Author Topic: Allah dan Tuhan, samakah?  (Read 13706 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 26, 2014, 07:52:54 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Buset, masih saja menggunakan Alktab salah terjemah!


Ngomong Alkitab saja ngga becus.
ha ha ha ha

Alktab..ha ha ha

Makanya fokus.

"Tuhan" yg saya maksud di sini adalah "kurios" (Lord) bukan Allah (God).

1 Kor 8:6   namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan (kurios) saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Rumahmu dekat apotik?

Pastikan mereka punya cerebrovit obat penguat otak.
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
November 26, 2014, 08:00:34 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal


Bukan! Yesus bukan Allah!

Salah! Anak Tuhan kok anda bilang Tuhan,

Tuhan itu kan Bapa,

masakah Anak dan Bapa anda bilang sama??

Ya dong! Bapa itulah Tuhan!

salem.

Makanya saya suruh FOKUS!!

Yang saya tanya justru jika B bermasalah apakah A juga mengalami masalah?

Ini ayat dasarnya:

1 Kor 8:6   namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan (kurios) saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Pertanyaan saya, kalau satu Allah yaitu Bapa berarti selain Bapa tidak ada Allah lain, apakah anda setuju, kalau satu Tuhan (tuan yang disembah/kurios/Lord) berarti selain Anak, tidak ada Tuhan lain?

Kalau anda setuju, bagaimana anda bisa jawab ini,

Matius 11:25   Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan (kurios) langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.
« Last Edit: November 26, 2014, 08:05:38 AM by CosmicBoy »
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
November 26, 2014, 09:30:06 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
  • Denominasi: nonvenom
Ngomong Alkitab saja ngga becus.
ha ha ha ha

Alktab..ha ha ha

Makanya fokus.

"Tuhan" yg saya maksud di sini adalah "kurios" (Lord) bukan Allah (God).

1 Kor 8:6   namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan (kurios) saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Rumahmu dekat apotik?

Pastikan mereka punya cerebrovit obat penguat otak.

sombongnya bukan main, salah ketik aja dipersoalkan,

sudah habis bahan ya?

kalau sudah habis tinggal diam dan menyimak saja Bro,

salem.
November 26, 2014, 09:58:22 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Anda iini gak ada matinya,

sudah dibilang Alkitab versi anda itu salah terjemah, masih ngotot saja,

apa yang mesti saya jawab?

itulah jawaban saya: Alkitab terjemahan anda salah.

Pakai ISA 2.1.5 bahasa original interlinear langsung.

sudah tahu originalnya Kurios, masih saja anda ngotot terjemahan: Tuhan,

itulah anda itu TIDAK fokus, bukan saya yang tidak fokus!

salem.

Kita bicara kurios dalam konteks/theologi Al-Kitab.

Kurios memiliki 3 pengertian.

Arti pertama, kurios digunakan untuk menggantikan nama YHWH. Terjemahan Indonesianya, TUHAN (PL) dan Tuhan (PB).

Arti kedua, kurios ialah Jabatan Anak Allah, Yesus Kristus. Terjemahan Indonesianya bisa Tuhan, bisa tuan tergantung konteksnya. Kalau konteks mengacukan kepada keilahian Yesus, maka diterjemahan dengan kata "Tuhan" yg membawa maksud 'tuan yang disembah'. Kalau konteks membawa maksud penghormatan, maka diterjemahkan dengan kata 'tuan' yang membawa maksud 'tuan yang dihormati'.

Arti ketiga, kurios ialah jabatan kehormatan. Terjemahan Indonesianya ialah 'tuan'. Apabila konteks membawa maksud hormat dan mengacu kepada manusia yg memiliki jabatan (majikan, pegawai dsb), maka diterjemahkan dengan kata 'tuan' saja.

Ayo pada sadar… lagumu itu sama kayak siz (El, Eloah, ELOHIM, Ha El, Ho Theos, Theou, tin, tun, tan. ton hahaha)...(atau bro siz yang nyontek kamu?).
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
November 26, 2014, 10:15:06 AM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
sombongnya bukan main, salah ketik aja dipersoalkan,

sudah habis bahan ya?

kalau sudah habis tinggal diam dan menyimak saja Bro,

salem.

Saya saja baca komentarnya kamu sudah males banget..

Btw, gimana nih masalah 1 Kor 8:5…?

Betulkah Anak itu satu2nya kurios bermaksud Bapa bukan kurios..(sila bandingkan pernyataan Bapa satu2nya Allah bermaksud Anak bukan Allah)?
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
November 26, 2014, 11:07:31 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Kalau mau meladeni tolool sih gampang,..

Kalau dia tanya apakah Bapa itu satu-satunya Tuhan/kurios,.. ya di tanya balik saja lah.. apakah menurut 1 Kor 8:5, Anak itu satu-satunya Tuhan..

Nah, sifat si tolool ini ngga mau jawab pertanyaan orang tapi maunya nanya balik hal yang sama,…

Gitu..

Ha ha ha..
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
November 26, 2014, 12:24:39 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
1Co 8:6  namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus,

Alkitab ISA 2.1.5
1 Korintus 8:6 Theos = Tuhan, dan Kurios = Tuan,

Tuhan yaitu Bapa, dan Tuan yaitu Anak,

Alkitab LAI Allah dan Tuhan,
Mana ada terjemahan bahasa indonesia dlm [Interlinear Scripture Analyzer 2.1.5] ?


pertanyaannya apakah 'Allah' dan 'Tuhan' artinya sama?

terimakasih,

salem.
IMO: the distinguishing attributes that differentiate between them is that:
1. [Tuhan] = generally denotes the authority or the exalted position of God, stresses man's relationship to God as his Master, Authority, and Provider.. so the name "Tuhan" affirms the elevated position of authority and rulership of God

2. [Allah] = expresses concepts of creative divinity, emphasizing God's might, His creative power.. so the name "Allah" refers to Him as the Creator who interacts with and reveals Himself to His creation.
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
November 26, 2014, 12:33:33 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Lanjutan


Ayat 1Co 8:6 itu mematahkan konsep tolool atas Yoh 17:3.

St John Chrysostom:
If you say, "Because it is said 'One God,' therefore the word God does not apply to the Son;" observe that the same holds of the Son also.
For the Son also is called "One Lord," yet we do not maintain that therefore the term Lord applies to Him alone.
So then, the same force which the expression "One" has, applied to the Son, it has also, applied to the Father.
And as the Father is not thrust out from being the Lord, in the same sense as the Son is the Lord, because He, the Son, is spoken of as one Lord; so neither does it cast out the Son from being God, in the same sense as the Father is God, because the Father is styled One God.

Now if any were to say, "Why did he make no mention of the Spirit?"
Our answer might be this: His argument was with idolaters, and the contention was about "gods many and lords many."
And this is why, having called the Father, God, he calls the Son, Lord.
If now he ventured not to call the Father Lord together with the Son, lest they might suspect him to be speaking of two Lords; nor yet the Son, God, with the Father, lest he might be supposed to speak of two Gods: why marvel at his not having mentioned the Spirit?
His contest was, so far, with the Gentiles: his point, to signify that with us there is no plurality of Gods.
Wherefore he keeps hold continually of this word, "One;" saying, "There is no God but One; and, to us there is One God, and One Lord."
From which it is plain, that to spare the weakness of the hearers he used this mode of explanation, and for this reason made no mention at all of the Spirit.
For if it be not this, neither ought he to make mention of the Spirit elsewhere, nor to join Him with the Father and the Son.
For if He be rejected from the Father and Son, much more ought He not to be put in the same rank with them in the matter of Baptism; where most especially the dignity of the Godhead appears and gifts are bestowed which pertain to God alone to afford.
Thus then I have assigned the cause why in this place He is passed over in silence.
Now do thou if this be not the true reason, tell me, why He is ranked with Them in Baptism?
But you can not give any other reason but His being of equal honor.
At any rate, when he has no such constraint upon him, he puts Him in the same rank, saying thus:
2Cor 13:14 "The grace of our Lord Jesus Christ, and the love of God and the Father, and the fellowship of the Holy Ghost, be with you all:"
and again,
2 Cor 12:4 "There are diversities of gifts, but the same Spirit: and there are diversities of administrations, but the same Lord; and there are diversities of workings but the same God."
But because now his speech was with Greeks and the weaker sort of the converts from among Greeks, for this reason he husbands it (ταμιεύεται) so far.
And this is what the prophets do in regard of the Son; no where making mention of Him plainly because of the infirmity of the hearers.



Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
November 26, 2014, 01:13:26 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
apakah anda mau termasuk super tolool,

anda baca aja reply members itu bagaimana?

itukan sudah kelewatan bebalnya!

anda sendiri masih waras bilang Allah = Tuhan,

kenapa mereka masih mendebatkannya??

bukankah itu namanya lebih tolool daripada saya?

benar gak?

salem.
Jika seluruh kata 'God' pada terjemahan inggris ISA 2.1.5  lu terjemahkan sbg ;Tuhan',
dan seluruh kata 'Lord' pada terjemahan inggris ISA 2.1.5  lu terjemahkan sbg 'tuan'

Maka:
1. Di alkitab lu gak ada kata [Allah] dong ? kalo ada ayat yg mana dan berdasar kata apa dlm bahasa inggris/yunani  ?
2. Jika sampe wa bisa tunjukkan ayat dimana ada kata 'Lord' yg merujuk pada Person Bapa, yakin lu gak bakalan mencla-mencle ?
3. Jika sampe wa bisa tunjukkan ayat dimana ada kata 'Lord' yg merujuk pada Person ROH KUDUS, yakin lu gak bakalan mencla-mencle ?

 :azn:

Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
November 26, 2014, 01:56:45 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
pertanyaannya apakah 'Allah' dan 'Tuhan' artinya sama?
>>>
apakah anda mau termasuk super tolool,

anda baca aja reply members itu bagaimana? itukan sudah kelewatan bebalnya!

anda sendiri masih waras bilang Allah = Tuhan,

kenapa mereka masih mendebatkannya??

bukankah itu namanya lebih tolool daripada saya?

benar gak?
kalau lu gak mengharapkan jawaban ya gak usah tanya dan gak usah buka trit omongin [arti kata Tuhan dan Allah] sehingga gak ditanggapi.
kalau lu gak mampu bertukar argumen dgn orang yg berbeda pendapat dgnmu ya lu duduk manis aja nyimak dgn sabar..

Lu sich kebiasaan, pertanyan wa belum kamu jawab, kamu orang malah marah2 dan minta tritnya di closed...
coba peliksa ke doktor dulu laaa

 ;D

« Last Edit: November 26, 2014, 01:58:48 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)