Author Topic: Lagu sekuler dilantunkan pada ibadah gereja  (Read 4355 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 13, 2015, 09:33:38 PM
Reply #50
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1381
kalau mendengarkan musik2 dari alat2 tradisional seperti gamelan yg mengiringi upacara adat di bali atau gamelan yang mengiringi reog ponorogo sepertinya ada nuansa supranatural, soalnya bulu kuduk jadi meremang. bukankah suara2 gamelan tersebut ditujukan untuk berhubungan dengan arwah2 seperti di reog ponorogo. seperti ada roh nya gitu.  ini sense thd roh apa emang ada roh beneran yg mempengaruhinya ?  sepertinya sama juga dengan lagu2 gereja tertentu, yg kalau didengerin bikin bulu kuduk meremang.  :rolleye0014:
February 25, 2015, 10:45:15 AM
Reply #51
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 83
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
musik itu misteri karena dapat mempengaruhi pikiran dan jiwa. makanya kalu di film itu kalu gak ada musiknya gak ada yang bisa dipengaruhi. Makanya di gramedia atau di toko2 buku bahkan di pusat perbelanjaan musik selalu terdengar. Karena dengan musik maka orang akan terpengaruh.
Jual Buku2 Bambang Noorsena
1. The History of Allah - 73.000
2. Telaah Kritis Injil Barnabas - 62.000
3. Menyongsong sang Ratu Adil - 89.000
4. Menuju Dialog Kristen - Islam - 43.000

Untuk pemesanan buku hubungi
0813-560-54654 / pin bb : 5AE747EF
atau email ke : el124r_n@yahoo.co.id.
March 31, 2015, 12:14:03 PM
Reply #52
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Denominasi: Reformed Injili
menurut saya musik adalah seni yang paling indah yang Tuhan izinkan boleh kita nikmati dan kita pakai untuk memuji Tuhan. Seni membuat patung atau lukisan mungkin agak sulit kalo kita pakai untuk memuji Tuhan di dalam gereja. "Mari kita memuji Tuhan dengan membuat patung daud di dalam gereja!" ya kali masbro -_-

"Musik yang mulia, setelah Firman Allah, adalah harta yang paling tinggi di bumi. Ia memerintah semua pikiran, akal budi, hati dan keberanian". -Martin Luther

Martin Luther mengatakan Firman Tuhan adalah sesuatu yang paling mulia, selanjutnya adalah Musik yang mulia. kenapa musik yang mulia karena dapat memerintah semua pikiran, akal budi, hati dan kebenaran. Firman Tuhan membawa kita kembali kepada Tuhan dan kebenarannya. Musik yang mulia harus membawa semua pikiran, akal budi, hati dan keberanian kepada Tuhan. itulah kenapa kita menggunakan musik sebagai seni yang mulia untuk memuji Tuhan.

Tidak semua musik itu menuju kepada kebenaranNya. setiap musik yang ada di dalam gereja harus diuji, apakah sesuai dengan FT dan membawa pikiran, akal budi, hati dan keberanian kita kepada Tuhan? Banyak musik2 di dalam gerja saat ini enak didengar, masuk akal terhadap logika kita, merangsang emosi hati kita, apakah dengan musik seperti itu membawa kepada Tuhan? jawabannya TIDAK.

terkadang kita  menyukai musik karena menyenangkan DIRI bukan menyenangkan TUHAN. Banyak dari kita yang tidak bisa membedakan menyenangkan DIRI dengan menyenangkan TUHAN pada saat memuji Tuhan. Jika kita menyukai musik dan kita senang dengan musik pujian tersebut, apakah TUHAN senang juga? Jika TUHAN menerima pujian yang mulia tapi kita tidak senang dengan musik tersebut, apakah hal ini mungkin terjadi?

Mereka yang mempelajari seni musik secara mendalam, mereka mengerti dan mengetahui musik seperti apa yang memiliki kualitas yang tinggi dan mulia serta musik seperti apa yang memiliki kualitas rendah dan remeh. Tidak semua musik sama. Musik yang indah dan berkualitas lah yang harusnya kita persembahkan kepada Tuhan. kita harus memberikan terbaik dengan sepenuh hati? apakah ini benar? Jika kita memberikan yang dengan sepenuh hati tetapi ternyata musik yang kita nyanyikan bukanlah musik yang berkualitas dan remeh, apakah Tuhan akan senang?

Jadi musik yang mulia, yang menyenangkan Tuhan, yang berkualitas itu seperti apa? musik HYMN. kenapa? karena menurut saya itu adalah musik yang teruji oleh zaman, mampu bertahan ratusan tahun karena saya percaya ada turut campur tangan Tuhan dalam menjaga musik2 yang berkualitas. lagu2 HYMN memnuhi kriteria seni yang terbaik, mulia, dan dicptakan dengan pergumulan bersama Tuhan yng tidak sembarang, dan TUHAN tetap pelihara meskipun zaman ini mulai mengikisnya.

lagu2 HYMN adalah seni yang berkualitas tinggi, hanya saja sekarang gerja tidak pernah mau mengerti dan mempelajarinya dan gereja2 sudah meninggalkannya karena tidak sesuai dengan zaman. Ingin sesuai dengan zaman sekarang, berarti ingin menyenangkan zaman di dalam dunia ini, dan mengikuti zaman. Jika zaman ini lewat, maka musik pada zaman ini  akan berlalu dan dilupakan.

menurut saya situs pujianbaru.blogspot.com adlah salah satu cara bagaimana kita boleh belajar dan mencoba mengerti seperti apa musik HYMN tersbut.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)