Author Topic: Doktrin Api Penyucian itu Illusi atau Nyata?  (Read 12748 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 16, 2018, 12:24:58 AM
Reply #320
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2194
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Di bagian depan juga sudah terbahas bahwa masih banyak yang diperbuat Tuhan Yesus Kristus di depan mata rasul yang belum dicatat dalam Alkitab. Artinya, belum semua ajaran Tuhan Yesus Kristus tercatat di Alkitab.
Kalau tidak ada tertulis soal api penyucian di Alkitab apa kamu mau tambahin Alkitab Jilid 2 ?

Apa otoritasmu menambahi ajaran Alkitab ?
Kekonyolan masih merajalela di benakmu @jamu.
Sampai sekarang, belum kutemukan adanya Alkitab jlid 2. Jika @jamu menemukannya, infokan agar menjadi pengetahuan bersama.
@Sotardugur Parreva itu bukan rasul atau penerus rasul, maka tidak memiliki kompetensi mengutak-atik Alkitab, untuk mengurang atau menambah.
Hanya pihak yang merasa diri rasul saja yang dengan gagah berani mengurangi Alkitab pada abad XVI, padahal Alkitab sudah dikanon pada abad IV. Dan pengikut orang itu sangat banyak.
Sependek penangkapan @Sotardugur Parreva, yang diberi otoritas mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus adalah rasul, bukan semua pengikut Kristus. Tuhan Yesus Kristus memanggil 11 rasul ke Bukit Galilea, dan kepada mereka diberikan kewenangan mengajar, dan dijanjikan senantisa disertai sampai kepada akhir zaman. Kemudian, dikisahkan pula di Kisah Para Rasul bahwa Saulus 'ditangkap' oleh Tuhan Yesus Kristus dan dijadikan alat-Nya mengajarkan Injil, dan namanya diganti menjadi Paulus.
Menurut pendapatku, karena yang belum dikatakan Tuhan Yesus Kristus masih banyak, itu dikatakan jika rasul sudah dapat menanggung, tidak dikatakan sekaligus. Itu akan berangsur-angsur dikatakan sampai kepada akhir zaman. Karena para rasul sudah meninggal, maka untuk melengkapi segala sesuatu yang akan dikatakan itu, disampaikan kepada penerus rasul.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
April 16, 2018, 05:46:05 AM
Reply #321
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2215
Kalau tidak ada tertulis soal api penyucian di Alkitab apa kamu mau tambahin Alkitab Jilid 2 ?

Apa otoritasmu menambahi ajaran Alkitab ?Kekonyolan masih merajalela di benakmu @jamu.
Sampai sekarang, belum kutemukan adanya Alkitab jlid 2. Jika @jamu menemukannya, infokan agar menjadi pengetahuan bersama.
@Sotardugur Parreva itu bukan rasul atau penerus rasul, maka tidak memiliki kompetensi mengutak-atik Alkitab, untuk mengurang atau menambah.
Hanya pihak yang merasa diri rasul saja yang dengan gagah berani mengurangi Alkitab pada abad XVI, padahal Alkitab sudah dikanon pada abad IV. Dan pengikut orang itu sangat banyak.
Sependek penangkapan @Sotardugur Parreva, yang diberi otoritas mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus adalah rasul, bukan semua pengikut Kristus. Tuhan Yesus Kristus memanggil 11 rasul ke Bukit Galilea, dan kepada mereka diberikan kewenangan mengajar, dan dijanjikan senantisa disertai sampai kepada akhir zaman. Kemudian, dikisahkan pula di Kisah Para Rasul bahwa Saulus 'ditangkap' oleh Tuhan Yesus Kristus dan dijadikan alat-Nya mengajarkan Injil, dan namanya diganti menjadi Paulus.
Menurut pendapatku, karena yang belum dikatakan Tuhan Yesus Kristus masih banyak, itu dikatakan jika rasul sudah dapat menanggung, tidak dikatakan sekaligus. Itu akan berangsur-angsur dikatakan sampai kepada akhir zaman. Karena para rasul sudah meninggal, maka untuk melengkapi segala sesuatu yang akan dikatakan itu, disampaikan kepada penerus rasul.

Salam damai.

Dari dulu modalmu hanya mengutip satu ayat saja seolah olah masih ada perkataan Yesus yang belum tertulis makanya saya tanyakan :

Apakah semua perkataan Yesus itu harus tertulis atau yang penting saja yang harus ditulis ?

Kalau kamu anggap ada yang belum tertulis tunjukkan dong yg mana itu jangan cuap cuap kosong doang dari dulu tanpa ada buktinya ?

Alkitab itu diinspirasikan ROH KUDUS atau bukan ?

Apakah ROH KUDUS gagal menyeleksi mana perkataan Yesus yang harus ditulis didalam menginspirasikan para Rasul didalam menulis Scriptura ?


2 Tim.3:14 - 15 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu. Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik

Ayat diatas mengajarkan bahwa Scriptura:

1.Memberi hikmat
2.Menuntun kepada keselamatan
3.Bermanfaat untuk mengajar
4.Untuk menyatakan kesalahan
5.Untuk memperbaiki kelakuan
6.Memperlengkapi segala perbuatan baik

Jadi apa yang salah dengan prinsip Sola Scriptura,kok masih kutak katik mencari apa yang tidak tertulis terus sampai sekarang ?

Silahkan dijawab jangan ngeyel terus !
« Last Edit: April 16, 2018, 06:12:13 AM by jamu »
April 16, 2018, 11:31:33 AM
Reply #322
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2194
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Dari dulu modalmu hanya mengutip satu ayat saja seolah olah masih ada perkataan Yesus yang belum tertulis makanya saya tanyakan :

Apakah semua perkataan Yesus itu harus tertulis atau yang penting saja yang harus ditulis ?
Kelihatan kekonyolanmu, @jamu.
Banyak ayat telah kukemukakan di diskusi-diskusi forum ini. Modal @Sotardugur Parreva itu bukan sola satu ayat.
Tampaknya, @jamu meragukan ketuhanan Yesus Kristus. Di Yoh 16:12 dicatat bahwa masih banyak yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul, namun belum dikatakan karena rasul belum dapat menanggungnya. @jamu tahu arti "harus", bukan? Pada yang biru itu, @jamu menggunakan kata "harus". Kunilai, @jamu mengerti arti harus.
Jika Tuhan Yesus Kristus menyatakan, "Masih banyak yang harus Kukatakan..." bagaimana menurut pemahaman jamu? Bolehkah yang harus dikatakan itu tidak dikatakan?
Jika itu belum dikatakan, apa yang hendak ditulis?

Ngedumel saja @jamu dengan ayat yang selalu kukutipkan itu, tanpa pernah menjawab atau menganalisis secara tuntas. Hanya modal tegar tengkuk saja @jamu menyatakan semua hal penting sudah dicatat dalam Alkitab meski Tuhan Yesus Kristus menyatakan masih banyak yang harus dikatakan-Nya kepada rasul.
Kalo @jamu mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan, idealnya, tidak ada sesuatu apapun yang tidak penting yang dikatakan Tuhan Yesus Kristus.
Nah, simpulan @jamu itu(yang penting saja yang harus ditulis) justru menunjukkan bahwa @jamu ragu dengan Ketuhanan Yesus Kristus, di mana, menurut @jamu, ada perkataan Tuhan Yesus Kristus yang kurang penting. Mosok ada Tuhan mengatakan yang tidak penting? Yang benar saja.

Kalau kamu anggap ada yang belum tertulis tunjukkan dong yg mana itu jangan cuap cuap kosong doang dari dulu tanpa ada buktinya ?
Alkitab itu diinspirasikan ROH KUDUS atau bukan ?
Apakah ROH KUDUS gagal menyeleksi mana perkataan Yesus yang harus ditulis didalam menginspirasikan para Rasul didalam menulis Scriptura ?
Bukan anggapan @Sotardugur Parreva.
Tuhan Yesus Kristus sendiri, menyatakan, "Masih banyak yang harus Kukatakan kepadamu..."
Yang belum dikatakan itu belum ditulis dalam Alkitab, dan hanya nalar jeblok yang menuntut menunjukkan hal yang belum dituliskan.
Pencatatan Alkitab diinspirasi ROH KUDUS, tidak ada bukti bahwa ROH KUDUS hanya sekali menginspirasi lalu selesai. Penyertaan senantiasa kepada akhir zaman, menyiratkan arti bahwa segala sesuatu yang belum dikatakan itu akan disampaikan secara berangsur sampai kepada akhir zaman. Disampaikan bila rasul/penerus rasul sudah dapat menanggung.
Justru ROH KUDUS tidak gagal menyeleksilah maka segala hal yang harus disampaikan itu tidak disampaikan sekaligus. ROH KUDUS menyampaikan hal-hal yang sudah dapat ditanggung rasul/penerus rasul. Dilaksanakan senantiasa sampai kepada akhir zaman.
Jika @jamu menemukan latar simpulan bahwa yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus hanya yang sudah dicatat dalam Alkitab, kemukakan.

2 Tim.3:14 - 15 …
Ayat diatas mengajarkan bahwa Scriptura:
1.Memberi hikmat
2.Menuntun kepada keselamatan
3.Bermanfaat untuk mengajar
4.Untuk menyatakan kesalahan
5.Untuk memperbaiki kelakuan
6.Memperlengkapi segala perbuatan baik
Betul.
Kitab Suci yang dimaksud di ayat itu adalah Perjanjian Lama, menuntun kepada keselamatan, karena berisi nubuatan akan kedatangan Mesias. Walau mengikuti tuntunan Perjanjian Lama, jika menolak Tuhan Yesus Kristus, dibakar.
Tidak kutemukan Sola Scriptura (hanya Alkitab saja) dari ayat tersebut, dan ayat manapun.

Jadi apa yang salah dengan prinsip Sola Scriptura,kok masih kutak katik mencari apa yang tidak tertulis terus sampai sekarang ?
Silahkan dijawab jangan ngeyel terus !
Sola Scriptura salah karena:
- Tidak terdapat ajaran/prinsip Sola Scriptura dalam Scriptura;
- Sola Scriptura muncul 16 abad setelah Tuhan Yesus Kristus naik ke sorga;
- 2 Tim 3:14-15 itu atau ayat-ayat lain manapun dalam Scriptura, tidak menyatakan hanya atau sola Scriptura-lah landasan menggereja bagi pengikut Kristus.

Jika menurut @jamu Sola Scriptura benar, apakah pengikut Kristus yang hidup dari abad I sampai pengkanonan Alkitab (abda IV) tidak punya landasan hidup menggereja? Ketika itu yang ada hanya Perjanjian Lama yang sudah digenapi Tuhan Yesus Kristus, lhoh.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
April 16, 2018, 11:56:19 AM
Reply #323
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2215
Kelihatan kekonyolanmu, @jamu.
Banyak ayat telah kukemukakan di diskusi-diskusi forum ini. Modal @Sotardugur Parreva itu bukan sola satu ayat.
Tampaknya, @jamu meragukan ketuhanan Yesus Kristus. Di Yoh 16:12 dicatat bahwa masih banyak yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul, namun belum dikatakan karena rasul belum dapat menanggungnya. @jamu tahu arti "harus", bukan? Pada yang biru itu, @jamu menggunakan kata "harus". Kunilai, @jamu mengerti arti harus.
Jika Tuhan Yesus Kristus menyatakan, "Masih banyak yang harus Kukatakan..." bagaimana menurut pemahaman jamu? Bolehkah yang harus dikatakan itu tidak dikatakan?
Jika itu belum dikatakan, apa yang hendak ditulis?

Dari dulu ayat itu saja modalmu diulang ulang padahal ditanya mana buktinya ada yg belum ditulis hasilnya nihil alias ngeyel terus sampai sekarang.

Quote
Quote from: jamu on April 16, 2018, 05:46:05 AM
Kalau kamu anggap ada yang belum tertulis tunjukkan dong yg mana itu jangan cuap cuap kosong doang dari dulu tanpa ada buktinya ?
Alkitab itu diinspirasikan ROH KUDUS atau bukan ?
Apakah ROH KUDUS gagal menyeleksi mana perkataan Yesus yang harus ditulis didalam menginspirasikan para Rasul didalam menulis Scriptura ?
Bukan anggapan @Sotardugur Parreva.
Tuhan Yesus Kristus sendiri, menyatakan, "Masih banyak yang harus Kukatakan kepadamu..."
Yang belum dikatakan itu belum ditulis dalam Alkitab, dan hanya nalar jeblok yang menuntut menunjukkan hal yang belum dituliskan.
Pencatatan Alkitab diinspirasi ROH KUDUS, tidak ada bukti bahwa ROH KUDUS hanya sekali menginspirasi lalu selesai. Penyertaan senantiasa kepada akhir zaman, menyiratkan arti bahwa segala sesuatu yang belum dikatakan itu akan disampaikan secara berangsur sampai kepada akhir zaman. Disampaikan bila rasul/penerus rasul sudah dapat menanggung.
Justru ROH KUDUS tidak gagal menyeleksilah maka segala hal yang harus disampaikan itu tidak disampaikan sekaligus. ROH KUDUS menyampaikan hal-hal yang sudah dapat ditanggung rasul/penerus rasul. Dilaksanakan senantiasa sampai kepada akhir zaman.
Jika @jamu menemukan latar simpulan bahwa yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus hanya yang sudah dicatat dalam Alkitab, kemukakan.


Kalau ROH KUDUS tidak gagal mana ajaran yang belum tertulis itu kok sudah ribuan tahun setelah kematian para Rasul sampai sekarang yang ada hanya ajaran palsu bikinan gereja belaka yg penuh keberhalaan ?

Quote
Quote from: jamu on April 16, 2018, 05:46:05 AM
2 Tim.3:14 - 15 …
Ayat diatas mengajarkan bahwa Scriptura:
1.Memberi hikmat
2.Menuntun kepada keselamatan
3.Bermanfaat untuk mengajar
4.Untuk menyatakan kesalahan
5.Untuk memperbaiki kelakuan
6.Memperlengkapi segala perbuatan baik
Betul.
Kitab Suci yang dimaksud di ayat itu adalah Perjanjian Lama, menuntun kepada keselamatan, karena berisi nubuatan akan kedatangan Mesias. Walau mengikuti tuntunan Perjanjian Lama, jika menolak Tuhan Yesus Kristus, dibakar.
Tidak kutemukan Sola Scriptura (hanya Alkitab saja) dari ayat tersebut, dan ayat manapun.

Jadi kalau misalnya tidak menemukan istilah Tritunggal kamu juga tidak percaya ajaran itu ?

Segala macam ajaran sesat milikmu nyg sudah jauh menyimpang dari Alkitab dan berbau berhala kok ditelan bulat bulat saja tanpa mengujinya ada nggak ajarannya di Alkitab ?

Munafik sekali kamu ya.

Sola Scriptura adalah tindakan menguji ajaran pakai Scriptura seperti butir 4...... itu kalau pikiranmu tidak cupat.


Quote
Quote from: jamu on April 16, 2018, 05:46:05 AM
Jadi apa yang salah dengan prinsip Sola Scriptura,kok masih kutak katik mencari apa yang tidak tertulis terus sampai sekarang ?
Silahkan dijawab jangan ngeyel terus !
Sola Scriptura salah karena:
- Tidak terdapat ajaran/prinsip Sola Scriptura dalam Scriptura;
- Sola Scriptura muncul 16 abad setelah Tuhan Yesus Kristus naik ke sorga;
- 2 Tim 3:14-15 itu atau ayat-ayat lain manapun dalam Scriptura, tidak menyatakan hanya atau sola Scriptura-lah landasan menggereja bagi pengikut Kristus.

Jika menurut @jamu Sola Scriptura benar, apakah pengikut Kristus yang hidup dari abad I sampai pengkanonan Alkitab (abda IV) tidak punya landasan hidup menggereja? Ketika itu yang ada hanya Perjanjian Lama yang sudah digenapi Tuhan Yesus Kristus, lhoh.

Siapa bilang Sola Scriptura ajaran ?

Kamu memang bebal walau itu adalah prinsip menguji ajaran bukan suatu ajaran baru.

Kalau menguji ajaran dengan Scriptura apanya yang salah ?

Pasti ngeyel lagi jawabannya !
June 20, 2018, 05:35:01 AM
Reply #324
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2194
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Jangan terlalu terburu-buru mengatakan partisipan lain salah.
Bagaimana penangkapan @Big bee terhadap Yoh 16:12 ini?
Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.  Menurut penangkapan @Big bee, apakah ayat itu tidak berarti apa-apa, sehingga @Big bee menuliskan Semua ajaran Tuhan Yesus sdh dicatat dlm Alkitab?
Perkataan Tuhan Yesus Kristus sendiri dicatat bahwa masih banyak yang harus dikatakan-Nya, tetapi belum dikatakan karena rasul belum sanggup menanggung. Emang siapa @Big bee hingga berani mengedit perkataan Tuhan Yesus Kristus?
Sedangkan Yesus sendiri tidak mengatakannya tetapi kamu ujug ujug mau lebih hebat dari Yesus mengatakan apa yang tidak pernah dikatakan dan tidak ada dasar kebenaran Alkitabnya ?
Siapa anda ?
Lhoh, @jamu itu mengerti dengan apa yang @Sotardugur Perreva tulis, tidak?
Kalo nggak ngerti, tanyakan, bagian mana yang @jamu nggak ngerti, agar tidak bolak-balik kujelaskan. Jangan pelihara bebal.
Pada Reply#319 sudah kusampaikan bahwa Yoh 16:12 ialah perkataan Tuhan Yesus Kristus yang vmenyatakan bahwa masih banyak hal yang harus dikatakanNya kepada rasul, namun belum dikatakan karena rasul belum sanggup menanggung.
Ada yang tidak @jamu mengerti dari situ?
Walaupun reply itu bukan kutuliskan untuk @jamu, boleh juga @jamu baca, karena pertanyaanmu meng-quote posting-aku, yang juga di-quote oleh @Big bee.

Selamat belajar meningkatkan kemmpuan nalar.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 20, 2018, 05:53:24 AM
Reply #325
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2194
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
karena pengulangan ga perlu dicatat lagi?
udah jelas ada kitab yang namanya Ulangan :)
isinya ya mengulang yang sudah dicatat sebelumnya
ada juga Tawarikh
Masbro sadar gak kl itu lg bicarain PB? :)
Jgn kecepetan nyamber, nalarnya jd g jalan.
Bagaimana ceritanya hingga @Big bee menganggap di PB terjadi pengulangan yang tidak perlu dicatat?
Itu juga inspirasi trit yang @Big bee bangun itu, yang justru hanya mempermalukan dirimu itu, bukan?
Kau bangun trit dengan judul Maksud Sebenarnya Yohanes 21:25, kau kutip ayat Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus,... Di ayat tercatat banyak hal-hal lain lagi (berbeda-beda, tidak sama), tetapi kau artikan pengulangan (yang sama). Mosok di Alkitab tertulis yang lain kau artikan yang sama maka diulang. Itu berarti kau sok merasa jadi Tuhan, kau bangun trit "Maksud sebenarnya..." dari suatu ayat.
Preeet.
Kau rubah yang lain menjadi yang berulang, kau jago-jagoan bilang arti sebenarnya.

Salam mengasah otak.
« Last Edit: June 20, 2018, 05:36:09 PM by Sotardugur Parreva »
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 20, 2018, 06:13:55 AM
Reply #326
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2194
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Ajaran api penyucian dan surat indulgensi merupakan satu paket komoditas rohani untuk fund rising membangun Gedung Gereja (Basilika).
Kalau @jamu nggak tahu sesuatu, jangan tampil sok tahu. Itu mempermalukan diri sendiri.
Sampai akhir zaman, api penyucian tetap ada walau kau dan kelompokmu tidak mempercayainya. Tidak semua pengikut Kristus mati dalam kondisi suci, sangat banyak pengikut Kristus yang mati dalam kondisi tercemar oleh dosa. Dosa tidak ada di sorga. Maka, agar seorang yang mati dalam keadaan tercemar bisa masuk ke dalam sorga, dosa yang mencemari orang tiu harus disucikan lebih dahulu.
Bisa kau tangkap?
Tentang Surat Pengampunan Dosa, Gereja tidak pernah mengeluarkan Surat Pengampunan Dosa. Tetapi, memang pernah ada oknum Penggiat Gereja (Klerus) yang menjual Surat Pengakuan Dosa. Itu adalah kesalahan. Dan sudah dihentikan, karena sejak semula memang tidak ada Surat Pengampunan Dosa.
Bisa kau tangkap?

Quote
Neraka adalah tempat yang kekal jadi tidak cocok untuk program penjualan surat indulgensi maka perlu ada terminal sementara yang namanya api penyucian.
Silahkan belajar kalau mau mengetahui suatu hal. Jangan sok tahu, jangan mempercayai ajaran dari orang yang tidak kompeten. Ajaran Katolik silahkan pelajari dari Katolik.

Quote
Makanya Martin Luther pernah bilang begitu uang logam berdenting di kas Gereja maka keluarga ybs loncat dari api penyucian ke Surga.
Apa yang dikatakan itu tidak menyangkut ajaran Gereja, tetapi pernyataan dari seorang Klerus, yang bukan ajaran Gereja.
Jangan pelihara kebebalan dalam otakmu yang super mini itu.

Quote
Lengkap sudah paket komoditas rohani tsb tetapi sayangnya praktek korup ini sudah diwanti wanti jauh sebelumnya oleh Rasul akan bahayanya :
1 Korintus 10:24 Jangan seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.
2 Korintus 2:17   Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.
Dan lengkap juga kekonyolanmu yang menyampaikan hal yang sama sekali tidak kau mengerti. Tapi kau nekat tampil seolah mengerti, bahkan sudah dijelaskan juga tidak kau perduli. Kebebalan sudah mematri otakmu, tidak mampu menalar apa yang disampaikan partisipan lain, dan konyolmu, kau masuk forum diskusi. Masuk forum diskusi tanpa menelaah apa yang disampaikan partisipan lain, itu hanya bermodal kebebalan.

Salam mengasah otak.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 20, 2018, 06:42:49 AM
Reply #327
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2194
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Kekonyolan masih merajalela di benakmu @jamu.
Sampai sekarang, belum kutemukan adanya Alkitab jlid 2. Jika @jamu menemukannya, infokan agar menjadi pengetahuan bersama.
@Sotardugur Parreva itu bukan rasul atau penerus rasul, maka tidak memiliki kompetensi mengutak-atik Alkitab, untuk mengurang atau menambah.
Hanya pihak yang merasa diri rasul saja yang dengan gagah berani mengurangi Alkitab pada abad XVI, padahal Alkitab sudah dikanon pada abad IV. Dan pengikut orang itu sangat banyak.
Sependek penangkapan @Sotardugur Parreva, yang diberi otoritas mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus adalah rasul, bukan semua pengikut Kristus. Tuhan Yesus Kristus memanggil 11 rasul ke Bukit Galilea, dan kepada mereka diberikan kewenangan mengajar, dan dijanjikan senantisa disertai sampai kepada akhir zaman. Kemudian, dikisahkan pula di Kisah Para Rasul bahwa Saulus 'ditangkap' oleh Tuhan Yesus Kristus dan dijadikan alat-Nya mengajarkan Injil, dan namanya diganti menjadi Paulus.
Menurut pendapatku, karena yang belum dikatakan Tuhan Yesus Kristus masih banyak, itu dikatakan jika rasul sudah dapat menanggung, tidak dikatakan sekaligus. Itu akan berangsur-angsur dikatakan sampai kepada akhir zaman. Karena para rasul sudah meninggal, maka untuk melengkapi segala sesuatu yang akan dikatakan itu, disampaikan kepada penerus rasul.
Dari dulu modalmu hanya mengutip satu ayat saja seolah olah masih ada perkataan Yesus yang belum tertulis makanya saya tanyakan :
Apakah semua perkataan Yesus itu harus tertulis atau yang penting saja yang harus ditulis ?
Dan yang dari dulu itu belum pernah kau tanggapi secara tuntas. Lagi, dan lagi, setelah lagi dan lagi kebebalanmu menuliskan hal yang tidak kau mengerti.

Quote
Kalau kamu anggap ada yang belum tertulis tunjukkan dong yg mana itu jangan cuap cuap kosong doang dari dulu tanpa ada buktinya ?
Nah, lhoh. Konyol, kan?
Bagaimana menunjukkan hal yang belum diajarkan sehingga belum dituliskan? Kurang-kurangi kebebalanmu itu, @jamu.

Quote
Alkitab itu diinspirasikan ROH KUDUS atau bukan ?
Iya.
Dicatat di Alkitab perkataan Tuhan Yesus Kristus, Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

Quote
Apakah ROH KUDUS gagal menyeleksi mana perkataan Yesus yang harus ditulis didalam menginspirasikan para Rasul didalam menulis Scriptura ?
Kuimani tidak gagal.
@jamulah yang gagal memahaminya. Yoh 16:12 sudah dicatat. @jamu hendak memaksakan agar semua yang dikatakan Tuhan Yesus Kristus sudah dicatat di Alkitab.

Quote
2 Tim.3:14 - 15 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu. Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik
Ternyata, @jamu belum berkhikmat sama sekali. Hanya bermodalkan kebebalan, mendapat ajaran Katolik dari yang bukan Katolik, maka menyimpulkan seenak perut.

Quote
Ayat diatas mengajarkan bahwa Scriptura:
1.Memberi hikmat
Setuju.
Quote
2.Menuntun kepada keselamatan
Setuju jika Alkitab dibaca dan ditafsir secara benar.
Quote
3.Bermanfaat untuk mengajar
Betul. Dan Tuhan Yesus Kristus tidak meninggalkan Alkitab sebagai bahan ajar rasul kepada jemaat.
Quote
4.Untuk menyatakan kesalahan
Beb..beb... betul.
Maka, jika dicatat di Alkitab masih banyak yang belum dkatakan Tuhan Yesus Kristus, maka mereka yang menyimpulkan bahwa yang hendak dikatakan Tuhan Yesus Kristus hanya yang tercatat di Alkitab, adalah salah.
Quote
5.Untuk memperbaiki kelakuan
Jika Alkitab ditafsir secara benar dan ditaati.
Quote
6.Memperlengkapi segala perbuatan baik
Oke, boleh.

Quote
Jadi apa yang salah dengan prinsip Sola Scriptura,kok masih kutak katik mencari apa yang tidak tertulis terus sampai sekarang ?
Silahkan dijawab jangan ngeyel terus !
Sola Scriptura tidak dicatat di Alkitab. Itu adalah prinsip yang diajarkan orang yang merasa diri rasul, berabad-abad setelah kematian, kebangkitan dan kenaikan Tuhan Yesus Kristus.
Itu jawabannya lagi.
« Last Edit: June 20, 2018, 06:51:13 AM by Sotardugur Parreva »
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
June 20, 2018, 08:44:28 AM
Reply #328
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
  • Denominasi: Kristen
Api penyucian itu hanya opsi bagi mereka yg tdk yakin akan keselamatannya,
Padahal didlm Yesus ada kepastian akan keselamatan.
Yg tdk yakin artinya tdk percaya Yesus . . . .
June 20, 2018, 06:15:40 PM
Reply #329
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2194
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Api penyucian itu hanya opsi bagi mereka yg tdk yakin akan keselamatannya,
Padahal didlm Yesus ada kepastian akan keselamatan.
Yg tdk yakin artinya tdk percaya Yesus . . . .
Di dalam Yesus ada keselamatan, betul.
Karena itu, bagi mereka yang mengerti, akan datang kepada Tuhan Yesus Kristus melalui cara masuk menjadi bagian dari Tubuh Kristus. Setelah masuk menjadi bagian dari Tubuh Kristus, orang itu mau menerima pengajaran rasul yang diajarkan oleh penerus rasul. Bukan sok tahu seolah mengerti ajaran Kristus yang dipercayakan untuk diajarkan oleh rasul, yang setelah rasul meninggal maka pengajaran dilaksanakan oleh penerus rasul. Tuhan Yesus Kristus tidak meninggalkan Alkitab sebagai bahan ajar para rasul.

Api penyucian itu opsi?
@Big bee mengerti apa yang @Big bee tulis?
Menurut pengertian @Big bee, apa arti opsi?
Kenapa @Big bee menyatakan api penyucian itu opsi?

Bukankah 1 Pet 1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya, memberi arti pada benakmu yang mungil bahwa kemurnia emas diuji dengan api, maka kemurnian iman seseorang harus diuji dengan sesuatu yang seperti api?
Bukankah 1 Kor 3:15 Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api, memberi pengertian kepada benakmu yang mungil bahwa pengakuan dan pekerjaan seseorang yang didorong oleh iman percayanya harus diuji dengan hal sejenis api untuk memperoleh hasil akhir yang murni?

Pernahkah @Big bee membaca 1 Kor 3:18 Janganlah ada orang yang menipu dirinya sendiri. Jika ada di antara kamu yang menyangka dirinya berhikmat menurut dunia ini, biarlah ia menjadi bodoh, supaya ia berhikmat ini? Kayaknya belum pernah, ya? Atau, sudah pernah namun tidak @Big bee cermati.
Sebab, jika itu @Big bee cermati, niscaya @Big bee tidak akan memegahkan diri seolah @Big bee adalah manusia paling berhikmat. :D

Salam mengasah otak.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)