Author Topic: Jadi Pendeta Padahal Sudah S1 Jurusan Lain  (Read 1790 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 09, 2015, 02:01:47 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: Protestan
Saudara-saudara seiman, saya mau nanya dong.
1. Kalau seseorang udah S1 jurusan lain trus merasa terpanggil dan mau jadi pendeta gimana caranya?
Apakah dia harus kuliah S1 lagi jurusan Theologi?

2. Selain jadi pendeta, kalau kuliah theologi bisa berprofesi sebagai apa aja?

Trims.
January 09, 2015, 02:49:49 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2614
1. Kalau seseorang udah S1 jurusan lain terus merasa terpanggil dan mau jadi pendeta gimana caranya?
Setiap gereja (baca: denom) berbeda-beda SOP-nya. Tapi biasanya yang bersangkutan diminta belajar/kuliah di institusi yang "senafas" dengan gereja yang bakal diabdinya. Misalnya Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), "calon-calon pendeta"-nya akan disekolahkan di Sekolah Alkitab Pantekosta baik yang lokal maupun yang interlokal.

Apakah dia harus kuliah S1 lagi jurusan Theologi?
Tidak harus. Tapi sekali lagi tergantung SOP dari gereja (baca: denom) yang bersangkutan.

2. Selain jadi pendeta, kalau kuliah theologi bisa berprofesi sebagai apa aja?
Untuk profesi selinier, bisa bekerja di departemen agama baik daerah atau pusat (pegawai negeri), menjadi guru/dosen di institusi kerohanian (sekolah alkitab), universitas atau sekolah umum (SD, SMP, SMA). Kalo memiliki kemampuan bahasa ibrani atau yunani tingkat dewa, mungkin bisa bekerja di LAI?
« Last Edit: January 09, 2015, 04:22:58 PM by shadowing »
January 09, 2015, 02:51:47 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9610
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Saudara-saudara seiman, saya mau nanya dong.
1. Kalau seseorang udah S1 jurusan lain trus merasa terpanggil dan mau jadi pendeta gimana caranya?
Apakah dia harus kuliah S1 lagi jurusan Theologi?

2. Selain jadi pendeta, kalau kuliah theologi bisa berprofesi sebagai apa aja?

Trims.

jalan yang seharusnya adalah ngambil lagi S1 theologi

namun kalau ditempat saya bisa saja dengan rekomendasi pendeta setempat untuk diangkat jadi pdp (pendeta pembantu), dalam beberapa kasus ada yang ga pernah lulus S1 theologi bisa juga nantinya jadi pdt, ikut ujiannya aja kalau ga salah

-----

setahu saya lulusan theologia ya hanya jadi pendeta saja
January 09, 2015, 03:11:28 PM
Reply #3
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 224
Kalau menurut saya, sebaiknya seseorang mau menjadi: Pendeta ataupun Penginjil , ya.........sebaiknya:
Sekolah lagi, terutama:  Sekolah Theologi , sebab :  kalau cuma jadi Pendeta atau maupun Penginjil, terus :
" ketika ditanya umat  se agama  atau maupun Umat agama lain " , trus  :  nggak ngerti ayat ayat dan nngak hafal . Lha ya...............aneh.

Karena di Masyarakat di negara manapun,  orang berprofesi sebagai: Pendeta atau maupun Penginjil, " dianggap  lebih ahli gitu perihal:  Penghafalan ayat-ayat Kitab suci ".

Kalu pekerjaannya, ya............tentu memilih: apa sebagai Pendeta  atau cuma Penginjil,  atau guru agama  (memberi  les / pengajaran di kelas - kelas ). 

Banyak kok ya.........ada beberapa orang gitu tergerak  mempelajari , hingga  akhirnya sebagai: Theolog ( Ahi Agama = sarjana sarjana agama ), yang pendidikkan awal:  D3  atau S1 namun bukan : umum ( = Non theologi ),  terus sekolah lagi , entah:  langsung ke S2 , namun sesungguhnya juga :  ke S1 dulu namun S1 atau D3 Theologi, dan berjenjang selanjutnya, sekiranya masih mau dan keuangan ada dan otak mau dan mampu ( = Alias  masih tertarik dan berniat ).
January 26, 2015, 09:04:27 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1270
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik
Saudara-saudara seiman, saya mau nanya dong.
1. Kalau seseorang udah S1 jurusan lain trus merasa terpanggil dan mau jadi pendeta gimana caranya?
Apakah dia harus kuliah S1 lagi jurusan Theologi?
Kenapa terpanggil jadi Pdt? ingin utk profesi yg gampang?
kalau itu alasannya lupakan saja niatan itu
Kalo serius utk melayani Tuhan bisa langsung lanjut ke S 2 Theology
2. Selain jadi pendeta, kalau kuliah theologi bisa berprofesi sebagai apa aja?

Trims.
Konselor dan membimbing org yg mau terima Yesus (gratis, tanpa bayaran).
"Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!" -  Kisah Para Rasul  18:9
February 01, 2015, 02:32:36 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1076
  • Gender: Male
Saudara-saudara seiman, saya mau nanya dong.
1. Kalau seseorang udah S1 jurusan lain trus merasa terpanggil dan mau jadi pendeta gimana caranya?
Apakah dia harus kuliah S1 lagi jurusan Theologi?

klo di gereja saya sih gk kudu harus ada gelar seperti contohnya Mth,Sth dll..

caranya :
- aktif saja belajar dan taatilah pada Firman Tuhan
- dan miliki hati untuk melayani

jadi gk harus ada gelar untuk memberitakan INJIL KERAJAAN TUHAN ke seluruh dunia...

klo ada yang membatasi dengan gelar maka adukan saya orang itu ke YESUS KRISTUS.

 ;D

2. Selain jadi pendeta, kalau kuliah theologi bisa berprofesi sebagai apa aja?

Trims.
jualan bakso klo bisa buat bakso..
jualan mie klo bisa buat mie..
atau gk buat apartemen juga gpp..klo ada modal..

 ;D
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)