, anak2 Allah, bahkan "Musa seperti ELOHIM". Yang membedakan mana ELOHIM/sesembahan yang benar mana yang tidak, sila perhatikan konteksnya.

Quote
Kejadian Pasal 1, Kitab Suci mengungkapkan bahwa langit dan bumi diciptakan oleh "Tuan" yang tidak jelas;Sedangkan Kejadian Pasal 2-5, Kitab Suci mengungkapkan bahwa Tuan YHWH-lah yang menjadikannya.

Alasan "tidak jelas" diangkat tokoh anda untuk mencari pembenaran doktrin sektenya padahal kalau diperhatikan dan diteliti konteksnya dan hubungan Kej 1-5, YHWH ELOHIM dan ELOHIM ialah sosok sama yang 'menciptakan, membuat, menyelesaikan, menjadikan dan membentuk langit, bumi dan segala isinya serta manusia."

Kej 1 dan Kej 2-5 bukan kisah yang terpisah2. Seluruh Al-Kitab bukan kisah yang terpisah2!


« Last Edit: November 07, 2014, 08:26:57 PM by CosmicBoy »
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
November 07, 2014, 05:10:43 AM
Reply #224
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Baca penjelasan saya di sini http://forumkristen.com/index.php?topic=52633.msg1065711#msg1065711


1."Menciptakan bumi dan langit" (Kej 1:1) dan "menjadikan bumi dan langit" (kej 2:4b), apa bedanya?
2. Mengapa menurut anda, Iblis menyelesaikan penciptaan pada hari enam dan tidak melakukan pekerjaan penciptaan pada hari ketujuh?
3. Mengapa menurut anda, Iblis memberkatikan hari ketujuh dan mengudusnya?
4. Mengapa menurut anda " tidak semua yang diciptakan oleh ELOHIM (menurut anda Iblis!), dijadikan oleh TUHAN."?
5. Boleh anda jelaskan mengapa penciptaan di Kej 1:5 anda katakan itu penciptaan Ular Naga? Taunya dari mana?

Quote
Pengertian YHWH ELOHIM adalah Tuan YHWH.


ELOHIM bukan tuan. ELOHIM ialah sesembahan secara umum, bisa YHWH, bisa Iblis, bisa manusia, bisa malaikat2, bahkan Musa seperti ELOHIM. Yang benar, adon atau adunay ialah tuan. Ada mengerti ngga bahasa Ibrani? atau hanya mau mencari pembenaran doktrin sektemu.

Quote
Baca Hosea 3:1
Hos. 3:1   Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah (ELOHIM) lain dan menyukai kue kismis."


Kan jelas pernyataan saya, ELOHIM apabila dihubungkan dengan YHWH, itu berarti sesembahan yang benar/Allah yang benar; kalau dihubungkan dengan berhala/dewa/ilah2 asing, itu jelas kok, sesembahan yang tidak benar. Anda harus memperhatikan konteks kalau membaca Al-Kitab. Tidak semua sebutan 'ELOHIM' melulu Iblis/allah2/dewa2.
Quote
Sodara melecehkan Kitab Suci.
Yang mudah saja sodara tidak mampu menyerap, apalagi dengan soal yang lebih berat?


Semua kutipan kamu tak ada hubungan dengan doktrin sektemu bahwa sosok "ELOHIM/Allah) di Kej 1:1 ialah Iblis. Anda hanya mencari pembenaran dan hal ini bukan satu kejujuran. Ayat2 diplintir sesuai doktrin sektemu. Ini salah satu ciri bidat dan saya tidak heran!

Salam.
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
November 08, 2014, 12:33:01 AM
Reply #225
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
1."Menciptakan bumi dan langit" (Kej 1:1) dan "menjadikan bumi dan langit" (kej 2:4b), apa bedanya?

Beda pengertian menciptakan dengan menjadikan adalah yang satu --mencipta-- berarti baru berupa IDE, dan yang lain --menjadi-- berarti mengadakan, dari yang sebelumnya tidak ada/tidak wujud (IDE), menjadi ada/wujud.
Dan oleh sebab itu Ia yang menjadikan menyatakan Diri-Nya sebagai: Menjadi Yang Menjadi

2. Mengapa menurut anda, Iblis menyelesaikan penciptaan pada hari enam dan tidak melakukan pekerjaan penciptaan pada hari ketujuh?

Karena ia hanya mempunyai kesempatan selama 6 hari; Dan oleh sebab itu ia dikenal sebagai 666.

3. Mengapa menurut anda, Iblis memberkatikan hari ketujuh dan mengudusnya?

Iblis memberkati dan menguduskan hari keTujuh adalah oleh karena YHWH pada hari keTujuh itu menjadikan/mewujudkan  ciptaannya.

4. Mengapa menurut anda " tidak semua yang diciptakan oleh ELOHIM (menurut anda Iblis!), dijadikan oleh TUHAN."?

YHWH tidak menjadikan semua yang diciptakan si iblis oleh karena YHWH mempunyai hak penuh dalam menentukan mana-mana yang Ia akan jadikan.

5. Boleh anda jelaskan mengapa penciptaan di Kej 1:5 anda katakan itu penciptaan Ular Naga? Taunya dari mana?

Untuk hal tersebut, silahkan sodara baca sendiri pernyataan Kitab Suci di sini: http://biblehub.com/hebrew/8577.htm dan disini: http://biblehub.com/interlinear/genesis/1-21.htm
Perhatikan Strong's Number 8577

ELOHIM bukan tuan. ELOHIM ialah sesembahan secara umum, bisa YHWH, bisa Iblis, bisa manusia, bisa malaikat2, bahkan Musa seperti ELOHIM. Yang benar, adon atau adunay ialah tuan. Ada mengerti ngga bahasa Ibrani? atau hanya mau mencari pembenaran doktrin sektemu.

Adon dan Adonay hanya berupa sebutan/status, "yang dipertuankan" tanpa menuntut disembah; Sedangkan 'ELOHIM adalah "Tuan" yang menuntut pengabdian dalam pengertian disembah (sebagai sesembahan).

Kan jelas pernyataan saya, ELOHIM apabila dihubungkan dengan YHWH, itu berarti sesembahan yang benar/Allah yang benar; kalau dihubungkan dengan berhala/dewa/ilah2 asing, itu jelas kok, sesembahan yang tidak benar. Anda harus memperhatikan konteks kalau membaca Al-Kitab. Tidak semua sebutan 'ELOHIM' melulu Iblis/allah2/dewa2.

Penyebutan YHWH ELOHIM pada masa-masa awal keberadaan langit-bumi dengan segala isinya merupakan gambaran perpaduan antara 'ELOHIM yang menciptakan dengan YHWH yang menjadikan.
Sedangkan masing-masingnya (ELOHIM dengan YHWH) merupakan hakekat yang berbeda.
Secara terpisah, 'ELOHIM adalah iblis; sedangkan YHWH adalah Ha'ELOHIM (dalam pengertian yang mengatasi 'ELOHIM)

Semua kutipan kamu tak ada hubungan dengan doktrin sektemu bahwa sosok "ELOHIM/Allah) di Kej 1:1 ialah Iblis. Anda hanya mencari pembenaran dan hal ini bukan satu kejujuran. Ayat2 diplintir sesuai doktrin sektemu. Ini salah satu ciri bidat dan saya tidak heran!

Salam.

Sodara menampik Kitab Suci untuk mengajar; Dan itu merupakan pelecehan terhadap Kitab Suci.

Salam,
« Last Edit: November 08, 2014, 02:14:23 AM by sizxbn »
November 09, 2014, 04:05:04 AM
Reply #226
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1265
  • Gender: Male
Haloo bro Sixbn.. sudah lama gak diskusi lagi kita.. :)
masih mempersoalkan siapa ELOHIM pencipta langit Bumi & siapa Bapa ?   :rolleye0014:

Salam
« Last Edit: November 09, 2014, 04:40:55 AM by hiraki007 »
II Timotius 2:25 "dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran,
November 09, 2014, 07:50:57 AM
Reply #227
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Beda pengertian menciptakan dengan menjadikan adalah yang satu --mencipta-- berarti baru berupa IDE, dan yang lain --menjadi-- berarti mengadakan, dari yang sebelumnya tidak ada/tidak wujud (IDE), menjadi ada/wujud.
Dan oleh sebab itu Ia yang menjadikan menyatakan Diri-Nya sebagai: Menjadi Yang Menjadi


Jadi 'ELOHIM menciptakan' dan 'YHWH ELOHIM menjadikan' bukan masalah perbedaan sosok tetapi kepada perbedaan unsur2/bahan2 yang digunakan, bukan begitukah maksudnya pernyataan itu?

Quote
Karena ia hanya mempunyai kesempatan selama 6 hari; Dan oleh sebab itu ia dikenal sebagai 666.


Ini tafsiran tokoh sektemu atau pernyataan Al-Kitab? Saya tak yakin...come on, yg bener nih? Ngelawak lu!

Quote
Iblis memberkati dan menguduskan hari keTujuh adalah oleh karena YHWH pada hari keTujuh itu menjadikan/mewujudkan  ciptaannya.


hahaha...kok Iblis bisa begitu ya? Teman akrabnya YHWH ya?
Quote
YHWH tidak menjadikan semua yang diciptakan si iblis oleh karena YHWH mempunyai hak penuh dalam menentukan mana-mana yang Ia akan jadikan.


Lha, kalau begitu masak Iblis mau memberkati dan menguduskan hari ketujuh? Anda ini mau menggambarkan Iblis sosok baik atau apa ya?

Quote
Untuk hal tersebut, silahkan sodara baca sendiri pernyataan Kitab Suci di sini: http://biblehub.com/hebrew/8577.htm dan disini: http://biblehub.com/interlinear/genesis/1-21.htm
Perhatikan Strong's Number 8577


Masakan tafsiran dijadikan sektemu sebagai doktrin?

Quote
Adon dan Adonay hanya berupa sebutan/status, "yang dipertuankan" tanpa menuntut disembah; Sedangkan 'ELOHIM adalah "Tuan" yang menuntut pengabdian dalam pengertian disembah (sebagai sesembahan).


ELOHIM dalam bahasa Inggris berarti God/gods. Di mana kamu mendapatkan pengertian 'tuan'??? Ini lagi2 tafsiran sektemu utk mencari pembenaran, tak ada bukti pernyataan Al-Kitab!

Quote
Penyebutan YHWH ELOHIM pada masa-masa awal keberadaan langit-bumi dengan segala isinya merupakan gambaran perpaduan antara 'ELOHIM yang menciptakan dengan YHWH yang menjadikan.
Sedangkan masing-masingnya (ELOHIM dengan YHWH) merupakan hakekat yang berbeda.
Secara terpisah, 'ELOHIM adalah iblis; sedangkan YHWH adalah Ha'ELOHIM (dalam pengertian yang mengatasi 'ELOHIM)


Sebutan "YHWH ELOHIM" mula2 berarti dua sosok yg menyatupadu utk 'menciptakan' dan 'menjadikan', begitukah???? Lagi2 tafsiran dan bukan Pernyataan Al-Kitab!

Mengapa dua sosok ini harus menyatupadu? Dan kapan mrk berpisah? Mengapa?

Quote
Sodara menampik Kitab Suci untuk mengajar; Dan itu merupakan pelecehan terhadap Kitab Suci.


Apa hubungan Kej 1:1 dengan ayat2 PB yg kamu kutip itu???? Sila yakinkan saya!!! Lagi2 anda menafsirkan FT sesuai pengajaran sektemu, mana bukti2 pernyataan FT, tak ada langsung!!!


Salam.
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
November 09, 2014, 09:40:14 AM
Reply #228
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Haloo bro Sixbn.. sudah lama gak diskusi lagi kita.. :)
masih mempersoalkan siapa ELOHIM pencipta langit Bumi & siapa Bapa ?   :rolleye0014:

Salam
Betul bro. hiraki007....
Apa kabarnya selama ini..... kok gak kedengeran? :)

Salam,
November 09, 2014, 10:59:12 AM
Reply #229
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12360
  • tidak menyimpan kepahitan
Jadi 'ELOHIM menciptakan' dan 'YHWH ELOHIM menjadikan' bukan masalah perbedaan sosok tetapi kepada perbedaan unsur2/bahan yang digunakan, bukan begitukah maksudnya pernyataan itu?
Bukan....
Pengertian sodara di atas itu berdasarkan keyakinan sodara sendiri dan keyakinan orang2 dunia.....

YHWH dengan ELOHIM adalah berbeda hakekat...
YHWH adalah Spirit Ha'ELOHIM (àßßá-YHWH), sedangkan spirit ELOHIM adalah spirit Iblis.

Ini tafsiran tokoh sektemu atau pernyataan Al-Kitab? Saya tak yakin...come on, yg bener nih? Ngelawak lu!
Lambang bilangan 666 untuk iblis dan semua para pelawan YHWH, BUKAN TAFSIRAN melainkan benang merah dari pernyataan Kebenaran Kitab Suci.

Hal tersebut berdasarkan hikmat yang terkandung di dalam ayat-ayat berikut ini.

Kej. 1:1   Pada mulanya ELOHIM menciptakan langit dan bumi.
Masa penciptaannya itu diselesaikannya selama enam hari (1) dan pada hari yang keenam, ELOHIM menciptakan manusia (2).

Mzm. 82:6   Aku sendiri telah berfirman: "Kamu adalah ELOHIM, dan anak-anak Yang Mahatinggi kamu sekalian. -- (3)

Yoh. 8:42   Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau ὁ Θεὸς [Ha'ELOHIM] adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku adalah perwujudan τοῦ Θεοῦ [YHWH]. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.
Yoh. 8:43   Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku.
Yoh. 8:44   Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

------------
Berdasarkan ayat-ayat tersebut, maka Kitab Wahyu mengatakan:
Why. 13:18   Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

hahaha...kok Iblis bisa begitu ya? Teman akrabnya YHWH ya?
Sekalipun YHWH menjadikan apa yang diciptakan 'ELOHIM, tetapi bukan berarti YHWH menjadi teman akrabnya si Iblis.
Lagipula, YHWH sendiri yang menentukan mana-mana yang akan Dia jadikan/wujudkan; tidak semua yang diciptakan oleh 'ELOHIM dijadikan/diwujudkan YHWH..... contohnya Naga yang di laut, yang diciptakan oleh ELOHIM pada hari kelima (baca Kej. 1:21).

Lha, kalau begitu masak Iblis mau memberkati dan menguduskan hari ketujuh? Anda ini mau menggambarkan Iblis sosok baik atau apa ya?
Tidak ada hubungannya antara Iblis mau memberkati dan menguduskan hari ketujuh dengan hak penuh YHWH menentukan mana-mana yang akan Dia jadikan/wujudkan.

Masakan tafsiran dijadikan sektemu sebagai doktrin?
Itu bukan tafsiran, melainkan pernyataan Kebenaran Kitab Suci. :)

ELOHIM dalam bahasa Inggris berarti God/gods. Di mana kamu mendapatkan pengertian 'tuan'??? Ini lagi2 tafsiran sektemu utk mencari pembenaran, tak ada bukti pernyataan Al-Kitab!
Lah, kok jadi ke bahasa Inggris??
Bahasa Inggris bukan penentu pengertian Kebenaran Kitab Suci....
Yang menentukan Kebenaran adalah Hikmat YHWH (Pikiran Kristus)

Sebutan "YHWH ELOHIM" mula2 berarti dua sosok yg menyatupadu utk 'menciptakan' dan 'menjadikan', begitukah???? Lagi2 tafsiran dan bukan Pernyataan Al-Kitab!

Mengapa dua sosok ini harus menyatupadu? Dan kapan mrk berpisah? Mengapa?
Saya tidak pernah mengatakan bahwa YHWH dengan ELOHIM menyatupadu.... Yang saya katakan adalah YHWH dengan ELOHIM berpadu (perpaduan antara YHWH dengan ELOHIM).

Pengertian kalimat perpaduan antara YHWH dengan ELOHIM adalah sama artinya dengan dua hakekat yang berbeda/berlawanan saling berhadap-hadapan.

Apa hubungan Kej 1:1 dengan ayat2 PB yg kamu kutip itu???? Sila yakinkan saya!!! Lagi2 anda menafsirkan FT sesuai pengajaran sektemu, mana bukti2 pernyataan FT, tak ada langsung!!!


Salam.
Jika sodara tidak mengerti Kitab Suci, maka artinya sodara dalam keadaan yang tersesat/sesat.

Salam,
« Last Edit: November 09, 2014, 12:14:24 PM by sizxbn »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)