Author Topic: Mengapa Yesus mengatakan bahwa Suara/Rupa Bapa tidak pernah terdengar/terlihat?  (Read 3015 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 11, 2015, 12:34:26 AM
Reply #40
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 113
A: percayakah anda kalo princess diana adalah ibu kandung pangeran harry?
B: lebih mudah anda membuktikan kepada saya kalo princess diana bukan ibu kandung pangeran harry

...
ingat bro, alkitab juga banyak sekali perumpamaan2 loh..ntar jangan2 dibilang berbelit belit lagi hehe

"Lebih mudah Anda membuktikan kepada saya Yesus bukan Tuhan dan Yesus bukan Anak Manusia"
Semoga menjadi renungan
« Last Edit: January 11, 2015, 12:38:13 AM by SoYouThinkYouKnowAll? »
January 11, 2015, 01:10:40 AM
Reply #41
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
A: percayakah anda kalo princess diana adalah ibu kandung pangeran harry?
B: lebih mudah anda membuktikan kepada saya kalo princess diana bukan ibu kandung pangeran harry

...
ingat bro, alkitab juga banyak sekali perumpamaan2 loh..ntar jangan2 dibilang berbelit belit lagi hehe

"Lebih mudah Anda membuktikan kepada saya Yesus bukan Tuhan dan Yesus bukan Anak Manusia"
Semoga menjadi renungan
Apa memang seperti ini ya karakter orang2 yang beragama?

Yesus tidak pernah belat-belit seperti sodara!
Yesus itu tegas dan jelas.... Ya, ya; Tidak, tidak.

Salam,
January 11, 2015, 01:21:38 AM
Reply #42
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 113
Hehe, jangan ngambek gitu dong bro kalo ga paham :)
#Amsal 29:11 "Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak akhirnya meredakannya."

#Amsal 29:22 "Si pemarah menimbulkan pertengkaran, dan orang yang lekas gusar, banyak pelanggarannya."

#Amsal 14:29 "Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan."

Ntar didoakan deh supaya diberikan hikmat yang lebih ya bro hehehehe
January 11, 2015, 01:34:28 AM
Reply #43
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Hehe, jangan ngambek gitu dong bro kalo ga paham :)
#Amsal 29:11 "Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak akhirnya meredakannya."

#Amsal 29:22 "Si pemarah menimbulkan pertengkaran, dan orang yang lekas gusar, banyak pelanggarannya."

#Amsal 14:29 "Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan."

Ntar didoakan deh supaya diberikan hikmat yang lebih ya bro hehehehe
Apakah sodara percaya bahwa Yesus adalah TUHAN (YHWH) yang menjadi Anak Manusia?

Mat. 5:37   Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.


Salam,
January 11, 2015, 06:58:19 AM
Reply #44
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 113
Ni bro, saya ajarin salah satu contoh melihat ayat secara keseluruhan:
Matius 5:36-37  janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun.
Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Jadi sebenarnya ayat ini lebih menekankan agar kita jangan bersumpah demi nama apapun, jika ya katakan ya, jika tidak ya tidak. Menjawab melalui perumpamaan tidak salah loh bro, karena makna ya dan tidak terkandung di dalamnya, tergantung sejauh mana anda menangkap pesan dari perumpamaan tsb hehehehe

Who is Jesus?
He is SON, He is Prophet, He is Teacher, He is The Sacred, He is God.

Ni biar lebih jelas:
Anda: Apakah engkau percaya Yesus adalah Tuhan yg menjelma jadi manusia?
Saya: Engkau sendiri telah mengatakannya
Amen
« Last Edit: January 11, 2015, 07:05:11 AM by SoYouThinkYouKnowAll? »
January 11, 2015, 08:53:03 AM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Bro.oda,...
Dalam konteks Yoh. 6:46 sudah sangat jelas maksudnya seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, yaitu yang secara utuh dapat terbaca kalimatnya sbb:
Yoh. 6:46   Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa [ei mē ho ōn para tou Theou (εἰ μὴ ὁ ὢν παρὰ τοῦ Θεοῦ)] jika bukan Theou (YHWH) sendiri, Dialah yang telah melihat Bapa.
makanya saya tanya ini, vbn :

dari mana vbn dapet kosakata "sendiri" ?
mengapa vbn ilangin kosakata "para" (from) ?

Quote
Sebab, konteks Yoh. 6:46 tersebut sama pengertiannya dengan pernyataan Yoh. 1:18 yang mengatakan:
Yoh. 1:18   Tidak seorangpun yang pernah melihat Theon; tetapi satu-satunya Turunan Ho Theos (Theou), yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
belon tentu loh vbn ... :char11:

Di Yohanes 1:18 menggunakan kosakata "monogenes" disertai kalimat "who is IN the bosom of the Father".

Lalu katanya: "Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah."

Harus ada orang yang melihat Allah utk bisa menyatakan Yesus duduk disebelah kanan Allah

terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."

Harus ada orang yang mendengar suara tersebut untuk bisa menyatakan ayat diatas.

:)
salam.
January 11, 2015, 08:57:39 AM
Reply #46
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Gini bro, kenapa sih ga ada seorangpun dapat melihat Allah? Karena Allah itu kudus dan manusia itu sungguh berdosa! Masih inget kan cerita Musa di semak belukar, dimana Tuhan menyuruh Musa bersembunyi, karena jika Musa melihat Allah maka Musa akan mati. Yesus itu Anak, Tuhan, dan Allah sendiri. Justru karena manusia gabisa kontak langsung dengan Allah, makanya kepenuhan ilahi dinyatakan dalam pribadi Yesus supaya barangsiapa yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.
FYI,
di point of view vbn : Allah yang diliat oleh Musa itu adalah Yesus... bukan Bapa :)
January 11, 2015, 09:26:42 AM
Reply #47
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
FYI,
di point of view vbn : Allah yang diliat oleh Musa itu adalah Yesus... bukan Bapa :)

Menurut ajaran vbn, YHWH (TUHAN) di PL adalah Yesus/Anak yang menjadi Manusia di PB.
Bapa tak pernah muncul/ada di sepanjang sejarah manusia.
Bapa hanya disingkapkan/dinyatakan Anak di PB dan nama-Nya ialah "Abba".
Itu menurut vbn lho...
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
January 11, 2015, 10:30:11 AM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Ni bro, saya ajarin salah satu contoh melihat ayat secara keseluruhan:
Matius 5:36-37  janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun.
Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Jadi sebenarnya ayat ini lebih menekankan agar kita jangan bersumpah demi nama apapun, jika ya katakan ya, jika tidak ya tidak. Menjawab melalui perumpamaan tidak salah loh bro, karena makna ya dan tidak terkandung di dalamnya, tergantung sejauh mana anda menangkap pesan dari perumpamaan tsb hehehehe

Who is Jesus?
He is SON, He is Prophet, He is Teacher, He is The Sacred, He is God.

Ni biar lebih jelas:
Anda: Apakah engkau percaya Yesus adalah Tuhan yg menjelma jadi manusia?
Saya: Engkau sendiri telah mengatakannya
Amen
Makanya, pertanyaan yang prinsip dan yang memerlukan jawaban yang prinsip pula, sodara harus to the point menjawabnya...... jangan malu-malu!

Sebab, Yesus mengatakan:

Luk. 12:8-9   Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat TUHAN. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal di depan malaikat-malaikat TUHAN.


Salam,
January 11, 2015, 11:25:39 AM
Reply #49
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
makanya saya tanya ini, vbn :

dari mana vbn dapet kosakata "sendiri" ?
mengapa vbn ilangin kosakata "para" (from) ?
Kosa kata 'para' tidak pernah saya hilangkan kok bro.... malahan saya pertegas dalam satu pengertian: "dari TUHAN sendiri"

belon tentu loh vbn ... :char11:

Di Yohanes 1:18 menggunakan kosakata "monogenes" disertai kalimat "who is IN the bosom of the Father".
Untuk dapat memahami arti suatu kata dengan tepat dan benar, maka kata tersebut harus tersusun --terlebih dahulu-- ke dalam suatu kalimat.
Jika kata sudah tersusun ke dalam sebuah kalimat (yang terdiri dari kata-kata), maka secara otomatis, susunan kata-kata tsb akan membentuk pengertian kata yang dimaksud.

Secara kata, definisi monogenes adalah only begotten/tunggal.
Oleh sebab itu tidak salah jika pengertian dalam sebuah kalimat menjadi "SATU-SATUNYA".
Dimana pengertian "SATU-SATUNYA" ini juga adalah berdasarkan fakta, bahwa TUHAN hanya ada SATU-SATUNYA (TUNGGAL), tidak ada yang lain.

Terus mengenai pengertian kalimat "who is IN the bosom of the Father" ini sangat mendukung pengertian TUHAN (YHWH) Yang Esa, dimana TUHAN (YHWH) menyatu/bersatu dengan Bapa, seperti Yesus katakan:

Yoh. 10:30   Aku dan Bapa adalah satu."

Lalu katanya: "Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah."

Harus ada orang yang melihat Allah utk bisa menyatakan Yesus duduk disebelah kanan Allah

terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia."

Harus ada orang yang mendengar suara tersebut untuk bisa menyatakan ayat diatas.

:)
salam.
Makanya bro... kalo baca Kitab Suci itu harus lebih teliti dan hati-hati... jangan terjemahannya saja yang dibaca dan diartikan; Harus dibaca juga kata asli tulisannya.

Terjemahan kata "melihat" di Yoh. 1:18 menggunakan kata Yunani ἑώρακεν (heōraken) dengan definisi: melihat secara umum --dalam pengertian bisa dengan mata, dengan pengalaman/pengetahuan, dsb--; Sedangkan terjemahan kata "melihat" di Kis. 7:56 menggunakan kata Yunani θεωρῶ (theōrō) dengan definisi: memandang pada untuk tujuan analisis (merenungkan).


Salam,
« Last Edit: January 11, 2015, 01:18:57 PM by sizxbn »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)